cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+6285643793653
Journal Mail Official
jurnal.khasanahilmu@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
ISSN : 26555433     EISSN : 2527449X     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/khi
Core Subject : Social,
Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pariwisata, Perhotelan dan Budaya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015" : 8 Documents clear
Analisis Perbedaan Penerapan Marketing Mix Dalam Meningkatan Penjualan (Kajian Terhadap Bisnis Perhotelan Bintang Dan Non Bintang Di Yogyakarta) Diah Pradiatiningtyas
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.394 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.464

Abstract

Bisnis perhotelan termasuk dalam kategori penjualan jasa karena ada pelayanan (services) di dalam proses bisnisnya. Sementara marketing mix adalah seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Yogyakarta adalah salah satu kota pariwisata di Indonesia dimana menjadikan kota tersebut memiliki persaingan bisnis perhotelan yang ketat. Di Yogyakarta sendiri ada hotel dengan kategori bintang dan non bintang. Penelitian ini menganalisa perbedaan penerapan marketing mix dalam meningkatkan penjualan baik di hotel bintang maupun non bintang. Tujuan penelitian adalah memberikan masukan bagi bisnis perhotelan untuk menerapkan langkah strategis dalam memasarkan bisnis perhotelannya menghadapi persaingan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan alat pengambilan data observasi, sedangkan analisa data menggunakan metode deskriptif. Hasil yang didapatkan adalah hotel bintang menerapkan marketing mix lebih konsisten karena mengejar loyalitas, trust, dan kepuasan konsumen sementara hotel non bintang tidak melaksanakannya secara konsisten karena hanya mengejar kuantitas occupancy saja. Kata Kunci : Hotel Bintang dan Non Bintang, Bauran Pemasaran, Bintang, Penerapan, Penjualan
Upaya Desa Gamplong Sebagai Desa Wisata Industri Alat Tenun Bukan Mesin Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Emmita Devi Hari Putri - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.1 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.525

Abstract

Abstract Small and Medium Enterprises (SMEs) which was developed in a village can have a positive impact for the local community, especially in terms of the economy. But in reality still lack of innovation in the communities can inhibit the development of SMEs. In this study the authors took place in the village Gamplong research, Sumber Rahayu, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Methods of research used qualitative research methods which in this study the authors describe only on a natural phenomenon in a systematic, factual, and accurate. Explain or describe the study variables without seeking the association between the variables with other variables. This means that this study is limited to the disclosure of business problems and circumstances as in fact only a disclosure of facts. Hamlet Gamplong, Source Rahayu, Moyudan is one part of the development of natural and cultural tourism village crafts. Craft developed in the village is a tourist village which Weaving craft manufacturing process still uses Not Weaving Machine Tools (handloom). Given the hamlet Gamplong as a tourist attraction that can bring in more tourists, the community Gamplong develop a variety of facilities, infrastructure and facilities needed by tourists. With the development of tourist villages can help communities Gamplong industry in terms of improving people's income. Keyword: Tourist Village Industries , Not Weaving Machine Tools , Community Income
Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan Atun Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.85 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.526

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Internet marketing salah satu hotel bintang lima di Jakarta dalam menghadapi ketatnya persaingan pada industri perhotelan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kualitatif dengan alat analisis data melalui SWOT. Sedangkan data dikumpulkan dengan teknik pengamatan (observasi), penelusuran (browsing) dan studi pustaka (literature), dimana tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendefinisikan alat-alat internet marketing hotel yang berupa e-mail, website, banner web, partnership online, klasifikasi data penjualan online, sponsorship, sosial media dan search engine optimation (SEO). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan internet marketing dalam menyampaikan informasi yang bersifat mengenalkan, menawarkan dan mempromosikan jasanya kepada calon tamu untuk menghadapi ketatnya persaingan pada industri perhotelan. Kekuatan utama dalam penerapan internet marketing bagi Hotel Mandarin Oriental Jakarta adalah kerjasama (affiliasi online) dengan pihak lain, website yang terklasifikasi dengan baik dan media sosial yang dijalankan hotel. Ketiganya difungsikan untuk penetrasi pasar yang dituju dan membangun citra baik hotel kepada calon tamu agar tetap eksis dalam persaingan pada industri yang sama. Kata Kunci : Internet marketing, SWOT, Industri Perhotelan
STRATEGI PEMASARAN BERBASIS ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG, DAN ANCAMAN USAHA PERHOTELAN DI DALEM AGUNG PALAGAN Heni Widyaningsih; T. Prasetyo Hadi Atmoko
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.903 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.475

Abstract

ABSTRACT Yogyakarta is one area that has great potential in the field of tourism. Availability of facilities and supporting infrastructure such as hotels, restaurants, travel agencies and others, making tourist visits increased to Daerah Istimewa Yogyakarta. The number of hotels that stand in Yogyakarta making hospitality business competition is getting tougher. Dalem Agung Palagan is one of the hotels in Yogyakarta, which has its own uniqueness in concept building and its facilities.The purpose of this study was to determine Based Marketing Strategy Analysis of Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats Hospitality businesses in Dalem Agung Palagan. This study used a descriptive analytical method is translation, followed by an analysis based on facts and data that has been collected. The results of this study are professional resources are factors internal forces that are the hallmark of Dalem Agung Palagan. lack of knowledge and limited menu provided a weakness Dalem Agung Palagan, environment and cultural traditions of Javanese palace is an opportunity for the Great Hotel. Natural disasters such as the eruption of Mount Merapi threats to Dalem Agung Palagan for tourists to be afraid to visit Yogyakarta. Strategy undertaken by Dalem Agung Palagan to achieve success is through product marketing, distribution, promotion and Networking. Keywords: Marketing, Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats
Peranan Higiene Dan Sanitasi Dalam Proses Pengolahan Makanan Di Hotel Brongto Yogyakarta Nurul Rakhmawati; Wisnu Hadi - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.549 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.527

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui higiene dan sanitasi dalam proses pengolahan makanan di Hotel Brongto Yogyakarta. Food and beverange product department menyiapkan, menyediakan, juga menangani pesanan tamu. Dari kebersihan juru masak, kebersihan peralatan yang digunakan, ketepatan memilih bahan, kebersihan pengolahan, kebersihan penyimpanan bahan, dan yang tidak kalah penting adalah kebersihan penyajian makanan itu sendiri. Dalam hal ini para karyawan dituntut untuk menghasilkan produk yang baik dan berkualitas dan memenuhi Standar Operasional Prosudur yang ada. SOP disini berguna untuk menuntun karyawan untuk bekerja menurut ketentuan yang ada dan diharapkan mendapatkan hasil yang benar. Higiene dan sanitasi harus benar diperhatikan untuk mendapatkan produk dengan kualitas mutu yang sangat baik, dan layak untuk dikonsumsi tamu. Tamu datang dan memesan makanan di hotel, pasti percaya bahwa makanan yang dipesan berkualitas baik dan sesuai dengan apa yang dibayarkan. Dengan mendapatkan produk dengan kualitas yang baik, enak, bersih, mengandung gizi yang dibutuhkan, tamu akan merasa puas, dan mungkin akan datang kembali untuk kembali menginap, dan memesan makanan. Kata kunci: Higiene, Sanitasi dan Proses Pengolahan Makanan
Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pada Sistem Akuntansi Pembelian Di Puri Chorus Boutique Hotel Yogyakarta Anita Primastiwi
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.9 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.471

Abstract

Purchasing transaction that requires money from the company could lead into fraud and or human error. To prevent that, a company needs to apply a good internal control system. The purposes of this research were to identify whether the internal control system of purchase accounting system at Puri Chorus Boutique Hotel had been adequate, and to identify whether the internal control system of purchase accounting system in this hotel had been done effectively. The analysis was done by comparing the practice of internal control system in purchasing system applied in Puri Chorus Boutique Hotel with the theories of appropriate internal control system. The information was gained by interviewing, observing and giving questionnaire. The analysis was used to know whether the internal control system in the purchasing accounting in this hotel was appropriate or not. Attribute sampling with stop-or-go sampling method was used to test the effectiveness of the internal control system in the purchasing accounting system. This finding showed that internal control system in the purchasing accounting system at Puri Chorus Boutique Hotel was inadequate (not fully in line with the theory). Based on compliance test on the internal control system it was obtained that DUPL = AUPL. It proved that internal control system in the purchasing accounting system implemented at this hotel was already effective (obeyed by the staffs).   Keywords:  internal control system, purchase accounting system, adequate, obeyed, and  stop-or-go sampling.
Upaya Profesionalisme Kerja Waiter Untuk Peningkatan Pelayanan Tamu Di The Grand Palace Hotelyogyakarta Guntur .; Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.869 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.528

Abstract

ABSTRAK Hotel merupakan suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, menyediakan bagi tamu memperoleh pelayanan penginapan berupa makanan dan minuman. Profesionalisme waiter di The Grand Palace Hotel masih perlu ditingkatkan dengan berbagai masih ada beberapa permasalahan yang biasanya terjadi pada saat peak sesion. Standar pelayanan di Grand Palace Hotel perlu ditingkatkan dari segi ramah, cepat serta tepat. Metode yang digunakan untuk penelitian yakni menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dijelaskan bahwa penelitian kualitatif dimaksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya melainkan mengumpulkan data melalui wawancara dan pengamatan dua teknik yang biasa dikaitkan dengan metode kualitatif. Adapun upaya peningkatan kinerja waiter untuk pelayanan tamu yaitu melalui pelatihan yang diadakan rutin setiap satu bulan sekali, penguasaan product knowledge, pemberian penghargaan terhadap karyawan terbaik setiap tiga bulan serta satu tahun sekali, dan melakukan perbandingan dengan hotel lain yang lebih baik. Pada saat peak sesion waiter mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan tamu unutk makan, restoran yang menyajikan dan menyediakan makanan yang cukup untuk para tamu rombongan kemudian yang terpenting koordinasi dengan bagian kitchen sebagai penyedia makanan, pembagian tugas secara tepat bertindak sesuai perintah dari captain atau F & B koordinator Kata Kunci: Hotel, Profesionalisme Waiter, Peak sesion
Upaya Food & Baverage Product Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Hotel Grand Aston Yogyakarta Samsul Huda; Jati Nurcahyo - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.299 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i1.524

Abstract

Abstrak Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan-minum serta jasa lainnya yang dikelola secara komersial. Sebuah department di hotel yang memiliki peranan besar adalah Food & Bevarege Product, pengelolaan Food & Bavarege Product secara profesional menghasilkan hidangan yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan pelaksanaan dan tanggungjawab , metode untuk membuat hidangan dan skill yang dimiliki food & Baverage product dalam membuat hidangan untuk meningkatkan kepuasan tamu. Upaya peningkatan kualitas hidangan di Hotel Grand Aston selalu mengadakan pengawasan dan menerapkan cooking method yang benar, penerapan hygiene dan sanitasi yang menyediakan hand sanitation baik untuk mencuci tangan, menutup makanan yang sudah jadi dan ditaruh di trolly, penyimpanan peralatan dan bahan makanan dilakukan dengan pengelompokan sehingga akan terjamin dan hasil yang akan selalu baik dan makanan jadi berkualitas. Kata kunci : Food & Baverage product, pengawasan, Kualitas makanan

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 1 (2025): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2025 Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2024 Vol 15, No 1 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2024 Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - Masret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2012 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2010 More Issue