cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Phone
-
Journal Mail Official
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Anterior Jurnal
ISSN : 14121395     EISSN : 23553529     DOI : -
The publication of Anterior Jurnal certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 9 articles consisting of Education, Social and Political, Agrotechnology and Forestry, Islamic Studies, and Health Science topics.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal" : 10 Documents clear
MODEL KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL MEDIA SOSIAL PADA APARATUR DESA DAN KELOMPOK MASYARAKAT INFORMASI KABUPATEN BANDUNG: DIGITAL LITERACY SKILL MODEL IN VILLAGE APPARATUS AND COMMUNITY GROUP IN BANDUNG DISTRICT Rachmawati Windyaningrum; Nila Kusumawindarti; Arina Rubyasih; Stefani Made Ayu Artharini Koesanto
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5058

Abstract

Desa Ciburial Kecamatan Cimeyan Kabupaten Bandung merupakan salah satu desa yang mendapatkan predikat desa digital serta desa wisata. Pemberian predikat desa digital tersebut tidak terlepas dari pencapaian Desa Ciburial yang mampu mengelola media digital dalam bentuk website hingga media sosial. Namun kompetensi yang dimiliki belum selaras dengan keahlian dan keterampilan digital dalam pengelolaan konten media sosial. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi dan membuat model penerapan kompetensi dan keterampilan literasi digital yang dimiliki aparatur pemerintah Desa Ciburial dari aspek keterampilan digital komunikasi, digital kreasi konten, dan strategi digital. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam dan focus group discussion, studi literatur buku, jurnal serta pencarian internet. Analisa data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman serta triangulasi data dilakukan dengan triangualasi data, sumber dan waktu sebagai teknik keabsahan data. Keterampilan digital komunikasi terdiri dari keterampilan menggunakan perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi, perangkat lunak, internet, media sosial, netiket, dan menyajikan berita sebagai solusi keresahan di masyarakat. Keterampilan digital kreasi konten terdiri dari penerapan 5W+1H pada konten, meriset lapangan untuk konten, penguasaan kerja tim, menguasai teknik dasar pembuatan konten, keterlibatan followers sebagai sumber referensi informasi. Keterampilan strategi digital adalah membuka ruang komunikasi, mengembangkan konten multiplatform, promosi desa, dan konten komersial.
EMPOWERING LEADERSHIP WOMEN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MENURUT PERSPEKTIF MUHAMMADIYAH PADA ERA NEW NORMAL DI KOTA PALANGKA RAYA: EMPOWERING LEADERSHIP OF WOMEN IN IMPROVING THE ECONOMY ACCORDING TO THE PERSPECTIVE OF MUHAMMADIYAH IN THE NEW NORMAL ERA IN THE CITY OF PALANGKA RAYA Ainun Jariah; Laksminarti Laksminarti
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5336

Abstract

Pemberdayaan perempuan dianalogikan pada masa silam, Islam sering dituduh telah memberi legitimasi terhadap penyempitan peran perempuan hingga kekerasan terhadap perempuan. Pergerakan ‘Aisyiyah haruslah terintegrasi dan komprehensif, dengan mengembangkan orientasi gerakannya bukan sekadar menciptakan kader-kader perempuan yang shalihah secara ritual (fiqhiyyah), namun tidak bisa menganalisa ketertinggalan perempuan ataupun hegemoni tradisi dan tafsir agama yang tekstual (skripturalis) sehingga mengungkung cara berpikir dan bertindak sebagian besar perempuan Islam. ‘Aisyiyah perlu melakukan reorientasi organisasi yang selanjutnya dikuti dengan penguatan dan optimalisasi praksis sosial, dengan dilandasi teologi al Ma’un, sebagai inspirasi dasar gerakan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Reorientasi ini harus diikuti dengan menciptakan kader-kader yang mampu menciptakan perempuan-perempuan yang shalihah sebagai ulama perempuan yang memahami Al-Qur’an yang mampu mensinergikannya dengan kondisi kekinian. Dalam kondisi kini, gerakan perempuan ‘Aisyiyah masih sangat dibutuhkan dan dikembangkan keberadaanya khususnya di Indonesia, dengan melihat tantangan dan kondisi sosial politik yang ada saat ini. Dalam konteks Muhammadiyah penguatan gerakan perempuan dalam Persyarikatan melekat dengan misi dan dinamika gerakan Muhammadiyah dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Revitalisasi gerakan perempuan muslim juga sejalan dengan misi Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi kemuliaan perempuan dan kemanusiaan untuk menjadi kholifah dimuka bumi ini dan sebagai perwujudan risalah rahamatan lil’alamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif yang mana menggambarkan tentang kondisi empowering leadership women dalam meningkatkan ekonomi dalam sudut pandang organisasi Muhammadiyah di Kota Palangka Raya pada situasi dan kondisi era new normal
ANALISIS RANTAI PASOK DAN NILAI TAMBAH PRODUK SURIMI EKSPOR : Supply Chain Analysis and Value Added of Export Surimi Products Feby Lailah; Nuriah Yuliati; Mirza Andrian Syah
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5345

Abstract

Pemilihan aliran rantai pasok merupakan kegiatan yang sangat krusial untuk dapat memuaskan pelanggan akhir dalam rantai pasok suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aliran rantai pasok surimi ekspor, menganalisis besarnya nilai tambah surimi ekspor, dan mengetahui permasalahan dan solusi dalam rantai pasok surimi ekspor di PT. Indo Lautan Makmur. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode observasi dan wawancara yang dibantu dengan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan metode nilai tambah hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat aliran barang, aliran uang, dan aliran informasi yang mengalir dalam rantai pasok surimi ekspor dengan 3 pihak yang terlibat, yaitu CV. Valent Putra, PT. Indo Lautan Makmur, dan Teinstark CO., LTD. 2) Nilai tambah pada rantai pasok surimi ekspor di PT. Indo Lautan Makmur tergolong tinggi, yaitu sebesar 40,7%. 3) Ditemukan permasalahan pada produksi, manajemen, dan distribusi surimi ekspor. Solusi yang ditawarkan antara lain, perhitungan persediaan bahan baku, pembuatan kontrak bisnis, dan penggunaan truk berpendingin.
MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR TEMATIK TEMA 4 SUB TEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI METODE TANYA JAWAB DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SELAT BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/202: INCREASING LEARNING ENTITIES THEMATIC THEME 4 SUB THEME 1 TYPES OF WORK THROUGH THE Q&A METHOD AND IMAGE MEDIA IN CLASS IV STUDENTS OF SD NEGERI 3 SELAT BARAT ACADEMIC YEAR 2020/2021 Debora Debora
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5430

Abstract

Pada proses pembelajaran Tematik kelas IV SD Negeri 3 Selat Barat   tema 4 sub tema 1 jenis-jenis pekerjaan menunjukkan bahwa siswa dalam kelas tersebut kurang memiliki keaktifan yang baik dan tidak mendukung proses pembelajaran seperti berbicara sendiri dengan teman.oleh karenanya peneliti hendak meningkatkan antusias belajar siswa melalui metode Tanya jawab dan media gambar. Hasil peningkatan antusias belajar siswa pada mata pelajaran tematik dengan menggunakan strategi pembelajaran tipe Metode tanya jawab dan media gambar mencapai sejumlah 14 anak (77,7%) sedangkan yang dibawah target pencapaian minimal sejumlah 4 anak (22,2%). Target pencapaian ini belum terpenuhi kriteria keberhasilan kinerja pada siklus I, Maka perlu dilakukan tindakan siklus II dengan tujuan meningkatkan antusias belajar siswa pada mata pelajaran tematik mencapai minimal 100%. Maka dari itu perlu diteruskan untuk Tahap siklus II sebagai bentuk perbaikan pada siklus sebelumnya. Hasil dari tindakan yang dilakukan pada siklus 1 peneliti masih belum maksimal, hal ini dibuktikan ada beberapa siswa kurang mendengarkan penjelasan guru dengan baik serta saat pembelajaran masih terlihat siswa yang pasif terutama yang tidak dikontrol oleh guru dalam kegiatan berdiskusi kelompok, masih terlihat ada yang tidak bekerja sama ada yang pasif berpartisipasi. Hal tersebut juga dipengaruhi peneliti karena saat pembelajaran peneliti kurang maksimal dalam memberikan fasilitator terhadap siswa, serta tidak memberikan motivasi kepada siswa. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka perlu dilakukan tindakan siklus II sebagai perbaikan. Pada siklus II antusias belajar siswa berhasil meningkat mencapai sejumlah 18 siswa (100%) dari keseluruhan siswa. Tidakan yang dilakukan peneliti adalah perbaikan kualitas pembelajaran serta dorongan secara moral dari siswa
PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 1 SELAT HILIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021: Improving The Quality Of Teacher Performance Through Academic Supervision At SDN 1 Selat Hilir Semester 1 Of Academic Year 2020/2021 Deli Verena
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5431

Abstract

Berdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara langsung dengan kepala guru-guru SDN 1 Selat Hilir memiliki kinerja yang kurang baik. guru-guru SDN 1 Selat Hilir belum memiliki kedisiplinan yang tinggi yang ditujukan kepada seluruh warga sekolah. Dengan fasilitas yang kurang memadai SDN 1 Selat Hilir jadi kurang mampu bersaing dengan sekolah lain.Oleh karenanya peneliti hendak meningkatkan mutu kinerja guru SDN 1 Selat Hilir melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research).Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 1 Selat Hilir. Data penelitian tindakan sekolah yang diperoleh dari Hasil penilaian  mutu kinerja guru pada pra siklus, hasilnya adalah mutu kinerja guru rendah. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus I yaitu 57,5 , oleh karenanya perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor maksimal. Hasil penilaian  mutu kinerja guru pada siklus I, hasilnya adalah mutu kinerja guru sedang. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus I yaitu 93,9 , akan tetapi perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor maksimal. Dengan  adanya  hasil  observasi  dan penilaian  pada  kegiatan  siklus I  maka peneliti melakukan refleksi. Dari refleksi terhadap seluruh kegiatan  pada siklus  I, maka refleksi pada siklus I adalah sebagai berikut: Pada siklus II, hasilnya adalah mutu kinerja guru tinggi. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus II yaitu 135,79, hal ini sudah memenuhi target karena mencapai skor maksimal yaitu mendekati 180.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SD NEGERI BERANGAS 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021: Efforts To Improve Teacher Competence In Developing Learning Tools Through Sustainable Academic Supervision At SD Negeri Berangas 1 Academic Year 2020/2021 Endang Susilawati
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5432

Abstract

Seorang guru yang kebingungan atau Copy-paste dalam membuat perangkat pembelajaran akan berdampak pada kegagalan proses pembelajaran dan menghambat pula peningkatan mutu sekolah itu sendiri, sehingga upaya untuk meningkatkan kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran menjadi fokus dalam penelitian ini. Selanjutnya peneliti hendak melaksanakan Supervisi akademik yang berkelanjutan. Kegiatan Supervisi akademik yang berkelanjutan ini lebih spesifik membahas dan praktik langsung dalam persiapan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. Pada pra siklus ini di hasilkan skor rata-rata 7,62, artinya Kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran kurang baik, maka perlu di lanjutkan siklus I untuk lebih miningkatkan lagi Kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran. Pada siklus I ini, guru sudah mulai faham dan mampu menyusun Perangkat pembelajaran walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 15,62 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran cukup baik. Pada siklus II ini, guru sudah mulai faham dan mampu menyusun perangkat pembelajaran dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 20 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti Kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran sudah sangat baik. Pada siklus I dan II ini, guru sudah mampu menyusun silabus, Guru membuat RPP, guru membuat Prota, guru membuat Promes, guru melampirkan kalender pendidikan, guru membuat buku jurnal dan guru membuat instrument penilaian.
MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN GURU MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DI SDN 3 SELAT BARAT TAHUN 2021/2022: Improving Teacher's Discipline Attitude Through The Disciplinary Development Program At SDN 3 Selat Barat In 2021/2022 Etty Erlinda
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5433

Abstract

Guru professional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Keahlian yang dimiliki oleh guru profesional adalah keahlian yang diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan yang diprogramkan secara khusus untuk itu. Sebagai Kepala sekolah  harus mampu mengelola waktu secara efisien, baik untuk tugas-tugas sendiri maupun untuk sekolah secara keseluruhan. Sehingga keluhan  kegiatan proses belajar mengajar dapat  berjalan secara  efektif dan efisien. Oleh Karena itu peneliti melakukan upaya meningkatkan sikap disiplin guru Melalui Program Pembinaan Kedisiplinan Oleh Kepala Sekolah Di  SDN 3 Selat Barat. Dari  hasil pengamatan, hasil nilai observasi dan wawancara pada siklus I, pelaksaan program pembinaan kedisiplinan dapat berjalan dengan kondusif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. siklus kedua ini adalah siklus yang merupakan refleksi dari siklus pertama. Pada siklus ke II ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan.Pada siklus ini pelaksanaan program pembinaan kedisiplinan juga sama seperti yang di terapkan pada siklus I, dan hasil dari program pembinaan kedisiplinan yang sudah di laksanakan menunjukkan peningkatan Kedisiplinan Guru SDN SDN 3 Selat Barat pada proses mengajar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGAPRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII B SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Increasing Student Learning Outcomes In Indonesian Language Material Appreciate And Create Fables Through A Scientific Approach With The Assistance Of Image Media In Class Vii B Of SMP Negeri 8 Palangka Raya Academic Year 2021/2022 Hamasita Hamasita
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5434

Abstract

Hasil pengamatan guru di kelas, pada maple bahasa Indonesia, siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Palangka Raya menunjukkan hasil belajar yang rendah, hal ini di tunjukkan adanaya nilai harian yang rendah atau tidak mencapai KKM. Selanjutnya guru melakukan wawancara terhadap beberapa siswa, yang hasilnya adalah siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran di kelas. Dari hasil wawancara itulah, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni pendekatan saintifik berbantuan media gambar. Hasil evaluasi siklus I pada pertemuan ke 1 pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 18 siswa atau 50%. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 adalah 18 siswa atau 50 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 25 siswa atau 69,4 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤ 75 sebanyak 11 siswa atau 30,5%. Sedangkan hasil evaluasi siklus II Pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 30 siswa atau 83,3 %. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 adalah 6 siswa atau 16,6 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 36 siswa atau 100 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≤ 75 sebanyak 0 siswa atau 0%.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS VIII A SEMESTER 1 SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021: Efforts To Improve The Learning Achievement Of Science Materials On Simple Aircraft Through Experimental Methods In Class Viii A Semester 1 Of SMP Negeri 8 Palangka Raya In Academic Year 2020/2021 Helmi Tara
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5435

Abstract

Dari hasil pengolahan data siswa sebelum perbaikan atau pra siklus dengan Realita yang terjadi di SMP Negeri 8 Palangka Raya di Kelas VIII adalah prestasi belajar siswa rendah pada materi pesawat sederhana. Dari data hasil mid semester untuk saat ini masih banyak siswa yang tidak lulus kriteria ketuntasan mengajar, pada Kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya yang terdiri dari 34 siswa hanya 11 siswa lulus KKM. Oleh karenanya di perlukan metode yang tepat dalam memberikan materi pelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meeningkat, dalam hal ini peneliti mengambil metode eksperimen sebagai metode untuk mengajar IPA materi pesawat sederhana. Penelitian ini menggunakan metode jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen yang menarik perhatian siswa dan sesuai materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021, khususnya pelajaran IPA semester 1 materi pokok Pesawat sederhana, bahwa pada Pra Siklus dari 34 siswa hanya ada 11 siswa (32,35%) saja yang tuntas. Kemudian penulis melakukan perbaikan pembelajaran Siklus I dan hasilnya 26 siswa atau 76,47% yang sudah memenuhi KKM dengan kata lain masih ada 8 siswa yang belum tuntas, untuk itu peneliti mengadakan perbaikan pembelajaran lagi dengan mengadakan Siklus II. Pada siklus II ini hasil tes formatif siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya meningkat menjadi 34 siswa atau 100% yang memenuhi KKM. Sedangkan 0 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 75 dinyatakan tidak tuntas dan perlu dilaksanakan tindak lanjut berupa pemberian tugas.
DIVERSITY OF NEPHENTHES SPP SPECIES IN THE EDUCATION FOREST OF MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PALANGKA RAYA: KEANEKARAGAMAN SPESIES NEPENTHES SPP SPECIES IN THE EDUCATION FOREST OF MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PALANGKA RAYA Ardiyansyah Purnama; Mariaty Mariaty
Anterior Jurnal Vol. 22 No. Special-1 (2023): Anterior Jurnal
Publisher : ​Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5445

Abstract

Biodiversity, one of which is the diversity of species of Nepenthes spp, is a natural wealth owned by the Education Forest of the Muhammadiyah University of Palangkaraya, Rakumpit, Palangka Raya City, Central Kalimantan. The research uses observation techniques and transect techniques as well as literature documentation as a supporting source with this type of exploratory research. The diversity of Nepenthes spp species obtained in the Educational Forest of Muhammadiyah University of Palangkaraya, namely found 6 (six) species with different characteristics of roots, stems and leaves. Nepenthes spp species found included Nepenthes ampullaria jack, Nepenthes rafflesiana jack, Nepenthes reinwardtiana miq, Nepenthes hirsute, Nepenthes garcilis, and Nepenthes tomoriana.

Page 1 of 1 | Total Record : 10