cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
joy.tulung@unsrat.ac.id
Phone
+6282311115902
Journal Mail Official
emba@unsrat.ac.id
Editorial Address
FEB UNSRAT
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
ISSN : 23031174     EISSN : 26226219     DOI : https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39971
Core Subject : Economy,
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles 55 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)" : 55 Documents clear
ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PREMI, INVESTASI, DAN HASIL UNDERWRITING TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM DI OTORITAS JASA KEUANGAN PERIODE 2017-2021 Haris Prasetyo; Joy Elly Tulung; Indrie Debbie Palandeng
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.47200

Abstract

Suatu perusahaan dapat dikatakan efektif dan efisien ketika jumlah Laba yang dihasilkan oleh Perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan Periode sebelumnya. Semakin tinggi laba maka akan terlihat bagaimana perusahaan tersebut efektif dalam menjalankan operasional bisnisnya. Laba dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya Pendapatan Premi, Investasi, dan Hasil Underwriting. Metode Pengambilan Sampel menggunakan Metode Purposive Sampling, sampel yang digunakan adalah 15 Perusahaan. Metode Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian yang di Uji secara Parsial menunjukkan bahwa Pendapatan Premi berpengaruh Positif Signifikan terhadap Laba, Hasil Investasi berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Laba, dan Hasil Underwriting berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Laba. Uji Simultan menunjukkan bahwa Pendapatan Premi, Hasil Investasi, dan Hasil Underwriting secara Bersama – sama berpengaruh Signfikan terhadap Laba.   Kata Kunci: pendapatan premi, investasi, hasil underwriting, laba
PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN HUMAN RELATION TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN MINAHASA SELATAN Leonardo Lengkey; Dr. Greis M. Sendow, SE.,MAB; Regina Trifena Saerang,SE.,MM
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.47224

Abstract

Suatu perusahaan didirikan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, yang pada umumnya adalah bertahan hidup, berkembang, dan menghasilkan laba. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai maka perusahaan harus memperhatikan dan memelihara para pekerjanya dengan baik agar kinerja pegawai tidak menurun karena kurang mendapat perhatian dari perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Human Relation terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 30 Responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukan Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Human Relation secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Kompensasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan. Lingkungan Kerja secara parsial berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Human Relation secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Pihak perusahaan sebaiknya menciptakan situasi kerja yang nyaman, aman dan kondusif, untuk meminimalisasi timbulnya penurunan Kinerja Pegawai. Kata Kunci: Kompetensi, lingkungan kerja, human relation, kinerja
THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND CONSUMER TRUST TOWARDS CUSTOMER SATISFACTION ON SHOPEE IN MANADO Aldo Lengkong; Maryam Mangantar; Fitty Valdi Arie
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.47537

Abstract

The rapid development of the digital economy in Indonesia has had a positive impact on the national economy, one of which is the growth of various online trading platforms or e-commerce. Shopee is an e-Commerce that serves interactive buying and selling between sellers and buyers online in the form of a mobile application to make it easier for users to carry out online shopping activities without having to open a website through a computer device. The purpose of this study was to the influence of service quality and customer trust towards customer satisfaction on Shopee in Manado. This study uses multiple linear regression. The population in this study is people who shop online through Shopee in Manado. The type of population used in this study is an unlimited population and for the sampling technique using purposive sampling.   Keywords: service quality, consumer trust, customer satisfaction
PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN TERKONSENTRASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 – 2020: Indonesia Kristofel; Paulina Van Rate; Sjendry S.R. Loindong
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.47652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh leverage, profitabilitas, ukuran Perusahaan, kepemilikan terkonsentrasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 59 perusahaan. Sampel yang digunakan adalah 6 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan terkonsentrasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan secara simultan leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan terkonsentrasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan terkonsentrasi, nilai perusahaan
EVALUASI PENGELOLAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN DANA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) MUKARIKARINGAN PADA DESA PANGU 2 KECAMATAN RATAHAN TIMUR KABUPATEN MINAHASA TENGGARA Feylardi Ngongoloy; Treesje Runtu; Victorina Z. Tirayoh
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendirian BUMDes bertujuan yaitu, meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengelolaan dan pertanggungjawaban dana badan usaha milik desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian di Desa Pangu Pangu 2 Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data yaitu melakukan wawancara dalam hal menghimpun informasi mengenai bagaimana proses pengelolaan dan pertanggungjawaban BUMDes, maka hasil penelitian yang di dapat yaitu dalam proses pengelolaan BUMDes Mukarikaringan Desa Pangu 2 telah memenuhi 6 prinsip pengelolaan BUMDes. Salah satu kunci keberhasilan dalam pengelolaan BUMDes adalah adanya kontribusi secara aktif dari semua pihak yakni pengurus sebagai pengatur dalam kegiatan usaha, pemerintah sebagai pengawas dan juga masyarakat sebagai pihak yang menggunakan jasa unit usaha tersebut. Kata Kunci : BUMDes, perekonomian desa
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Pada Pengguna Produk Indihome PT.Telkom Akses Kotamobagu) Anxian Charenina Ferre; Altje L. Tumbel; Djemly Woran
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.43592

Abstract

Loyalitas pelanggan terhadap suatu produk membuktikan kemampuan produk dalam memberikan kualitas dan pelayanan serta kepuasan bagi pelanggan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pengguna Produk Indihome PT.Telkom Akses Kotamobagu). Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Indihome PT. Telkom Akses Kotamobagu yang aktif berlangganan mulai tahun 2019 - 2021 yang berjumlah 10.220 pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 99 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indihome PT. Telkom Akses Kotamobagu. Saran yang dapat diberikan adalah PT. Telkom Akses Kotamobagu sebaiknya semakin memperhatikan variabel kualitas pelayanan dengan memperbaiki pelayanan dan penyaluran informasi kepada pelanggan melalui pegawai yang ada.
Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unsrat Manado) Andrew Juan Henry Mokoagouw; Maryam Mangantar; Debry Ch. A. Lintong
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.46276

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality, Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden, penelitian ini didasari dari adanya fenomena bisnis. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Untuk variabel dependen dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Untuk variabel independen meliputi: Brand Awareness, dan Perceived Quality. Metode dari penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk metode analisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Sedangkan untuk olah data menggunakan IBM Statistik SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Brand Awareness tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian berdasarkan uji t (-0,535) < ttabel (1,984). Perceived Quality berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian berdasarkan pada uji t (8,719) > ttabel (1.984). Brand Awareness dan Perceived Quality berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian secara simultan. Perceived Quality sebagai variabel independen yang lebih dominan memepengaruhi Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Kata Kunci: brand awareness, perceived quality, keputusan pembelian  
Pengaruh EWOM (Electronic Word of Mouth) di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata di Kota Tomohon Daniel Oley; James D.D. Massie; Imelda W.J. Ogi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.46935

Abstract

Penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui indikator eWOM di media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung wisata di Kota Tomohon. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didasarkan atas pertimbangan penulis, responden merupakan pengunjung wisata di Kota Tomohon dan sudah mengikuti akun Dinas Pariwisata Kota Tomohon.Data penulis diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang concern for other, expressing positive feeling, helping company, dan content kepada 100 responden dengan skala yang menjadi acuan pengukuran adalah likert.Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penulisi teliti menunjukan bahwa concern for other, expressing positive feeling, helping company, dan content  secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung, namun Secara parsial Expresing Positve feeling kurang mempengaruhi keputusan berkunjung wisata di Kota Tomohon, bukan berarti dari variabel ini pengunjung tidak tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Kota Tomohon ada juga kemungkinan perasaan yang di gambarkan orang lain kurang tersampaikan ke responden lewat sosial media Instagram sehingga tanggapan dari  responden kurang sesuai dengan harapan responden. KataKunci: Concern for Other, Expressing Positive Feeling, Helping Company, Content, Keputusan Berkunjung
PENGARUH PERIKLANAN,PUBLISITAS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM SETIAP EVENT YANG DIADAKAN OLEH PT.ICHI TAN INDONESIA DI SULUT Yosua Ronaldo Suwu; Djurwati Soepeno; Ferdy Roring
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.46982

Abstract

Abstrak: Pada era globalisasi saat ini kita ketahui bahwa setiap perusahaan pasti dihadapkan pada persaingan dalam memasarkan produk maupun jasanya. Persaingan tersebut tentunya tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan, semakin tinggi tingkat persaingan akan semakin tinggi pula tingkat kreatiffitas suatu perusahaan. Setiap perusahaan harus memiliki senjata tangguh untuk memenangkan persaingan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakaukan perusahaan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, publisitas dan promosi penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam setiap Event yang diadakan oleh Pt.Ichi Tan Indonesia Di Sulut. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini 22.800 diambil dari rata-rata pembeli Minuman Ichitan pertahun pada tahun 2021 dan diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan periklanan, publisitas dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam setiap Event yang diadakan oleh Pt.Ichi Tan Indonesia Di Sulut, dan secara parsial periklanan, publisitas dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan Pembelian Minuman Ichitan Di Sulut.Kata Kunci : Periklanan Publisitas dan Promosi Penjualan, Keputusan Berkunjung
EVALUASI PROSEDUR UANG PERSEDIAAN PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI SULAWESI UTARA Vera Gonting; Inggriani Elim; Dhullo Afandi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/emba.v11i02.46992

Abstract

Dalam pemerintahan akun kas dipakai untuk mencatat pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dalam pengelolaan anggaran tersebut lembaga keuangan pemerintah diharuskan mempunyai dan mengikuti sistem dan prosedur pengelolaan keuangan Negara. Uang persediaan merupakan uang yang dikelola oleh bendahara pengeluaran yang digunakan untuk keperluan operasional dan dapat dimintakan penggantian uang. Tujuan yaitu sebagai untuk mengevaluasi kesesuaian prosedur permintaan, penggunaan dan pelaporan uang persediaan di Badan Pertahanan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dengan peraturan perundangan yang berlaku dan untuk mengevaluasi kesesuaian prosedur permintaan, penggunaan dan pelaporan uang persediaan di Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dengan konsep sistem pengendalian internal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur uang persediaan dan mengevaluasi kesesuaian prosedur permintaan, penggunaan dan pelaporan Uang Persediaan di Badan Pertahanan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dengan konsep sistem pengendalian internal pada Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara telah sesuai dengan PMK No. 190/PMK.05/2012 yang diubah PMK No.178/PMK.05/2018 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan seperti yang diatur dalam PP No. 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.   Kata Kunci: Uang Persediaan, evaluasi, prosedur

Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 01 (2025): JE. Vol. 13 No 1 Vol. 12 No. 4 (2024): JE. VOL 12 NO 4. 2024 Vol. 12 No. 03 (2024): JE. Vol. 12 No 3 Vol. 12 No. 01 (2024): JE. Vol. 12 No 1 Vol. 12 No. 2 (2024): JE. Vol. 12 No 2 Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023) Vol. 11 No. 1 (2023): JE. Vol 11 No 1 (2023) Vol. 11 No. 4 (2023): JE. VOL. 11 No. 4 Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3 Vol. 10 No. 4 (2022): JE. VOL 10 NO 4 (2022) Vol. 10 No. 3 (2022): JE. Vol 10 No 3 (2022) Vol. 10 No. 2 (2022): JE. Vol 10 No 2 (2022) Vol 10, No 1 (2022): JE. Vol 10 No 1 (2022) Vol 9, No 4 (2021): JE. Vol 9 No 4 (2021) Vol 9, No 3 (2021): JE. Vol 9 No 3 (2021) Vol 9, No 2 (2021): JE VOL 9 NO 2 (2021) Vol 9, No 1 (2021): JE VOL 9 NO 1 (2021) Vol 8, No 4 (2020): JE VOL 8 NO 4 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE. VOL 8 NO. 3 (2020) Vol 8, No 3 (2020): JE VOL 8 NO 3 (2020) Vol 8, No 2 (2020): JE VOL 8 NO 2 (2020) Vol 8, No 1 (2020): JE VOL 8 NO 1 (2020) Vol 7, No 4 (2019): JE VOL 7 NO 4 (2019) Vol 7, No 3 (2019): JE VOL 7 NO 3 (2019) Vol 7, No 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): JE VOL 7 NO 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019): JE VOL 7 NO 1 (2019) Vol 6, No 4 (2018): JE VOL 6 NO 4 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol 6, No 3 (2018): JE VOL 6 NO 3 (2018) Vol 6, No 2 (2018): JE VOL 6 NO 2 (2018) Vol 6, No 1 (2018): JE VOL 6 NO 1 (2018) Vol 5, No 2 (2017): JE Vol 5 No 2 (2017) Hal 1193-1314 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL.1060 -1192 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 487 - 611 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 363 - 486 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL. 5 No. 2 (2017) HAL. 235 - 362 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO 1 (2017) HAL. 115 - 233 Vol 5, No 02 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2488 No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 613 - 733 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4475 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4365 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4235 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 4095 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3985 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3885 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3764 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 No 3 (2017) HAL 3644 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3529 Vol 5, No 3 (2017): JE. VOL 5. NO. 3 (2017) HAL 3416 Vol 5, No 3 (2017): JE.VOL.5 NO 3 (2017) HAL. 3303 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3180 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 3058 Vol 5, No 3 (2017): JE Vol 5 No 3 (2017) HAL 2938 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2829 Vol 5, No 3 (2017): JE VOL 5 NO 3 (2017) HAL 2713 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2597 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 2385 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2286 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2193 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 2099 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL. 5 NO 2 (2017) HAL. 1989 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1882 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1781 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1653 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1542 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 No 2 (2017) Hal 1433 Vol 5, No 2 (2017): JE VOL 5 NO 2 (2017) HAL 1315 Vol 5, No 1 (2017): JE VOL. 5 NO. 1 (2017) HAL. 1 - 114 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2 (2017) HAL. 955 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5 NO 2. (2017). HAL 847 Vol 5, No 2 (2017): JE. VOL 5. NO.2 (2017). HAL. 734 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1145 - 1249 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL. 1025 - 1143 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1486-1604 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1356-1485 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1221-1335 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 1097-1220 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 903 - 1024 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 974-1096 Vol 4, No 5 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 236 - 301 Vol 4, No 4 (2016): JE VOL. 4 NO. 4 (2016) HAL 783 - 892 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 (2016) HAL. 651 - 781 Vol 4, No 3 (2016): JE. VOL 4 NO.3 (2016) HAL 545 - 649 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 (2016) Hal. 223 - 334 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol.4 No.3 (2016) Hal. 001-101 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 768-892 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 641-767 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 518-640 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 395-517 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 121-265 Vol 4, No 2 (2016): JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 001-120 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 743-859 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 504-623 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 376-503 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-375 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 131-251 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.4 No.1 (2016) Hal. 001-130 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 860-973 Vol 4, No 1 (2016): JE Vol.3 No.4 (2016) Hal. 624-742 Vol 4, No 3 (2016): JE VOL. 4 NO. 3 HAL 411 - 554 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 303 - 409 Vol 4, No 3 (2016): JE Vol. 4 No. 3 Hal. 102-221 Vol 4, No 2: JE Vol.4 No.2 (2016) Hal. 266-394 Vol 3, No 3 (2015): JE Vol.3 No.3 (2015) Hal. 1266-1395 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 621-728 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 509-619 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 395-508 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 279-394 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 143-277 Vol 3, No 4 (2015): JE Vol.3 No.4 (2015) Hal. 001-142 Vol 3, No 2 (2015): JE V3 No.2 Juni 2015, Hal. 001 - 123 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1004 - 1125 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1008 - 1123 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1204- 1323 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1072- 1203 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 878 - 1003 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 884- 1007 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 1126 - 1265 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 951- 1071 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 744 - 877 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 483 - 607 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 363 - 482 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 241 - 362 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 119 - 240 Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001 - 118 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 758- 883 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 629- 757 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 375-499 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 247- 374 Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EMBA, HAL 124- 246 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 841- 950 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 717- 840 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 592- 716 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 474- 591 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 358- 473 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 231- 357 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 118- 230 Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EMBA, HAL 001- 117 Vol 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 500- 628 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1686 - 1814 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1564 - 1685 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1443 - 1563 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1330 - 1442 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1214 - 1329 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1089 - 1213 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1594 - 1722 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1472 - 1592 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1339 - 1471 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1212-1338 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 973 - 1089 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 714- 831 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 613- 713 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 482- 612 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 364- 481 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 233- 363 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 117- 232 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 853 - 972 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 727 - 852 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 598 - 726 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 477 - 597 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 361 - 476 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 236 - 360 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 116 -235 Vol 2, No 3 (2014): Jurnal EMBA, HAL 001 - 115 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 716-840 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 595-715 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 470 - 594 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 353 - 469 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 234 - 352 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 124 - 233 Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 01 - 122 Vol 2, No 4 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1- 116 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2264 - 2381 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2143 - 2263 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 2015 - 2142 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1892 - 2014 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1770 - 1891 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1650 - 1768 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1533 - 1649 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1406 - 1532 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1285 - 1405 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1165 - 1284 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1054 - 1164 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1193 - 1312 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1080 - 1193 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 936 - 1053 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 960 - 1079 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 821 - 935 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 709 - 820 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 582 - 708 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 462 - 581 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 344 - 461 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 235 - 342 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 882 - 997 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 841 - 959 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 722 - 840 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 603 - 721 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 558-663 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 476 - 601 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 446-557 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 356 - 475 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 339-445 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 233 - 354 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 230-338 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 118 - 232 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 110-229 Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 001 - 117 Vol 1, No 4 (2013): Jurnal EMBA, HAL 1 - 115 Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 1-109 Vol 1, No 4 (2012): Jurnal EMBA, HAL 116 - 234 More Issue