cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2579891X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS) E-ISSN 2579-891X, memuat tulisan tentang aplikasi dibidang Teknik Sipil. Aplikasi ini boleh berasal dari semua cabang ilmu teknik sipil baik itu struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, transportasi, dan informatika teknik sipil. Sehingga aplikasi ini tidak hanya mengenai urusan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi juga memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan software.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 3 (2024)" : 11 Documents clear
Analisis Change Order pada Proyek SPBU Yapriadi, Michael Christopher; Waty, Mega
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.15923

Abstract

Proyek Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bukanlah proyek berskala besar dan seringkali pemiliknya merupakan pemilik perorangan. Perencanaan pada proyek SPBU juga sering kali terabaikan oleh pemilik maupun konsultan. Akibatnya, berbagai permasalahan dapat timbul selama proses perencanaan maupun pelaksanaan konstruksi, misalnya pekerjaan tambah kurang atau change order. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besarnya change order pada proyek SPBU serta menentukan penyebab utamanya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan paket pekerjaan yang berisiko tinggi akibat change order dengan bantuan matriks risiko generik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai perubahan akibat change order pada proyek SPBU sebesar 31,78% dari nilai kontrak awal. Adapun frekuensi terjadinya change order pada proyek SPBU rata-rata sebanyak 35,6 kali. Selain itu, diketahui juga bahwa hal-hal yang berkaitan dengan desain dan perencanaan merupakan penyebab utama terjadinya change order pada proyek SPBU dengan nilai rata-rata sebesar 29,52%. Dapat diketahui juga bahwa pekerjaan yang memiliki risiko change order tinggi adalah Pekerjaan Sarana Luar dan Pekerjaan Arsitektur.
Analisis pengaruh bentuk model breakwater-integrated Oscillating Water Column Bangun, Emma Patricia; Murniza, T.
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.20268

Abstract

Oscillating Water Column adalah jenis konverter energi gelombang yang memanfaatkan gerakan naik turun kolom air internalnya akibat beban dinamik gelombang laut. Ada dua jenis model yang dibahas dalam studi ini, yaitu bentuk konvensional (L-OWC) dan U-OWC. Simulasi numerik untuk kedua model OWC tersebut menggunakan Computational Fluid Dynamics dan OpenFOAM solver. Perbandingan hasil elevasi muka air teoritis dengan tangki gelombang numerik melalui solver tersebut membuktikan validitas pemodelan numeriknya. Studi ini menemukan bahwa model L-OWC memiliki performa yang lebih baik dari segi nilai RAO dan efisiensi hidrodinamisnya. Namun, bentuk kolom air tidak terlalu mempengaruhi koefisien refleksi dalam kondisi resonansi. Simulasi numerik kedua model OWC untuk kondisi perairan laut Belawan juga telah dilakukan dan mengindikasikan hal yang sama. L-OWC memperoleh nilai efisiensi hidrodinamik sebesar 81.97% sedangkan U-OWC bernilai 10.8%.
Pengaruh Kesiapan Teknologi, Karakteristik Perusahaan dan Adopsi Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetisi pada Perusahaan Konstruksi di Indonesia Sudiansyah, Novi; Wahyu Adi, Tri Joko
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.17618

Abstract

Saat ini, industri konstruksi Indonesia masih menunjukkan daya saing yang lemah dengan perusahaan konstruksi asing. Hal ini diduga disebabkan oleh rendahnya kreativitas dan inovasi dalam praktik konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan hubungan antara karakteristik perusahaan, adopsi inovasi, dan kesiapan teknologi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Variabel penelitian diperoleh melalui studi literatur mendalam dan kuesioner yang disebarkan kepada 106 perusahaan konstruksi besar yang berlokasi di Indonesia. Responden penelitian adalah staf teknis atau manajemen tingkat tinggi yang terlibat dalam penerapan inovasi konstruksi. Data empiris kemudian dianalisis dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis dengan alat bantu Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kesiapan teknologi, karakteristik perusahaan, dan keunggulan kompetitif yang dimediasi oleh adopsi inovasi
Perilaku Histeresis Sambungan Circular Hollow Section (CHS) Tipe N Akibat Beban Siklik Murti, Gandhi Wisnu Hari; Suswanto, Budi; Triwulan, Triwulan
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.20628

Abstract

Kegagalan pada konstruksi baja tipe circular hollow section (CHS) ini sering kali terjadi pada bagian sambungan. Hasil pengujian menunjukkan adanya tegangan yang tinggi pada bagian sambungan sehingga membuat  kegagalan sering terjadi pada area tersebut, dikarenakan sendi plastis akan terbentuk terlebih dahulu pada bagian sambungan. Beban dinamis yang bekerja secara terus menerus juga dapat memperbesar peluang terjadinya kegagalan sambungan. Oleh karena itu, harus dilakukan analisis mengenai kapasitas sambungan baja tipe circular hollow section (CHS) melalui kurva histeresis akibat dari adanya beban dinamis yang bekerja pada struktur. Dalam penelitian ini, telah dilakukan analisis numerik menggunakan program bantu ABAQUS untuk memvalidasi hasil uji eksperimental. Kapasitas ultimate sambungan, rasio daktilitas, dan mode kegagalan juga telah dievaluasi dan dibandingkan antara hasil analisis numerik dan hasil uji eksperimental.
Analisis Perspektif Kontraktor terhadap Penyebab Terjadinya Limbah Konstruksi Rostiyanti, Susy Fatena; Koesalamwardi, Ario Bintang; Ermariza, Intan
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.18500

Abstract

Sektor konstruksi memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan infrastruktur. Namun, sektor ini juga membawa dampak negatif seperti peningkatan emisi gas rumah kaca, penipisan sumber daya, dan limbah konstruksi yang merusak lingkungan. Dari sisi kontraktor, pemborosan dapat berwujud fisik maupun non fisik, yang bersumber dari faktor eksternal dan internal. Studi ini bertujuan untuk menentukan variabel-variabel penyebab limbah sehingga memungkinkan kontraktor untuk secara aktif menguranginya. Metodologi yang digunakan untuk penelitian ini meliputi systematic literature review (tinjauan literatur sistematis), diikuti dengan meta-analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal di luar kendali kontraktor yang menyebabkan limbah adalah perubahan desain setelah dimulainya konstruksi. Di sisi lain, pada faktor internal terdapat dua variabel yang berkontribusi terhadap limbah: pekerja yang tidak kompeten dan kurangnya pengawasan. Kontraktor dapat secara efektif menangani penyebab limbah yang berada dalam kendali melalui pelatihan dan pengembangan strategi pengelolaan limbah.
Analisis Numerik Sambungan Baja Reduced Beam Section pada Sumbu Lemah Kolom Menggunakan Program Bantu ANSYS Diputra, Aditya Tamateja; Suswanto, Budi; Tajunnisa, Yuyun; Masiran, Hidajat Sugihardjo
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.20643

Abstract

Sambungan struktur baja rangka momen khusus memiliki beberapa persyaratan pendetailan pada sambungannya. Pendetailan perlu dilakukan guna menjaga daktilitas struktur tetap tinggi. Daktilitas tinggi dapat dicapai dengan proses disipasi energi pada balok dengan kata lain sambungan harus tetap pada kondisi elastis saat balok mencapai kegagalan. Salah satu cara memastikan disipasi energi terjadi balok adalah dengan sistem sambungan reduced beam section (RBS). Studi ini memverifikasi model sambungan RBS pada sumbu lemah kolom baja dari benda uji WEAK-DB600-SW dari eksperimen Lee dkk.  dengan aplikasi ANSYS. Permodelan WEAK-DB600-SW menghasilkan sudut rotasi 4% tanpa mengalami kegagalan. Momen yang dicapai saat rotasi 4% sebesar 1178,60 kN-m, lebih besar daripada kapasitas 0,80 Mpb sebesar 1044,79 kN-m. Sambungan hasil analisis numerik layak digunakan pada rangka momen khusus sesuai dengan peraturan AISC. Hasil normalisasi momen puncak pada muka kolom (M/Mpb) model analitikal mencapai 1,09 dengan perbedaan terhadap eksperimen Lee dkk. sebesar 0,5%.
Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI pada Jalan Perkerasan Kaku Suraji, Aji; Prasetyo, Toifin Nanang; Sudjianto, Agus Tugas; Aditya, Candra; Riman, Riman
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.14436

Abstract

Jalan adalah prasarana yang digunakan dalam transportasi dan dapat berpengaruh terhadap kemajuan dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Umur suatu jalan yang telah direncanakan umumnya tidak sesuai dengan keadaan jalan di lapangan. Menilai kondisi kerusakan jalan perlu pemantauan seberapa besar kerusakan yang terjadi pada ruas jalan. Teknologi diciptakan untuk memudahkan segala sesuatu, terlebih sebagai survei kondisi perkerasan jalan raya dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis nilai kondisi kerusakan jalan perkerasan kaku dengan menggunakan metode PCI. Evaluasi kondisi permukaan perkerasan jalan menggunakan metode PCI, dengan data yang dihasilkan dari lapangan dan menuliskan hasilnya pada formulir yang telah disediakan, kemudian dilakukan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kerusakan yang umum adalah corner break, divided slab, joint seal, lane/shoulder, linear cracking, patching, spalling corner, dan spalling joint. Dengan nilai PCI sebesar 53,99 maka pemeliharaan yang perlu dilakukan untuk merawat jalan adalah menambah lapisan dan tambalan.
Analisis Kinerja beban seismik arah Tegak Lurus Akselerasi Respons Spektrum Pada Bangunan Gedung Tidak Beraturan Vertikal berdasar SNI-1726-2019 Studi kasus Kota Baubau Side, Muhammad Abdu
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.19702

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kondisi yang sering terjadi gempa sebab berada pada area yang di kelilingi oleh lempeng bumi. Beban sesmik respon spektrum yang bekerja pada struktur berdasarkan arah akselerasi dengan kondisi bangunan yang tidak teratur cenderung mengalami penambahan kinerja struktur dari arah tegak lurus akselerasinya di mana dalam analisis ini persentase gaya geser akibat akselerasi arah x yaitu SV1 terjadi sebesar 16,33%, pada SV2 sebesar 25,61% sedangkan SV3 sebesar 0,97%. akselerasi arah y tidak hanya menghasilkan gaya geser arah y tetapi juga pada arah tegak lurusnya. Pada SV1 gaya geser dasar arah y terjadi sebesar 16,92%, pada SV2 sebesar 27,94% sedangkan SV3 sebesar 0,97%. adapun Simpangan pada tingkat pertama arah y terjadi SV1 sebesar 33,33% pada SV2 sebesar 41,36% sedangkan SV3 sebesar 11,78%. akselerasi arah y. Pada SV1 Simpangan dasar arah y terjadi sebesar 51,25%, pada SV2 sebesar 64,09% sedangkan SV3 sebesar 11,78%.
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Implementasi Pengolahan Limbah Konstruksi Berkelanjutan Pada Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat Ramadhani, Salsafanti Alifthania; Wiguna, I Putu Artama
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.20835

Abstract

Industri konstruksi telah menghasilkan limbah konstruksi dan pembongkaran dalam jumlah yang sangat besar dan sebagian besar dibuang ke tempat pembuangan akhir yang tidak secara efektif digunakan kembali atau didaur ulang. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), hanya sekitar 14,96 juta ton dari 29 juta ton limbah dikelola di Indonesia pada tahun 2021.  Hal ini  menimbulkan dampak buruk terhadap berbagai aspek berkelanjutan seperti aspek lingkungan, sosial dan ekonomi. Namun, permasalahan ini belum menjadi perhatian utama di Indonesia. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung penerapan pengolahan limbah konstruksi berkelanjutan ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, lingkungan, teknikal dan peraturan pemerintah di Indonesia. Variabel yang digunakan didapatkan dari penelitian terdahulu dan teknik pengumpulan data menggunakan survei kuesioner penelitian kepada 51 responden. Pengolahan data menggunakan analisis faktor eksploratori. Dari hasil analisis diperoleh faktor penghambat utama adalah faktor peraturan pemerintah; faktor teknikal; faktor manajemen lingkungan; faktor sosial dan faktor kepentingan ekonomi. Faktor pendukung utama adalah faktor peraturan pendukung; faktor teknikal dan faktor ekonomi. 
Kepuasan Pengguna dan Hambatan BIM di Proyek Al Azhar IIBS Karanganyar Abdillah, Zuhairidil; Firdausi, Annisa Azhar; Safarizki, Hendramawat Aski
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 22, No 3 (2024)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j2579-891X.v22i3.15626

Abstract

BIM meningkatkan efektivitas waktu, tenaga, dan biaya dalam perencanaan pembangunan, memudahkan pengolahan data, dan pembuatan desain material model 3D. Pekerja proyek Al Azhar IIBS sebagian perencanaan sudah menerapkan BIM dan lainnya masih konvensional. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kepuasan dan hambatan penerapan tekla BIM di lingkungan proyek. Penelitian menggunakan metode pengisian kuesioner skala likert 5 poin, respon data diuji validitas dan reliabilitas dengan SPSS’25. Hasil penelitian tingkat kepuasan software BIM dapat dilihat dariaa: Kecepatan dan akurasi desain (X12) merupakan indikator dari kepuasan presisi, kejelasan detail (X1) adalah yang paling dominan dengan nilai mean 3,840; Informasi terintegrasi (X22) merupakan indikator kepuasan otomatisasi terhadap output (X2) paling dominan dengan nilai mean 3,760; dan Teknologi BIM dapat meningkatkan kinerja (X35) merupakan indikator kepuasan efisien dan penghematan manajemen (X3) paling dominan dengan nilai mean 4,200. Hambatan penerapan Tekla BIM ialah tingkat ketersediaan perangkat keras (X45) paling dominan dengan nilai mean 4,360.

Page 1 of 2 | Total Record : 11