cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016):" : 27 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA ., Ni Wayan Arisujati; ., I Wayan Puja Astawa,S.Pd,M.Stat.Sci; ., Dra. Gst. Ayu Mahayukti,M.Si
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kolaboratif berbasis masalah lebih tinggi daripada literasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan disain penelitian Post Test Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling yang mana terpilih masing-masing dua kelas pada kelas unggulan dan kelas non unggulan. Data literasi matematika siswa diperoleh menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,808 lebih dari nilai ttabel = 1,664 untuk sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, literasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja yang mengikuti pembelajaran kolaboratif berbasis masalah lebih tinggi dari pada literasi matematika siswa kelas SMP Negeri 1 Singaraja yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran Kolaboratif berbasis masalah, literasi matematika, pembelajaran konvensional The puspose of this research was to find out whether the mathematic literacy of students who studied with collaborative problem based learning is higher than mathematics literacy of students who studied with convensional learning. This reaserch was a quasi experiment with Post Test Only Control Group Design using Matched Sunject. The population of this research were the students of grade 7 of SMP Negeri 1 Singaraja in academic year 2015/2016 that divided into ten classes. Two classes of each superior class and non supperior class were selected as sample taken by using cluster sampling technique. The data in this research, the mathematics literacy, were gathered by multiple choice test. The data were analyzed by using one tail t-test with significance level at 5%. The data analysis result showed that the value of t test thitung = 2,808 was greater than t-table = 1,664 so that the null hypothesis is rejected. The conclusion is the mathematics literacy of SMP Negeri 1 Singaraja students who studied with collaborative problem based learning is higher than that students who studied with conventional learning.keyword : Collaborative problem based learning, mathematics literacy, conventional learning.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada ., Ni Putu Kersiana Apsari; ., Drs.Djoko Waluyo,M.Sc; ., Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 260 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, namun sebelumnya dilakukan uji kesetaraan terhadap populasi. Melalui proses pengundian diperoleh sampel Kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan post-test-only control group design. Data berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diambil dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah bentuk uraian. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Uji-t satu ekor diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,24 dengan t-tabel (dk = 62; = 0,05) sebesar 1,67 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Auditory Intellectually Repetition, Kemampaun Pemecahan Masalah Matematika This quasi experiment was aimed to know the effect of Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning model application to the mathematical problem solving ability of 8th grade students of SMP Negeri 1 Sukasada. The population of this research was all 8th grade students of SMP Negeri 1 Sukasada in 2015/2016 academic year which was consist of 260 students which were distributed in 8 classes. The sample was determined by random sampling and obtained two classes i.e. VIII D as experiment group and VIII C as control group. The design of this research used a post-test-only control group design. The data about students’ mathematical problem solving ability score was collected by using the test of mathematical problem solving in essay form. The hypothesis testing used one tailed t-test and obtained the value of t is 2.24 where the value of t-table (df = 62; =0.05) is 1.67. Thereby, from that result can be concluded that the mathematical problem solving ability of the students of SMP Negeri 1 Sukasada who were learned with Auditory Intellectually Repetition (AIR) model was better than the mathematival problem solving ability of students of SMP Negeri 1 Sukasada who were learned with conventional learning.keyword : Auditory Intellectually Repetition, mathematical problem solving
Pengaruh Evaluasi Diri Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada ., Ni Made Rasminiati; ., Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd; ., Drs.I Made Sugiarta,M.Si
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8164

Abstract

Penelitian semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi penelitan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling, sebelum memilih dua kelas secara acak dilakukan uji kesetaraan dengan menggunakan ANAVA satu jalur untuk mengetahui bahwa populasi setiap kelas setara. Data skor prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes yang berbentuk uraian dan skor self efficacy siswa diperoleh melalui angket. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika dan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 58,052 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 77,183 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); ketiga, terdapat perbedaan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 54,669 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05). Dengan demikian, pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika dan self efficacy siswa. Kata Kunci : Kata kunci: evaluasi diri, prestasi belajar matematika, self efficacy This quasi research was aimed to know the differences mathematics learning achievement and self efficacy between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning. This research used post-test only control group design. The population of this research was students of VII of SMP Negeri 1 Sukasada in academic year 2015/2016. Samples was selected by random sampling technique, before choosing two classes of random testing should be performed using ANOVA one way equality test of the similar population. Data of mathematics learning achievement was collected through test and data of self efficacy was collected through questionnaires. The data was analyzed by using MANOVA test. The data analysis found that; first, there was differences mathematics learning achievement and self efficacy between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning (F = 58,052 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); second, there was differences mathematics learning achievement between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning (F = 77,183 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); third, there was differences self efficacy between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning (F = 58,052 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05). Therefore, can be concluded that learned with self evaluation give positive effect to mathematics learning achievement and self efficacy.keyword : Keywords: self evaluation, mathematics learning achievement, self efficacy
PENGARUH ASESMEN FORMATIF BENTUK PROJEK TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA ., Putu Ngurah Artha Pradnyana; ., Drs. I Nyoman Gita, M.Si; ., Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8395

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen formatif bentuk projek terhadap kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Untuk uji kesetaraan populasi menggunakkan uji ANAVA satu jalur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data kreativitas siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep bentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji MANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kreativitas dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti asesmen formatif bentuk projek dan siswa yang mengikuti asesmen konvensional (F=5,441a dan sig 0,007; ρ
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII 5 SMPN 2 AMLAPURA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED ., Putri Oktalinda Muttaqina; ., Dra.Ni Nyoman Parwati,M.Pd; ., I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, S.Si
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) mengetahui besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berbantuan LKS open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Amlapura sebanyak 36 orang. Data proses peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan menggunakan jurnal kegiatan pembelajaran. Data kemampuan pemecahan masalah matematika dan respon siswa berturut-turut dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika yang berada pada kategori minimal tinggi meningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu: 41,67%, 63,89%, dan 86,11%. Peningkatan ini tercapai karena adanya upaya-upaya perbaikan yang dilakukan setiap siklusnya sehingga siswa berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran, lebih memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematika secara komprehensif, sering mengekspresikan idenya, serta merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri dalam mendiskusikan permasalahan dalam LKS open-ended, sehingga meningkatkan kreativitas berpikir siswa yang bermuara pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Persentase banyaknya siswa dengan respon yang berada pada kategori minimal positif adalah 94,45%.Kata Kunci : model pembelajaran pemecahan masalah, LKS open-eEnded, kemampuan pemecahan masalah matematika This research was aimed to: (1) describe the improvement process of students’ mathematical problem solving skills, (2) know the increase of students’ mathematical problem solving skills, and (3) know the students’ respond towards the implementation of problem solving learning model assisted by an open-ended student’s worksheet. This research was classroom action research which was conducted in three cycles. The subjects of this research were students of VIII 5 class in SMP Negeri 2 Amlapura which consists of 36 students. The data of improvement process of students’ mathematical problem solving skills were collected by using journal of learning activities. The data of mathematical problem solving skills and students’ responses were collected respectively by using mathematical problem solving tests and questionnaire. The data were analyzed descriptively. The results of this research show that the percentages of students in mathematical problem solving skills which belongs to high minimum category, are increased from one cycle to another. The percentages on the first, second, and third cycle are respectively 41,67%, 63,89%, and 86,11%. These improvements are due to improvement efforts in each cycle so that students participate more active in the learning, more utilize the knowledge and math skills in a comprehensive manner, often express their ideas, and respond the problem in their own way in discussing problems of open-ended student’s worksheet, thereby enhancing the creativity of the student’s thinking that led to the improvement of students’ mathematical problem solving skills. The percentage of students which belong to positive minimum category respond is 94,45 %.keyword : problem solving learning model, open-ended student’s worksheet, mathematical problem solving skills
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA ., Ni Putu Eka Widiantari; ., Drs.Djoko Waluyo,M.Sc; ., Dra.Ni Nyoman Parwati,M.Pd
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) lebih baik daripada siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan Post Test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha tahun ajaran 2015/2016 yang terdistribusi ke dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh menggunakan tes dengan bentuk uraian. Data dianalisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 3,148 lebih dari nilai t-tabel = 1,673, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model CORE lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model konvensional. Kata Kunci : model pembelajaran CORE, kemampuan pemecahan masalah matematika. The purpose of this research was to find out whether the mathematical problem solving ability of students who studied with CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) model is better than those who studied with conventional learning. This research was a quasi experiment with Post Test Only Control Group Design. The population of this research were students in grade ten of SMA Laboratorium Undiksha in academic year 2015/2016 that divided into seven classes. Two classes were selected as sample taken by using cluster random sampling technique. The data of this research were the mathematical problem solving ability, which were gathered by essay test. The data analyzed by using one tail t-test for hypothesis with significance level at 5%. The result of data analysis showed that the value of t-test = 3,148 greater than t-table = 1,673, so that the null hypothesis must be rejected. The conclusion is the mathematical problem solving ability of students who study with CORE model is better than those who study with conventional learning.keyword : CORE model, problem solving ability
PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SINGARAJA ., Gusti Ngurah Yogi Maha Putra; ., Dr.Gede Suweken,M.Sc; ., I Made Suarsana, S.Pd., M.Si.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan e-learning berbasis edmodo lebih baik daripada siswa yang menggunakan e-learning berbasis facebook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TGB SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan unit kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Skor tes prestasi belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA satu jalur untuk uji hipotesis pertama dan dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan e-learning berbasis edmodo, siswa yang menggunakan e-learning berbasis facebook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung = 22,34 dan Ftabel = 3,09; Fhitung > Ftabel); kedua, prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan e-learning berbasis edmodo lebih baik daripada siswa yang menggunakan e-learning berbasis facebook (Fscheffe = 15,71 dan F’= 6,18; Fscheffe > F’); ketiga, prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan e-learning berbasis facebook lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fscheffe = 44,08 dan F’= 6,18; Fscheffe > F’); keempat, prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan e-learning berbasis edmodo lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fscheffe = 6,89 dan F’= 6,18; Fscheffe > F’). Dengan demikian, penggunaan e-learning berbasis edmodo berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa.Kata Kunci : e-learning, edmodo, facebook, prestasi belajar matematika This research’s purpose to determine the whether of mathematics learning achievement of students who use e-learning based edmodo better then students who use e-learning based facebook and students who use conventional learning. The population was all students of X TGB SMK Negeri 3 Singaraja in 2015/2016 academic year. The samples were selected by using random sampling technique with class units. This quasi-experimental research used post-test only control group design. The students' scores of mathematics learning achievement were analyzed by using one way ANAVA test for first hypothesis and followed by scheffe test. The hypothesis testing results showed that: the first , there are mathematics learning achievement differences between students who use e-learning based edmodo, students who use e-learning based facebook and students who use conventional learning (Fcount = 22,34 and Ftable = 3,09; Fcount > Ftable) ; second, mathematics learning achievement of students who use e-learning based edmodo better than students who use e-learning based facebook (Fscheffe = 15,71 dan F’= 6,18; Fscheffe > F’); Third, mathematics learning achievement of students who use e-learning based edmodo better than students who use conventional learning (Fscheffe = 44,08 dan F’= 6,18; Fscheffe > F’); fourth, mathematics learning achievement of students who use e-learning based facebook better than students who use conventional learning (Fscheffe = 6,89 dan F’= 6,18; Fscheffe > F’) . Thus, the use of e-learning based edmodo effect on the mathematics learning achievement.keyword : e-learning, edmodo, facebook, mathematics learning achievement
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING BERBANTUAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA N 1 UBUD ., Ni Putu Sulastri; ., Dra. Gst. Ayu Mahayukti,M.Si; ., Prof. Dr.I Made Ardana,M.Pd
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan soal-soal open-ended lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang menggunakan rancangan penelitian post-test only control group design yang dilakukan di SMA N 1 Ubud. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIA non unggulan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 192 siswa yang tersebar ke dalam 6 kelas. Kemudian dipilih 2 kelas sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dari hasil post test yang berupa tes uraian. Tes yang digunakan adalah tes yang sudah diujicobakan dan dinyatakan valid serta reliabel. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh t_hitung=2,9595 dan t_tabel=1,6698. Jika dibandingkan nilai t_hitung>t_tabel sehingga H_0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan soal-soal open-ended lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensionalKata Kunci : pendekatan metaphorical thinking, soal open-ended, kemampuan pemecahan masalah matematika, pembelajaran konvensional This research aimed to investigate whether mathematics problem solving ability of the students who learned by metaphorical thinking approach combained open-ended tests better than the students who learned by conventional learning. This research was quasi experiment utilizing post-test only control group as its study design which was previously conducted at SMA N 1 Ubud. The populations of the research were MIA students of regular grade 11th in academic year 2015/2016. The total students getting involved were 192 students randomly taken from six classes. Then two classes were chosen as a sample by using cluster random sampling technique to get experiment class and control class that include 32 students every class. Students’ problem solving ability data was obtained from the result of post-test given as essay test. The applied test has been previously experimented, valid and reliable. Based on data analysis conducted, t_observed=2,9595 and t_(critical value)=1,6698 gained. Then, t_observed>t_(critical value) so that H_0 was rejected. It could be concluded that the students’ problem solving ability who learned by metaphorical thinking approach combained open-ended tests better than compared to with conventional learning. keyword : metaphorical thinking approach, open-ended test, math problem solving ability, conventional learning
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TAMPAKSIRING ., Desak Putu Novia Dewi; ., Drs.Djoko Waluyo,M.Sc; ., I Wayan Puja Astawa,S.Pd,M.Stat.Sci
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan kartu masalah lebih tinggi dari siswa yang mengikuti dengan model pembelajaran langsung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tampaksiring tahun ajaran 2015/2016 yang tersebar dalam 8 kelas.Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, sehingga terpilih Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII D sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 2,972 > t tabel = 1,684. Akibatnya kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan kartu masalah lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung.Kata Kunci : kooperatif tipe Snowball Throwing, berpikir kreatif, kartu masalah The aims of this research is to determine whether students ability of creative thinking in mathematical problem solving that learned by Snowball Throwing cooperative learning model aided by problem card higher than students ability of creative thinking in mathematical problem solving that learned by direct intruction learning model.The research used was Post-test Only Control Design reserch. The population of the reasearch were grade VII of SMP Negeri 1 Tampaksiring students in the academic year 2015/2016 that spread into 8 classes. The sampling technique that used was random sampling, in which class VIII C is selected as the experimental class and class VII D as the control class. Data about ability of creative thinking in mathematical problem solving were colected with aessay test.Then the data were analyzed using t-test with 5% significance level. The result of hypothesis test showed that t count = 2,972 > t table = 1,684. The conclution is the ability of creative thinking in mathematical problems solving of students who learned by Snowball Throwing cooperative learning model aided by problem card higher than that students who learned by direct intruction learning model.keyword : cooperative Snowball Throwingtype, creative thinking, cards problem
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP TURUNAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEHNIK KOMPUTER JARINGAN 3 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA ., Ni Wayan Adikana Wiandari Yadnya; ., Prof. Dr.I Gusti Putu Suharta,M.Si; ., Drs.I Putu Wisna Ariawan,M.Si
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 5, No 2 (2016):
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v5i2.8391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep turunan siswa kelas XI TKJ 3 SMK Negeri 3 Singaraja melalui penerapan model pembelajarn kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan subjek sebanyak 27 orang siswa kelas XI TKJ 3 SMK Negeri 3 Singaraja pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan angket dan data pemahaman konsep turunan siswa dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep turunan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III. Peningkatan optimal terjadi pada siklus III. Rata-rata skor motivasi belajar pada siklus III yaitu sebesar 77,81 dan tergolong tinggi. Rata-rata nilai pemahaman konsep turunan siswa pada siklus III sebesar 73,1 telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 70 karena KKM 70. Peningkatan optimal terjadi pada siklus III karena guru lebih memfokuskan cara menyelesaikan permasalahan aplikasi turunan dengan memperhatikan indikator-indikator pemahaman konsep, selanjutnya siswa juga diarahkan untuk mengidentifikasi materi dengan merangkum isi pokok dari materi, serta memberikan balikan dan penghargaan sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, tipe snowball throwing, motivasi belajar, pemahaman konsep turunan This research aimed to improve learning motivation and understanding the concept of derivative in Student of Class XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja through the implementation of cooperative learning model, with type of snowball throwing. This research model is a research in collaborative class action that which involves the subject of as many as 27 students of class XI TKJ 3 SMK Negeri 3 Singaraja in the second semester of Academic Year 2015/2016. This research was conducted in three cycle. Student motivation data were collected using a questionnaire and students' understanding of concepts data derived using test understanding of the concept. Data that collected will be analyzed descriptively. Results of the research showed that the average score of student’s learning motivation and concept understanding increased from cycle I into cycle III. Optimal improvement occurs in the cycle III. The average score of student’s study motivation is 77,81. The average score of student’s understanding in concept of derivative is 73,1 in cycle III, and it has fulfilled success indicator, i.e. 70, for optimal KKM 70. Optional improvement occurs in cycle III for teacher focused way to solve derivative application problem by observing indicators of understanding the concept of derivative, then students are also directed to identify materials by summarizing the main content of the material, as well as provide feedback and reward so that students became more active in learning process.keyword : cooperative learning model, type of snowball throwing, learning motivation, understanding the concept of derivative

Page 1 of 3 | Total Record : 27


Filter by Year

2016 2016