cover
Contact Name
Nurina Ayuningtyas
Contact Email
nurinaayu.n@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
nurinaayu.n@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Published by STKIP PGRI Sidoarjo
ISSN : 23378166     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika" : 6 Documents clear
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN “WHAT’S ANOTHER WAY” PADA MATERI BILANGAN BULAT Rosidah, Ida Kholilatur; Kusumawati, Intan Bigita
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan, yang diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Manusia sendiri sebagai subjek dan objeknya dalam pendidikan. Pembelajaran dengan Pendekatan “What Another Way” sebagai pembelajaran yang menitik beratkan pada aktivitas belajar peserta didik kreatif dalam memecahkan suatu masalah matematika dengan menggunakan cara lebih dari satu. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VII SMP TPI (Taman Pendidikan Islam) Gedangan, dan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran (2) ketuntasan belajar peserta didik (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dikatakan kurang baik dan sesudah pembelajaran dapat dikatakan baik (2) ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan (3) peserta didik memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan “What’s Another Way” dalam mengerjakan soal.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL Astutik, Yuni; Nuriyatin, Siti
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan di kelas VIII-A MTS Almuawanah Minggir bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan mengidentifikasi kesalahan siswa, persentase kesalahan siswa, serta faktor-faktor yang melatarbelakangi siswa melakukan kesalahan terkait dengan materi aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah konsep (37,73 %), prinsip (50%) dan teknik (31,18%). Berdasarkan hasil analisis data wawancara diperoleh beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan antara lain: siswa tergesa-gesa dalam menjawab soal, siswa belum siap menjalani tes atau dengan kata lain siswa tidak belajar sebelum tes, siswa tidak memahami maksud dari soal, siswa kurang menguasai konsep yang berkaitan dengan soal tes.
STRATEGI PEMECAHAN MASALAH ( PROBLEM SOLVING ) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX nuriyatin, siti
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitianini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi pemecahan masalah oleh siswa kelas IX-2 SMP PGRI 9 Sidoarjo, dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Pemilihan subjek yaitu masing-masing 2 subjek dari tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data yang diperoleh diolah secara analisis deskriptif. Menurut hasil pekerjaan siswa yang terdiri dari 6 subjek, terdapat 4 strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah, yaitu menggunakan Strategi membuat tabel (S4), strategi bekerja mundur (S7), strategi mengidentifikasi informasi yang di inginkan, diberikan dan diperlukan (S8), dan strategi menulis kalimat terbuka (S9). Dapat disimpulkan bahwa tidak semua siswa dapat menggunakan strategi pemecahan masalah dengan tuntas, karena mereka masih merasa kebingungan untuk menentukan rumus pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita, hal ini terjadi karena pemahaman materi dari tiap-tiap siswa berbeda. Oleh karena itu strategi pemecahan masalah perlu lebih ditingkatkan pada diri siswa untuk menjadikan siswa lebih kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.
ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VIII MTs.ISLAMIYAH TANGGULANGIN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI Ali, Moch Usman; Sari, Eka Nurmala
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak dan jenis kesulitan yang dialami siswa kelas VIII Madrsah Tsanawiyah Islamiyah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi relasi dan fungsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B, sedangkan tempat penelitian adalah Madrasah Tsnawiyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Ditemukannya kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan soal menunjukkan adanya tingkat kesulitan dalam pembelajaran. Kesulitan-kesulitan tersebut dianalisis untuk mengetahui letak, jenis, dan faktor penyebab mengalami kesulitan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskriskan letak, jenis, serta faktor penyebab kesulitan. Hasil penelitian dianalisis diperoleh peserta didik tidak memahami soal cerita, belum siap menjalani tes, tidak belajar sebelum tes, kurangnya menguasai konsep yang berkaitan dengan soal tes serta tidak terbiasa menulis kesimpulan.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA POWER POIN DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA POWER POIN Fitrianah, Fitrianah; Mubarakah, Lailatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan aktivitas belajar siswa saat diterapkan pembelajaran menggunakan power poin. (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media power poin dengan siswa yang tidak menggunakan media power poin pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar siswa kelas VIII MTs YPM 2 Sarirogo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Tru Eksperimental Design. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas siswa setelah diterapkan pembelajaran yang menggunakan media power poin siswa lebih aktif sering bertanya dan juga merasa senang dalam pembelajaran dari 37 siswa ada 33 siswa yang menyukai pembelajaran meggunakan media power poin. (2) tes hasil belajar siswa kelas eksperimen rata-rata 79,03 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 59,45.
METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT Adawiyah, Robiatul; Sukriyah, Dewi; kusumawati, intan bigita
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bilangan bulat SMP kelas VII Yos Sudarso Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal bilangan bulat setelah diterapkan metode Quantum Teaching. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pre test dan post test menggunakan metode Quantum Teaching dengan nilai H0 ditolak dimana db= 19-1, dan H1 diterima dan thitung 7,750 > ttabel = 2,101.

Page 1 of 1 | Total Record : 6