cover
Contact Name
Benny Hidayat, PhD
Contact Email
bennyhidayat@ft.unand.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bennyhidayat@ft.unand.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil
Published by Universitas Andalas
ISSN : 18582133     EISSN : 24773484     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Rekayasa Sipil' translated as Civil Engineering Journal, is a scholarly periodical that published by Civil Engineering Departement, Faculty of Engineering, Andalas University (Unand), Padang, West Sumatra, Indonesia. The journal, abbreviated as JRS-Unand, covers recent topics in civil engineering as stated in its focus and scope. JRS-Unand publishes 6-10 articles in each edition with 8-14 pages long for each article. One volume of JRS-Unand divided into two editions, which published in February and October each year. Articles are written in Bahasa Indonesia (Indonesian language) or can be in English.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2024)" : 6 Documents clear
Road Construction Delay Risk Identification Based On The Relative Importance Index Method Fadlansyah, Heldifha; Sandhyavitri, Ari; Iriana, Rian Trikomara
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 20, No 2 (2024)
Publisher : Civil Engineering Departement, Andalas University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jrs.20.2.83-96.2024

Abstract

The Widening Project to Add Lanes to the Siak IV Pekanbaru Access Road is one of the road construction projects that experienced a delay of 27.791% of the planned schedule. The delay requires risk identification and assessment as an initial form of risk management. This study aims to identify the causal factors of the risk of delays during the construction period by using one of the risk identification methods, namely the Relative Importance Index (RII) method with a Likert Scale, the influence from no effect or 1 to very influential or 5. Out of 63 risk variables delays obtained 11 valid risks by the validity test with the Item-Level Content Validity Index (I-CVI). Therefore, using the RII method, a list of risks from the highest impact to project delay was obtained which was equipment with a value of 1.00 and the last was rain with a value of 0.25. To prove the risk factors, The Critical Path Method (CPM) was then applied, revealing 26 activities categorized as critical paths in 9 main works of the project. In conclusion, the risks were proved which caused the project delay and impacted the critical path in progress of the project.
Evaluasi Persepsi, Kesadaran, Dan Kesiapsiagaan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Terhadap Ancaman Gempa Bumi Jafar, Jafar
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 20, No 2 (2024)
Publisher : Civil Engineering Departement, Andalas University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jrs.20.2.97-107.2024

Abstract

Gempa bumi merupakan ancaman serius di wilayah Yogyakarta. Diperlukan penanganan yang efektif untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada evaluasi persepsi, kesadaran, dan kesiapsiagaan mahasiswa Universitas Islam Indonesia terhadap risiko gempa di Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kesiapsiagaan mahasiswa, dengan fokus pada dimensi Capacity pada formula risiko bencana. Pemahaman ini dianggap penting untuk membentuk dasar kebijakan yang lebih efektif dalam mengurangi risiko bencana di wilayah yang memiliki kerentanan terhadap ancaman gempa bumi. Metode penelitian ini melibatkan survei terhadap sampel mahasiswa dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur tingkat persepsi, kesadaran, dan kesiapsiagaan mahasiswa terhadap gempa bumi. Analisis statistik digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kesiapsiagaan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa penyangkalan (Denial Belief) memiliki pengaruh negatif terhadap kesiapsiagaan mahasiswa dalam menghadapi gempa bumi. Artinya, mereka yang cenderung menyangkal atau mengabaikan ancaman gempa bumi memiliki tingkat kesiapsiagaan yang rendah. Di sisi lain, kesadaran terhadap ancaman dan kesadaran terhadap dampak potensial gempa bumi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapsiagaan. Mahasiswa yang memiliki kesadaran yang baik tentang ancaman dan dampak gempa bumi cenderung lebih siap menghadapinya. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan mahasiswa terhadap ancaman gempa bumi sebagai langkah kunci dalam mengurangi potensi risiko dan kerugian. Institusi pendidikan, seperti universitas, memiliki peran penting dalam membentuk persepsi, kesadaran, dan kesiapsiagaan terhadap bencana. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan mahasiswa harus menjadi perhatian serius. Penelitian ini memberikan wawasan tentang situasi di Universitas Islam Indonesia dan memberikan dasar bagi penelitian dan upaya lebih lanjut dalam pengurangan risiko bencana, terutama terkait dengan ancaman gempa bumi.
Kajian Kondisi Debit Das Benanain Terhadap Banjir Saat Badai Siklon Tropis Seroja Krisnayanti, Denik Sri; Bunganaen, Wilhelmus; Taopan, Angelio A
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 20, No 2 (2024)
Publisher : Civil Engineering Departement, Andalas University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jrs.20.2.108-119.2024

Abstract

Banjir merupakan peristiwa alam yang sangat sering terjadi. Hal ini terjadi karena intensitas curah hujan yang meningkat dengan durasi yang panjang, adanya perubahan tata guna lahan dan perbuatan manusia yang merusak alam. Banjir bandang yang terjadi di DAS Benanain saat terjadi badai siklon tropis Seroja mengakibatkan banyak korban jiwa serta terputusnya Jembatan Benanain yang menghubungkan Kecamatan Weliman dan Kecamatan Malaka Tengah. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Benanain pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Benanain yang memiliki luas DAS mencapai 3.182,59 km2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar nilai debit di DAS Benanain saat terjadi badai siklon tropis Seroja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hujan dari 10 stasiun hujan dengan panjang data 22 tahun mulai dari tahun 2000-2021. Metode yang digunakan dalam menghitung distribusi curah hujan yaitu metode distribusi Normal, Log Normal, Log Pearson Tipe III dan Gumbel. Untuk menghitung debit banjir menggunakan metode HSS SCS-CN. Nilai debit banjir dikalibrasi menggunakan perbandingan dengan metode HSS Snyder-Green&Ampt. Aplikasi yang digunakan dalam analisis ini yaitu HEC-HMS. Hasil debit banjir diuji dengan membandingkan grafik hidrograf antara metode HSS SCS-CN dan metode HSS Snyder-Green&Ampt. Nilai debit kala ulang pada DAS Benanain metode HSS SCS-CN untuk kala ulang 100 tahun 3891,2 m3/det, kala ulang 500 tahun 4982,4 m3/det, kala ulang 1000 tahun 6063,5 m3/det. Nilai debit kala ulang dengan metode HSS Snyder-Green&Ampt untuk kala ulang 100 tahun 4115,3 m3/det, kala ulang 500 tahun 4983,8 m3/det, kala ulang 1000 tahun 5832,9 m3/det. Nilai debit puncak saat Badai Siklon Tropis Seroja dengan metode HSS SCS-CN adalah 4189,7 m3/det dan dengan metode HSS Snyder-Green&Ampt  adalah 4243,1 m3/det. Debit banjir yang terjadi pada saat badai siklon tropis Seroja ini diatas debit kala ulang 100 tahun dan dibawah debit kala ulang 500 tahun. Ini menunjukkan bahwa dampak siklon tropis Seroja pada DAS Benanain memberikan debit banjir yang cukup besar pada outlet Sungai Benanain di Kabupaten Malaka. Kondisi banjir yang cukup besar ini perlu dikaji lanjut terhadap morfometri DAS dan morfologi pada Sungai Benanain
Identifikasi Mitigasi Sengketa Konstruksi: Systematic Literature Review Periode 2013-2023 Ibni, Adam; Jin, Oei Fuk
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 20, No 2 (2024)
Publisher : Civil Engineering Departement, Andalas University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jrs.20.2.60-74.2024

Abstract

Sengketa konstruksi merupakan kasus terbanyak yang masuk ke ranah arbitrase atau pengadilan. Banyak penelitian yang mengungkapkan langkah mitigasi yang dapat diambil untuk mengurangi potensi terjadinya perselisihan namun masih dibatasi dengan lingkup penelitian yang berfokus pada satu aspek saja. Studi ini bertujuan untuk melakukan review literatur secara mendalam untuk mendapatkan langkah-langkah mitigasi sengketa konstruksi yang komprehensif. Metode yang digunakan adalah systematic literature review pada jurnal terindeks Scopus dengan tingkat kuartil 1 dan 2 dalam rentang 2013 sampai dengan 2023 serta dilanjutkan dengan analisis secara visual menggunakan program VOSviewer untuk mendapatkan mitigasi sengketa yang paling banyak direkomendasikan. Mitigasi sengketa konstruksi yang dihasilkan dapat dikelompokan berdasarkan kategori sengketa yang terdiri dari “administrasi kontrak”, “desain”, “dokumen kontrak”, “eksternal”, “kompetensi”, “kontraktor”, “pemilik proyek”, “perilaku”, “perubahan pekerjaan”, “tender”, dan “proyek”. Mitigasi sengketa yang paling banyak direkomendasikan adalah kategori dokumen kontrak yang meliputi penggunaan standar dokumen kontrak, dokumen kontrak yang lengkap serta dokumen kontrak yang jelas. Penelitian ini dapat menjadi acuan referensi ilmu pengetahuan bagi akademisi maupun pelaku konstruksi terkait faktor-faktor penyebab sengketa konstruksi serta langkah-langkah mitigasi yang dapat diterapkan.
Efektivitas Kolam Retensi Untuk Pengendalian Banjir di Ruas Jalan Dr. Moh. Hatta Sukamanah Kota Tasikmalaya Irawan, Pengki; Handiman, Iman; Sari, Novia Komala; Nurrahma, Fardha Awalia; Herianto, Herianto; Setiawan, Junaedi; Hidayat, Asep Kurnia
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 20, No 2 (2024)
Publisher : Civil Engineering Departement, Andalas University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jrs.20.2.120-135.2024

Abstract

Banjir menjadi permasalahan yang sering terjadi ketika musim hujan. Banjir juga terjadi di Kota Tasikmalaya yaitu di Jalan Dr. Moh Hatta Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Banjir tersebut disebabkan oleh overflow dari saluran sekunder Daerah Irigasi (DI) Citanduy, yaitu saluran Cisalim. Saluran yang harusnya berfungsi sebagai saluran irigasi juga harus menampung limpasan air hujan serta buangan limbah rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi overflow saluran Cisalim dengan membuat 2 (dua) kolam retensi dan diuji efektivitasnya dalam menurunkan banjir.  Data curah hujan didapatkan dari Pos Curah Hujan (PCH) di sekita lokasi, hujan wilayah menggunakan metode Poligon Thiessen, kemudian dilakukan analisis frekuensi hingga dihasilkan intensitas hujan rencana, yaitu Periode Ulang Hujan (PUH) 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan 25 tahun. Daerah Tangkapan Air (DTA) dimodelkan dengan membuat streamflow pada software Geographic Information System (GIS). Parameter DTA seperti nilai luas, kemiringan lahan, koefisien limpasan, kekasaran permukaan lahan, panjang lintasan air disesuaikan dengan kondisi lahan. Data saluran didapatkan dari pengukuran langsung ke lapangan menggunakan alat ukur Theodolit. Data parameter DTA dan saluran kemudian diinputkan ke software Environment Protection Agency Storm Water Management Model (EPA SWMM) untuk disimulasikan. Simulasi menggunakan 2 (dua) skenario, yaitu kondisi saluran eksisting dan membuatkan kolam retensi di hulu saluran yang overflow. Hasil analisis terdapat 50 DTA dalam sistem saluran Cisalim. Intensitas hujan selama 24 jam dengan PUH 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan 25 tahun secara berturut-turut adalah 152 mm, 193 mm, 216 mm, dan 242 mm, kemudian intensitas hujan tsb disimulasikan dengan durasi 6 jam. Hasil simulasi menunjukkan saluran cukup aman pada PUH 2 tahun, sementara pada PUH 5 sampai 25 tahun menunjukkan overflow pada saluran Con 9 dan Con 10. Kapasitas saluran tersebut sebesar 8.7 m3/det, sedangkan debit pada PUH 5, 10, dan 25 tahun sebesar 9.7 m3/det (111% dari kapasitas), 10.9 m3/det (124% dari kapasitas), dan 12.2 m3/det (139% dari kapasitas). Simulasi dengan penambahan kolam retensi ukuran 9255 m2 dan 6422 m2 dengan kedalaman kolam 2 m, mampu mereduksi debit puncak banjir. Hasil simulasi pada saluran Con. 10 kolam retensi mampu mereduksi banjir dari 139 % menjadi 56%, sedangkan pada saluran Cisalim sebesar 59% menggunakan PUH 25 tahun. Sebagai upaya kemanan agar tidak terjadi overtopping, masing – masing kolam retensi lengkapi dengan pompa.
Evaluasi Kinerja Bus Trans Jateng Pada Rute Purworejo – Magelang Muflikhah, Ika Annisa'ul; Puspitasari, Evi; Firmansyah, Dedy
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 20, No 2 (2024)
Publisher : Civil Engineering Departement, Andalas University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jrs.20.2.75-82.2024

Abstract

Pengoperasian bus Trans Jateng rute Purworejo – Magelang merupakan upaya pemerintah dalam mendukung pariwisata pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Candi Borobudur serta proses mobilitas masyarakatnya. Namun, dalam pelaksanaan operasional dan fasilitasnya bus Trans Jateng rute Purworejo - Magelang masih dalam kondisi yang kurang memadai serta headway setiap bus cukup lama sehingga mengakibatkan lamanya waktu tunggu bagi penumpang bus Trans Jateng. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja serta menganalisis tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap kinerja bus Trans Jateng rute Purworejo – Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif. Analisis dilakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002, dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna jasa. Berdasarkan hasil analisis, terdapat beberapa indikator yang belum memenuhi standar, seperti faktor muat, waktu antara, waktu tunggu, dan jarak antar halte. Berdasarkan hasil perhitungan metode CSI adalah sebesar 82,293% dengan kriteria sangat puas. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, perlu dilakukan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana yang berkelanjutan guna meningkatkan branding bus Trans Jateng kepada masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6