cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 4 (2025)" : 28 Documents clear
Profil literasi bencana sekolah dasar di Kecamatan Pangandaran Sari, Lidia Purnama; Mulyadiprana, Ahmad; Setiadi, Pidi Mohamad
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.23730

Abstract

Indonesia berada pada posisi yang bisa dikatakan tidak bisa terlepas dari bencana. Hal ini terjadi karena kita hidup berdampingan dengan alam yang tidak pernah bisa ditebak. Maka dari itu, perlu adanya literasi bencana yang ditanamkan sejak dini. Literasi kebencanaan ini bisa diterapkan pada jenjang Sekolah Dasar. Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu keadaan dan kondisi sekolah yang menjadi sasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil literasi bencana Sekolah Dasar di Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada SD sasaran. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu SD Negeri 6 Pangandaran merupakan salah satu sekolah rawan bencana di Pangandaran yang berjarak hanya 100 m dari pantai. Bencana yang paling sering terjadi di sekolah adalah gempa bumi. Pendidikan tentang kebencanaan di SD Negeri 6 Pangandaran masih bersifat situasional dan belum diterapkan sepenuhnya. Sosialisasi tentang kebencanaan dari pihak pemerintah juga sudah ada. Namun tingkat literasi peserta didik belum bisa dikatakan baik karena peserta didik masih kebingungan dan masih sulit diarahkan saat terjadi bencana. Berdasarkan hal ini, perlu adanya solusi untuk meningkatkan literasi bencana peserta didik. Kata Kunci: Bencana, Literasi bencana, Sekolah Dasar.
Implementasi penggunaan media video youtube terhadap keterampilan menulis teks prosedur kelas 4 SD Fajri, Jahara Amarona; Indihadi, Dian; Rahayu Saputra, Erwin
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.24698

Abstract

Writing is an activity carried out to express thoughts. One example of text created to express thoughts is procedure text. This study aims to determine the effect of implementing product making video media on procedural text writing skills in grade 4 elementary school students. This research uses quantitative methods with a one group pretest-posttest design. The research subjects were 4th grade elementary school students as an experimental class of 30 students consisting of 12 girls and 18 boys. Students are given learning treatment using YouTube video media. Research data was collected through a procedural text writing test. The research results showed that there was a significant difference between the pretest and posttest scores for grade 4 elementary school students. This shows that the implementation of product making video media is effective in improving procedural text writing skills in grade 4 elementary school students. Keyword: Video Media, Writing Skills, Procedure Text.
Analisis keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SDN Sukapura tahun ajaran 2023/2024 Sipa Nurhidayah; Indihadi, Dian; Saputra, Erwin Rahayu
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.24838

Abstract

Kegiatan menulis puisi tidak mudah dilakukan perlu memperhatikan unsur-unsur pembentuk puisi yang terdiri dari tema, tipografi, rima, dan amanat. Penelitian terhadap keterampilan menulis puisi di Kelas V SDN Sukapura belum pernah dilakukan, sehingga tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keterampilan menulis puisi karya peserta didik di kelas V SDN Sukapura. Unsur-unsur puisi yang menjadi fokus penelitian ini diantaranya (1) Kesesuaian tema; (2) Penyusunan tipografi; (3) Penyusunan rima; dan (4) Terdapat amanat. Subjek dilakukan kepada peserta didik kelas V SDN Sukapura yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan dengan mendeskripsikan hasil tulisan puisi peserta didik sesuai unsur-unsur puisi yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes tulis berupa penugasan membuat puisi dan teknik dokumentasi. Berdasarkan data yang terkumpul, dapat ditarik sebuah simpulan bahwa dari 12 peserta didik memperoleh jumlah skor keseluruhan 109 dengan rata- rata nilai adalah 9,083. Selain itu dari keempat unsur-unsur puisi yang dianalisis 2 unsur puisi dapat terpenuhi oleh 12 peserta didik dan 2 unsur lainnya telah terpenuhi lebih dari setengah jumlah peserta didik. Maka hal tersebut memenuhi kriteria ketuntasan unsur-unsur puisi yang ditentukan dalam penelitian yang artinya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sudah memenuhi unsur-unsur puisi.
Analisis minat siswa dalam pembelajaran angklung di sekolah dasar Khoerunnisa, Pramesti; Respati, Resa; Merliana, Anggit
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.24848

Abstract

Minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Minat sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Siswa yang mempunyai minat tinggi, maka akan mempunyai ketertarikan serta rasa suka terhadap proses pembelajaran. Sebaliknya, siswa yang tidak mempunyai minat maka tidak akan mempunyai ketertarikan terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa terhadap pembelajaran angklung di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas empat SD Negeri 3 Sukarindik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan minat antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, 2) kurangnya fasilitas juga fasilitator konsisten untuk melaksanakan pembelajaran angklung, 3) lebih banyak siswa tidak memiliki minat terhadap pembelajaran angklung. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran angklung.
Pelaksanaan program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar: - Nadeak, Helcion Cita; Mulyadiprana, Ahmad; Putri, Agnestasia Ramadhani
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.24881

Abstract

Sebagian besar pencemaran lingkungan saat ini disebabkan oleh aktivitas manusia. Saat ini, kerusakan lingkungan disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia, seperti penggundulan hutan dan pembuangan limbah plastik dan kimia secara langsung ke lingkungan. Sangat penting untuk mengatasi masalah ini untuk meningkatkan kesadaran masing-masing melalui pendidikan. Pendidikan hidup sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar mereka sehingga mereka memiliki tanggung jawab atas apa yang mereka miliki. Salah satu langkah yang tepat dan berhasil adalah memasukkan program Adiwiyata di sekolah ke dalam pendidikan lingkungan. Program Adiwiyata dapat mewujudkan lingkungan belajar yang ramah lingkungan dan meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif seluruh siswa dalam pelestarian lingkungan. SDN Mancogeh adalah subjek penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program dapat menumbuhkan karakter yang peduli dengan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik penelitian observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini untuk menunjukkan dan menggambarkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata memiliki peran dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di sekolah dasar. Kata Kunci: Karakter Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata, Siswa Sekolah Dasar
Pengaruh memirsa berita terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi di kelas V sekolah dasar Fazril Rizky Septiana; Dian Indihadi; Erwin Rahayu Saputra
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.24964

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis laporan teks nonfiksi berita siswa yang perlu perhatian. Menulis teks nonfiksi berita merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Sesuai dengan KD 4.7 “Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi kedalam tulisan tangan sendiri”. Dalam meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa dapat menggunakan metode yang tepat salah satunya adalah memirsa berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh memirsa berita sebagai sumber menulis teks nonfiksi kelas V Sekolah Dasar sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Sampel penelitian ini 24 siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan tes. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan analisis statistik dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi setelah penerapan memirsa berita digunakan.
Pengembangan e-book cerita bergambar untuk menumbuhkan nilai tanggung jawab dalam pembelajaran PAI kelas III sekolah dasar Siti Maryam; Syarip Hidayat; Muhammad Rijal Wahid Muharram
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.24978

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya siswa dalam menumbuhkan nilai tanggung jawab dalam pembelajaran dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran digital yang memuat karakter khususnya dalam pembelajaran PAI kelas III. Oleh karena itu, peneliti merancang dan mengembangkan media pembelajaran digital berupa e-book cerita bergambar yang memuat materi tanggung jawab untuk digunakan dalam pembelajaran, baik disekolah maupun dirumah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kebutuhan, rancangan, kelayakan, respon siswa dan pemahaman siswa mengenai e-book cerita bergambar untuk menumbuhkan nilai tanggung jawab siswa dalam pembelajaran PAI kelas III sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, studi dokumentasi, validasi para ahli, angket respon guru dan siswa, serta pemahaman siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa SDN 1 Nagarawangi dan SDN 1 Karanglayung dengan jumlah 39 siswa. Hasil validasi dari ahli materi, bahasa, dan media mendapatkan penilaian rata-rata 83,50%. Hal ini dibuktikan juga dengan hasil angket respon guru dan siswa terhadap e-book cerita bergambar serta pemahaman siswa. Respon guru dari kedua sekolah mendapatkan rata-rata 100% dengan kategori sangat layak. Respon siswa dari kedua sekolah mendapatkan rata-rata sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Adapun pemahaman siswa mengenai materi tanggung jawab dengan menggunakan e-book cerita bergambar dinilai sangat baik membantu siswa memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli, hasil uji coba respon dan hasil pemahaman siswa dari seluruh aspek memenuhi kategori sangat layak dan e-book cerita bergambar dapat di gunakan disekolah dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan nilai tanggung jawab siswa dalam pembelajaran PAI kelas III sekolah dasar.
Persepsi guru SD kelas rendah dalam pembelajaran seni musik pada materi pola irama Wiarsih, Wida Mutiara; Respati, Resa; Merliana, Anggit
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.25010

Abstract

Interpretasi seseorang terhadap sesuatu dipengaruhi oleh hal-hal yang ada dalam dirinya (internal) dan hal-hal yang berada di luar dirinya (eksternal). Persepsi guru disini adalah pandangan terhadap suatu pemahaman mengenai proses pembelajaran sehingga dapat berdampak pada pembelajaran yang akan dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi guru sekolah dasar kelas dua dan tiga terhadap pembelajaran seni musik pada perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran materi pola irama yang didasarkan pada aspek-aspek pembelajaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan mengikuti tahapan metodologi penelitian kuantitatif berupa survei, sehingga proses pegumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dua dan tiga sekolah dasar dalam lingkup Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Data angket yang diperoleh dianalis menggunakan SPSS versi 25 dan Microsoft Excel untuk mengetahui kategorisasi persepsi guru pada tiap aspek. Data hasil pengolahan SPSS versi 25 kemudian di interpretasi berdasarkan tujuan dari penelitian. Sehingga diketahui tingkat persepsi guru sekolah dasar kelas dua dan tiga terhadap pembelajaran seni musik pada materi pola irama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tingkat persepsi guru sekolah dasar kelas dua dan tiga terhadap pembelajaran seni musik pada materi pola irama menunjukan pada kategori sangat baik 47%, kategori baik 52%, dan kategori cukup baik 2% .
Peningkatan keterampilan menulis menggunakan pendekatan prosesdengan media gambar di SDN Pajaten 1 Rina Fitriyana
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.25024

Abstract

Dalam ruang kelas III SDN Pajaten I yang berada di Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, pendekatan berbasis gambar diterapkan untuk mengasah kemampuan menulis siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori tindakan kelas, melibatkan 28 siswa dari kelas III sebagai partisipannya. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini memanfaatkan lembar observasi dan tes performa menulis. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa keterampilan menulis siswa kelas III SDN Pajaten I Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses yang memanfaatkan media gambar. Hasil observasi dan nilai tes siswa menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada siklus pertama, 18 dari 28 indikator tercapai (kategori Sedang), sedangkan pada siklus kedua, 24 dari 28 indikator berhasil dicapai (kategori Baik). Hasil tes keterampilan menulis siswa mengungkapkan pencapaian ketuntasan klasikal. Persentasenya naik menjadi 68,3% pada siklus pertama dan meningkat lagi menjadi 75% pada siklus kedua. .
Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas IV SD menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline Irvan, Khoirul; Saputra, Erwin Rahayu; Merliana, Anggit
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 8 No. 4 (2025)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v8i4.25043

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, media pembelajaran dengan materi berbasis digital secara keseluruhan pada tahapan pendidikan dasar menandakan potensi transformatifnya dalam pembelajaran. Hal ini terjadi karena kemampuannya menyediakan informasi dari berbagai sumber yang dapat memotivasi peserta didik serta meningkatkan komunikasi dua arah (interaktif). Penggunaan media pembelajaran interaktif bisa dilaksanakan saat proses belajar bahasa asing, dimana bahasa asing yang umum diajarkan di sekolah dasar Indonesia adalah bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Namun penggunaan media tersebut sangat jarang, dan pembelajaran masih menunjukkan kurangnya interaksi antara guru dengan peserta didik, karena selama proses pembelajaran bahasa Inggris guru hanya mengandalkan buku cetak sebagai media penyampaian materi. Salah satu upaya meningkatkan interaksi tersebut adalah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas IV sekolah dasar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan jenis one group pretest - posttest design. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dibuktikan dengan nilai rata - rata dari 56,88 pada pretest menjadi 87,12 pada posttest.

Page 1 of 3 | Total Record : 28