cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : 25413775     EISSN : 25489402     DOI : -
Core Subject : Education,
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan kepustakaan.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN POSTCARD FROM JHON DI KELAS VII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN KHAIRUNNISAH KHAIRUNNISAH
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.121 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.54-61

Abstract

Latar belakang penelitian ini, karena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris dikarenakan metode ataupun strategi yang digunakan oleh guru masih monoton dengan cara menyuruh siswa membaca teks satu persatu. Hal ini membuat siswa merasa bosan dan juga tidak mengerti apa yang sudah mereka baca. Tujuan penelitian ini memperoleh gambaran tentang seberapa besar peningkatan siswa kelas VII MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan melalui permainan Postcard  from Jhon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dimana penelitian kualitatifnya berupa observasi serta data kuantitatifnya berupa hasil tes dengan cara mendeskripsikan, menganalisa, mengevaluasi dan merefleksikan sehingga didapatkan hasil penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris, dengan perolehan nilai siswa dari rata-rata 55 menjadi 80. Kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa, tindakan perbaikan pembelajaran mengakibatkan kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa kelas VII di MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan sangat tinggi dan menyebabkan efektifitas pembelajaran di kelas VII tersebut sangat tinggi.
PEMEROLEHAN FONOLOGI ANAK USIA 6 TAHUN DENGAN RIWAYAT KEJANG DEMAM (Studi kualitatif pemerolehan fonologi pada Nazwa) Happy Sri Rezeki Purba
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.997 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.15-24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan fonologi anak usia 6 tahunu dengan riwayat kejang demam melalui studi kualitatif. Peneliti mengumpul data dari percakapannya dengan Subjek penelitian (Nazwa) yang berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Dalam penelitian ini didapatkan dua hasil penelitian yaitu: Pertama, Nazwa memperoleh 6 fonem vokal dan 18 fonem consonant, Kedua, Nazwa mengalami kesulitan dalam pemerolehan fonem konsonan velar [k,g] dan nasal [ɳ]. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang psikolinguistik dan memberikan informasi bagi siapa saja yang tertarik dengan pemerolehan fonologi. 
ANALISIS PENDEKATAN RESEPSI SASTRA TERHADAP NOVEL “CHAIRIL TANJUNG SI ANAK SINGKONG Devinna Riskiana Aritonang
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.785 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.62-73

Abstract

Judul penelitian ini adalah Analisis pendekatan resepsi sastra terhadap novel Chairil Tanjung  si anak singkong. Pendekatan resepsi itu adalah merupakan aliran sastra yang meneliti teks sastra dengan mempertimbangkan pembaca selaku pemberi sambutan atau tanggapan. Dalam memberikan sambutan dan tanggapan tentunya dipengaruhi oleh faktor ruang, waktu, dan golongan sosial. Setelah menganalisis novel Si anak singkong, dapatlah diketahui bahwa novel ini merupakan sebuah novel inspirasi atau motivator. Karena dengan membaca novel ini kita tergugah untuk mengubah keadaan dari yang susah menjadi sukses dengan cara semangat berkerja dan pantang menyerah. Novel ini sangat erat menggambarkan kehidupan sosial yang kental dengan nilai-nilai norma dan budaya yang masih menjujung kesetiaan, kehormatan, kasih sayang, dan tenggang rasa.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI ALIRAN EKSPRESIONISME PADA SISWA KELAS X SMK TAMANSISWA KISARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Tuti Herawati
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.518 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.25-32

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu untuk melihat pengaruh metode Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi melalui Aliran ekspresionisme. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak ada pengaruh metode Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi aliran ekspresionisme di kelas X SMK Tamansiswa Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tamansiswa Kisaran kelas X AK-1 sebagai kelas eksperimen dan X MB-1sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja menulis puisi aliran ekspresionisme. Setelah data dikumpul kemudian dianalisis. Pengujian persyaratan anlisis data meliputi uji normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikasi 5% = 2,00, dan taraf signifikasi 1% = 2,65. Berdasarkan hasil data post tes diperoleh rata- rata hasil belajar menulis puisi aliran ekspresionisme dengan menggunakan metode Think Talk Wrrite adalah 48,10 dan tanpa menggunakan metode Think Talk Write (TTW) 45,75. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 3,74, dengan melihat tabel nilai t dengan taraf nyata  = 0,05 diperoleh ttabel 1,67. Harga thitung = 3,74 > ttabel 1,67 dapat disimpulakan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Metode Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan metode Think Talk Write ( TTW ).
SEMIOTIK FAUNA DALAM ACARA MANGUPA PADA PERKAWINAN ADAT TAPANULI SELATAN: KAJIAN EKOLINGUISTIK Khatib Lubis
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.41 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.33-45

Abstract

Penelitian Semiotik Fauna dalam Acara Mangupa Pada Perkawinan Adat Tapanuli Selatan: Kajian Ekolinguistik. Mangupa salah satu upacara adat Tapanuli, yang di adakan masyarakat, dengan menggunakan pira manuk na nihobolan (telur ayam), manuk (ayam), hambeng (kambing), horbo (kerbau), dll sebagai perangkat mangupa. Metode Penelitian analisis deskriptif makna Fauna secara ilmu tanda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan dan wawancara langsung dengan masyaraat tapanuli selatan  Berdasarkan hasil analisis peneliti adapun hasil penelitian ini adalah 1) dalam kehidupannya, khususnyadalam uapacara adat,  masyarakat Tapanuli Selatan banyak menggunakan flora dan fauna sebagai alat untuk mengungkapkan  pikiran dan perasaannya. 2) Makna keseluruhan dari lesikon fauna pada upacara adat Mangupa dalam perkawinan adat Tapanuli Selatan tersebut adalah berupa harapan dan doa demi kebahagiaan, kesejahteraan dan kesempurnaan hidup bagi orang yang diupah. 3) Masyarakat Tapanuli Selatan menyadari betapa pentingnya ekologi dalam mempertahankan kelangsungan hidup, ini dapat dibuktikan dengan pemakaian leksikon fauna dalam upacara adat Mangupa.
USING SONG AS MEDIA IN TEACHING ENGLISH Syamsiah Depalina Siregar
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.305 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.1-7

Abstract

This study was aimed at first investigating whether or not the use of songs significantly give effect as media in teaching English. Second, the difficulties faced by the students in learning English were also investigated. This quasi experimental research involved two classes of students of agriculture in UMTS. The data were collected through pretest, posttest and questionnaires. In analyzing the collected data, quantitative research method was employed. Furthermore, the data taken from questionnaires were also investigated to find out the difficulties faced by the students in using songs as media in learning English. The study found that the use of songs likely improves students’ motivation in learning English. It was evidenced by tobt (6.542) that greater than tcrit. As the result of the study, the null hypothesis of this research was rejected; the use of songs is likely to give effecct in learning English.
PENDEKATAN WACANA KRITIK KARAKTER SASTRAWAN KOTA MEDAN MELALUI KARYA SASTRA “PUISI Lili Herawarti Parapat; Eli Marlina Harahap
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.229 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.46-53

Abstract

Kritik sastra merupakan studi tentang keilmuan yang berupaya memberikan & menentukan nilai hakiki suatu karya sastra dalam bentuk memberi pujian, menyatakan kesalahan, memberikan pertimbangan pemahaman deskriftif, pendefinisian, penggolongan, penguaraian atau analisis penafsiaran, dan penilain sastra secara sistematis dan terpola dengan metode tertentu. Dalam hal ini peneliti membahasa pendekatan wacana kritik karakter sastrawan (Shafwan hadi Umry) melalui karya sastra ”puisi”. Metode yang digunakan adalah analisis deskriftip kualitatif. Dalam hal ini teknik pengumpulan data yng digunakan peneliti adalah dengan wawancara langsung dengan sastrawan dan menganalisis hasil karya Umry yang salah satunya berjudul ”Do’a”.  Do’a ini merupakan ungkapan perasaan yang secara tegas di tuliskan isi tentang perjalanan dan kisah hidup, serta keyakinan. Sehabis kisah, aku tak tahu dimana tamatnya adalah kalimat pertama puisi dan Doa sampai di atas makrifat  kalimat terakhir puisi. Puisi ini bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Karena penggunaan diksi yang bagus dan isi yang jelas mudah dipahami
THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY IN EXPRESSING GRATITUDE AND APPRECIATION Rahmad Huda
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.635 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.7-14

Abstract

In Indonesia, English as foreign language or second language use by most of people and English is a second language that should be mastered by language learners. In teaching English, four-language skills such as; listening, speaking, reading, and writing should be taught integrated to the language learners. Speaking is primary of language skill. The good teacher is able to find techniques in teaching and learning process. One of technique which is used in teaching speaking ability is expressing gratitude and appreciation        This study was descriptive research. The target population of this study was all of the first grade of SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. The number of population was 400 students. The researcher took 40 students as sample. To collect the data, the researcher used speaking test. The speaking test was used to measure the students’ speaking ability and their score was analyzed by using descriptive statistic. The result of analysis indicated that the speaking skill of students was 44,45 with standard deviation (SD) was 6,32. The highest students’ score on speaking test was 76 and the lowest score was 23. It means that students’ speaking ability at the first grade of SMK Negeri 1 Padangsidimpuan was at level 2.Keywords; appreciation, gratitude, speaking ability

Page 1 of 1 | Total Record : 8