cover
Contact Name
Dhita Paranita Ningtyas
Contact Email
dhita@trilogi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dhita@trilogi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Published by Universitas Trilogi
ISSN : 26220547     EISSN : 26219859     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BUAT LINGKARAN DI PAUD BANI RAHMAT Sofia Nur Rohmah
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v5i2.1321

Abstract

Pada faktor lingkungan dan keluarga anak terdapat masalah perkembangan motorik kasar pada anak dimana kurangnya aktivitas fisik atau gerak yang diberikan kepada anak sehingga perkembangan anak pada usianya tidak sesuai atau terjadi keterlambatan motorik kasar. perkembangan. Untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, anak perlu sering diberikan aktivitas fisik atau gerakan. Seorang pendidik dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motoriknya ketika berada di sekolah, salah satunya dapat dilakukan dengan diberikan kegiatan permainan lingkaran. Dengan diberikannya permainan lingkaran pada anak, tidak hanya perkembangan motorik saja yang akan meningkat, tetapi kemampuan kognitif anak juga akan terus berkembang dan meningkat. Metode yang digunakan peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan empat anak sudah berkembang dan dua anak mulai berkembang (perlahan gerak fisiknya berkembang). Dengan diberikan permainan melingkar mencari teman dengan cepat maka gerakan anak sangat terlihat dan permainan ini dapat membantu anak usia dini yang perkembangan motorik kasarnya tertunda.
CARA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Nailul Azizah; Nabila Khairunnisa; Gazanovva Berlian; Lathipah Hasanah
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v5i2.1487

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hambatan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami oleh anak usia 5-6 tahun dalam menyelesaikan soal cerita. Metode yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode Library Research pada jurnal-jurnal relevan Shinta 1-3 lima tahun terakhir. Teknik pengumpulan data dengan membaca beberapa rujukan untuk mendukung data sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian, dan hanya 7 naskah yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah umumnya anak usia 5-6 sudah dapat membaca, namun bacaannya hanya yang berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai guru dan orang tua harus menstimulasi anak secara konsisten dan memfasilitasi anak dengan buku-buku yang menarik agar anak tertarik untuk membaca.
PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK IT BENING HATI Tauladan, Aulia Faradillah; Natalia, Ayu; Loka, Diana Puspita; Julianto, Muhammad Akbar
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v5i2.1476

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan inti proses pembelajaran tematik yang dilakukan guru kelas, (2) mengetahui aktivitas belajar anak usia dini dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik (3) mengetahui sikap anak usia dini dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan baik di TK IT Bening Hati. Hal ini terbukti guru melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kaidah 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Menalar/Mengasosiasi, dan Mengkomunikasi). Sedangkan pada aktivitas pembelajaran, anak merasa sangat antusias dan bersemangat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dapat membuat anak menjadi antusias dan juga mengalami pembelajaran secara nyata. Disarankan guru membuat kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi agar anak menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA DINI MELALUI EKSPERIMEN WARNA DI KELAS A TK MEKAR SARI LOMBOK TIMUR Susanti, Rikza Azharona; Yasniar, Yasniar
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v5i2.1445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini dikelas A TK Mekar Sari Lombok Timur serta meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini melalui eksperimen warna di kelas A TK Mekar Sari Lombok Timur. Anak dapat mengenali benda bukan hanya berdasarkan dari bentuknya saja, namun juga bisa dari warnanya. Selain itu warna juga dapat disebut sebagai ciri dari suatu benda. Dalam penelitian ini menggunakan aktivitas eksperimen mengenalkan warna agar dapat melibatkan anak secara langsung melakukan hal-hal baru. Sehingga anak-anak akan lebih bersemangat dalam melakukan pembelajaran dan dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis Milles & Huberman yang dilakukan secara interaktif dan berkesinambungan. Data hasil penelitian kemudian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna di TK Mekar Sari yaitu dengan melakukan tiga kegiatan eksperimen, pertama dengan mencampur warna melalui aliran tisu, kedua dengan kertas crap, dan yang ketiga dengan membuat playdough. Sehingga dengan menggunakan metode eksperimen mencampur warna dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna yaitu anak mampu menunjuk, menyebut, dan mengelompokkan warna primer dan sekunder sesuai dengan hasil observasi pada siklus 1 anak mampu mengenal warna sebesar 43,3 % dan meningkat pada siklus 2 menjadi 95,53%.
PELAKSANAAN KEGIATAN JURNAL PAGI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK IT HARAPAN UMAT KARAWANG Nurkhalizah, Ervin; Ruslanwahyudin, Undang
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v5i2.1525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak dengan menerapkan metode jurnal pagi pada anak di TK IT Harapan Umat Karawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak usia 4-6 tahun. Subjek penelitian bersumber pada informasi anak dengan jumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan bahasa melalui bercerita dengan jurnal harian pagi pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak dengan penerapan metode jurnal pagi menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa reseptif, ekspresif dan keaksaraan. Hasil kemampuan reseptif didasarkan pada persepsi anak, kemampuan ekspresi lebih dekat dengan persoalan psikologi anak, dan kemampuan keaksaraan menunjukkan simbol-simbol dalam aksara. Langkah-langkah penerapan metode jurnal pagi adalah guru memberi perintah kepada siswa untuk mengambil buku jurnal masing-masing kemudian siswa menggambar sesuai ide dan siswa tersebut kemudian hasilnya diceritakan kepada guru. Penerapan metode jurnal pagi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
PENGGUNAAN APLIKASI PAINT MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGGAMBAR SERTA MEWARNAI KELOMPOK B DI TK AL-MUKHLISIN Elminah, Elminah; Budiarti, Erma
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v5i2.1484

Abstract

Kegiatan menggambar serta mewarnai pada anak usia dini, yang selama ini dilakukan dengan cara manual dan konvesional kurang memunculkan ketertarikan minat belajar peserta didik. Sehingga tidak bisa meningkatkan bakat serta motivasi belajarnya. Dengan berkembangnya teknologi, maka cara konvesional dan manual dirubah dengan menggunakan media teknologi ialah berbentuk aplikasi Paint dengan perlengkapan pendukung komputer/ laptop. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menggambar serta mewarnai, dalam meningkatkan minat belajar, potensi diri serta kreatifitas bagi anak. TK Al Mukhlisin, Cengkareng kelompok B yang berjumlah 10 anak dijadikan objek penelitian. Adapun pendekatan penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan penelitian langsung datang ke lapangan/sekolah yang dituju (field research) dan cara memperoleh data dengan observasi, wawancara dan pengambilan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan pendekatan dari Males dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa abad digital menjadi sebuah zaman yang dipenuhi dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa munculnya minat anak serta dapat memunculkan semangat dan potensi pada anak. Aspek perkembangan Fisik Motorik Halus pada kegiatan menggambar serta mewarnai dapat meningkatkan daya imajinasi dengan mengasimilasi pengetahuan anak sebelumnya dan berkenaan dengan kemampuan daya visual anak dituangkan dalam bentuk gambar digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 6