JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
55 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)"
:
55 Documents
clear
ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PREMI, INVESTASI, DAN HASIL UNDERWRITING TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM DI OTORITAS JASA KEUANGAN PERIODE 2017-2021
Haris Prasetyo;
Joy Elly Tulung;
Indrie Debbie Palandeng
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.47200
Suatu perusahaan dapat dikatakan efektif dan efisien ketika jumlah Laba yang dihasilkan oleh Perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan Periode sebelumnya. Semakin tinggi laba maka akan terlihat bagaimana perusahaan tersebut efektif dalam menjalankan operasional bisnisnya. Laba dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya Pendapatan Premi, Investasi, dan Hasil Underwriting. Metode Pengambilan Sampel menggunakan Metode Purposive Sampling, sampel yang digunakan adalah 15 Perusahaan. Metode Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian yang di Uji secara Parsial menunjukkan bahwa Pendapatan Premi berpengaruh Positif Signifikan terhadap Laba, Hasil Investasi berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Laba, dan Hasil Underwriting berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Laba. Uji Simultan menunjukkan bahwa Pendapatan Premi, Hasil Investasi, dan Hasil Underwriting secara Bersama – sama berpengaruh Signfikan terhadap Laba. Kata Kunci: pendapatan premi, investasi, hasil underwriting, laba
PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN HUMAN RELATION TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Leonardo Lengkey;
Dr. Greis M. Sendow, SE.,MAB;
Regina Trifena Saerang,SE.,MM
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.47224
Suatu perusahaan didirikan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, yang pada umumnya adalah bertahan hidup, berkembang, dan menghasilkan laba. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai maka perusahaan harus memperhatikan dan memelihara para pekerjanya dengan baik agar kinerja pegawai tidak menurun karena kurang mendapat perhatian dari perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Human Relation terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 30 Responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukan Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Human Relation secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Kompensasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan. Lingkungan Kerja secara parsial berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Human Relation secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Pihak perusahaan sebaiknya menciptakan situasi kerja yang nyaman, aman dan kondusif, untuk meminimalisasi timbulnya penurunan Kinerja Pegawai. Kata Kunci: Kompetensi, lingkungan kerja, human relation, kinerja
THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND CONSUMER TRUST TOWARDS CUSTOMER SATISFACTION ON SHOPEE IN MANADO
Aldo Lengkong;
Maryam Mangantar;
Fitty Valdi Arie
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.47537
The rapid development of the digital economy in Indonesia has had a positive impact on the national economy, one of which is the growth of various online trading platforms or e-commerce. Shopee is an e-Commerce that serves interactive buying and selling between sellers and buyers online in the form of a mobile application to make it easier for users to carry out online shopping activities without having to open a website through a computer device. The purpose of this study was to the influence of service quality and customer trust towards customer satisfaction on Shopee in Manado. This study uses multiple linear regression. The population in this study is people who shop online through Shopee in Manado. The type of population used in this study is an unlimited population and for the sampling technique using purposive sampling. Keywords: service quality, consumer trust, customer satisfaction
PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN TERKONSENTRASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 – 2020: Indonesia
Kristofel;
Paulina Van Rate;
Sjendry S.R. Loindong
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.47652
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh leverage, profitabilitas, ukuran Perusahaan, kepemilikan terkonsentrasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 59 perusahaan. Sampel yang digunakan adalah 6 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan terkonsentrasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan secara simultan leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan terkonsentrasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan terkonsentrasi, nilai perusahaan
EVALUASI PENGELOLAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN DANA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) MUKARIKARINGAN PADA DESA PANGU 2 KECAMATAN RATAHAN TIMUR KABUPATEN MINAHASA TENGGARA
Feylardi Ngongoloy;
Treesje Runtu;
Victorina Z. Tirayoh
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pendirian BUMDes bertujuan yaitu, meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengelolaan dan pertanggungjawaban dana badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian di Desa Pangu Pangu 2 Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data yaitu melakukan wawancara dalam hal menghimpun informasi mengenai bagaimana proses pengelolaan dan pertanggungjawaban BUMDes, maka hasil penelitian yang di dapat yaitu dalam proses pengelolaan BUMDes Mukarikaringan Desa Pangu 2 telah memenuhi 6 prinsip pengelolaan BUMDes. Salah satu kunci keberhasilan dalam pengelolaan BUMDes adalah adanya kontribusi secara aktif dari semua pihak yakni pengurus sebagai pengatur dalam kegiatan usaha, pemerintah sebagai pengawas dan juga masyarakat sebagai pihak yang menggunakan jasa unit usaha tersebut. Kata Kunci : BUMDes, perekonomian desa
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Pada Pengguna Produk Indihome PT.Telkom Akses Kotamobagu)
Anxian Charenina Ferre;
Altje L. Tumbel;
Djemly Woran
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.43592
Loyalitas pelanggan terhadap suatu produk membuktikan kemampuan produk dalam memberikan kualitas dan pelayanan serta kepuasan bagi pelanggan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pengguna Produk Indihome PT.Telkom Akses Kotamobagu). Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Indihome PT. Telkom Akses Kotamobagu yang aktif berlangganan mulai tahun 2019 - 2021 yang berjumlah 10.220 pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 99 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indihome PT. Telkom Akses Kotamobagu. Saran yang dapat diberikan adalah PT. Telkom Akses Kotamobagu sebaiknya semakin memperhatikan variabel kualitas pelayanan dengan memperbaiki pelayanan dan penyaluran informasi kepada pelanggan melalui pegawai yang ada.
Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unsrat Manado)
Andrew Juan Henry Mokoagouw;
Maryam Mangantar;
Debry Ch. A. Lintong
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.46276
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality, Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden, penelitian ini didasari dari adanya fenomena bisnis. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Untuk variabel dependen dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Untuk variabel independen meliputi: Brand Awareness, dan Perceived Quality. Metode dari penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk metode analisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Sedangkan untuk olah data menggunakan IBM Statistik SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Brand Awareness tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian berdasarkan uji t (-0,535) < ttabel (1,984). Perceived Quality berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian berdasarkan pada uji t (8,719) > ttabel (1.984). Brand Awareness dan Perceived Quality berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian secara simultan. Perceived Quality sebagai variabel independen yang lebih dominan memepengaruhi Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Kata Kunci: brand awareness, perceived quality, keputusan pembelian
Pengaruh EWOM (Electronic Word of Mouth) di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata di Kota Tomohon
Daniel Oley;
James D.D. Massie;
Imelda W.J. Ogi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.46935
Penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui indikator eWOM di media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung wisata di Kota Tomohon. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didasarkan atas pertimbangan penulis, responden merupakan pengunjung wisata di Kota Tomohon dan sudah mengikuti akun Dinas Pariwisata Kota Tomohon.Data penulis diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang concern for other, expressing positive feeling, helping company, dan content kepada 100 responden dengan skala yang menjadi acuan pengukuran adalah likert.Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penulisi teliti menunjukan bahwa concern for other, expressing positive feeling, helping company, dan content secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung, namun Secara parsial Expresing Positve feeling kurang mempengaruhi keputusan berkunjung wisata di Kota Tomohon, bukan berarti dari variabel ini pengunjung tidak tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Kota Tomohon ada juga kemungkinan perasaan yang di gambarkan orang lain kurang tersampaikan ke responden lewat sosial media Instagram sehingga tanggapan dari responden kurang sesuai dengan harapan responden. KataKunci: Concern for Other, Expressing Positive Feeling, Helping Company, Content, Keputusan Berkunjung
PENGARUH PERIKLANAN,PUBLISITAS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM SETIAP EVENT YANG DIADAKAN OLEH PT.ICHI TAN INDONESIA DI SULUT
Yosua Ronaldo Suwu;
Djurwati Soepeno;
Ferdy Roring
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.46982
Abstrak: Pada era globalisasi saat ini kita ketahui bahwa setiap perusahaan pasti dihadapkan pada persaingan dalam memasarkan produk maupun jasanya. Persaingan tersebut tentunya tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan, semakin tinggi tingkat persaingan akan semakin tinggi pula tingkat kreatiffitas suatu perusahaan. Setiap perusahaan harus memiliki senjata tangguh untuk memenangkan persaingan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakaukan perusahaan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, publisitas dan promosi penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam setiap Event yang diadakan oleh Pt.Ichi Tan Indonesia Di Sulut. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini 22.800 diambil dari rata-rata pembeli Minuman Ichitan pertahun pada tahun 2021 dan diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan periklanan, publisitas dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam setiap Event yang diadakan oleh Pt.Ichi Tan Indonesia Di Sulut, dan secara parsial periklanan, publisitas dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan Pembelian Minuman Ichitan Di Sulut.Kata Kunci : Periklanan Publisitas dan Promosi Penjualan, Keputusan Berkunjung
EVALUASI PROSEDUR UANG PERSEDIAAN PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI SULAWESI UTARA
Vera Gonting;
Inggriani Elim;
Dhullo Afandi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i02.46992
Dalam pemerintahan akun kas dipakai untuk mencatat pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dalam pengelolaan anggaran tersebut lembaga keuangan pemerintah diharuskan mempunyai dan mengikuti sistem dan prosedur pengelolaan keuangan Negara. Uang persediaan merupakan uang yang dikelola oleh bendahara pengeluaran yang digunakan untuk keperluan operasional dan dapat dimintakan penggantian uang. Tujuan yaitu sebagai untuk mengevaluasi kesesuaian prosedur permintaan, penggunaan dan pelaporan uang persediaan di Badan Pertahanan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dengan peraturan perundangan yang berlaku dan untuk mengevaluasi kesesuaian prosedur permintaan, penggunaan dan pelaporan uang persediaan di Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dengan konsep sistem pengendalian internal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur uang persediaan dan mengevaluasi kesesuaian prosedur permintaan, penggunaan dan pelaporan Uang Persediaan di Badan Pertahanan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dengan konsep sistem pengendalian internal pada Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara telah sesuai dengan PMK No. 190/PMK.05/2012 yang diubah PMK No.178/PMK.05/2018 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan seperti yang diatur dalam PP No. 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Kata Kunci: Uang Persediaan, evaluasi, prosedur