cover
Contact Name
Aung Sumbono
Contact Email
aungsumbono@gmail.com
Phone
+6281247033899
Journal Mail Official
biolearningjournal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Jln. Ahmad Dahlan No. 1 Mariat Pantai Aimas Kabupaten Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Biolearning Journal
Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is published twice per year. The Purpose of Biolearning Journal: As a Media Information to meet the needs of the community in finding new innovations around the world of science education and biological sciences as well as all things related to science and directly related to the application of education and biological sciences. Biolearning Journal is one of the journals under the auspices of the Muhammadiyah Education University (UNIMUDA) Sorong. Focus & Scope Biolearning Journal: Jurnal ini memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang ilmu pendidikan sains, ilmu sains dan terapannya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Hidayatussakinah Hidayatussakinah; Ismail Marzuki; Nurul Alia Ulfa
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.538 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.892

Abstract

Kemamampuan berpikir kritis merupakan kemamapuan yang harus dimiliki oleh peserta didik, dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemamapuan peserta didik dalam berpikir kritis Jenis penelitian ini adalah kuantitatif-eksperimen semu dengan desain penelitain nonequivalent pretest posttest control group design. Jumlah Populasi dalam penelitian adalah 262 orang yang tergabung dalam kelas VII SMP Negri Mataram. Sampel penelitian berjumlah 114 orang yang terbagi menjadi 4 (Empat) kelas, diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpiki kritis adalah tes essy. Data dianalisis menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah.
EFEK PENAMBAHAN GELATIN TERHADAP EDEMA OLEH LARUTAN Smilax Sp Komaria Ramatuan; Aung Sumbono; Jaharuddin Jaharuddin
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.87 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.893

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui efek penambahan gelatin terhadap edema oleh larutan Smilax Sp. Metode yang dipakai adalah eksperimen menggunakan instrumen obsevasi, dokumentasi, mikroskop dan alat ukur. Tempat penelitian Laboratorium Terpadu UNIMUDA Soron.. Sampel yang digunakan ialah daun Smilax Sp segar sebanyak 20 gr, Gelatin 2,5 gr dan Fgg berumur 1 bulan 10 ekor. Teknik analisis data yang digunakan ialah perbandingan dan persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari penambahan gelatin mengalami efek edema baik dari sisi waktu proses terjadinya edema, maupun dari besarnya edema dimana penambahan gelatin mengakibatkan memperlambat proses edema dan memperkecil besar edema. Beberapa sampel menunjukkan bahwa lamanya waktu dapat berpangaruh pada edema, dikarenakan waktu maksimal pencapaian suatu zat bervariasi. Edema pada penelitian ini memiliki persentase massa tertinggi pada jam ke 20 (S10) sebesar 27,98%, kelilingnya pada jam ke 12 (S6) sebesar 9,89%, tebalnya pada jam ke 16 (S8) 2% dan lebarnya pada jam ke 20 (10) 125,79%.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R DIPERBANTU TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A MTs ANNUR KOTA SORONG Riswandi Rakka; Jaharuddin Jaharuddin; Ratna Prabawati
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.582 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SQ4R diperbantu dengan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa VIII-A MTs Annur Kota Sorong. Penelitian ini merupakan quasi experiment. Desain eksperimen menggunakan model One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Annur Kota Sorong dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Anggota sample sebanyak 18 siswa, yaitu kelas experimen sebanyak 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah hasil pretest dan posttest Analisis data terdiri atas uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran SQ4R diperbantu dengan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penilaian pretest sebelum penerapan mode pembelajaran SQ4R dapat diketahui bahwa nilai tes dari 18 siswa yang mendapatkan nilai KKM yakni > 73 hanya 9 siswa atau sebesar 50 %, sedangkan ada 9 atau 50% siswa yang nilainya dibawah KKM dengan nilai rata-rata hasil penilaian posttest = 71,8, sedangkan berdasarkan hasil penilaian posttets diketahui bahwa siswa yang sudah memenuhi KKM yaitu > 73 terdapat 18 siswa (100%).
PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK Indah Arsy; Syamsulrizal Syamsulrizal
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.729 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

Abstract

Dijaman modern seperti saat ini teknologi merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Perkembangan teknologi marasuki berbagai sector tanpa terkecuali sector dunia pendidikan. Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan metode STEAM terhadap keratifitas peserta didik. Metode yang diguanakan menggunakan metode campuran dengan tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) pelaporan. Hasil yang diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode STEAM memiliki pengaruh terhadap kreatifitas peserta didik. Meskipun terdapat perbedaaan pendapat dari beberapa ahli namun metode STEAM dapat menjadi solusi pembelajaran bagi peserta didik dalam mengahadapi perkembagan teknologi yang dipadukan dengan ilmu pengetahuan.
PENGARUH MODEL PMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MELALUI ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI SISTEM PERNPASAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 8 GOWA Muhammad Wajdi
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.857 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1164

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Example non Example terhadap hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 8 Gowa pada materi sistem pernapasan manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 24. diatas maka ditarik kesimpulan bahwa dikelas experiment rentang <75 terdapat 6 peserta didik memperoleh nilai dengan kategori kurang dengan persentase 20 % pada rentang 75-83 terdapat 19 peserta didik memperoleh skor kategori cukup dengan persentase 63,3. Kemudian pada rentang 84-92 terdapat 5 peserta didik yang memperoleh kategori baik dengan nilai persentase 16,7. Sedangkan pada rentang 93-100 tidak ada peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori baik sekali. Selanjutnya pada kelas kontrol dapat dilihat rentang <75 terdapat 8 peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori kurang dengan memiliki persentase 60 pada rentang 75-83 terdapat 10 peserta didik dengan memperoleh skor dengan kategori cukup dengan persentase 33,3 kemudian pada rentang 84-92 terdapat 2 peserta didik yang memperoleh kategori baik dengan memiliki nilai persentase sebesar 6,7 kemudian pada rentang 93-100 tidak ada peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori sangat baik
AKTIVITAS SMILAX SP SEBAGAI FUNGISIDA Wahyuningsih Wahyuningsih; Aung Sumbono; Istiqomah Istiqomah
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1049.105 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1324

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas Smilax Sp sebagai fungisida. Jenis dan desain penelitian ini adalah eksperimen, dilaksanakan Maret hingga Mei 2021, di Laboratorium MIPA Terpadu UNIMUDA Sorong dan di Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit (LPHP) Sorong. Sampel yang digunakan adalah jamur Collectotrichum capsici dan daun bungkus (Smilax Sp). Alat-alat yang digunakan adalah timbangan analitik, gelas ukur, mortar stamper, spatula, beaker glass, lup (kaca pembesar), ember, pisau, kamera, erlenmeyer, tabung reaksi, kertas crep, cawan petri, pinset, corong, petridish, pisau/Cutter, autoclave, laminar air flow dan saringan. Bahan yang digunakan adalah daun Smilax Sp, buah cabai merah yang terserang penyakit jamur Collectotrichum capsici, bubuk Rose Bengal, aquades, dan alkohol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji Linearitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dari larutan daun Smilax sp secara keseluruhan dapat sebagai fungisida terhadap pertumbuhan jamur Collectotrichum capsici. Penggunaan larutan daun Smilax sp yang efektif dibuktikan dengan perhitungan data hasil uji linearitas yakni kosentrasi 75% dari pengulangan ke-3 sampai pengulangan ke-10 memiliki nilai signifikansi 0.000 < dari 0,05.
INOVASI PENGERING BERBASIS KONVERSI CAHAYA Mutia Amanah; Aung Sumbono; Edi Sutomo
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1099.13 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengeringan dengan menggunakan inovasi pengering berbasis konversi cahaya. Dilakukan di Laboratorium Teradu UNIMUDA Sorong pada bulan Juni 2021 menggunakan alat pengering dengan 5 kali pengulangan. Sampel yang digunakan adalah pisang. Data perolehan pengukuran suhu dan penyusutan massa pisang dideskripsikan dan dianalisis rata-rata, selisih dan persentase. Hasil penelitian diperoleh data selisih dan persentase suhu tertinggi yakni 39oC dengan kenaikan hingga 44%. Sedangkan selisih dan persentase suhu terendah yakni 32oC dengan kenaikan sebesar 19%. Persentase rata-rata kenaikan suhu hanya mencapai 33,16%. Berdasarkan data analisis penyusutan massa pisang diperoleh penyusutan maksimum hingga 32,72 gram dan persentase penyusutan sebesar 66%. Penyusutan minimum sebesar 17,43 gram dan persentase sebesar 48%. Persentase rata-rata penyusutan massa pisang hingga mencapai 56,75%.
EFEK PENAMBAHAN BELERANG DAN GELATIN TERHADAP Scabies DENGAN LARUTAN Smilax Sp Norlince Bahi; Aung Sumbono; Jaharudin Jaharudin
Biolearning Journal Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1221.897 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1326

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek penambahan belerang dan gelatin dengan larutan Smilax Sp terhadap Scabies Canis lupus familiaris. Metode yang dipakai adalah eksperimen menggunakan instrumen obsevasi, dokumentasi, mikroskop dan alat ukur Dilakukan di Laboratorium Terpadu Unimuda Sorong pada bulan April 2021 dengan 5 kali pengulangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 ekor canis lupus vamiliaris yang terkena Scabies, daun Smilax Sp yang segar, gelatin dan belerang. Teknik data yang digunakan ialah melakukan perbandingan visual yang dideskripsikan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa pengaruh dari penambahan gelatin dan belerang dengan larutan Smilax Sp mengalami edama,pengelupasan kulit, perubahan warna, dan penyembuhan Scabies pada Canis Lupus Familiaris.

Page 1 of 1 | Total Record : 8