cover
Contact Name
Yos Nofendri
Contact Email
yosnofendri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yosnofendri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN
ISSN : 2502843X     EISSN : 24069671     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal yang berhubungan dengan Teknik Mesin khususnya bidang ilmu : 1. Konversi Energi 2. Proses Manufaktur 3. Perencangan 4. Material Engineering
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin" : 6 Documents clear
RELEVANSI PENGGUNAAN BILANGAN FROUDE TERHADAP BILANGAN REYNOLDS DALAM SIMULASI LAMBUNG KAPAL Irwanto, Rachmad; Salman, Nidya Jullanar
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jktm.v9i2.8255

Abstract

Tulisan ini menjelaskan peran krusial bilangan Froude dalam simulasi lambung kapal, khususnya dalam memprediksi hambatan akibat pembentukan gelombang, yang mendominasi pada kapal displacement dalam kecepatan operasional. Dengan menggunakan kerangka teoretis serta simulasi iteratif menggunakan Matlab yang mencakup panjang kapal dari 50 m hingga 150 m dan bilangan Froude dari 0.1 hingga 0.4, telah ditunjukkan bahwa penskalaan berbasis bilangan Froude memastikan prediksi hambatan gelombang yang akurat dalam uji model. Sebaliknya, penskalaan berbasis bilangan Reynolds, yang menuntut kesetaraan bilangan Reynolds, menghasilkan kecepatan model yang tidak realistis serta pola gelombang yang terdistorsi, sehingga memunculkan estimasi hambatan yang keliru. Hasil simulasi dalam tulisan ini didukung oleh literatur terbaru, yang menegaskan peran esensial bilangan Froude dalam arsitektur kapal modern. Studi ini bertujuan untuk memberikan kejelasan mengenai penerapan angka tak berdimensi dalam desain kapal, sehingga meningkatkan akurasi dan efisiensi prediksi performa kapal bagi para arsitek kapal dan mahasiswa yang mempelajari bidang ini.
PERANCANGAN ALAT PENGEREMAN CAKRAM PADA KENDARAAN BERMOTOR Sinaga, Muktar; Suparta, Iputu
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jktm.v9i2.8246

Abstract

Sistem pengereman atau braking system Dirancang untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan, perangkat ini sangat penting sebagai fitur keselamatan yang memastikan kendaraan beroperasi dengan aman. Sistem rem ini memerlukan master silinder untuk mentransfer tekanan selama proses pengereman. Dalam tahap perancangan, pemilihan desain konsep sangat penting dengan mempertimbangkan jumlah komponennya seminimal mungkin tanpa mengorbankan fungsi utamanya. Komponen utama dari perangkat ini meliputi motor listrik, kaliper, piringan cakram, master rem, dan bearing.. Dalam penyelesaian pembuatan alat uji sistem rem yaitu dengan menentukan gaya pengereman,setelah itu dilakukan perhitungan untuk menentukandaya motor yang akan di beli sebagai penggerak roda. Berdasarkan hasil perhitungan pada gaya pengereman sebesar 50 N dengan tekanan oli 2,45 N/mm2 diperoleh gaya pengereman sebesar 2564,3 N. 
DESAIN DAN PEMBUATAN MESIN PEMARUT KELAPA SKALA BESAR KAPASITAS 30 KG/JAM Saidah, Andi; Zamali, Fikri
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jktm.v9i2.8247

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengevaluasi mesin untuk memarut kelapa elektrik menggunakan arus bolak-balik (AC). Pisau parut dengan diameter 60 mm dan kecepatan 700 rpm dipasang pada mesin ini. Tegangan geser (σ) sebesar 52 kg/mm dikaitkan dengan baja karbon S35C yang digunakan sebagai bahan poros. Diperlukan waktu 39 detik untuk memarut kelapa dengan massa rata-rata 0,40 kg dan ketebalan 14 mm, menurut data pengujian. Kapasitas seperti ini menunjukkan bahwa mesin parutan kelapa yang dikembangkan dapat menangani beban kerja operasi skala industri dengan mudah. Penelitian ini juga mencakup sejumlah saran tentang bagaimana mesin parutan kelapa dapat ditingkatkan agar lebih tahan lama dan bekerja lebih baik. Ketahanan aus pada bilah dapat ditingkatkan dengan meningkatkan materialnya menjadi material yang lebih keras, seperti baja tahan karat.
PEMILIHAN MATERIAL TANGKI UNTUK BAHAN BAKAR MARINE FUEL OIL(MFO) Rachman, Abdul; Kasiono, Roy; Nurdin, Muhammad; Suparman, Suparman
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jktm.v9i2.8243

Abstract

Bejana bertekanan dalam hal ini adalah tangki MFO, didesain untuk menahan gas atau liquid pada tekanan yang jauh berbeda dengan tekanan normal. Berbagai bentuk tangki yang selama ini digunakan sebagai bejana bertekanan antara lain spheres, cylinders dan cones. Namun, karena sulitnya manufaktur membentuk lingkaran atau sphere, maka desain dengan bentuk silinder lebih banyak digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan dan software untuk mengetahui kekuatan material bahan tangki MFO yang aman, Dari hasil perhitungan bahwa tegangan-tegangan yang terjadi yaitu tegangan longitudinal dan tegangan keliling, yang terbesar terjadi pada tegangan keliling dengan menggunakan las tumpang yaitu sebesar 4,832 MPa untuk material AISI 304 L, dan tegangan termal akibat beda suhu besarnya adalah 4,486 MPa pada suhu 100oC, tetapi masih lebih kecil dari tegangan yang izin bahan. Semakin besar suhu yang terjadi semakin besar tegangan termal yang terjadi tetapi masih lebih kecil dari tegangan izin bahan. Dan semakin tebal dinding tangki (5 mm menjadi 6 mm), maka semakin kecil tegangan yang terjadi (8,528 MPa menjadi 7,106 MPa, tetapi masih kecil dari tegangan izin bahan (56,819 MPa).
ANALISIS EFEKTIVITAS INFRASTRUKTUR BANGUNAN SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) DI INDONESIA MENUJU PROGRAM NZE (Net Zero Emission) TAHUN 2060 Cornelis, Arnoldus Jean; Romadoni, Amma Muliya
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jktm.v9i2.8248

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas teknis dan operasional Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah JABODETABEK dalam mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. Melalui observasi lapangan dan studi teknis terhadap beberapa titik SPKLU yang dioperasikan oleh berbagai operator, ditemukan bahwa sistem pengisian cepat (fast charging) mampu mengurangi waktu tunggu pengisian namun menghasilkan panas berlebih yang berdampak pada umur baterai dan menuntut sistem pendinginan yang lebih kompleks. Efisiensi pengisian energi berkisar antara 87–95%, dengan sistem medium charging menunjukkan efisiensi lebih tinggi dibandingkan fast charging. Hambatan teknis utama meliputi ketidaksesuaian standar konektor, ketergantungan pada jaringan PLN, keterbatasan lokasi pengisian, serta seringnya gangguan sistem. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sistem ganti baterai (battery swapping), integrasi dengan smart grid dan energi terbarukan, serta penetapan standar nasional untuk sistem pengisian dan pengelolaan limbah baterai. Kolaborasi lintas sektor antara pemerintah, industri, dan masyarakat menjadi kunci dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik yang efisien dan berkelanjutan di Indonesia.
PERAN STRATEGIS SHIELDED METAL ARC WELDING DALAM PROSES MANUFAKTUR MODERN: TINJAUAN LITERATUR TERKINI Salman, Nidya Jullanar; Saidah, Andi
JURNAL KAJIAN TEKNIK MESIN Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kajian Teknik Mesin
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jktm.v9i2.8244

Abstract

Shielded Metal Arc Welding (SMAW) adalah metode pengelasan yang paling sering digunakan dalam industri manufaktur. Artikel ini menyajikan tinjauan literatur terkini mengenai peran strategis SMAW dalam proses manufaktur modern menggunakan aplikasi VOSviewer untuk mengungkapkan tren yang muncul dalam kinerja artikel dan jurnal. Hasil analisis menunjukkan bahwa bidang-bidang yang paling mengandalkan SMAW adalah pembangkit listrik, offshore, marine engineering, struktural dan konstruksi. Kajian ini tidak hanya membahas keunggulan SMAW, tetapi juga menelaah tantangan dalam pengelasan material teknik modern seperti logam ringan, berlapis, dan tak sejenis. Untuk mengatasinya, telah diterapkan berbagai inovasi seperti elektroda dengan fluks khusus, pemanasan awal (preheating), serta teknik inspeksi non-destruktif. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun ada keterbatasan, SMAW tetap relevan dan berperan penting dalam menjaga efisiensi dan mutu proses manufaktur saat ini. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6