cover
Contact Name
Azhar Aziz Lubis
Contact Email
azharlubis@unib.ac.id
Phone
+6281392472763
Journal Mail Official
unib.press@unib.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jalan W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Triadik
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 08538301     EISSN : 2745777X     DOI : 10.33369/triadik
TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews, and book reviews on education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 1: APRIL 2020" : 5 Documents clear
PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA FKIP UNIB Putri, Raditya Angga Kusuma Eka; Elita, Yessy; Sholihah, Afifatus
TRIADIK Vol. 19 No. 1: APRIL 2020
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v19i1.16461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik problem solving terhadap kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa FKIP UNIB. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 6 orang yang mengalami kecemasan tinggi berasal dari mahasiswa FKIP UNIB. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner (angket) dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji T (paired sample test). Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment 115,67 dalam kategori tinggi dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 78,17 dalam kategori sedang. Hasil Uji T menunjukkan nilai t= 12.500 dan sig(2-tailed) 0.000 artinya 0.000<0.05, sehingga H0  ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan mahasiswa dalam menyusun skripsi sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik problem solving. 
DESKRIPSI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BENGKULU Laila, Rima Dani Mufida; Hadiwinarto, Hadiwinarto; Misbahuddin, Arsyadani
TRIADIK Vol. 19 No. 1: APRIL 2020
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v19i1.16462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk diskripsi peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah pembentukan karakter bertanggung jawab belajar pada siswa dengan populasi yang terdiri dari 166 siswa, 117 siswa menjadi sampel dari penelitian ini Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang mewakili lima fungsi BK yaitu pemahaman, pencegahan, penyelesaian, pengentasan, dan pengembangan. Metode analisis data menggunakan rumus skala Likert. Hasil penelitian yang dilakukan, untuk pemahaman diperoleh hasil 76,92%. Artinya sudah cukup baik. Selanjutnya, pencegahan diperoleh nilai  83,76% yang berarti guru BK baik. Lalu fungsi pengentasan diperoleh nilai 83,76%.Pada pemeliharaan, diperoleh nilai 78,63% yang menunjukkan bahwa guru BK sudah baik melakukan penyelesaian tentang masalah bertanggung jawab belajar.Terakhir, pengembangan dimana diperoleh nilai 78,63% baik.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ARAH PILIHAN KARIER SISWA KELAS X IPS SMAN 4 KOTA BENGKULU Ariani, Risa Dwi; Syahriman, Syahriman; Afriyati, Vira
TRIADIK Vol. 19 No. 1: APRIL 2020
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v19i1.16463

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman siswa mengenai arah pilihan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media ICT untuk meningkatkan pemahaman arah pilihan karier siswa.Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group, pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakanuji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman arah pilihan karier siswa meningkat setelah diberikan layanan informasi dengan media ICT.Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan pre-test dan post-test dengan nilai thitung= 24,254 >ttabel= 2,733 dan signifikasi 0,000 (p<0,05), sehingga hipotesis ( ditolak dan ) diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman arah pilihan karier siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media ICT.
HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS PERTEMANAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMK NEGERI 03 KOTA BENGKULU Wati, Septi Anjar; Elita, Yessy; Herawati, Ayu
TRIADIK Vol. 19 No. 1: APRIL 2020
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v19i1.16459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas pertemanan dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perencanaan karier siswa di SMK Negeri 03 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 03 Kota Bengkulu, dengan sampel yang digunakan berjumlah 98 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan mengunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan tipe desain penelitian korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) adanya korelasi antara konformitas pertemanan dengan perencanaan karier siswa dengan nilai koefisien kontengensi korelasi sebesar 0,866 dengan nilai signifikan (p= 0,01 < 0,05) sehingga Ha diterima. (2) adanya korelasi antara status sosial ekonomi orangtua dengan perencanaan karier dengan nilai koefisien kontengensi korelasi sebesar 0, 386 dengan nilai signifikan (p = 0,046 < 0,05) sehingga Ha diterima.
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS CYBER-GUIDANCE UNTUK MENCEGAH PEMBELIAN IMPULSIF DI INSTAGRAM PADA MAHASISWA Agisni, Radha Dinda; Elita, Yessy; Afriyati, Vira
TRIADIK Vol. 19 No. 1: APRIL 2020
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v19i1.16460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok berbasis Cyber-guidance terhadap pembelian impulsif di Instagram pada mahasiswa semester 5B Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pre-test and post-test. Sampel penelitian ini adalah 7 orang mahasiswa semester 5B Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembelian impulsif menurun setelah diberikan layanan, hal ini ditunjukkan dengan nilai t= 9.744 dan p=0.000 maka p <0.05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada penurunan pembelian impulsif sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik scalling.

Page 1 of 1 | Total Record : 5