cover
Contact Name
M Fauzi Hasibuan
Contact Email
jbc@umsu.ac.id
Phone
+6282277070437
Journal Mail Official
jbc@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapt. Mukhtar Basri, BA No. 3 Medan 20238 » Tel / fax : 061-6619056
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
ISSN : 26203103     EISSN : 26203103     DOI : 10.30596/bibliocouns
Core Subject : Education,
The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah North Sumatra, and in collaboration with the Association of Indonesian Guidance and Counseling Associations (ABKIN) with E-ISSN: 2620-3103. The purpose of the journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and education in all settings. The scope of the journal includes applications of school counseling, mental health, assessment, supervision in counseling, sexual harassment, violence supplementary counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, career counseling, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy, counseling in all backgrounds; Education (teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education and learning, assessment). It was first published in 2018.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023" : 7 Documents clear
ANALISIS PROFIL EFIKASI DIRI KARIER BERDASARKAN GENDER Ta'lam Missalam; Gian Sugiana Sugara; Muhammad Muhajirin
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i1.13413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum kecenderungan efikasi diri karier, menganalisis dan mengevaluasi perbedaan tingkat efikasi diri karier siswa laki-laki dan perempuan pada siswa Kelas XI SMK Negeri Rajapolah. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adaptasi dari Career Decision Making Self-Efficacy Scale Short Form (CDMSE SF) yang dibuat oleh Nancy Betz. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 390 siswa laki-laki dan 385 siswa perempuan. Teknik analisis data menggunakan perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, serta perhitungan persentase dan program SPSS 24.00 for windows dan uji beda menggunakan rumus One Way Anova. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat efikasi diri karier siswa kelas XI SMK Negeri Rajapolah masuk pada kategori sedang. Berdasarkan jenis kelamin terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Tingkat efikasi diri karier siswa perempuan berada pada kategori tinggi daripada pria. Dengan demikian implikasi layanan bimbingan dan konseling berdasarkan fungsi yaitu upaya untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa yang rendah dengan menggunakan bimbingan karier.
UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PRODI BKPI MELALUI LAYANAN INFORMASI Alfin Siregar
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i1.12312

Abstract

Resiliensi merupakan kapasitas individu untuk mempertahankan kemampuan dan berfungsi secara kompeten dalam menghadapi berbagai stressor kehidupan. Resiliensi merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan mahasiswa dan layanan konseling sangat penting terhadap resiliensi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan layanan informasi sebagai upaya peningkatan resiliensi akademik mahasiswa prodi BKPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 orang mahasiswa yang digunakan sebagai sampel, 26 orang diantaranya menunjukkan perubahan lebih baik setelah diberikannya layanan informasi pada siklus kedua yaitu berada pada resiliensi kategori tinggi dan 4 orang lainnya berada pada kategori sedang. Dengan ketuntasan layanan sebesar 86.66%. Maka dari itu, layanan informasi dapat meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa BKPI FITK UINSU Medan.
PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DALAM PENGGUNAAN HP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 15 MEDAN Rina Suryani; johana rirista tondang; Ruth Marisa; Oktaviani Simatupang; Yohana Simanullang
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i1.12632

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Kedisplinan Siswa Dalam Penggunaan HP Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif dianggap tepat untuk kajian penelitian karena fokus masalah ini mengungkapkan Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dalam Penggunaan HP Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 15 Medan. Adapun pengertian dari pendekatan deskriptif ialah suatu pendekatan penelitian yang mencoba dalam mengungkapkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data atau memberikan informasi dari lapangan melalui cara mendeskriptifkannya dalam bentuk uraian kalimat yang sudah disusun secara sistematis oleh peneliti sesuai dengan fakta yang terdapat dilapangan selama penelitian dilakukan. Pengaruh Kedisplinan Siswa Dalam Penggunaan HP Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 15 Medan, Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang displin dalam menggunakan hp diruangan kelas, dan hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa disekolah. Kata kunci: Kedisiplin siswa, Smartphone, Hasil belajar
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA Auladina Lathifa
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i1.13406

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Pertiwi 1 Padang yaitu rendahnya kepercayaan diri yang dimiliki siswa dalam belajar, ini ditunjukkan pada proses belajar mengajar di kelas terdapat siswa yang enggan untuk merespon guru, merasa cemas, dan merasa rendah diri ketika akan mengeluarkan pendapat dan apabila dihadapkan pada kondisi ini siswa mudah bingung dan akhirnya menarik diri dari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu dengan target sampel 20 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior therapy dan kelompok kontrol yang diberikan konseling kelompok tanpa pendekatan. Diketahui bahwa layanan konseling kelompok terapi perilaku rasional emotif efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa
QUARTER LIFE CRISIS PADA LULUSAN BARU S1 DI KOTA BANDUNG Sherdinne Mutfathia Sekarningrum
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i1.13099

Abstract

AbstrakQuarter life crisis digambarkan sebagai cobaan dan kesulitan yang dihadapi individu ketika mereka membuat pilihan mengenai karier, keuangan, dan hubungan pada masa seperempat hidupnya atau di sekitar usia 20-30an. Krisis emosional yang dialami dewasa awal dalam jangka waktu panjang pun dapat menyebabkan konsekuensi negatif terhadap kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran fenomena Quarter life Crisis yang khususnya terjadi pada pada lulusan baru S1 di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 30 lulusan baru S1 periode 2020, 2021, dan 2022 yang berdomisili di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala quarter-life crisis yang disebarkan secara daring melalui media sosial yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa 70% responden mengalami quarter-life crisis yang termanifestasi dengan adanya penilaian diri yang negatif, rasa cemas, tertekan, dan kebimbangan dalam mengambil keputusan.
GAMBARAN REGULASI EMOSI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Andini Arzetta Bilbina Pohan; Rina Mirza; Anita Mestika Juandina; Alexsius Gulo; Mawaddah Nasution
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.12688

Abstract

Everyparents wants a child who is born normally, but what if the child is not normal, not only physically but also mentally. So many negative emotions are felt by parents who have children with physical and mental disabilites, it affects to the children growth, especially mothers who are considered as the important figure to take care their children. The purpose of this research is to find out the description of emotional regulation in mothers who have children with physical and mental disabilities. This research uses a qualitative research method with a phenomenological approach. Respondents in this research are 8 mothers with a characteristics, those are 4 mothers who have children with Down syndrome and 4 mothers who have children with Autism. The results showed that mothers who have children with physical and mental disabilities felt negative emotions such as sadness, disappointment, anger, upset, surprised, despair, being hit and wanting to cry. The ways is used by respondents to regulate their emotions are accepting their childs condition, getting closer to God and trying to be patient, praying and spending more time with their child. They are able to regulate their emotions by evaluating and changing emotional reactions, so that they can behave adaptively according to the situation that occurs
COGNITIVE BEHAVIORAL GROUP COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA Dinda Pematasari Harahap
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i1.13039

Abstract

Penelitian ini menggunakan modul konseling kelompok berbasis pendekatan kognitif perilaku untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah konseling kelompok pendekatan kognitif perilaku dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi one group pretest posttest design. Subjek penelitian berjumlah 9 orang siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah hingga sedang. Analisis data menggunakan statistik nonparametric dengan Wilcoxon Signed Rank Test Hasil pengujian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anggota  pada pretest lebih rendah ( M= 71,88, SD = 22,23) daripada saat posttest (M = 94,11, SD = 11,67). Adapun nilai Z yang didapat sebesar -2,668 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,008 di mana kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Dengan demikian hasil ini menunjukkan bahwa perbedaan skor skala percaya diri pada saat sebelum dan sesudah intervensi adalah signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa percaya diri pada diri siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7