Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, November).
Articles
21 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 4 (2019): November 2019"
:
21 Documents
clear
Implementasi Model Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Materi Faktor Pesekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil
Lestari, Dewi;
Sudrajat, Rahmat;
Setia W, M. Yusuf
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (569.25 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21776
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK dengan menggunakan model Number Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan non-equivalent control group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Kaligawe Kota Semarang yang terdiri dari siswa kelas IV A berjumlah 28 dan siswa kelas IV B berjumlah 28 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 50,54 dan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 50,00. Sedangkan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 69,11 dan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 76,42. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah thitung>ttabel (2,093 > 2,021). Sehingga terdapat keefektifan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK kelas IV SDN Kaligawe yaitu, hasil belajar siswa lebih meningkat.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Number Head Together, Sekolah Dasar
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar
Verawati Wote, Alice Yeni;
Patalatu, Jonherz Stenlly
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (565.519 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21782
Penelitin ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Tobelo Tengah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 52 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai thitung = 3.945 > ttabel = 2.010 pada taraf signifikan 0.05. 2) kepuasan kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3.049 > 2.010 pada taraf signifikan 0.05. Dan 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Tobelo Tengah, dengan kontribusi sebesar 0.437 atau 43.7% Kata Kunci: Kepemimpinan, Guru, Kepuasan, dan Kinerja.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika
Litna, Kamelia Olga;
S. Seli, Maria
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (662.347 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21880
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan tes. Subjek penelitian adalah kelas IV A SDK Warat. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 37,67 kategori cukup aktif, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 53,83 dengan kategori aktif. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 62,65 meningkat menjadi 76,2 pada siklus II. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Aktivitas Belajar, dan Prestasi Belajar
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
Prabaningrum, I Gusti Agung Inten;
Putra, I Ketut Adnyana
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (572.117 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21775
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus I Kuta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan design nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SD Gugus I Kuta pada semester genap sebanyak 378 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 2 Kuta sebanyak 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SDN 5 Kuta sebanyak 44 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, tes pilihan ganda biasa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,601 dan ttabel pada taraf signifikansi 5%, = 2,000. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus I Kuta Tahun Ajaran 2018/2019.Kata Kunci: team assisted individualization, media semi konkret, kompetensi pengetahuan matematika
Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Utari, Dian Rizky;
Wardana, M. Yusuf Setia;
Damayani, Aries Tika
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (445.057 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.22311
Siswa berkesulitan belajar matematika sering melakukan kekeliruan dalam belajar berhitung dan kekeliruan dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan yang sering dialami oleh siswa yaitu kesulitan saat mengerjakan soal cerita karena kurang mampu memahami maksud soal dan kebingungan saat menentukan operasi hitung yang akan dipakai. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, teknik tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa dari 15 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika menyelesaikan soal cerita yang terjadi di kelas IV SD Negeri Tambakrejo 03 meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah.Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika, Soal CeritaStudents having difficulty learning mathematics often make mistakes in learning to count and mistakes in solving story problems. Difficulties that are often experienced by students are difficulties when working on story problems because they are not able to understand the purpose of the questions and confusion when determining the arithmetic operations that will be used. Descriptive qualitative research methods. Sources of research data are students in class IV and teacher in class IV. Data collection procedures used are observation, interviews, test techniques and documentation. The results of the study showed that 10th grade students totaling 10 students out of 15 students had difficulty learning mathematics in solving story problems. Difficulty in learning mathematics to solve story problems that occur in class IV SD Negeri Tambakrejo 03 includes difficulty understanding concepts, difficulties in skills, and difficulty solving problems.Keywords: Difficulties In Studying, Difficulty Solving Math Problems, Story Problems
Pendekatan Starter Eksperimen Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Risnawati, N K Ayu;
Antari, N K Yuni
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (456.41 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21781
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Buleleng Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelompok dengan pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa lebih tinggi dari kelompok dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai thit > dari ttab sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Kata Kunci: Pendekatan Starter Eksperimen, Lembar Kerja Siswa, hasil belajar IPA.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang
Dara Asshofi, Muhammad Prakas;
Damayani, Aries Tika;
., Rofian
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (452.719 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21881
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi FPB dan KPK, sehingga kesulitan untuk memahami materi dan memecahkan masalah. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika FPB dan KPK yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dan dengan model Number Head Together (NHT) berbantu media, serta apakah peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model NHT berbantu media papan petak berbintang pada siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi faktor persekutuan besar dan kelipatan persekutuan kecil melalui model NHT berbantu media papan puzzle berbintang pada siswa kelas IV SD Negeri Bintoro 7 Demak. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa, dengan sampling Nonprobability jenis sampling jenuh yaitu teknik penemuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 15,933 > ttabel= 2,064 yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan penggunaan Model Number Head Together dalam materi FPB dan KPK di SDN Bintoro 7 Demak. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Faktor Persekutuan Besar, Kelipatan Persekutuan Kecil, Model NHT, Media Papan Puzzle Berbintang
Implementasi Metode Modelling The Way dengan Permainan Mathchess untuk Meningkatkan Keterampilan Perkalian
Riananda, Dhika Mila;
Subekti, Ervina Eka;
KHB, Moh Aniq
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (651.406 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21766
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode modelling the way dengan permainan mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian siswa kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest . Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas II dengan teknik Probability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji normalitas akhir atau posttest (93,18) lebih besar dari hasil uji normalitas awal atau pretest (64,77) serta berdasarkan hasil uji-t satu pihak diketahui thitung lebih dari ttabel (10,437 > 1,721). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif pada implementasi metode modelling the way dengan permainan mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian siswa kelas II SD Tambakrejo 03 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode modelling the way dengan permainan mathchess dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci: Metode Modelling The Way, Mathchess, Keterampilan Perkalian.
Fungsi Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Sendangguwo 01 Semarang
Prabowo, Cahya;
Arisyanto, Prasena;
Damayani, Aries Tika
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (439.275 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.22313
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui fungsi ekstrakurikuler karawitan bagi Sekolah dan siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa dan pelatih karawitan di SDN Sendangguwo 01 Semarang. Dari hasil penelitian, Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SDN Sendangguwo 01 Semarang dilaksanakan di luar jam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di bagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Fungsi ekstrakurikuler karawitan bagi sekolah yaitu menanamkan cinta budaya sejak dini dan dapat memajukan SDN Sendangguwo 01 Semarang atas prestasi karawitan. Sedangkan fungsi ekstrakurikuler karawitan bagi siswa yaitu pengembangan personal siswa melalui peluasan minat, pengembangan kemampuan dan rasa tanggung jawab. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan kepada Sekolah hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler karawitan agar ekstrakurikuler karawitan menjadi wadah bagi siswa untuk pengembangan diri siswa dan mempelajari kebudayaan lokal sehingga dapat melestarikan kebudayaan lokal.Kata Kunci: Fungsi Ekstrakurikuler, KarawitanThis type of research is descriptive qualitative. Data collection in this study was conducted by interview, observation and questionnaire. The research subjects were students and musical trainers at SDN Sendangguwo 01 Semarang. From the results of the study, the implementation of karawitan extracurricular activities at SDN Sendangguwo 01 Semarang was held outside of teaching and learning hours. Karawitan extracurricular learning is divided into 3 activities namely preliminary activities, core activities, and election activities. Karawitan extracurricular function for schools is to instill cultural love from an early age and can advance Sendangguwo 01 Semarang Elementary School on musical performance. While musical extracurricular functions for students are the personal development of students through complementary interests, ability development and a sense of responsibility. Based on this research, the advice submitted to the School is the need to maintain and improve musical extracurricular activities so that extracurricular musicians become a place for students to develop themselves and develop local agriculture so that they can be used to preserve local sports.Keywords: Extracurricular Function, Karawitan
Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar PKn
Sucini, I Made Ayu;
Suwatra, Ignatius I Wayan;
Suarjana, I Made
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2019): November 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (780.168 KB)
|
DOI: 10.23887/jisd.v3i4.21780
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 118 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 42 orang siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan metode tes berupa pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 butir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen = 81,16 sedangkan kelas kontrol = 68,69. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 28,02 dan ttab = 2,021, sehingga thitung lebih besar dari ttab (28,02>2,021). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Saran dari peneliti ini adalah agar dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha dalam bidang PKn maupun dalam bidang ilmu lainnya yang sesuai. Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Tri Kaya Parisudha, Word Square.