cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Rotasi
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 1411027x     EISSN : 24069620     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023" : 11 Documents clear
Studi Numerik Evaluasi Kinerja Liquid-Liquid Cylindrical Cyclone (LLCC) Sebagai Oil-Water Separator Bahar, Shofwan; Sutono, Sugoro Bhakti; Hudayaa, Akhmad Zidni; Qomaruddin, Qomaruddin; Dinaryanto, Okto; Ghufron, Hanif; Faizi, Achmad Noor
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.1-6

Abstract

Pembuangan air yang masuk pada lambung kapal nelayan seringkali membawa dampak buruk bagi lingkungan, yaitu terbawanya oli maupun sisa minyak lain dalam penelitian kali ini diasumsikan sebagai kerosin yang bersumber dari mesin kapal tersebut sehingga jika dibiarkan dan semakin banyaknya jumlah kapal dikhawatirkan akan menjadi petaka dimasa mendatang. Penggunaan Hydrocyclone separator untuk pemisahan oil-water yaitu menggunakan jenis Liquid-Liquid Cylindrical Cyclone (LLCC) telah dipelajari secara eksperimental dalam banyak penelitian sebelumnya terbukti sangat efektif dan tentunya sangat murah dibandingakan dengan media filtrasi. Namun target penelitian yang digunakan kebanyakan adalah dunia industri terutama dunia perminyakan, sedangkan disisi lain pada dunia nelayan khususnya nelayan lokal dirasa sangat memerlukan teknologi tersebut untuk turut mengurangi dampak lingkungan akibat pembuangan limbah kapal. Keterbatasan data dan kerahasiaan data eksperimental peneliti lain tidak bisa bebas diexpose dan didapat dengan mudah. Sehingga dalam rangka untuk keperluan desain dan optimasi suatu sistem peralatan yang melibatkan perilaku aliran dua fasa (fasa liquid-liquid) maka perlu mencari metode lain yakni dengan studi numerik menggunakan bantuan perangkat lunak computational fluid dynamic (CFD). Melalui studi numerik, perkembangan seluruh aliran dapat diprediksi melalui studi perilaku aliran didalam sistem. Hal ini dapat menghemat biaya penelitian eksperimen yang sangat mahal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensimulasikan desain LLCC untuk mendapatkan visualisasi bagaimana proses oil-water dapat terpisahkan didalam LLCC. Dan dari data-data yang diperoleh dari simulasi diketahui bahwa desain dari LLCC berhasil memisahkan kandungan kerosin sampai 0% dari dalam air.
Optimasi Parameter Proses 3D Printing pada Pencetakan Model Tooth Bucket menggunakan Nozzle 0,6 mm Andriyansyah, Deni; Kristiyono, Roedy; Chamim, M.; Herianto, Herianto
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.7-13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter proses optimum pada pencetakan model tooth bucket. Material filamen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Polyethylene Terephthalate Glycol (PETG). Specimen dicetak menggunakan mesin 3D printer tipe Delta. Dengan penggunaan nozzle 0,6 mm, objek dicetak pada printing temperature 215 oC dan printing speed 60 mm/s. Pada penelitian ini, parameter yang diuji adalah wall thickness, dan infill density untuk meminimalisasi cacat akibat under extrusion, visible infill, dan pillowing. Spesimen pertama dicetak dengan wall thickness 0,8 mm dan infill density 20%. Namun hasil cetak spesimen pertama masih mengalami cacat visual sehingga pada spesimen kedua digunakan parameter wall thickness 1,8 mm dan infill density 50%. Objek hasil cetak menunjukkan hasil yang cukup bagus dan tidak ditemui cacat-cacat seperti pada spesimen pertama. Kemudian parameter pencetakan kedua digunakan untuk mencetak model tooth bucket. Dengan penggunaan parameter proses tersebut, dapat dihasilkan objek dengan waktu yang cukup cepat dan material yang tetap hemat.
Analisis Sifat Mekanik dan Tribologi pada Cakram Baru dan Bekas Khafidh, Muhammad; Dhewanto, Santo Ajie; Kasim, Muhammad Alfaarisi Maulana; Purwaningrum, Yustiasih
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.14-22

Abstract

Proses pengereman pada kendaraan mempunyai dua komponen penting, yaitu piringan cakram dan kampas rem. Kontak antara cakram dan kampas rem diharapkan mempunyai gesekan yang cukup untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain itu, keausan dari cakram dan kampas rem harus diminimalkan untuk memperpanjang umur komponen. Di Indonesia, banyak pemilik kendaraan yang memutuskan untuk mendaur ulang material cakram ketika cakram sudah aus. Dari sudut pandang lingkungan, hal ini akan mengurangi limbah dan jejak karbon dioksida. Namun, kinerja keselamatan dari cakram daur ulang tersebut belum banyak diteliti. Dalam penelitian ini akan dianalisis kinerja mekanik dan tribologi berbagai jenis bahan cakram, baik cakram baru maupun yang daur ulang. Bahannya ada empat, yaitu cakram baru (Ba), cakram bekas (Be), cakram bekas + sekrap (BeS), dan cakram bekas + sekrap + ampplas (BeS Amplas). Analisis yang dilakukan meliputi kekerasan, kekasaran, massa aus, koefisien gesek, dan temperatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekasaran permukaan material Be lebih rendah dibandingkan material Ba, sedangkan material BeS memiliki kekasaran kurang lebih 5 kali lebih tinggi dibandingkan material Ba. Kekasaran permukaan material BeS yang tinggi menghasilkan gesekan yang rendah dan keausan yang tinggi. Situasi ini tidak diinginkan untuk aplikasi rem karena mengurangi keselamatan dan masa pakai produk. Pemberian perlakuan amplas pada material BeS dapat meningkatkan kinerja tribologi dan menurunkan suhu kontak.
Perancangan Shell and Tube Heat Exchanger Dengan Fluida Kerja Biogas Palm Oil Mill Effluent (POME) Rifa'i, Ahmad Imam; Fitriani, Devita Dinda Dinda; Seprianto, Dicky; Witjahjo, Soegeng
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.23-30

Abstract

Penukar kalor tipe shell and tube digunakan pada industri pada proses pendinginan maupun pada proses pemanasan. Penukar kalor tipe shell and tube memiliki keunggulan diantaranya: perawatan yang mudah, desain konstruksi yang sederhana, serta memiliki kemampuan kerja yang baik karena mampu beroperasi pada suhu dan tekanan tinggi, fluida yang korosif. Dalam upaya menemukan ukuran diameter tube terbaik pada sebuah desain penukar kalor tipe shell and tube yang akan digunakan sebagai pendingin. Pada penelitian ini penukar kalor dirancang dengan menggunakan fluida kerja air dan Biogas Palm Oil Mill Effluent (POME) serta diameter luar pipa 0,75 inch, 1,0 inch, dan 1,25 inch. Penelitian dilakukan untuk mengetahui nilai koefisien perpindahan panas keseluruhan (U) dengan menggunakan perhitungan numerik menggunakan Kern Methode dan simulasi pada software HTRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan penukar kalor shell and tube terbaik adalah penukar kalor dengan diameter luar pipa 0,75 inch yang memiliki nilai over design sebesar 6.49%. Sebuah model kemudian akan dikatakan valid apabila nilai over design pada parameter koefisien perpindahan panas bersihnya tidak melebihi 25% dari nilai koefisien perpindahan panas required design.  
The Effect of Various Two-wheeler Camshaft Materials on Dynamic Response Using Finite Element Analysis Tira, Hendry Sakke; Dwilingga, Ikhsan
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.68-74

Abstract

A camshaft from a 4-stroke engine operating at idle with an average speed of 650 rpm was studied. The study was carried out using the finite element method and the Ansys software. The study was carried out to determine the dynamic response (reaction force, stress distribution, and deformation) of a camshaft circuit operating under torsional pressure at 650 rpm for 1 s. Analysis studies were carried out by varying the camshaft materials such as structural steel, aluminum alloy, and stainless steel. The results of this numeric study show that the structural steel camshaft has the greatest total deformation when compared to the other two materials. Stainless steel has the highest equivalent stress value, followed by structural steel, and aluminum alloy has the lowest. These findings also suggest that aluminum alloy has a better structural response than other materials. This is due to the aluminum alloy having the lowest stress of 239.87 MPa. This is supported by the relatively high safety factor value of 2.165, which is higher than the other two materials.
Studi Numerik Pengaruh Geometri Dasar Laut Berbentuk Convex Terhadap Performa Hidrodinamis Oscillating Water Column (OWC) pada Gelombang Pendek Fadilah, Wahyu Nur; Junianto, Sony; Arini, Nu Rhahida; Pratilastiarso, Joke
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.53-59

Abstract

Lautan yang luas menyimpan potensi energi yang besar dalam gelombang laut, menjadi solusi potensial terhadap krisis bahan bakar fosil. Wave Energy Converters (WECs) memegang peranan penting dalam mengoptimalkan potensi ini, dengan Oscillating Water Column (OWC) menjadi perangkat yang paling menjanjikan dan memiliki konstruksi yang sederhana. Penelitian ini mengeksplorasi kompleksitas hidrodinamis OWC, dengan fokus pada pengaruh profil dasar berbentuk convex terhadap efisiensi penangkapan energi, terutama dalam menghadapi gelombang laut yang tidak teratur dan alami. Simulasi numerik dua dimensi (2D) digunakan untuk menganalisis performa hidrodinamis OWC pada frekuensi rendah atau gelombang pendek. Keunikan penelitian ini terletak pada variasi lebar radius convex, dengan nilai yang diuji adalah 1; 1.5; 2; 2.5; 3; dan 3.5 meter. Analisa numerik menunjukkan terdapat penurunan performa hidrodinamis yang cukup signifikan ketika lebar radius bernilai lebih dari 2.5 meter. Hasil studi ini merekomendasikan bahwa untuk mendapatkan performa hidrodinamis yang optimal dan lebih baik dibandingkan dengan profil dasar berbentuk datar, lebar radius convex sebaiknya tidak bernilai lebih dari 75% dari kedalaman air.
Prototyping Smart Maintenance System Berbasis Augmented Reality Untuk Steam Turbine Di PLTP Paryanto, Paryanto; Surya, Rizqi Diaz; Rusnaldy, Rusnaldy
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.31-42

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dan menghadirkan objek virtual ke dalam realitas fisik secara langsung. Penggunaan augmented reality dalam konteks perawatan dinilai dapat meningkatkan pemahaman para pekerja dalam memvisualisasikan proses perawatan dengan lebih mudah. Sehingga penulis tertarik untuk Prototyping Smart Maintenance System berbasis Augmented Reality untuk Steam Turbine di Pembangkit Listrik. Hal ini didasari oleh besarnya waktu, tenaga, biaya serta resiko yang dikeluarkan pada saat maintenance. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah smart maintenance system berbasis augmented reality yangmudah untuk digunakan berbagaiorang. Pada aplikasi ini peneliti merancang aplikasi dengan 2 fitur yaitu fitur simulasi rangkaian Steam Turbine dan fitur manual Standar Operasional Prosedur (SOP). Pengujian fitur aplikasi meliputi pengujian simulasi Steam Turbine berbasis augmented reality pada fitur simulasi rangkaian Steam Turbine dan pengujian smart maintenance yang berisikan tata cara maintenance pada Steam Turbine pada fitur manual SOP. Pada pengujian fitur aplikasi yang sudah dibuat, didapatkan bahwa aplikasi dapat beroperasi dengan baik menggunakan protokol TCP/IP, sehingga visual simulasi rangkaian Steam Turbine dapat ditampilkan dengan baik. Pada pengujian fitur manual SOP didapatkan bahwa link yang berisikan tata cara maintenance Steam Turbine dapat digunakan dengan baik.
Front Matter Rotasi Vol. 25 No. 4 Oktober 2023 Sari, Ika Ayu Wulan
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.i-v

Abstract

Pemanfaatan Bubble Flame Untuk Implementasi Proses Brazing Setyoko, Adi Tri; Widyanto, Susilo Adi; Haryadi, Gunawan Dwi
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.60-67

Abstract

Abstract In the current era of industrialization, welding technology plays a very important role in the manufacturing or metal joining and assembly industry, one of which is brazing. Brazing is the process of joining specimens using metal and filler that melt in the liquid phase, while the base metal used has a melting point above the filler through heat distribution and the use of filler metal. The aim of this research is to investigate the tensile and bending test strength, from the application of the bubling method and to determine the optimal fuel in the brazing process. The connection model in this research is the lap joint type. The results of research on the brazing process using the bubling method obtain a constant temperature output, so that the filler metal can melt evenly. From the bending test and tensile test results data for each specimen using traditional brazing welding and the bubbling method for Pertalite and Pertamax fuels shows varied results. The bending stress experienced a graph of successive decreases, namely 2.92Mpa for Specimen A, 2.92Mpa for Specimen B and 2.57Mpa for Specimen C. However, in contrast to the resulting tensile stress, there was a graph of increase respectively, 20.87Mpa for Specimen A, 21.76Mpa. specimen B and peak with 34.59Mpa for specimen C. Then the optimal fuel which produces optimal combustion in the brazing process using the bubling method is Pertamax.
Accuracy Assessment of Azimuth, Elevation, and Time data resulted from using actual TLE and simulated-outdated TLE for tracking LAPAN-A2 Satellite Setiawan, Joga Dharma; Ilham F, Muhammad Ario; Haryanto, Ismoyo; Muhida, Riza
ROTASI Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.25.4.%p

Abstract

This study aims to assess the pointing accuracy of a directional antenna at a ground station using outdated Two-Line Element sets (TLEs) to track an equatorial Low-Earth Orbit (LEO) satellite, LAPAN-A2,  using AGI System Tool Kit (STK) software by analyzing the Azimuth, Elevation, and Time-lapse (AET). Simulations were performed using 1, 3, 6, and 12-month outdated TLEs.  Validation was successfully conducted at the initial work by comparing the orbital parameter data extracted from n2yo.com  to the STK simulation results using an updated TLE. It was found that maximum pointing errors using 1, 3, 6, and 12-month outdated TLEs, respectively, were: for the Azimuth 32º, 38º, 167º, and greater than 173º; for the Elevation: 5º, 8º, 7º, and greater than 73º; for the Time-lapse: 24, 35, 488, and 1052 seconds. It can be argued that the maximum pointing errors for up to the three-month outdated TLE are considered small such that a good communication quality between the ground station with a standard directional antenna could still be feasible. However the results of this study is limited only for a selected location in Central Java province in Indonesia. These findings have important implications for real-time satellite tracking when the ground station location becomes remote and disconnected from the internet network due to certain circumstances, such as natural disasters or other kinds of disruption, in which updating TLEs is not possible for a while.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 3 (2025): VOLUME 27, NOMOR 3, OKTOBER 2025 Vol 27, No 2 (2025): VOLUME 27, NOMOR 2, JULI 2025 Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025 Vol 26, No 4 (2024): VOLUME 26, NOMOR 4, OKTOBER 2024 Vol 26, No 3 (2024): VOLUME 26, NOMOR 3, JULI 2024 Vol 26, No 2 (2024): VOLUME 26, NOMOR 2, APRIL 2024 Vol 26, No 1 (2024): VOLUME 26, NOMOR 1, JANUARI 2024 Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023 Vol 25, No 3 (2023): VOLUME 25, NOMOR 3, JULI 2023 Vol 25, No 2 (2023): VOLUME 25, NOMOR 2, APRIL 2023 Vol 25, No 1 (2023): VOLUME 25, NOMOR 1, JANUARI 2023 Vol 24, No 4 (2022): VOLUME 24, NOMOR 4, OKTOBER 2022 Vol 24, No 3 (2022): VOLUME 24, NOMOR 3, JULI 2022 Vol 24, No 2 (2022): VOLUME 24, NOMOR 2, APRIL 2022 Vol 24, No 1 (2022): VOLUME 24, NOMOR 1, JANUARI 2022 Vol 23, No 4 (2021): VOLUME 23, NOMOR 4, OKTOBER 2021 Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021 Vol 23, No 2 (2021): VOLUME 23, NOMOR 2, APRIL 2021 Vol 23, No 1 (2021): VOLUME 23, NOMOR 1, JANUARI 2021 Vol 22, No 4 (2020): VOLUME 22, NOMOR 4, OKTOBER 2020 Vol 22, No 3 (2020): VOLUME 22, NOMOR 3, JULI 2020 Vol 22, No 2 (2020): VOLUME 22, NOMOR 2, APRIL 2020 Vol 22, No 1 (2020): VOLUME 22, NOMOR 1, JANUARI 2020 Vol 21, No 4 (2019): VOLUME 21, NOMOR 4, OKTOBER 2019 Vol 21, No 3 (2019): VOLUME 21, NOMOR 3, JULI 2019 Vol 21, No 2 (2019): VOLUME 21, NOMOR 2, APRIL 2019 Vol 21, No 1 (2019): VOLUME 21, NOMOR 1, JANUARI 2019 Vol 20, No 4 (2018): VOLUME 20, NOMOR 4, OKTOBER 2018 Vol 20, No 3 (2018): VOLUME 20, NOMOR 3, JULI 2018 Vol 20, No 2 (2018): VOLUME 20, NOMOR 2, APRIL 2018 Vol 20, No 1 (2018): VOLUME 20, NOMOR 1, JANUARI 2018 Vol 19, No 4 (2017): VOLUME 19, NOMOR 4, OKTOBER 2017 Vol 19, No 3 (2017): VOLUME 19, NOMOR 3, JULI 2017 Vol 19, No 2 (2017): VOLUME 19, NOMOR 2, APRIL 2017 Vol 19, No 1 (2017): VOLUME 19, NOMOR 1, JANUARI 2017 Vol 18, No 4 (2016): VOLUME 18, NOMOR 4, OKTOBER 2016 Vol 18, No 3 (2016): VOLUME 18, NOMOR 3, JULI 2016 Vol 18, No 2 (2016): VOLUME 18, NOMOR 2, APRIL 2016 Vol 18, No 1 (2016): VOLUME 18, NOMOR 1, JANUARI 2016 Vol 17, No 4 (2015): VOLUME 17, NOMOR 4, OKTOBER 2015 Vol 17, No 3 (2015): VOLUME 17, NOMOR 3, JULI 2015 Vol 17, No 2 (2015): VOLUME 17, NOMOR 2, APRIL 2015 Vol 17, No 1 (2015): VOLUME 17, NOMOR 1, JANUARI 2015 Vol 16, No 4 (2014): VOLUME 16, NOMOR 4, OKTOBER 2014 Vol 16, No 3 (2014): VOLUME 16, NOMOR 3, JULI 2014 Vol 16, No 2 (2014): VOLUME 16, NOMOR 2, APRIL 2014 Vol 16, No 1 (2014): VOLUME 16, NOMOR 1, JANUARI 2014 Vol 15, No 4 (2013): VOLUME 15, NOMOR 4, OKTOBER 2013 Vol 15, No 3 (2013): VOLUME 15, NOMOR 3, JULI 2013 Vol 15, No 2 (2013): VOLUME 15, NOMOR 2, APRIL 2013 Vol 15, No 1 (2013): VOLUME 15, NOMOR 1, JANUARI 2013 VOLUME 14, NOMOR 4, OKTOBER 2012 VOLUME 14, NOMOR 3, JULI 2012 VOLUME 14, NOMOR 2, APRIL 2012 VOLUME 14, NOMOR 1, JANUARI 2012 VOLUME 13, NOMOR 4, OKTOBER 2011 VOLUME 13, NOMOR 3, JULI 2011 VOLUME 13, NOMOR 2, APRIL 2011 VOLUME 13, NOMOR 1, JANUARI 2011 Volume 12, Nomor 4, Oktober 2010 Volume 12, Nomor 3, Juli 2010 Volume 12, Nomor 2, April 2010 Volume 12, Nomor 1, Januari 2010 Volume 11, Nomor 4, Oktober 2009 Volume 11, Nomor 3, Juli 2009 Volume 11, Nomor 2, April 2009 Volume 11, Nomor 1, Januari 2009 Volume 10, Nomor 4, Oktober 2008 Volume 10, Nomor 3, Juli 2008 Volume 10, Nomor 2, April 2008 Volume 10, Nomor 1, Januari 2008 Volume 9, Nomor 4, Oktober 2007 Volume 9, Nomor 3, Juli 2007 Volume 9, Nomor 2, April 2007 Volume 9, Nomor 1, Januari 2007 Volume 8, Nomor 4, Oktober 2006 Volume 8, Nomor 3, Juli 2006 Volume 8, Nomor 2, April 2006 Volume 8, Nomor 1, Januari 2006 Volume 3, Nomor 2, April 2001 Volume 3, Nomor 1, Januari 2001 Volume 2, Nomor 4, September 2000 More Issue