cover
Contact Name
ahmad gawdy prananosa
Contact Email
ahmadgawdynano@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ipm2kpeintecoms@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
ISSN : 26213249     EISSN : 26141574     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science" : 23 Documents clear
KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI PEMESANAN TIKET BIOSKOP MOBILE TIX ID Aprillia, Dhea Dwi; Hamzah, Muhammad Luthfi; Syaifullah, Syaifullah; Anofrizen, Anofrizen
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/eb9xhw70

Abstract

Aplikasi TIX ID adalah salah satu aplikasi online yang dapat mempermudah pengguna dalam memesan tiket bioskop dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengantri. Dapat dilihat dari penggunaan aplikasi TIX ID, terdapat permasalahan dialami oleh pengguna seperti, pembayaran yang gagal, lambat respon dari aplikasi dan lain sebagainya. Dari permasalahan tersebut, pihak pengembang pasti akan terus memperbaiki layanan mereka agar pengguna akan terus menggunakan aplikasi secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi TIX ID menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan empat Variabel tambahan: Perceived Value, Subjective Norms, Perceived Trust, dan Image. Data dikumpulkan dari 96 responden melalui kuesioner online yang disebarkan di berbagai platform media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa memiliki keterkaitan yang positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi dan variabel Perceived Usefulness dan Intention to Use memberikan pengaruh signifikan terhadap aplikasi.
KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA APLIKASI PEMESANAN TIKET BIOSKOP MOBILE TIX ID Aprillia, Dhea Dwi; Hamzah, Muhammad Luthfi; Syaifullah, Syaifullah; Anofrizen, Anofrizen
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/eb9xhw70

Abstract

Aplikasi TIX ID adalah salah satu aplikasi online yang dapat mempermudah pengguna dalam memesan tiket bioskop dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengantri. Dapat dilihat dari penggunaan aplikasi TIX ID, terdapat permasalahan dialami oleh pengguna seperti, pembayaran yang gagal, lambat respon dari aplikasi dan lain sebagainya. Dari permasalahan tersebut, pihak pengembang pasti akan terus memperbaiki layanan mereka agar pengguna akan terus menggunakan aplikasi secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi TIX ID menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan empat Variabel tambahan: Perceived Value, Subjective Norms, Perceived Trust, dan Image. Data dikumpulkan dari 96 responden melalui kuesioner online yang disebarkan di berbagai platform media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa memiliki keterkaitan yang positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi dan variabel Perceived Usefulness dan Intention to Use memberikan pengaruh signifikan terhadap aplikasi.
Analisa Faktor Keberhasilan Kenaikan Pangkat Dan Golongan Pegawai Pemerintah Kota Semarang Berbasis Machine Learning Rafidian Salmana Tamimi; Ardhianto, Eka
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/yt7dj719

Abstract

Promosi kenaikan jabatan di BKPP Pemerintah Kota Semarang memerlukan evaluasi kualitas dan kinerja Pegawai Negeri Sipil. Saat ini, proses seleksi masih manual, menyebabkan ketidaktelitian dalam kelengkapan berkas dan verifikasi. Penelitian ini menganalisis pola keberhasilan kenaikan pangkat menggunakan machine learning dengan membandingkan Between-Class Variation dan Within-Class Variation. Hasilnya, rasio 0,003691276 menunjukkan kinerja model yang sangat baik. Temuan lain menyoroti kesalahan kenaikan pangkat akibat kelalaian pegawai dalam pengajuan berkas dan kurang cermatnya petugas. Solusinya, diperlukan sistem otomatis berbasis AI untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi seleksi.
Implementasi Algoritma LSTM untuk Prediksi Kebutuhan Bahan Baku Restoran di Bale Raos Kraton Yogyakarta Abdul Rahman Wahid; Witanti, Arita
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/cf163j95

Abstract

Bale Raos Kraton Yogyakarta menghadapi tantangan dalam manajemen persediaan bahan baku akibat fluktuasi permintaan. Penelitian ini mengembangkan model Long Short-Term Memory (LSTM) untuk memprediksi kebutuhan 36 bahan baku berbasis data historis penjualan dan kalender musiman (Januari 2023–Februari 2025). Tahap preprocessing mencakup interpolasi temporal, pembentukan fitur lagging (1-hari dan 7-hari), one-hot encoding, dan normalisasi MinMax. Arsitektur LSTM berlapis (256/128 unit) dibangun, kemudian dievaluasi dengan pembagian data: pelatihan (Januari 2023–Oktober 2024), validasi (November–Desember 2024), dan pengujian (Januari–Februari 2025). Hasil menunjukkan kinerja optimal dengan MSE 0.0108 dan MAE 0.0735. Simulasi prediksi 31 hari (29 Januari–28 Februari 2025) mencapai Overall Aggregated Accuracy (Makro) 90,27%, membuktikan efektivitas model dalam meminimalkan risiko overstock dan stockout secara operasional.
Komparasi Akurasi Algoritma Logistic Regression dan Naive Bayes pada Dataset Hepatitis Riansyah, Muhammad; Fiqna, Harry Pratama; Bahri, Syaiful
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/h36jsr29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat akurasi dua algoritma klasifikasi, yaitu Logistic Regression dan Naive Bayes, dalam proses mendiagnosis penyakit hepatitis. Data penelitian diperoleh dari situs Kaggle.com yang kemudian dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Proses evaluasi dilakukan melalui metode validasi dengan menggunakan beberapa metrik pengukuran, antara lain accuracy, classification error, precision, recall, dan F1-score. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, algoritma Logistic Regression berhasil mencapai tingkat akurasi sebesar 90,32%, sedangkan algoritma Naive Bayes hanya memperoleh akurasi sebesar 83,87%. Hasil ini menunjukkan bahwa Logistic Regression memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan Naive Bayes. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pemilihan algoritma klasifikasi dalam pengolahan data medis berbasis machine learning.
Rancang Bangun Purwarupa Pengusir Burung Otomatis Dengan Memanfaatkan IoT dan Sumber Energi Surya di Gardu Induk Nusa Dua Priambodo, Saga; Havivi, Hoirur Rosiqin; Amrita, Anak Agung Ngurah; Shandyasa, I Wayan
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/2gfkwh53

Abstract

Keberadaan gardu induk dalam sistem tenaga listrik mutlak diperlukan. Gardu induk sendiri merupakan suatu instalasi yang terdiri dari peralatan listrik yang berfungsi untuk mengubah daya listrik tegangan tinggi menjadi tegangan tinggi atau tegangan menengah lainnya. Untuk mendukung kelancaran penyediaan tenaga listrik dan menjamin kontinuitas kelistrikan, kemampuan peralatan yang ada di gardu induk sangat perlu mendapat perhatian khusus, seperti pengawasan dan perawatan secara berkala. Misalnya saja di Gardu Induk Nusa Dua yang lokasinya dekat dengan pantai dan hutan mangrove, banyak terdapat burung-burung liar yang berkeliaran dan mencari makan atau bahkan membuat sarang di area Gardu Induk Nusa Dua. Keberadaan burung-burung liar tersebut tentu dapat mengganggu operasional gardu induk, seperti membuang kotoran dan membuat sarang di peralatan listrik gardu induk. Burung-burung liar tersebut akan hinggap di peralatan yang ada di gardu induk dan tidak jarang juga akan membuang kotoran di peralatan yang dihinggapinya. Kotoran yang tidak dibersihkan lama-kelamaan akan mengeras dan dapat menimbulkan gangguan berupa titik api dan korsleting pada peralatan. Gangguan hotspot dan arus pendek pada gardu induk merupakan kendala yang tidak diinginkan oleh penyedia listrik dalam mengoperasikan sistem kelistrikannya. Maka dari itu kelompok kami berencana untuk membuat sebuah prototipe yang dapat memancarkan gelombang suara dengan frekuensi yang tidak disukai burung dengan memanfaatkan IoT dan sinar matahari sebagai sumber tenaganya. Dengan begitu, alat ini dapat dioperasikan melalui internet dan memiliki sumber energi sendiri, sehingga dapat dioperasikan dengan mudah dan dapat ditempatkan di tempat yang sulit dijangkau tanpa memerlukan perawatan yang berarti.
Implementasi Aplikasi Digital Untuk Pemetaan Dan Promosi UMKM Di Malaka Jaya Duren Sawit Jakarta Timur Sutisna, Sutisna; Saputra, Deny; Abdillah, Gipari Pradina; Purnama, Anggit
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/rgx4kx28

Abstract

Pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, pelaku UMKM di Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka dan mengakses informasi terkait pasar. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi digital berbasis web yang mendukung pemetaan dan promosi UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup beberapa tahapan, yaitu survei dan observasi untuk mengidentifikasi kebutuhan UMKM, analisis data dan kebutuhan sistem, pengembangan aplikasi, serta uji coba dan sosialisasi kepada pengguna. Aplikasi yang dirancang memiliki fitur utama seperti direktori UMKM, pemetaan lokasi berdasarkan kategori usaha, dan layanan promosi digital. Desain aplikasi dibuat sederhana dan ramah pengguna agar dapat diakses dengan mudah oleh pelaku UMKM. Hasil dari implementasi aplikasi ini menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan daya saing dan visibilitas UMKM di wilayah tersebut. Pelaku UMKM melaporkan peningkatan jumlah pelanggan, efisiensi strategi pemasaran, serta akses yang lebih luas ke pasar lokal dan regional. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa aplikasi digital berbasis web mampu menjadi solusi efektif untuk mendukung pengembangan UMKM melalui integrasi teknologi informasi dalam strategi pemasaran. Dengan keberhasilan ini, diharapkan aplikasi ini dapat menjadi model bagi pengembangan UMKM di wilayah lain. Kata Kunci: UMKM, Aplikasi Digital, Pemasaran, Pengembangan Ekonomi
EVALUASI PENERIMAAN APLIKASI LIBAS MENGGUNAKAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Malik, Rizky Raihan; Utomo, Agus Prasetyo; Mariana, Novita
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/zz8cvs09

Abstract

Studi ini berfokus pada pengamatan tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi LIBAS (Layanan Informasi Berbasis Android Semarang) yang dikembangkan oleh Polrestabes Semarang sebagai sarana layanan publik digital. Evaluasi dalam studi ini dilakukan dengan mengadaptasi model Technology Acceptance Model (TAM) melalui integrasi variabel tambahan yaitu Situational Factors (SF), Attitude Toward Using (ATT), dan Perceived Value (PV). Model ini mengkaji pengaruh PEOU, PU, dan SF terhadap BI, baik secara langsung maupun melalui ATT dan PV sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner dan analisis data dilakukan melalui Structural Equation Modeling(SEM) berbasis SmartPLS 3. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa PEOU dan PU berpengaruh signifikan terhadap ATT, sedangkan ATT berpengaruh positif terhadap BI. Selain itu, SF berpengaruh terhadap PV, yang kemudian memengaruhi BI. Temuan ini mendukung pengembangan TAM yang diperluas dan memberikan rekomendasi strategis dalam pengembangan layanan digital publik berbasis aplikasi.
ANALISIS TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP ECOMMERCE SHOPEE MENGGUNAKAN METODE NET PROMOTER SCORE Ucy Charisma; Nazaruddin, Nazaruddin; Suherman, Suherman; Ikhsan Hamdy, Muhammad
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/k19hh659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap platform e-commerce Shopee dengan menggunakan metode Net Promoter Score (NPS). Shopee merupakan salah satu e-commerce terpopuler di Indonesia, namun di tengah persaingan yang semakin ketat, penting untuk mengevaluasi loyalitas pengguna secara kuantitatif. Metode NPS digunakan untuk mengklasifikasikan konsumen ke dalam tiga kategori: promoter, passive, dan detractor. Data dikumpulkan dari 100 responden aktif pengguna Shopee menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori produk pakaian memiliki skor NPS tertinggi sebesar 51,6 yang mengindikasikan tingkat loyalitas sangat tinggi, sedangkan kategori kosmetik menunjukkan nilai NPS negatif sebesar -26 yang mencerminkan rendahnya loyalitas. Faktor-faktor seperti pengalaman pengguna, kepuasan layanan, dan kemudahan pengembalian menjadi penentu utama dalam pembentukan loyalitas. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi Shopee dalam merancang strategi peningkatan layanan untuk mempertahankan konsumen setia.
KOMPARASI ALGORITMA CBQ ( CLASS BASED QUEUEING ) DAN TEKNIK TRAFFIC SHAPPING DALAM OPTIMASI KUALITAS LAYANAN ( QOS ) PADA JARINGAN BERBASIS IPV6 Akbar, Yuma; Wijaya, Rohmat
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Publisher : Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31539/tmxavg13

Abstract

Perkembangan teknologi jaringan yang semakin pesat, terutama dengan implementasi protokol IPv6, menuntut sistem manajemen lalu lintas data yang lebih efisien untuk menjamin kualitas layanan (Quality of Service/QoS). Dalam konteks ini, algoritma Class-Based Queueing (CBQ) dan teknik Traffic Shaping menjadi dua pendekatan yang umum digunakan untuk mengelola bandwidth serta mengatur prioritas dan aliran data dalam jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan komparasi antara algoritma CBQ dan teknik Traffic Shaping dalam mengoptimalkan QoS pada jaringan berbasis IPv6. Parameter yang dianalisis meliputi throughput, delay, jitter, dan packet loss menggunakan skenario simulasi dengan topologi jaringan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode memiliki keunggulan masing-masing, di mana CBQ lebih unggul dalam pengaturan prioritas trafik dan fairness, sedangkan Traffic Shaping lebih efektif dalam pengendalian laju pengiriman data dan stabilisasi bandwidth. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan rekomendasi penggunaan algoritma yang sesuai berdasarkan kebutuhan karakteristik lalu lintas jaringan dan tujuan optimasi QoS.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 5 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 4 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 3 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol. 8 No. 2 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 8 No 2 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 8 No 1 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 6 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 4 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 2 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 7 No 1 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 2 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 5 No 2 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 5 No 1 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 4 No 2 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 4 No 1 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 2 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 3 No 1 (2020): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 2 No 2 (2019): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 2 No 1 (2019): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No 2 (2018): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No 1 (2018): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science More Issue