cover
Contact Name
Aung Sumbono
Contact Email
aungsumbono@gmail.com
Phone
+6281247033899
Journal Mail Official
biolearningjournal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Jln. Ahmad Dahlan No. 1 Mariat Pantai Aimas Kabupaten Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Biolearning Journal
Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is published twice per year. The Purpose of Biolearning Journal: As a Media Information to meet the needs of the community in finding new innovations around the world of science education and biological sciences as well as all things related to science and directly related to the application of education and biological sciences. Biolearning Journal is one of the journals under the auspices of the Muhammadiyah Education University (UNIMUDA) Sorong. Focus & Scope Biolearning Journal: Jurnal ini memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang ilmu pendidikan sains, ilmu sains dan terapannya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN GAME PUZZLE BERBASIS CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SELAYAR Hardiyanti Hardiyanti; Muh Khalifah Mustami; Andi Mu'nisa
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.984 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.503

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan game puzzle berbasis construct 2 sebagai media pembelajaran sistem peredaran darah yang valid dan praktis serta efektif yang dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop and disseminate). Jenis data yang dikumpulkan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu data penilaian dan masukan ahli materi dan ahli media mengenai proses pengembangan media pembelajaran, data tanggapan guru dan peserta didik terhadap game puzzle berbasis construct 2, data tentang keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, data tentang minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengembangan game puzzle berbasis construct 2 memiliki karakteristik dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik sebelum menerapkan game puzzle berbasis construct 2 berada dalam kategori cukup dengan persentase 58,82% dan setelah diterapkan game puzzle berbasis construct 2 minat belajar belajar peserta didik meningkat menjadi 61,76% kategori baik. Motivasi belajar peserta didik sebelum menerapkan game puzzle berbasis construct 2 berada pada kategori cukup dengan persentase 61,76% dan setelah diterapkan game puzzle berbasis construct 2 motivasi belajar peserta didik meningkatkan menjadi 100% yang berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan game puzzle berbasis construct 2 yaitu terdapat 85% peserta didik yang mencapai KKM 75 dan setelah menerapkan game puzzle berbasis construtc 2 terdapat 88% peserta didik yang mencapai KKM 75. Game puzzle berbasis construct 2 layak digunakan dalam proses pembelajaran karena tergolong dalam kategori valid baik dari penilaian media dan materi. Game puzzle berbasis construct 2 praktis digunakan dalam proses pembelajaran terbukti dengan diberikannya respon positif dari guru dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan sumber belajar berupa game puzzle berbasis construct 2 sebagai media pembelajaran sistem peredaran darah di SMA Negeri 1 Selayar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MA YAHBON TOLLU KECAMATAN CAMBA KABUPATEN MAROS TAHUN 2019 Anita Anita; Suci Wirahayu
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.859 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.504

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan strategi jigsaw di MA Yahbon Tollu, Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan analisis tes hasil belajar. Temuan analisis tes hasil belajar melalui penerapan strategi jigsaw diperoleh hasil tes sudah memenuhi ketuntasan belajar dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 88,89% dan berdasarkan skor gain ternormalisasi pembelajaran ini mempunyai nilai 0,31% yang tergolong kategori efektivitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi jigsaw yang dikembangkan pada penelitian ini cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan strategi jigsaw pada pembelajaran Biologi di MA Yahbon Tollu Kecamatan Camba Kabupaten Maros.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 BULUKUMBA TAHUN 2019 Satriani Satriani
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.547 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.506

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 14 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy-eksperimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Bulukumba dengan jumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda sejumlah 25 nomor. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakanan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 84,5 dan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 80,0. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung yaitu thitung 2,77>ttabel 2,024, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 14 Bulukumba, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
STABILITAS PIGMEN ANTOSIANIN DARI KETAN HITAM (Oryza sativa L forma Glutinosa) TERHADAP SUHU PENYIMPANAN Eva Mayasari
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.566 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model kestabilan pigmen antosianin yang diekstrak dari ketan hitam dengan menggunakan metode penyimpanan yang dipercepat (akselerasi). Penelitian ini dilaksanakan dengan mengekstrak pigmen antosianin dari ketan hitam yang kemudian disimpan pada suhu ekstrem dengan interval suhu pengamatan sebagai berikut: 25, 50, 75, dan 950C. Pengukuran kestabilan dilakukan secara duplo pada jam ke- 0, 2, 4, 6, 8, dan 10. Hasil perhitungan dengan menggunakan model kestabilan pigmen antosianin k = 0.339 e -460.17 (1/T) dan k = 0.536 e -145.52(1/T) hasilnya menunjukkan bahwa masa kadaluarsa pigmen antosianin akan semakin pendek seiring meningkatnya suhu penyimpanan. Namun secara keseluruhan, antosianin yang diekstrak dari ketan hitam memiliki kestabilan yang bagus terhadap suhu penyimpanan
PERTUMBUHAN JANGKRIK HITAM (Gryllus mitratus L.) DENGAN PEMBERIAN PAKAN DAUN SAWI (Brassica chinensis L.) Ratna Prabawati
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.893 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan jangkrik hitam dengan pemberian pakan daun sawi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 30 ekor jangkrik hitam. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan setiap seminggu sekali dengan cara pengamatan dan pengukuran langsung terhadap sampel yang akan diteliti. Adapun data yang di ambil yakni: 1) berat rata-rata jangkrik hitam (Gryllus mitratus L.), menimbang berat jangkik seluruh sampel. 2) Panjang Rata-rata Jangkrik Hitam (Gryllus mitratus L.), Mengukur panjang jangkrik dari ujung kepala sampai pada bagian belakang jangkrik. 3) Lebar Rata-rata Jangkrik Hitam (Gryllus mitratus L.), mengukur lebar jangkrik pada seluruh sampel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya pertumbuhan yang signifikan pada jangkrik hitam pada pemberian pakan daun sawi. Data pertumbuhan yang diperoleh dari ketiga perlakuan memiliki beberapa kecenderungan. Pertumbuhan panjang (cm), lebar (cm) dan berat (gram) pada perolehan jenis pakan. Kecenderungan pada 7 hari kedua menuju 7 hari ketiga terjadi peningkatan karena terjadi fase pertumbuhan pada jangkrik hitam.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA SEMESTER VI UNIMUDA SORONG TAHUN 2019 Jaharudin Jaharudin; Fathurrahman Fathurrahman; Istiqomah Istiqomah
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.503 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah ekologi hewan pada submateri keaneragaman komunitas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol tanpa model pembelajaran discovery learning. Analisis data berupa uji validitas, n gaint, dan uji t tidak berpasangan, analisis nilai afektif dan psikomotor, uji mann whitney U dan uji linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi aspek kognitif dan afektif sebesar p (0,000) < α (0,05), sedangkan nilai signifikansi aspek psikomotor sebesar p (0,029) < α (0,05), hal ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar. Besaran pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 52,1%, sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor tidak dapat dianalisis secara lanjut besaran pengaruhnya karena berupa data ordinal.
EFEK LAMA WAKTU PENGGUNAAN Smilax Sp TERHADAP EDEMI PADA Femur Gallus gallus domesticus Jean Christi Pellaupessy; Aung Sumbono; Jaharuddin Jaharuddin
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (993.54 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek lama waktu penggunaan Smilax Sp terhadap edemi pada Femur Gallus gallus domesticus (Fggd). Metode penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan yakni tumbuhan Smilax Sp dan Fggd, sampel Smilax Sp yang digunakan untuk masing-masing sampel Fggd sebanyak 25 gram, Fggd yang digunakan sebagai sampel berusia 21 hari sebanyak 12. Penelitian dilakukan di Laboratorium Terpadu, UNIMUDA Sorong pada Mei 2019. Instrument yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis komparasi yaitu membandingkan ukuran dan massa Fggd sampel dengan Fggd kontrol, dan akan dideskripsikan secara terperinci. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa lama waktu penggunaan daun Smilax Sp berdampak terhadap proses edemi pada superius femur, inferior femur, sinistram femur musculus, dextro femore, musculus quadriceps, posteriorem femoris dan massa femur dengan proses edemi maksimum terjadi pada waktu 14 jam, dengan persentasi edemi sebesar 114 %.
PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KINERJA DAN HASIL BELAJAR SISWA Sukaryanto Sukaryanto
Biolearning Journal Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.829 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Implementasi Model Inkuiri Based Learning (IBL) pada pembelajaran biologi terhadap kinerja dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Bantaeng Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020, sejak tanggal 4 September 2019 hingga 18 September 2019. Materi yang diberikan pada saat pengamatan adalah Bioteknologi konvensional (Fermentasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA4 SMA Negeri 2 Bantaeng dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Implementasi Model Inkuiri Based Learning (IBL) rata-rata kinerja siswa 78.52% yang berarti siswa dapat mengikuti pembelajaran Inkuiri Based Learning dengan baik, rata-rata hasil belajar siswa 70.88% atau masuk dalam kategori tinggi, dan peningkatan hasil belajar berdasarkan indeks Gain ternormalisasi memiliki rata-rata 0,59 termasuk kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Implementasi model pembelajaran Inkuiri Based Learning (IBL) berpengaruh pada kinerja siswa dan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8