cover
Contact Name
Azhar Aziz Lubis
Contact Email
azharlubis@unib.ac.id
Phone
+6281392472763
Journal Mail Official
unib.press@unib.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jalan W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Triadik
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 08538301     EISSN : 2745777X     DOI : 10.33369/triadik
TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews, and book reviews on education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 20 No. 1: APRIL 2021" : 5 Documents clear
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI BERBICARA SISWA MTS NEGERI 3 MUKOMUKO Mustikaningrum, Tri Cahya; Hadiwinarto, Hadiwinarto; Sholihah, Aifatus
TRIADIK Vol. 20 No. 1: APRIL 2021
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v20i1.16467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kepercayaan diri berbicara siswa kelas IX 2 rombongan belajar A di MTs Negeri 3 Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-postest.  Subjek penelitian ini sebanyak 16 siswa. Sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri berbicara dan analisis data menggunakan uji T. Hasil Penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri berbicara siswa meningkat setelah diberikan layanan penguasaan konten. Hal ini  ditunjukan dengan nilai t = -8.238, signifikansi <0.005, kesimpulan  terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kepercayaan diri berbicara siswa  sebelum dan sesudah di berikan layanan.
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP MORALITAS REMAJA DI SMP NEGERI 2 SEBERANG MUSI, KABUPATEN KEPAHIANG Oktaviani, Hersi; Elita, Yessy; Misbahuddin, Arsyadani
TRIADIK Vol. 20 No. 1: APRIL 2021
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v20i1.16468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap moralitas remaja di SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan model pre-eksperimental one-group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Prosedur pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan moralitas siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t-9,464, nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatkan moralitas remaja di SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang.
HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI PADA SISWA BROKEN HOME DENGAN PERGAULAN BEBAS SISWA KELAS XI SMK NEGERI X KOTA BENGKULU Sena, Fandega Yagi; Elita, Yessy; Misbahuddin, Arsyadani
TRIADIK Vol. 20 No. 1: APRIL 2021
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v20i1.16469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kontrol diri pada siswa broken home dengan pergaulan bebas siswa kelas XI SMK Negeri X Kota Bengkulu. Data yang dipakai adalah data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket kepada siswa kelas XI di SMK Negeri X Kota Bengkulu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 orang dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penggunaan kontrol diri dengan skala Likert dan angket pergaulan bebas dengan skala Gutttman. Data dianalisis dengan mengunakan korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikansi antara kontrol diri pada siswa broken home dengan pergaulan bebas yang mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar -0,406 dan taraf signifikansi sebesar p=0,001 (p<0,05) yang artinya, semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah pergaulan bebas. Sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi pergaulan bebas siswa
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN (GAME) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU Pratama, Zili Agustian; Syahriman, Syahriman; Afriyati, Vira
TRIADIK Vol. 20 No. 1: APRIL 2021
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v20i1.16464

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII yang masih kurang dalam segi mengontrol emosi, mudah marah, tidak berempati serta kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan (game) untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one grup pretest dan postest. Teknik yang digunakan yaitu purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini dipilih 10 orang siswa. Sebelum dilaksanakannya treatment kecerdasaan emosional siswa tergolong rendah dan setelah diadakannya treatment kecerdasan emosionalnya tegolong tinggi. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -7.193 nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini menujukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan (game) untuk meningkatkan kecerdasaan emosional siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK TERHADAP KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR SISWA XI MIPA F DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU Nopriani, Uni; Syahriman, Syahriman; Herawati, Anna Ayu
TRIADIK Vol. 20 No. 1: APRIL 2021
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v20i1.16465

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kejenuhan belajar yang mengakibatkan masalah untuk siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan ekperimen dengan one-group pretest-posttest design. Siswa kelas XI MIPA F berjumlah 35 orang sebagai populasi dengan teknik purposive sampling diambil sampel 6 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisoner skala Likert. Analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan kejenuhan belajar siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-talk sebagai perlakuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai T = 11.400 dan sig (2-tailed) 0.000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5