cover
Contact Name
wulandari harjanti
Contact Email
wulanadari@stiemahardhika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stiemahardhika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Media Mahardhika
ISSN : 08540861     EISSN : 24074950     DOI : -
MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide significant contribution to the development of accounting practices and accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, MEDIA MAHARDHIKA provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018" : 15 Documents clear
Pengaruh Motivasi, Pengawasan, Sanksi Dan Penerapan Absensi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada PT. TIKI Cabang Surabaya Kusmayati, Nindya Kartika
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai negara berkembang Indonesia banyak melaksanakan usaha pembangunan di segala bidang diantaranya dalam pelayanan jasa terhadap masyarakat. Dalam hal ini diperlukan adanya standarisasi yang bertujuan menciptakan keamanan, kenyamanan dalam menggunakan sumber daya alam dan juga dalam hal perlindungan terhadap pengguna sumber alam dan juga dalam hal perlindungan terhadap pengguna sumber daya tersebut.Setiap perusahaan berusaha meningkatkan serta mengembangkan perusahaan dengan mengadakan berbagai cara yang tersusun dalam program untuk meningkat kinerja para karyawan. Banyak faktor yang terkait dalam perbaikan kinerja perusahaan. Salah satunya adalah pihak perusahaan kurang menerapkan sistem promosi jabatan dengan benar. Disiplin kerja yang baik akan dapat meningkatkan kelancaran operasi organisasi. Disiplin terhadap tugas dan tanggung jawab merupakan kewajiban bagi setiap karyawan sesuai dengan hal yang diterimanya, karena hal itu perlu adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban sehingga disiplin kerja tercapai.Masih banyaknya karyawan yang melakukan pelanggaran jam kerja terutama datang terlambat hal ini dikarenakan sudah menjadi kebiasaan karyawan dan belum adanya sanksi tegas hanya berupa teguran secara lisan. Oleh sebab itu penulis mengadakan penelitian mengenai masalah pengaruh motivasi, pengawasan, sanksi dan penerapan absensi terhadap disiplin kerja pegawai pada PT. TIKI cabang Surabaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode “cross sectional” untuk melakukan penjelasan keadaan saat itu, sehingga dari data yang diperoleh dapat menjelaskan ada tidaknya kausal antar variabel. Penelitian ini juga disebut penelitian penjelasan (explanatory research) karena tujuannya adalah untuk menjelaskan hubungan kausal antara variable. Teknik analisis dengan linier multipleregression(regresi linier berganda).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa variabel Motivasi sebesar 0,608, Pengawasan sebesar 0,851, Sangsi sebesar 0,427, dan variabel Absensi sidik jari sebesar 0,397. Sedangkan dalam hal ini variabel yang paling dominan mempengaruhi disiplin kerja adalah Pengawasan.
Pengaruh Food Experience Terhadap Satisfaction Wisatawan: Studi Kasus Kuliner Khas Jawa Timur Rahayu, Siti
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata merupakan industri yang berkembang pesat. Salah satu bentuk trend wisata baru adalah wisata kuliner. Trend wisata kuliner meningkatkan pertumbuhan industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Masing-masing daerah mencoba mengenalkan alternatif kuliner yang menjadi ciri khasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh food experience terhadap satisfaction wisatawan dari luar Jawa Timur yang menikmati kuliner khas Jawa Timur. Data didapatkan melalui kuesioner. Kuesioner disebarkan terhadap wisatawan dari luar Jawa Timur yang pernah menikmati kuliner di Jawa Timur. Wisatawan didapatkan di berbagai objek wisata di wilayah Jawa Timur. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan terhadap kuliner khas Jawa Timur adalah heritage, variety, dan sensory.  
Umroh Backpacker: Prospek, Kendala Dan Strategi Pengembangannya Kusumaningtyas, Menur
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Umroh as one of the instruments of Islamic worship in Indonesia seems to be prospective compared to the others. The indication of its development is started in the practice of the law related to its such as Undang-Undang No. 13 of 2008 on the Implementation of Hajj ("UU 13/2008") as amended by Government Regulation in Lieu of Law No. 2 of 2009 ("Perpu 2/2009") furthermore, in terms of the growth rate and the potential of the majority of the population who are muslim in Indonesia, thus kind of travel will have opportunity to developee prospecttively. However, it doesn’t mean that such travel should be operated without consideration is related to brand image. This journal attempts to discuss this travel and highlith both its prospect, its challenges, and its strategy.
Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Yamaha Mio Di Surabaya Lestari, Sri
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Straregi pemasaran saat ini merupakan pertempuran persepsi konsumen dan tidak hanya sekedar pertempuran produk. Membangun persepsi dapat dilakukan melalui jalur merek. Merek yang kuat akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, sehingga tercipta profitabilitas perusahaan. Dengan demikian, merek merupakan faktor terpenting bagi perusahaan dalam merebut konsumen. (Aaker, 1997). Merek merupakan nama, istilah, simbul, desain, atau kombinasi dari semuanya. Selain itu merek merupakan janji yang diberikan produsen berupa seperangkat fitur, manfaat, dan layanan kepada konsumen. Bahkan didalam sebuah merek terdapat enam tingkat pengertian, yaitu : atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian, dan pemakai. (Kotler, 2005;82). Pengetahuan inilah yang mengarahkan konsumen dalam mempersepsikan suatu produk. Oleh karena itu judul yang akan digunakan dalam penelitian ini dalah “Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, dan Asosiasi Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Yamaha Mio Di Surabaya”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan merumuskan hipotesis yang selanjutnya akan dilakukan pengujian hipotesis, pengukuran data dan membuat kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Jenis penelitian dari sudut pandang eksplanasi termasuk jenis penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang berhubungan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih (Sugiono, 2005:11). Hasil uji F menunjukkan menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 47,347 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,76 yang berarti kesadaran merak, kesan kualitas dan asosiasi merek secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap rasa percaya diri pelanggan Yamaha Mio di Surabaya. Hasil uji t menunjukkan bahwa asosiasi merek (X3) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap rasa percaya diri pelanggan dengan nilai thitung sebesar 5,638 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,6716.
Pengaruh Liquidity, Size, Growth, Capital Adequacy Ratio, Dan Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan : Studi Pada Bank Swasta Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014 Ibad, Khoirul; Purwohandoko, Purwohandoko
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bermaksud menguji pengaruh liquidity, size, growth, capital adequacy ratio, dan inflasi terhadap kinerja keuangan (ROE) pada bank swasta yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Liquidity diukur menggunakan loan to deposite ratio, size diukur menggunakan log natural total aset, growth diukur menggunakan perubahan total aset dari tahun sebelumnya, capital adaequacy ratio diukur dengan menggunakan total modal dibagi dengan aktiva tertimbang menurut resiko, dan inflasi diukur menggunakan indeks harga konsumen. Populasi penelitian ini adalah semua bankyang listing di BEI. Sampel dalam penelitian ini yaitu bank swasta yang listing di BEI tahun 2011-2014 dan mempublikasikan laporan keuangan secara lengkap. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalahliquidity dan capital adequacy ratio tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Size dan growth berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja keuangan. Sedangkan inflasi berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja keuangan.
Pengaruh Strategi Harga dan Kemasan Dalam Pemasaran di Pt. Aje Indonesia Zebua, Martin
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan dan harga keputusan pembelian minuman bersoda. Variabel kemasan terbatas pada elemen struktur, karena unsur-unsur ini kurang diperhatikan oleh penelitian sebelumnya. Data diperoleh dari 261 karyawan dan mahasiswa di Surabaya, dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Kuesioner dikembangkan berdasarkan instrumen penelitian dari penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kemasan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Efek harganya pun lebih besar dari pada kemasan produk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam varians keputusan kemasan, harga, dan pembelian berdasarkan kelompok usia, tingkat pendidikan, merek yang dipilih, intensitas pembelian, dan tempat pembelian.
Pengaruh Resiliensi Dan Jiwa Enterpreneurship Terhadap Prestasi Kerja agen asuransi di PT. A.J. Manulife Indonesia Cabang Lotus Surabaya Fatimah, Nuzulul
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menjelaskan pengaruh resiliensi dan jiwa enterpreneurship terhadap prestasi kerja agen asuransi di PT. A.J. Manulife Indonesia Cabang Lotus Surabaya. Data di peroleh dari sampel 30 responden dengan teknik penentuan sampel berdasarkan metode purposive random sampling. Ada dua temuan. Pertama, Variabel resiliensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja agen asuransi, hal ini ditunjukan oleh nilai signifikasi sebesar 0,004. Kedua, Variabel jiwa enterpreneurship secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja agen asuransi, hal ini ditunjukan oleh nilai signifikasi sebesar 0,000.
Pengaruh Indikator Makro Ekonomi Terhadap Return Indeks Saham Sektor Keuangan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015 Agustina, Lusita Dewi; Budiono, Budiono
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to find out the influence of macroeconomic indicators on stock index return of financial sector. Macroeconomic indicators used are inflation, interest rate, exchange rate, money supply (M2), Indonesian crude price, and domestic gold price. Data variable in this research was secondary data obtained from Sucorinvest’s trading application and official website of Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, ESDM Ministry, and PT Antam. This research is using saturation sampling method and the method of data analysis were multiple regression model and analyzed using EViews software version 9. The result indicates that partially, exchange rate have negative significant influence on stock return and money supply have positive significant influence on stock return, meanwhile inflation, interest rate, Indonesian crude price, and domestic gold price have insignificant influence on stock return.
Strategi Pemasaran Hotel-Budget Dalam Meningkatkan Occupancy Rate Sebagai Hotel Start-Up Di Kota Surabaya (Studi Kasus pada Hotel Oriza Surabaya) Kesumawatie, Maya Ida; Yulfajar, Amrina; Hamdiyah, Nur
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fenomena menjamurnya bisnis perhotelan khususnya di Kota Surabaya, menjadi bagian penting ketertarikan peneliti untuk menggali lebih dalam apa saja yang menjadi strategi pemasaran Hotel-Startup dalam meningkatkan tingkat hunian kamar (Occupancy Rate) dengan memfokuskan pada hotel predikat bintang dua untuk bersaing dengan hotel-hotel lainnya di Kota Surabaya. Strategi-strategi yang ditetapkan lebih banyak mempertimbangkan biaya pemasaran yang rendah. Hingga saat ini, manajemen Hotel belum merasa membutuhkan strategi pemasaran yang membutuhkan biaya tinggi seperti pemasangan iklan di radio, televisi, papan reklame di lokasi strategis. Strategi pemasaran Hotel Oriza yang telah dilakukan antara lain Memasang Iklan di buku telepon (yellow pages), Membuat Customer list, Membuat dan memajang brosur pada meja resepsionis, Telemarketing, Membangun citra perusahaan melalui logo dan warna yang unik, Sales Call, Mencari calon konsumen di seminar-seminar, di perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis hotel.
Analisis Kebutuhan Ground Support Equipment (Gse) Training Approve Sebagai Upaya Terhadap Peningkatan Kompetensi Operator di PT. GMF Aeroasia Zusnita Muizu, Wa Ode; Putri, Annisa Dewinta
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research had been conducted in PT. GMF AeroAsia. The aim of this study is to determine analysis process image of GSE (Ground Support Equipment) Training Approve so that it can improve GSE operator competency at PT. GMF AeroAsia. The method used in this research is description method. The data collection techniques by the author were making observation, interviews, and literature study. The results from these studies shows that GSE Training Approve is needed to fill GSE operator competency gap with syllabus and curriculum issued to be a competent GSE operator. GSE Training Approve is not currently being implemented due to some administrative and substance requirements that are still being processed for the issuance of its training certification. Suggestion for this training is that it needs to have a clear and appropriate curriculum based on teaching competence and prepare completeness of the requirements so that the certificate will be issued.

Page 1 of 2 | Total Record : 15