cover
Contact Name
Raden Gamal Tamrin Kusumah, M.Pd
Contact Email
raden@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
attalim@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
ISSN : 16932161     EISSN : 26211955     DOI : -
Core Subject : Education,
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam memuat artikel tentang Pendidikan Islam hasil penelitian dan kajian di bidang Pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan JUNI dan DESEMBER.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER" : 12 Documents clear
Hegemoni Orang Tua Terhadap Anak Sebagai Pemicu Timbulnya Kekerasan Dalam Mendidik Anak Khermarinah Khermarinah
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.558 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.2668

Abstract

Abstract: Parent's Hegemony Towards Children as a Trigger for Violence in Educating Children Basically children's growth and development is very important for parents. Children in their infancy are vulnerable to various things that will affect their personality. If they get along in the environment of children who are not supervised by parents, then the child has a tendency to imitate the negative behavior of their associates. The research method is literature review. Judging from the phenomena that occur regarding violence against children, it is assessed on the basis of the theory of experts and considers relevant journal articles. So this article is synthesized from the research method. The results of this article thinking are parents in educating children, although firm, but may not use violence against children. This will have bad consequences for the child's development in the future.Abstrak : Hegemoni Orang Tua Terhadap Anak Sebagai Pemicu Timbulnya Kekerasan Dalam Mendidik Anak  Hakikatnya tumbuh kembang anak sangat perlu diperhatikan oleh orang tua. Anak dalam masa pertumbuhan rentan dengan berbagai hal yang akan mempengaruhi kepribadiannya. Jika mereka bergaul dalam lingkungan anak-anak yang tidak terawasi oleh orang tua, maka anak tersebut ada kecenderungan untuk meniru perilaku negatif teman bergaulnya. Metode penelitian berupa kajian literatur. Menilik pada fenomena yang terjadi tentang kekerasan terhadap anak, dikaji dengan landasan teori para ahli serta mempertimbangkan artikel jurnal yang relevan. Sehingga artikel ini disintesis dari metode penelitian tersebut. Hasil pemikiran artikel ini adalah orang tua dalam mendidikan anak, walaupun tegas, tetapi tidak boleh melakukan kekerasan terhadap anak. Hal ini akan berakibat tidak baik bagi perkembangan anak di masa depannya.
Quantum Teaching Dengan Teknik Debat Dalam Upaya Stimulus Keaktifan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Hengki Satrisno
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.918 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.2722

Abstract

Abstract: Quantum Teaching with Debate Technique in an Effort to Stimulate Student Intellectual Activity in Fiqh Lesson Quantum teaching with debate technique is an implemented method aimed at stimulating students' intellectual activity. The implication shows an increase in students' intellectual activeness. As seen from the learning outcomes of students in the first cycle by 60% and the average value obtained 66, increased in the second cycle to 72%. Mastery learning students and the average value obtained 69.4, mastery learning students do not stop until the second cycle only, in the third cycle students' mastery learning becomes 88% with an average value obtained by students by 74. While the results of observation shows the activeness of students that in the first cycle the average score of student activeness was 17.5 with sufficient criteria, in cycle II there was a significant increase in student activeness by 20 with sufficient criteria, whereas in the third cycle, student activeness was seen from an increase in scores of 25.5 with good criteria.Abstrak : Quantum Teaching Dengan Teknik Debat Dalam Upaya Stimulus Keaktifan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih  Quantum teaching dengan teknik debat merupakan metode yang diimplementasikan bertujuan untuk menstimulasi keaktifan intelektual siswa . Implentasinya menunjukan adanya peningkatan keaktifan intelektual siswa.yang terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I  sebesar 60 % dan rata-rata nilai yang diperoleh 66, meningkat pada siklus II menjadi 72%. Ketuntasan belajar siswa dan nilai rata-rata yang diperoleh 69,4, ketuntasan belajar siswa tidak berhenti sampai disiklus ke II saja, pada siklus ke III ketuntasan belajar siswa menjadi 88% dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa sebesar 74. Sedangkan hasil observasi menunjukan keaktifan siswa bahwa pada siklus I skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 17,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan terhadap  keaktifan siswa sebesar 20 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus  ke III, keaktifan siswa terlihat dari kenaikan skor sebesar 25,5 dengan kriteria baik
Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang Ixsir Eliya
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.669 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.1923

Abstract

Abstract: Development of Narrative Text Teaching Material Based on Islamic Values For Islamic School StudentsAt Pemalang District. The Islamic values should be internalized in all the aspect of life, including in education. It is because education is the effort to increase the spiritual, intelligent, and emotional quotient’s students. The purpose of this study, namely describing the students and teachers’ needs to the teaching materials, prototyping materials, obtaining assessment the results and re-mediating of teachers and experts, as well as making improvements prototype teaching materials in writing narrative text based on Islamic values to the students of MTs in Kabupaten Pemalang. This study uses the research development design conducted research in five stage, namely preliminary survey, initial prototype development, product design, product validation, and product improvements. The results showed that students and teachers need high quality materials an can meet the needs of the students to the theory and practice in writing narrative text based on Islamic values. This is evident from the average value of the validation test results by teachers and expert lecturers at 86,34.Abstrak : Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang Nilai-nilai islami harus diinternalisasikan dalam segala aspek  kehidupan, termasuk dalam pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan usaha untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar, membuat prototipe bahan ajar, memperoleh hasil penilaian dan saran perbaikan dari guru dan ahli, serta membuat perbaikan prototipe bahan ajar menulis teks narasi berbasis nilai-nilai islami untuk siswa MTs di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan yang dilakukan dalam lima tahap penelitian, yaitu potensi masalah, pengambilan data untuk mengembangkan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan siswa terhadap teori dan praktik menulis teks narasi sehingga keterampilan dalam menulis teks narasi meningkat. Bahan ajar menulis teks narasi layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru dan oleh dosen ahli sebesar 86,34
Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Multikultural Ellyana Ellyana
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.054 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.1877

Abstract

Abstract: Learning Islamic Religious Education Material with Multicultural Insights In some educational institutions it is often not realized that they have implemented policies that are not evenly distributed towards all groups, or are a bit discriminatory. The concept of Multicultural Islamic Religious Education exists to overcome this. So that in understanding the basic values of multiculturalism starting from an inclusive attitude towards differences, respecting, democracy, tolerance, respecting the work of others, attitudes prioritize unity and unity in a community or community that has different ethnic, religious, cultural backgrounds, status economics and others, so that ultimately students are expected to be able to practice these attitudes in daily life. Learning methods of Islamic Religious Education with Multicultural Insights in question consists of three things, namely the strategy of organizing learning, learning delivery strategies, and learning management strategies.Abstrak: Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Multikultural  Pada beberapa institusi pendidikan sering tidak disadari telah menerapkan kebijakan yang tidak sama rata terhadap semua kalangan, atau sedikit diskriminatif. Konsep Pendidikan Agama Islam Multikultural hadir untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga dalam memahami nilai-nilai pokok multikultural mulai dari sikap inklusif terhadap perbedaan-perbedaan, menghormati,  demokrasi, toleransi, menghargai hasil karya orang lain, sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam suatu komunitas atau masyarakat yang berbeda latar belakang suku, agama, budaya, status ekonomi dan lain-lain, sehingga pada akhirnya siswa diharapkan mampu mempraktekkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Multikultural yang dimaksud terdiri dari tiga hal, yaitu strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran.
How To Instill Islamic Values To Children: A Case Study at Dewi Masyitoh Kindergarten Zelvia Liska Afriani
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.1868

Abstract

Abstrak: Bagaimana Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Anak-Anak: Studi Kasus di PAUD Dewi Masyitoh Orang tua harus berhati-hati tentang bagaimana mereka mengajar dan memperlakukan anak-anak mereka. Salah satu alasannya adalah karena anak-anak memahami informasi di sekitar mereka tanpa memilih dan kemudian menirunya. Sebagai akibatnya, nilai-nilai Islami menjadi faktor penting dalam membangun karakter anak-anak. Saat ini, sebagian besar orang tua menitipkan anak-anaknya ke penitipan anak karena beban kerja mereka menuntut mereka untuk melakukan hal demikian. Oleh karena itu, orang tua harus tepat dalam memilih tempat yang tepat bagi anak-anak untuk belajar. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana para guru di PAUD Dewi Masyitoh mendidik dan menerapkan nilai-nilai ini selama mengajar dan belajar. PAUD Dewi Masyitoh yang berlokasi di Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia adalah salah satu tempat penitipan anak yang tidak hanya mendidik tetapi juga menerapkan nilai Islam di kelas. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan hasil bahwa menanamkan nilai-nilai Islami sejak dini akan melindungi anak-anak ketika mereka tumbuh dan menghadapi masalah nanti. Diharapkan, hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi orang tua baru dan para guru sekolah.Abstract : How To Instill Islamic Values To Children: A Case Study at Dewi Masyitoh KindergartenParents should be carefully aware of how they teach and treat their children. One of the reasons is mainly because the children grasp the information around them through adopting and imitating. As a consequence, it plays a significant factor in building children's character. Nowadays, majorly parents send their children to the day-care because their workload demands them to do so. Hence, to be concerned about choosing the appropriate place for children to learn is necessary. Thus, this study aims to examine how teachers in Dewi Masyitoh Kindergarten educate and apply these values during teaching and learning. Dewi Masyitoh Kindergarten located at Pemalang, Central Java, Indonesia, is one of the early childhood educations which not only educates but also applies Islamic values in the classroom. Through a descriptive study that was employed in this study it is believed that by early introduction, it will guard the children as they grow and live. The result of this study is expected to present a beneficial insight for parents and teachers
Deskripsi Kompetensi Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ja-Alhaq Kota Bengkulu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Nur Hidayat
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.914 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.2737

Abstract

Abstract: Description of Competence of Arabic Language Teachers in Madrasah Aliyah Ja-Alhaq Bengkulu City Based on Law Number 14 of 2005 About Teachers and Lecturers Discourse regarding the world of education, especially the low level of teacher competence is a problem that must be solved together. Various studies and results of teacher competency tests (UKG) indicate the low level of teacher competency. However, in some schools the teacher competencies of the instructors showed progress. This study aims to reveal the level of teacher competence in Madrasah Aliyah Ja-alHaq, bengkulu city. Qualitative research with data obtained through in-depth observations and interviews shows that the competence of Arabic language teachers in Madrasah Aliyah Ja-alHaq Bengkulu city is sufficient. These competencies include pedagogical, personality, professional and social competencies.Abstrak: Deskripsi Kompetensi Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ja-Alhaq Kota Bengkulu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Diskursus mengenai dunia pendidikan khususnya tingkat kompetensi guru yang masih rendah merupakan permasalahan yang harus diselesaikan bersama. Berbagai penelitian dan hasil tes uji kempetensi guru (UKG) menunjukkan masih rendahnya tingkat kompetensi guru. Meskipun demikian, pada beberapa sekolah memperlihatkan bahwa kompetensi guru pengajarnya menunjukkan kemajuan. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap tingkat kompetensi guru pada Madrasah Aliyah Ja-alHaq kota bengkulu. Penelitian kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam menunjukkan bahwa kompetensi guru bahasa arab pada Madrasah Aliyah Ja-alHaq kota Bengkulu cukup memadai. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi paedagogik, kepribadian, profesional  dan sosial.Kata Kunci: Teacher Competence, Madrasah Aliyah Ja-AlHaq, Law No.14 of 2005.
Partisipasi Komite Sekolah Dalam Pencapaian Efektivitas Manajemen Sekolah Dasar Mawardi Lubis; Alfauzan Amin; Alimni Alimni
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.379 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.2669

Abstract

Abstract: School Committee Participation in Achieving the Effectiveness of Elementary School Management The purpose of this study was to determine the participation of school committees in achieving the effectiveness of elementary school management. The approach used in this research is quantitative and analytical methods in the form of path analysis. Data was collected using a questionnaire with a Likert Scale filled out by school principals and teachers in 40 public elementary schools in Bengkulu City as a research analysis unit. The results of data analysis showed that school committee participation had a direct positive effect on the effectiveness of school managementAbstrak : Partisipasi Komite Sekolah Dalam Pencapaian Efektivitas Manajemen Sekolah Dasar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi komite sekolah dalam pencapaian efektivitas manajemen sekolah  dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode analisis berupa analisis jalur (path analysis). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan  skala  Likert yang diisi oleh kepala sekolah dan guru pada 40 SD Negeri se-Kota Bengkulu sebagai unit analisis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa partisipasi komite sekolah memberikan pengaruh positif secara langsung terhadap efektivitas manajemen sekolah
Pelaksanaan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Terhadap Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taba Penanjung Adam Nasution
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.338 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.2667

Abstract

Abstract: Implementation of Law No. 14 of 2005 Concerning Teachers and Lecturers Towards the Professional Improvement of Islamic Education Teachers in State Senior High School 1st Taba Penanjung Professionalism is something that is not negotiable for teachers. Therefore, the government has issued Law no. 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers. Its implementation has not been evenly distributed throughout Indonesia. This study aims to describe the implementation of these regulations towards improving Teacher Professionalism at Taba Penanjung High School 1 which includes: a) learning planning b) learning process c). tutoring d) learning assessment. The method used is descriptive qualitative with data sources derived from teachers, principals, and documentation. Data collection techniques are observation, interview and documentation. From the results of the study it can be concluded the implementation of Law No. 14 of 2005 concerning teachers and lecturers has been conducted by teacher. Includes professionalism competencies: Abstrak : Pelaksanaan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Terhadap Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taba Penanjung Profesionalitas merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu, pemerintah telah menerbitkan UU no. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Implementasinya belum merata di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi peraturan tersebut terhadap  peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Taba Penanjung yang meliputi: a) perencanaaan  pembelajaran b) proses pembelajaran c). bimbingan pembelajaran d), penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data berasal dari guru, kepala sekolah, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen meliputi kompetensi profesionalisme secara keseluruhan telah dilaksanakan oleh guru.
Konsep Strategi Pembelajaran Masrifah Hidayani
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/attalim.v19i1.3314

Abstract

Abstract: The Concept of Learning StrategiesThe learning process is an effort to change behavior or as a mental and psychological activity that takes place in active interaction with the environment and results in changes in attitudes in knowledge, understanding, skills, values, and attitudes. Education requires strategies and approaches so that what is the goal can be achieved properly, education experts try to think and provide views on various theories and strategic approaches in providing education.Abstrak: Konsep Strategi Pembelajaran  Proses belajar merupakan upaya perubahan tingkah laku atau sebagai suatu aktivitas mental dan psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan dan menghasilkan perubahan sikap dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai dan sikap. Pendidikan membutuhkan strategi dan pendekatan agar apa yang menjadi tujuan dapat dicapai dengan baik, para ahli pendidikan berupaya memikirkan dan memberikan pandangan tentang berbagai teori dan ancangan strategis dalam menyelenggarakan pendidikan.
Manajemen Humas Pendidikan Dalam Upaya Pencitraan Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Fifin Priandono
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/attalim.v18i2.1740

Abstract

Abstract: Parent's Hegemony Towards Children as a Trigger for Violence in Educating ChildrenEducation Institute is grown and developed by, through the initiative, and for the shake of communities’ demands, so that the existence of public relations management on the development of the Education Institute becomes important. This article aims to provide concepts of techniques of public relations management in the development of the Education Institute in Indonesia, as well as how to apply it, problems faced, and how to solve the problems. The results of this study are expected to be able to broaden insight of managers of the Education Institute in order to make public relations programs effectively and efficiently operate and to realize the development of the Education Institute in a broad sense. Public relations planning in an effort to improve the school image in Vocational School involves all school managers by scheduling all good and detailed public relations and planning activities through the annual program meeting. the implementation of public relations at Vocational School is carried out in accordance with the plan where the public relations task informs all activities in the school to be known to the public.Abstrak : Manajemen Humas Pendidikan Dalam Upaya Pencitraan Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan  Lembaga Pendidikan ditumbuhkan dan dikembangkan oleh, melalui inisiatif, dan untuk tuntutan masyarakat, sehingga keberadaan manajemen hubungan masyarakat pada pengembangan Lembaga Pendidikan menjadi penting. Artikel ini bertujuan untuk memberikan konsep teknik manajemen hubungan masyarakat dalam pengembangan Institut Pendidikan di Indonesia, serta bagaimana menerapkannya, masalah yang dihadapi, dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperluas wawasan para pengelola Lembaga Pendidikan agar menjadikan program PR berjalan efektif dan efisien, serta mewujudkan pengembangan Lembaga Pendidikan dalam arti luas. Perencanaan hubungan masyarakat dalam upaya meningkatkan citra sekolah di Sekolah Kejuruan melibatkan semua manajer sekolah dengan menjadwalkan semua hubungan masyarakat dan kegiatan perencanaan yang baik dan terperinci melalui pertemuan program tahunan. pelaksanaan hubungan masyarakat di Sekolah Kejuruan dilakukan sesuai dengan rencana di mana tugas hubungan masyarakat menginformasikan semua kegiatan di sekolah untuk diketahui publik. 

Page 1 of 2 | Total Record : 12