cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
ISSN : 25975226     EISSN : 25975234     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 328 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting" : 328 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YAMAHA LAUTAN TEDUH KEDATON Dinda Kianjung Herlozi; Armalia Reny WA; Hasbulloh Hasbulloh; M.Renandi Ekatama Surya; Desmon Desmon; Maria Septijantini Alie; Susi Indriani
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i5.12044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari 100 responden dan data sekunder diperoleh dari dealer Yamaha Lautan Teduh Kedaton. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelayanan, citra merek, kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pelayanan dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pelayanan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Citra merek secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Citra merek secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen secara parsial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen
PENGARUH ROA, ROE, DAN BOPO TERHADAP HARGA SAHAM BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Putri Nabila Larasati; Melia Kusuma
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12239

Abstract

The research aims to identify and analyze the influence of ROA, ROE, and BOPO to stuck price on share prices in Sharia Commercial Banks in Indonesia for the 2021-2023 period. The population in this study is registered company At Sharia Commercial Bank which consists of 13 Sharia Commercial Banks. The sample of 4 banks taken are Bank Syariah Indonesia, Bank BTPN Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, and Bank Aladin Syariah. Sampling was carried out using purposive sampling techniques. method This research nature quantitative namely research which is presented in number form and statistics. Multiple linear regression testing then classical assumption testing was used on testing in this research. Analyze data and test the hypothesis research using software applications 10. The results of this study indicate that the ROA variable partially has a positive but insignificant influence on Stock Prices, ROE has a negative but significant effect on Stock Price, BOPO has a negative but significant influence on Stock Prices, while ROA, ROE, and BOPO simultaneously have a significant influence on stock prices.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UIP3B SULAWESI Indriani, Indriani; Sinring, Bahar; Arifin, Arifin
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) UIP3B Sulawesi. Kinerja suatu organisasi merupakan akumulasi dari pencapaian kinerja SDM yang terlibat penuh yang mustahil dicapai tanpa dukungan manajemen untuk menumbuhkan etos kerja yang kuat Gaya kepemimpinan yang efektif dapat memotivasi dan mengarahkan karyawannya untuk bekerja dengan giat dan mencapai target yang telah ditetapkan. Selain itu keyakinan dan kesadaran akan penerimaan nilai dan tujuan organisasi juga berperan besar dalam menggerakkan produktivitas atau kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan mengunakan Partial Least Square (PLS). Teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner online dengan 257 karyawan PLN UIP3B Sulawesi yang bertindak sebagai responden. Hasil uji dan analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT PLN Persero UIP3B Sulawesi. Namun gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PLN UIP3B Sulawesi.Perlu dilakukan pengembangan penelitian untuk mengetahui pengaruh tidak langsung (mediasi) atau pengaruh moderasi antara variabel terhadap kinerja karyawan.
SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: OPTIMALISASI BUMDES MELALUI PENERAPAN EKONOMI KREATIF DENGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT Wahyu Wahyudin; Wiwin Setianingsih; Dodi Satriadi
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12425

Abstract

Pemerintah Desa melalui berbagai strategi telah melaksanakan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Kehadiran program BUMDes tidak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi warga tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah kolaborasi antara BUMDes, ekonomi kreatif, dan pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan BUMDes dengan menerapkan ekonomi kreatif sebagai wadah pembinaan kreativitas masyarakat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, dan pemasaran digital sebagai alat pemasaran produk ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review, dengan mengikuti proses metodologi yang terdiri dari empat tahap yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan pemilihan. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk artikel yang menampilkan 10 judul terkait BUMDes dan ekonomi kreatif, serta 24 judul terkait BUMDes dan pemasaran digital. Secara keseluruhan, BUMDes telah menerapkan ekonomi kreatif sebagai wadah kreativitas, membantu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, dan pemasaran digital sebagai alat pemasaran produk-produk kreatif. BUMDes telah mengembangkan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengelolaan badan usaha, pemanfaatan aset, peningkatan investasi dan produktivitas, penyediaan layanan, dan/atau penawaran berbagai jenis usaha. Penelitian ini mendukung Kebijakan Pembangunan Ekonomi Pemerintah Indonesia yang berfungsi sebagai strategi untuk mewujudkan kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia.
REALISASI METODE SYI’AR UMRAH PT. WAFDULLAH TAMU MULIA DALAM MENINGKATKAN AFEKSI BERUMRAH PADA MASYARAKAT KOTA BENGKULU Syarif Hidayatullah; Romi Adetio Setyawan; Makmur Makmur
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12428

Abstract

This research aims to find out in general the realization of the method of giving to the community and increase the affection of Umrah in the people of Bengkulu City which is used by PT. Wafdullah is the Distinguished Guest of Bengkulu City. The qualitative method was used by collecting data through a survey of 10 people in the organizational structure and 15 pilgrims who were potential customers or customers. The structured survey instrument was used to measure respondents' perception of products, prices, and services in using the method of dissemination to the people of Bengkulu City, The data collected was analyzed using the interview method. In addition, the syiar method is more effective to strengthen the relationship between the pilgrims and the Syiar Team carried out by PT. Wafdullah Distinguished Guest of Bengkulu City The result of this finding is to Increase the Affection of Umrah in the People of Bengkulu City, namely by forming products that are desired by prospective pilgrims and also trying to facilitate more optimally better than others, setting prices that vary quite variously starting from quality facilities so that it is easier for pilgrims to register themselves to go to Baitullah.
Analisis Pengaruh Nilai Tukar, PDB, Suku Bunga, dan Inflasi Terhadap Kinerja Ekspor di Indonesia: Studi Empiris Periode 1993-2023 Tata Cahyasari Kardiana
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak jangka pendek dan panjang dari nilai tukar mata uang, produk domestik bruto, suku bunga, dan tingkat inflasi terhadap ekspor barang dan jasa di Indonesia selama rentang waktu 1993-2023. Analisis data penelitian ini berasal dari bank-bank ternama seperti Bank Indonesia dan World Bank dan terdiri dari data series tahunan dari tahun 1993-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Vector Error Correction Model (VECM) dalam analisisnya. Hasil analisis riset ini memperlihatkan bahwa nilai tukar tidak memiliki dampak jangka panjang maupun jangka pendek terhadap ekspor di Indonesia. Meskipun begitu, produk domestik bruto memiliki pengaruh secara berkelanjutan terhadap ekspor di Indonesia namun tidak begitu signifikan dalam jangka pendek. Sementara itu, suku bunga dan inflasi tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap ekspor baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek di Indonesia. Temuan dari penelitian ini bisa dijadikan panduan untuk para pemangku kepentingan dalam merancang kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor ekspor di Indonesia.
THE INFLUENCE OF FINANCIAL RATIOS, COMPANY SIZE AND INFLATION ON FIRM VALUE IN INFRASTRUCTURE COMPANIES LISTED ON THE INDONESIAN STOCK EXCHANGE IN 2019-2023 Farhan Adin Saputra; Enggar Diah Puspa Arum; Salman Jumaili
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12474

Abstract

This study aims to examine whether financial ratios, company size, and inflation affect the value of a company. The financial ratios used in this study include liquidity, profitability, and solvency ratios. The approach used in this study is a quantitative approach. The population used in this study consists of infrastructure sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2019 to 2023. The sample determination in the study uses a purposive sampling method, resulting in 57 companies with a total of 5 years of observations, so the total sample in this study is 285 companies. The data analysis method in this study uses multiple linear regression with SPSS (Statistical Package for Social Science) software version 29. The results of this study indicate that liquidity, profitability, solvency, inflation, and company size ratios simultaneously affect the value of a company. Partially, profitability, solvency, and company size affect the value of a company, while liquidity and inflation do not affect the value of a company.
ANALISIS TERHADAP KERJASAMA TIM, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. SINAR MURNI INDOPRINTING Rizki Jatiningrum; Hasan Ubaidillah; Sumartik Sumartik
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Analisis terhadap Kerja Sama Tim, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Sinar Murni Indoprinting.". Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua karyawan di PT. Sinar Murni Indoprinting, yang berjumlah 70 orang. Mereka dijadikan sebagai responden dengan menggunakan metode non-probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara variabel kerjasama tim, kemampuan kerja dan disiplin kerja “berpengaruh posistif dan signifikan” terhadap prestasi kerja karyawan, nilai Fhitung sebesar 56.671 > Ftabel 2.87, dengan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05.
VALUASI SAHAM MENGGUNAKAN METODE DIVIDEN DISCOUNT MODEL UNTUK MENENTUKAN NILAI INTRINSIK PADA INDEKS LQ45 Ade Harmaen; Budi Santoso
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi valuasi saham yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode Dividend Discount Model (DDM) serta mengidentifikasi saham yang undervalued dan overvalued. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari saham-saham yang termasuk dalam indeks LQ45. Prosedur analisis melibatkan perhitungan nilai intrinsik saham menggunakan metode DDM dan membandingkan nilai intrinsik dengan harga pasar saham. Temuan penelitian menunjukkan bahwa beberapa saham dalam indeks LQ45, termasuk ANTM, ASII, BBCA, BBRI, BBTN, BMRI, HMSP, INCO, INTP, PTBA, dan SMGR, diidentifikasi sebagai undervalued. Sebaliknya, saham-saham seperti BBNI, EXCL, KLBF, dan UNTR diidentifikasi sebagai overvalued. Temuan ini dapat menjadi pertimbangan bagi investor dalam memilih saham yang berpotensi meningkatkan pengembalian portofolio. Penelitian ini terbatas pada penggunaan metode DDM dan hanya mencakup saham-saham dalam indeks LQ45, sehingga hasilnya mungkin tidak berlaku untuk saham di luar indeks ini atau jika model valuasi yang berbeda digunakan. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menyediakan panduan bagi investor untuk mengidentifikasi saham undervalued dan overvalued dalam indeks LQ45, membantu pengambilan keputusan investasi yang lebih efektif.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TAKE HOME CREDIT MENGGUNAKAN BINARY LOGISTIC REGRESI Haby Kurniawan; Ahmad Julian; Vasya Theodora Givianty; Jerry Heikal
Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/costing.v7i6.12553

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah perusahaan baru yang bermunculan, persaingan menjadi lebih intens. Di tengah persaingan yang semakin ketat, penting bagi perusahaan untuk terus melakukan iklan untuk menarik konsumen. Salah satu bentuk iklan yang penting adalah telemarketing. Telemarketing menggunakan telepon sebagai media untuk melakukan kegiatan pemasaran atau mempromosikan layanan dan produk perusahaan. Meskipun terlihat konvensional, telemarketing masih dianggap efektif. Metode ini banyak digunakan dalam sektor perumahan untuk menawarkan kredit rumah atau mortgage (KPR) kepada calon pembeli. Mengajukan pinjaman rumah melibatkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Studi ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mengambil pinjaman rumah. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder dari Kaggle.com dengan jumlah sampel sebanyak 100. Metode yang digunakan yaitu metode Binary Logistic Regression dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor seperti status perkawinan, kepemilikan rumah, kontak telemarketing, dan saldo rekening tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku calon nasabah dalam mengambil pinjaman. Di sisi lain, faktor yang sangat signifikan mempengaruhi perilaku pengambilan kredit rumah yaitu durasi penawaran dan umur calon nasabah dengan persentase tingkat kebenaran dari model mencapai rata-rata 75.0% untuk dapat memprediksi perilaku pengambilan kredit. Maka rekomendasi yang dapat diberikan kepada perusahaan agar mampu meningkatkan penjualan kredit yaitu dengan meningkatkan kualitas interaksi telepon melalui skrip yang efektif, membuat segmentasi calon nasabah berdasarkan usia dan penggunaan teknologi.

Page 1 of 33 | Total Record : 328


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 4 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 8 No. 3 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 8 No. 2 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 8 No. 1 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 7 No. 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol 7 No 3 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) Vol. 7 No. 2 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 7 No 2 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 7 No. 1 (2023): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 7 No 1 (2023): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 6 No 2 (2023): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 6 No. 2 (2023): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 6 No 1 (2022): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 5 No 2 (2022): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol. 5 No. 2 (2022): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 5 No 1 (2021): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 4 No 2 (2021): COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting Vol 4 No 1 (2020): COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting Vol 3 No 2 (2020): COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting Vol 3 No 1 (2019): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 2 No 2 (2019): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 2 No 1 (2018): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 1 No 2 (2018): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting Vol 1 No 1 (2017): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting More Issue