cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02167786     EISSN : 25281097     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & October).
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 3 (2023): Agustus" : 30 Documents clear
Nilai Islam dalam pencatatan transaksi pada pedagang pasar sungai dama di kota Samarinda Rizky Maulida; Saiful Muchlis; Siradjuddin Siradjuddin; Abdul Gafur
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan nilai Islam dalam pencatatan transaksi pedagang usaha mikro pada Pasar Sungai Dama di Kota Samarinda. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi Islam sebagai salah satu pengembangan fenomenologi transendental melalui penyempurnaan asumsi berdasarkan nilai-nilai Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pedagang pada Pasar Sungai Dama di Kota Samarinda melakukan pencatatan transaksi dengan tujuan untuk menghindari kerugian, memudahkan penagihan, mempertahankan pelanggan, memudahkan pemesanan barang, menghindari salah paham, dan menjaga ketepatan pembayaran utang yang didasari oleh nilai-nilai Islam berupa keikhlasan, kesyukuran, tawakal, kejujuran, amanah, dan kepedulian. Penelitian ini menghasilkan rumusan nilai-nilai Islam yang mendasari pencatatan transaksi pada pedagang pada Pasar Sungai Dama di Kota Samarinda. Penelitian ini merekomendasikan pedagang pada Pasar Sungai Dama di Kota Samarinda untuk melakukan pencatatan transaksi dalam rangka mencapai keberkahan dan pengembangan usaha, Ikatan Akuntan Indonesia untuk berkoordinasi dengan pemerintah dalam mendesain pedoman akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan pedagang dengan mempertimbangkan nilai-nilai Islam yang mendasarinya, Pemerintah Kota Samarinda perlu mengoptimalkan peningkatan kompetensi akuntansi bagi pedagang pada Pasar Sungai Dama di Kota Samarinda secara berkesinambungan.
Peran tik tok dalam industri fashion dan pencitraan merek lokal di Indonesia: analisis user generated content Vony Pratiningsih; Saipul Al Sukri
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial TikTok terhadap niat beli konsumen produk Erigo di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Pekanbaru yang menggunakan media sosial TikTok dan pernah melihat review atau konten terkait produk Erigo. Teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan data dari responden yang berusia antara 17-54 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli konsumen produk Erigo. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan harus mempertimbangkan untuk menggunakan media sosial TikTok sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk mereka.
Co-creation value: From time to time Alexander Barus; Dwi Martiyanti; Hendri Sembiring; Piji Pakarti; Fajrillah Fajrillah
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13691

Abstract

This literature review uses a systematic review approach and bibliographic analysis. The data source is google scholar, and the search for article data uses PoP by using the terms: "co-creation", "co-create", "value-in-use" and service-dominant logic. The articles sampled are articles of the Q1 / Q2 category based on the Scimagojr. Books, book sections, conferences, Indonesian and foreign languages (except English) were not included as sample articles. The sample of articles is limited to the period 2014 – 2019. This literature review uses software assistance: Excel, PoP, Mendeley and VOS viewer. Co-creation or the perspective of service-dominant logic has received great attention by researchers and has been studied in a wide variety of research fields. The systematic review that was carried out resulted in several theories that were often used, namely, social exchange theory, social role theory, planned behavior theory, self-identity theory and self-determination theory. Co-creation as a study is implemented in various research contexts, such as: tourism, hospitality and so on. The authors with the most cited articles are: Lusch Nambisan (2015), with a total of 950 citations. Researchers who produced the most articles in the period 2014 - 2019 are Edvardsson, Bo (12 documents); Brodie, Roderick J. (7 documents). Co-creation variables are generally used as independent and dependent variables, but some researchers have used them as mediating and moderating variables. During the period the samples were taken, qualitative research dominated over empirical test research. The journal with the most prolific publication of articles is the Journal of Business Research. The most prolific publisher is Emeraldinsight.com. China is the country that most often research on co-creation. Co-creation research with a focus on dyadic relationships is still very limited.
Lembaga bank dan non-bank sebagai alternatif sumber pembiayaan usaha mikro kecil (UMK) di Sulawesi Selatan Madris Madris; Sabir Sabir; Juliansyah Roy
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara karakteristik UMK (Usaha Mikro Kecil) dengan prilaku pengambilan kredit melalui lembaga lembaga pembiayaan bank dan bukan bank di Sulwesi Selatan. Populasi penelitian adalah pengusaha mikro dan kecil yang mengambil kredit melalui lembaga perbankan maupun bukan perbankan (non-bank). Pertimbangan dipilihnya unit UMK sebagai populasi penelitian adalah mengingat  UMK perlu mendapat perhatian khusus oleh perbankan dalam rangka memperlancar proses pembiayaan. Sampel dipilih dengan metode accidental sampling dengan total responden sebanyak 360 unit usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peranan lembaga pembiayaan bank masih sangat dominan dibanding dengan lembaga pembiayaan non-bank dalam hal penyaluran kredit pada UMK di Sulawesi Selatan, baik pada skala usaha mikro maupun pada skala usaha kecil. (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pemberian kredit menurut jenis usaha (hortikulutra/tanaman pangan, perikanan/kelautan dan industri rumah tangga) baik lembaga pembiayaan bank maupun non-bank. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketiga jenis usaha tersebut di sisi lembaga pembiayaan memiliki prospek usaha yang relatif sama.
Penerapan theory of reasoned action: studi kasus pada wisata sejarah Edy Purwanto; M. Munir Syam AR; Hendryadi Hendryadi
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.12403

Abstract

Penelitian ini menggunakan theory of reasoned action sebagai teori dasar dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini ditambahkan variabel pengetahuan sebagai variabel yang juga dapat mempengaruhi niat konsumen untuk mengunjungi tempat wisata sejarah. Objek dalam penelitian ini adalah tempat wisata sejarah di Kabupaten Sumenep. Sampel dalam penelitian ini sebesar 200 responden yang diambil melalui teknik purposive sampling. Adapun kriteria responden yang digunakan yaitu repsonden mengetahui tentang wisata sejarah di Kabupaten Sumenep. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada responden. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa variabel sikap terhadap perilaku tidak memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap niat untuk berkunjung. Sedangkan variabel norma subyektif dan pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat seseorang untuk berkunjung ke obyek wisata sejarah yang ada di Kabupaten Sumenep.
Strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan Sri Lestari; Rahmi Syahriza; M. Ikhsan Harahap
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terlebih dahulu strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja karyawan PT. Mara Jaya. Kedua, untuk mengetahui hasil analisis SWOT strategi peningkatan kinerja pegawai dengan matriks IFAS dan EFAS dapat dilakukan identifikasi faktor-faktor penting baik dari lingkungan eksternal maupun internal yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari meningkatkan kinerja. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penulis juga menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Dari hasil analisis diperoleh strategi pertumbuhan atau growth oriented strategy, strategi ini menunjukkan kondisi perusahaan yang kuat dan mampu terus berkembang dengan memanfaatkan peluang dan peluang yang ada untuk mencapai omzet yang maksimal. Strategi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran I dimana total skor terbobot untuk kekuatan dan kelemahan adalah 2,85 sedangkan total skor terbobot untuk peluang adalah 3,27. Posisi di kuadran ini sangat menguntungkan dan bisa diterapkan secara maksimal. Dengan adanya analisis SWOT, dengan demikian dapat mengetahui faktr apa saja yang mempengaruhi perusahaan tersebut, seperti dari faktor internal dan eksternal perusahaan.
Analisis keputusan investor dalam berinvestasi pada cash waqf linked sukuk SW001 Dwi Cahyono Kuntoro; Rifki Ismal; Saiful Anwar
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13599

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada CWLS untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi investor dalam berinvestasi pada CWLS seri SW001. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analytic Network Process (ANP). Responden penelitian ini berjumlah 12 orang ahli yang terdiri dari akademisi, regulator, dan praktisi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aspek preferensi merupakan prioritas utama yang memengaruhi investor dalam membeli CWLS dengan nilai sebesar 0,346. Selanjutnya untuk prioritas kedua adalah faktor fitur investasi dengan nilai 0,338. Selanjutnya untuk prioritas ketiga adalah faktor persepsi dengan nilai 0,287. Dalam menentukan urutan prioritas tersebut responden memiliki kesepakatan (W) sebesar 0,020. Berdasarkan hasil olah data seluruh cluster, menurut seluruh responden, dari seluruh faktor yang menjadi prioritas utama dalam memengaruhi keputusan berinvestasi pada instrumen CWLS adalah jenis CWLS, sistem distribusi dan dukungan peraturan atau undang-undang. Faktor-faktor tersebut memiliki nilai masing-masing sebesar 0,079; 0,069 dan 0,063. Penelitian terkait faktor-faktor yang memengaruhi investor merupakan hal yang penting. Hal ini karena dapat membantu regulator dan penerbit CWLS untuk meningkatkan pembelian CWLS oleh masyarakat.
Pengaruh komunikasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan melalui kompensasi non-finansial Misna Ariani; Tutik Yuliani; Mardiana Cahyati
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13291

Abstract

Kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama bagi pemerintah. Rumah sakit yang ada di daerah sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan, sehingga perlu diperhatikan kepuasan kerja karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Pengumpulan data dengan observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form, kepada 59 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan alat analisis data yang digunakan adalah Smart-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komunikasi berpengaruh terhadap kompensasi non-finansial, (2) komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, (3) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, (4) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kompensasi non-finansial, (5) kompensasi non-finansial berpengaruh terhadap kepuasan kerja, (6) komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui kompensasi non finansial, dan (7) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Pertamina Balikpapan melalui kompensasi non-finansial. Nilai R-Square Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis rumah Sakit Pertamina Balikpapan lebih besar dari nilai R-Square kompensasi non-finansial, artinya bahwa komunikasi berpengaruh moderat terhadap kepuasan kerja karyawan melalui kompensasi non-finansial.
Analisis strategi dan dasar hukum penerapan monetisasi youtube sebagai sumber pendapatan asli daerah Alfansyah Fathur; Hedrat M. Nure; Mudatsir S. Tato
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13900

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui dan menganalisis Strategi dan Dasar Hukum Penerapan Monetisasi Youtube sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif deskriptif dengan pendekatan Analisis PESTLE dan studi literatur dengan melibatkan ahli pada hukum terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara hukum, berdasarkan peraturan yang berlaku terkait pengelolaan keuangan dan otonomi daerah bahwa Program Monetisasi YouTube ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah dengan dimasukkan dan dikategorikan sebagai "lain-lain pendapatan asli daerah yang sah” pada jenis pendapatan yang berasal dari "Hasil Kerjasama Daerah" dengan asumsi pendapatan tersebut berasal dari daerah bekerjasama dengan pihak lain diluar negeri. Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan 3 strategi pokok yaitu Strategi Tahap Awal, Strategi Tahap Proses dan Strategi Tahap Pelaksanaan yang lebih jelas tertulis dalam hasil penelitian ini.
Determinan penyerapan tenaga kerja di provinsi Banten Isnaini Lembayung Sari; Herman Sambodo; Goro Binardjo
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen Vol 19, No 3 (2023): Agustus
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v19i3.13776

Abstract

Memanfaatkan seluruh potensi tenaga kerja dalam komponen sumber daya manusia sudah tidak diragukan lagi akan mendorong pertumbuhan dan kemajuan negara. Selama bertahun-tahun, telah diakui bahwa pertumbuhan tenaga kerja dan persepsi masyarakat tentang keunggulan merupakan faktor penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial suatu negara. Produk domestik regional bruto, upah minimum, rata-rata lama sekolah dan tingkat partisipasi angkatan kerja adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam penelitian ini. Studi ini menggunakan regresi linier berganda dengan mengubah model menjadi logaritma natural. Data panel yang digunakan terdiri dari data cross-sectional dan time-series dari tahun 2011 hingga 2021 dan mencakup 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk domestik regional bruto dan tingkat partisipasi angkatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, namun upah minimum pengaruhnya negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Sedangkan rata-rata lama sekolah tidak berpengaruh signifikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30