cover
Contact Name
Noni Antika Khairunnisah, S.Pd
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
ISSN : 25989944     EISSN : 26566753     DOI : -
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 47 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan" : 47 Documents clear
Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Agama Katolik Dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas V Dengan Menerapkan Model STAD Semester Satu Tahun 2017/2018 SD Negeri 19 Cakranegara RR. Caecilia Sriharyanti
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.416 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model STAD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar Agama Katolik Dan Budi Pekerti peserta didik Kelas V SD Negeri 19 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan aktifitas belajar yang berdampak meningkatnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,29) dan hasil observasi peserta didik mencapai skor rata-rata (4,25). Sedangkan dampak dari peningkatan aktifitas belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata (87,50), artinya indikator keberhasilan (> 4,0) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
Penerapan Multimedia Interaktif Microsoft Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Maraqitta’limat Raden Sumiadi; Asma’iyah Asma’iyah
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.978 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.589

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang untuk Meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas IV MI Maraqitta’limat Panggung dengan menggunakan  multimedia interaktif jenis Microsoft Powerpoint. Desain penelitian menggunakan penilaian tindakan kelas yang dilaksanakan dan berakhir dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar kognitif siswa sejumlah 20 butir soal pilihan ganda dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan hasil, pada siklus I pertemuan pertama  terdapat 7 (tujuh) orang siswa yang memperoleh nilai katagori tuntas. Sedengkan 8 (delapan) orang siswa mendapat nilai tidak tuntas. Sehingga prosentase kentuntasan secara klasikal mencapai 46,66% sedangkan pada pertemuan kedua terdapat 10 orang yang memperoleh nilai katagori tuntas, dan 5 orang siswa mendapat nilai katagori tidak tuntas sehingga prosentase kentuntasan secara klasikal mencapai 66,66%. Berdasarkan hasil siklus 1, penelitian dilanjutkan ke siklus II (dua) dengan hasil menunjukkan terdapat 13 orang siswa tuntas, sehingga prosentase kentuntasan kelasikal mencapai 86,66%. Ketuntasan hasil belajar siswa disebabkan karena siswa merasa termotivasi dalam memperhatikan penjelasan guru karena adanya pengalaman baru belajar dengan menggunakan media power point dalam proses pembelajaran
Bencana dan Ketahanan Pangan Adaptasi Masyarakat Gumantar Ketika Terjadi Bencana Uzlifatul Azmiyati
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.307 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.610

Abstract

Geographically, geology, geomorphology, hydro-meteorology and socio-culture-economy Indonesia is a disaster-prone country. Almost every region in Indonesia is prone to disasters. Not only natural disasters such as earthquakes, tsunami, floods, landslides, droughts or tornadoes can occur, but also social disasters such as social conflicts, fires, disease outbreaks and technological failures. Disaster events have a significant impact on people's survival. Causing losses both morally and materially, including causing food security to be disrupted. When disasters, food availability can be reduced while the needs of post-disaster communities are increasing. Awareness of the importance of maintaining food security is one step in disaster mitigation activities. Good food management can help people recover faster after a disaster. This is what is done by Gumantar Village people in North Lombok Regency who have done food management well. The Gumantar community with rice barn, Pegawe Gumi, and mutual cooperation succeeded in passing through disasters that threatened food security. The granary structure that is the residence of Gumantar people makes them able to store food for a long time. Special rituals carried out for agriculture are also routinely carried out, namely Pegawe Gumi ritual. This good food management makes the Gumantar community able to survive after the Lombok earthquake 2018 or during a famine, without waiting for help from volunteers/donors. Adaptation of the Gumantar community through local wisdom that has always been maintained has increased their capacity in the face of disasters. Therefore, Gumantar community has been able to reduce the risk of disasters that might occur around them
PEMBELAJARAN CI OTW OCE (COOPERATIVE INTEGRATED OBSERVE THINK WRITE ORGANIZE CONCLUDE EVALUATE) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA Jeje Sudarja
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.644 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.630

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi siswa dalam kelompok belajar, kerja ilmiah dalam menyelesaiakan tugas belajar dan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah yang belum sesuai harapan. Tujuan penelitian  untuk mendeskripsikan bentuk Cooperative Integrated-Observe Think Write Organize Conclude Evaluate (CI OTW OCE) dan mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa melalui penerapan CI OTW OCE. Metode penelitian menggunakan  Research and Development yang meliputi  tahap perancangan desain dan tahap pemakaian CI OTW OCE. Pada tahap uji coba pemakaian di kelas VII B yang berjumlah 27 siswa menggunakan desain penelitian one group pretest posttest  design. Pengumpulan data berpikir kritis menggunakan tes berbentuk uraian. Data dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan nilai rata-rata,  ketuntasan, N-gain serta  melakukan  uji wilcoxon sign rank test sebagai uji statistik data berpasangan pada kelompok tunggal untuk mengetahui perbedaan nilai pretes dan postes. Hasil penelitian adalah (1) dihasilkan  bentuk Cooperative Integrated Observe Think Write Organize Conclude Evaluate (CI OTW OCE) dan  (2) diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa  dengan  nilai rata-rata postes 74,57,  ketuntasan 79,31%, dan N-gain sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji wilcoxon sign rank test  nilai Z sebesar -4,582 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretes dan postes. Dengan demikian Cooperative Integrated Observe Think Write Organize Conclude Evaluate (CI OTW OCE)  dapat meningkatkan  berpikir kritis siswa kelas VII B SMPN 1 Karangkancana tahun pelajaran 2017/2018 tentang pencemaran lingkungan.
Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran SMAN 1 Praya Barat Daya Tahun 2018 Rindawan Rindawan; Syahrir Syahrir
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.565 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.621

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kompetensi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan evaluasi proses pembelajaran dan mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMAN 1 Praya Barat Daya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Olahraga dan Kesehatan yang ada di SMAN 1 Praya Barat Daya yang berjumlah 3 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Angket. Teknik Analisis Data ialah Editing, Skoring, dan Tabulating dan Analisis. Dari data hasil penelitian diperoleh ada satu guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang memperoleh nilai 61, dan dua orang masing-masing memperoleh nilai 114 dan 110. Adapun yang menjadi tolok ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkompetensi tinggi, sedang atau rendah. Dan setelah dilakukan penelitian di SMAN 1 Praya Barat Daya, maka dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN 1 Praya Barat Daya memiliki kompetensi yang rendah dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran
Diseminasi dan Adopsi Teknologi Pertanian Lahan Kering: Tantangan Pemenuhan Gizi Masyarakat di Indonesia bagian Timur Dwi Lestari; Lilik Triyanto
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.221 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.645

Abstract

Pemenuhan gizi masyarakat tidak dapat terlepas dari peran penting dari sektor pertanian, yang merupakan ujung tombak lumbung pangan nasional. Hal ini yang mendasari adanya keterkaitan yang erat antara sektor pertanian dan keberhasilan pemenuhan gizi masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan terbesar pemenuhan gizi masyarakat justru berasal dari sektor pertanian (produksi pangan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan merumuskan rekomendasi upaya perbaikan dalam menjawab tantangan diseminasi dan adopsi teknologi khususnya pertanian lahan kering,guna mendukung produksi pangan di Indonesia bagian Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memang perlu adanya optimalisasi pemanfaatan lahan kering melalui adopsi teknologi yang tepat sasaran. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah yang ada, yaitu mulai dari peran penyuluh, pemanfaatan lahan marginal, hingga dukungan penelitian-penelitian terkait yang sifatnya lebih komprehensif.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DOMINO PADA SISWA KELAS V SDN BERANI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SAHMAN SAHMAN
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.376 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.635

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penggunaan alat peraga domino pada siswa kelas V SDN Berani tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Berani. Jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang terdiri atas 19 laki-laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar aktivitas siswa dan guru, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan di tiap akhir siklus penelitian. Pada siklus I nilai aktivitas guru yaitu 60 dengan persentase 68% dan berkategori baik, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77 dengan persentase 88% yang berkategori sangat baik. Begitu pula dengan  nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 47 dengan persentase 62% yang berkategori aktif mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 63 dengan persentase 83% yang berkategori sangat aktif. Selain menunjukkan perkembangan aktivitas guru dan siswa, ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 73% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang  mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang. 
Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Modelling The Way Pada Kelas III SDN Jangka Tahun Pelajaran 2016/2017 MURTI MURTI
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.616 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Modelling The Waypada Siswa Kelas III SDN JangkaTahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan klasikal mencapai ≥85%, skor perolehan aktivitas mengajar guru berkategori baik dan aktivitas belajar siswa berkategori aktif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 67 dengan ketuntasan klasikal 72% dengan skor perolehan aktivitas guru 40 (67%) yang berkategori baik dan aktivitas siswa 33 (55%) yang berkategori cukup aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 82 dengan ketuntasan klasikal 89% dan skor perolehan aktivitas guru 49 (82%) dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa 42 (70%) dengan kategori kategori aktif. Hal ini berarti Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas III SDN Jangka tahun pelajaran 2016/2017.
Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 33 Mataram Dengan Penerapan Model Jigsaw Baik Wirnawati
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.414 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe Jigsaw dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA Peserta didik kelas VI SD Negeri 33 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan aktifitas dan hasil  belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,43) dan hasil observasi peserta  didik  mencapai skor rata-rata (4,28). Sedangkan hasil belajar peserta didik adalah  mencapai nilai rata-rata (80.20) telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
ANALISIS NILAI TAMBAH PEMASARAN AYAM BROILER DI KABUPATEN LOMBOK UTARA Ria Ashari
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.42 KB) | DOI: 10.36312/jisip.v3i1.640

Abstract

Broiler chickens are superior breeds of chicken produced by crosses from chicken nations that have high productivity, especially in chicken meat production. Until now broiler chickens have been known to the Indonesian people with various advantages. Broiler chicken farms have a relatively short maintenance time and harvest time which is considered fast among other meat-producing livestock commodities. This indicates that the availability of broiler chicken meat supply tends to be continuous. In addition, many consumers tend to prioritize the consumption of broiler meat to fulfill their animal protein needs, so that many business people are interested in pursuing broiler farming because of their rapid capital turnover. In value added analysis there are three supporting components, namely: 1) Conversion factor, showing the amount of output produced from one unit of input, 2) Factor coefficient of labor, indicating the amount of labor needed to process one input unit, and 3) Product value , shows the output value per input unit. The average output value of the sale of broiler chickens obtained by large cutter traders is Rp. 28,500 per head, for small cutter traders Rp. 33,650 per head while at retailers Rp. 33,650 per output value is obtained. from the multiplication of the output price variable (selling price) with the conversion factor. The price of output for large cutter traders is smaller because the sale of products to small cutter traders and retailers. The added value of broiler chicken marketing obtained by large cutter traders is Rp.7,909.23 per head (27.75%) and small cutter traders get Rp.10,195.45 (30.30%) per head, while retailers get value added Rp.3,940.52 (11.71%) per head. Overall, small cutter traders get greater profits than large cutter traders and retailers, this is because small cutter traders buy live chicken raw materials to large cutter traders and sell them in the form of carcasses and non carcasses to end consumers. The average marketing margin obtained by large cutter traders is Rp 10,000 per head, while for small cutter traders Rp 10,500 per head, and retailers Rp.5,150 per head

Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 4 (2025): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (November) Vol 9, No 3 (2025): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Juli) Vol 9, No 2 (2025): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Maret) Vol 9, No 1 (2025): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Januari) Vol 8, No 4 (2024): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (November) Vol 8, No 3 (2024): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Juli) Vol 8, No 2 (2024): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Maret) Vol 8, No 1 (2024): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Januari) Vol 7, No 4 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (November) Vol 7, No 4 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 7, No 3 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Juli) Vol 7, No 3 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 7, No 2 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Maret) Vol 7, No 1 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) (Januari) Vol 7, No 1 (2023): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 6, No 4 (2022): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 6, No 3 (2022): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 6, No 2 (2022): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 6, No 1 (2022): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 5, No 4 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 5, No 3 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 5, No 2 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 5, No 1 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 4, No 4 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 4, No 2 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 4, No 1 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) Vol 3, No 3 (2019): JISIP: JURNAL ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN Vol 3, No 2 (2019): JISIP: JURNAL ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): Volume 2 Nomor 1 JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2, No 3 (2018): JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Volume 1 Nomor 2 JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Volume 1 Nomor 2 JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Volume 1 Nomor 1 JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan More Issue