cover
Contact Name
Rini Alfatiyah ST, MT
Contact Email
dosen00347@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jitmi@unpam.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26205793     EISSN : 26856123     DOI : -
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), bertujuan untuk menyediakan forum komunikasi dan sarana publikasi bagi peneliti, pendidik, praktisi dan mahasiswa yang memeiliki minat dibidang ilmu Teknik industri dan Manajemen. JITMI memuat hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Teknik Industri seperti, produksi, persediaan dan logistik, ergonomi dan keselamatan kerja, pengendalian kulaitas, statistik industri, simulasi, otomatisasi, perancangan produk, perencanaan dan tata letak pabrik, penelitian operasional dan Manajemen perusahaan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI" : 7 Documents clear
Strategi Penguatan Daya Saing UMKM Sebagai Upaya Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik Narto, Narto; Hari Mukti, Gatot Basuki
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jitmi.v6i2.y2023.p94-100

Abstract

Perekonomian dunia tumbuh melambat karena adanya pandemi Covid-19. Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) sebagai sub sektor industri kreatif juga mengalami dampak yang sangat signifikan. Berbagai kesulitan dan kendala yang dihadapi mulai dari turunnya tingkat penjualan, modal usaha, harga bahan baku yang tinggi, serta sumber daya manusia yang rendah menjadi faktor yang memicu penurunan omset pelaku UMKM di Kabupaten Gresik. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dimiliki UMKM, hal ini untuk mengetahui kondisi dan posisi UMKM Kabupaten Gresik saat ini pasca Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah menyusun strategi alternatif untuk peningkatan daya saing sebagai bentuk pemulihan kondisi UMKM pasca pandemi Covid-19. Hasil analisis diperoleh bahwa strategi alternatif yang disusun yaitu peran penting pelaku usaha untuk melakukan kerjsama dengan pemerintah daerah sebagai fasilitator dan pendamping serta regulator kebijakan daerah untuk memberikan kemudahan pengurusan Nomor Induk berusaha (NIB), pemanfaatan digtialisasi untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Peningkatan kerjasama pola kemitraan dengan BUMN sebagai industri yang mengelola hilirisasi sumber daya yang unggul. Inovasi produk sangat penting dilakukan karena semakin tinggi tingkat persaingan usaha sejenis, maka perlu dilakukan perbaikan cara pengemasan sebagai salah satu bentuk untuk membangung branding produk UMKM.
Perancangan Alat bantu Tanam Bibit Padi Sawah Secara Ergonomis dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Tanam : Studi Kasus Kecamatan Lakbok Jawa Barat Sarwoko, Sarwoko; Revino, Revino
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This thesis discusses the design of a tool for planting lowland rice seeds which aims to reduce the time for planting rice seeds and reduce the impact of back pain. This research is a qualitative research with a descriptive design. Sampling with purposive sampling involved 100 rice farmers from one sub-district consisting of 10 villages in Lakbok sub-district to be interviewed and filled out a questionnaire to determine the wishes and needs of farmers for rice planting tools.The results of the analysis with the House of Quality (HOQ) in the QFD method of 23 questionnaire items resulted in 12 points that must be applied to the design, namely: the corner is not tapered, has three seed places, there are two iron pipe handles and hollow galvanized, coated with anti chat. carat, adjustable height, can plant 3 seeds at once, lightweight material, 95 cm wide, adjustable spacing, uncomplicated design, materials available in building shops.The results of anthropometric calculations on rice farmers obtained the size of the rice grower tool with a lever height (height) of 95.55 cm, the distance between the legs and the tool (base) 35.48 cm and the lever slope of 101.93 cm.The results of the test tools, the speed test of planting time with a land area of 1000 m2 resulted in 112 minutes 9 seconds or 1 hour 52 minutes 9 seconds. Capacity test, this tool has three lines, so this tool can represent two workers, so there is an increase in productivity of 66.67% with a tolerance of 10%, then the productivity of 56.67%. In total there is a 125.53% increase in productivity. In addition, this tool can reduce the burden on the waist because the designed tool is carried out standing upright when compared to planting rice in the conventional way.
Perancangan Penjadwalan, Persediaan, dan Optimalisasi Penentuan Rute Distribusi pada Pengiriman Sistem Tertutup Tabung Gas Subsidi LPG 3 Kg Utami, Puji; Sukarman, Lukman
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendistribusian barang menyangkut permasalahan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi secara efektif dan efisien, memiliki tingkat persaingan yang ketat meskipun dalam tingkat distributor. Konsumen akan merasa puas terhadap pelayanan distributor, jika produk tersebut tiba tepat waktu, tepat jumlah dan tepat mutu. Permasalahan yang terjadi pada PT. DEJB sebagai perusahaan agen Gas LPG 3 kg seringkali mengalami over stock dan out stock yang mengakibatkan kehilangan penjualan yang disebabkan oleh pendistribusian yang terhambat karena ketersediaan produk yang kurang memadai untuk memenuhi permintaan. Dalam penyelesaian masalah ini menggunakan metode Distribution Requirements Planning (DRP) untuk menghitung peramalan serta persediaan dan metode Clarke and Wright Savings untuk menentukan rute pengiriman. DRP terfokus pada manajemen distribusi inventori perusahaan. Penerapan DRP didahului oleh penentuan peramalan permintaan terbaik, safety stock dan lot sizing. Setelah itu dapat dilakukan penentuan rute pengiriman setiap hari untuk mengoptimalkan biaya distribusi. Hasil dari penelitian tersebut memberi petunjuk bahwa penerapan metode DRP di PT. DEJB bisa menyelesaikan permasalahan yang selama ini dihadapi perusahaan agen tersebut dalam aktivitas pendistribusiannya. Dengan menerapkan DRP, membuat ketersediaan tabung gas LPG 3 kg tidak terjadi kekurangan stok dan kelebihan stok. Hal ini memberitahukan bahwa penerapan metode DRP dapat memberikan hasil yang optimal pada aktivitas distribusi di perusahaan agen tersebut. Dengan demikian, PT. DEJB tidak lagi harus kehilangan penjualan dan kekurangan stok serta kelebihan stok. Penggunaan DRP menghasilkan penghematan sebesar 90% dari Rp. 114.627.960 menjadi Rp. 11.862.000. Selanjutnya pada penerapan metode Clarke and Wright Savings dapat penghematan jarak tempuh pengiriman tabung gas LPG 3 Kg ke setiap pangkalan sebesar 18,8 km setiap harinya.
Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Laboratorium Pengujian Ban Dengan Metode Service Quality (SERVQUAL) Di PT GT Tangerang Jawad, Aod Abdul; Mulyono, Agus
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jitmi.v6i2.y2023.p101-107

Abstract

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang tire manufacturing mulai dari ban jenisroda dua, ban kendaraan penumpang yang berjenis radial, ban truk dan bis radial sampai ban untukkendaraan dan alat-alat berat. Laboratorium pengujian ban di perusahaan tersebut setiap harinya selalumendapatkan komplain dari pelanggannya terkait pelayanan yang diberikan. Salah satu keluhannyamengenai tidak di progress nya suatu area dan juga kurangnya kualitas pembersihan suatu area atauarea tersebut masih kotor. Hal tersebut menandakan adanya ketidakpuasan pelanggan yang diberikan.Oleh sebab itu perlu adanya suatu analisis dan perbaikan kualitas layanan yang prima agar pelayananyang diberikan bisa maksimal. Adapun metode yang digunakan peneliti yaitu metode Service Quality(SERVQUAL) dimana metode SERVQUAL bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan pelangganberdasarkan pelayanan yang diberikan. Metode Pengumpulan Data dalam penelitian didapatkanmelalui metode, pertama adalah Metode Observasi, yaitu metode pengumpulan data dilakukan denganmelakukan pengamatan secara langsung pada obyek penelitian. Kedua Metode Kuesioner, yaitumetode pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna jasa dilaboratorium, di mana dalam kuisioner tersebut bersifat tertutup dan berisikan pertanyaan dan jawabanyang telah disediakan yang berkaitan dengan pelayanan yang telah diberikan.Secara keseluruhan, kinerja Pengujian R&D berdasarkan survey dari 29 responden adalah 4,33 yangberarti berada pada tingkat baik dengan skala likert 1 sampai 5 (1:sangat buruk; 2:buruk ; 3:dapatditerima ; 4:baik ; 5:sangat baik). Berdasarkan rata-rata performance dan importance pada tabel 4.1,gap antara kinerja dan kepentingan (performance dan importance) adalah 0,02 artinya kinerjapelayanan sangat baik atau memuaskan pelanggan. Interseksi anatara analisis SERVQUAL dan IPA,layanan yang perlu lebih banyak berkonsentrasi untuk perbaikan lebih lanjut adalah penjadwalanpengujian dan pengiriman laporan tepat waktu.
PENINGKATAN KUALITAS SERVICE KEBERSIHAN DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DI INSTALASI GIZI RSUP FATMAWATI RAYA. Bastuti, Sofian
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jitmi.v6i2.y2023.p84-93

Abstract

Patient satisfaction will be achieved if hygiene services at the nutrition installation are provided according to their needs, Fatamawati Raya Hospital is a research place to determine the level of satisfaction of cleaning servicessin the nutrition installation. Based on research conducted at Fatmawati Raya Hospital, with the technique of distributing questionnaires to patients so as to collect 381 respondents using the CSI (Customer Satisfaction Index) method, it can be concluded that the level of patient satisfaction with the cleaning services of nutritional installations needs to be maintained, because it is in accordance with patient expectations where the cleaning services of nutritional installations are very good. The purpose of this study is to determine and maintain the quality of hygiene services in nutrition installations so that they can continue to satisfy patients. To determine the level of patient satisfaction, researchers analyzed five dimensions of quality, namely tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The method is a consumer satisfaction index by determining the Mean Importance Score (MIS) of each variable, making Weight Factors (WF) per variable. This weight is the percentage of MIS value per variable to the total MIS of all variables, Determines the Mean Satisfaction Score (MSS) of each attribute, Makes a Weight Score (WS) of each variable. This weight is the percentage of MIS value per variable to the total MIS of all variables, Determines the Mean Satisfaction Score (MSS) of each attribute, Makes a Weight Score (WS) of each variable. This weight is a multiplication between WF and MSS, so the results of the level of customer satisfaction of Fatamawati Raya Hospital will be obtained. From the results of the analysis, it shows that the level of patient satisfaction with the cleaning services of nutrition installations based on CSI is 61.68%.
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Keramik di PT Perkasa Primarindo Harjoprayitmo, Weni Wijatmiko
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jitmi.v6i2.y2023.p108-121

Abstract

This analysis focuses on the use of the Six-Sigma and Kaizen methods to find out the work processes by PT PERKASA PRIMARINDO that caused defects in their tile products and then formulate actions to reduce the number of defects and is thus expected to increase the quantity of quality products. The analysis results in  a DPMO value of 464.1488, or equivalent to a Sigma level of 4.81. As the perfect DPMO value is 3.4 (equivalent to Sigma 6 level), this shows that PT Perkasa Primarindo still has the opportunity to improve the quality of iheir tile products. The p-chart shows the proportion of defects that are unstable and outside the upper control limit (UCL) and lower control limit (LCL) during production in 2020. Furthermore, from the analysis it is also known that there were two main causes of defects, namely the over-temperature of HD dryer, and a poor cleanliness. With these findings, an action procedure has been proposed through the Kaizen method which is expected to control the quality of tile products so that they are still within the threshold value.
Analisis Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Failure Mode Effect And Analysis (FMEA) Dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Mengurangi Tingkat Kecacatan Produk Titanium Frit di PT. Sicer Indonesia Sarwoko, Wanto
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol. 6 No. 2 (2023): JITMI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jitmi.v6i2.y2023.p151-162

Abstract

PT Sicer Indonesia is a ceramic manufacturer company which is produce various types of products such as Glaze, Engobe and Medium. Observations were made on the Titanium Frit (Glaze) production section and Quality Control results. This research aims to determine the factors that cause defects in products, determine corrective actions and reduce the number of product defects. Defects that often occur in Titanium Frit are Less White, Pinhole, Blackspot and Yellowish. Where the largest percentage of defects was in February at 43.2%. Therefore, effective quality control efforts are needed. In this research, the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) and Fault Tree Analysis (FTA) methods were used to identify and analyze defects that occurred. FMEA is used to determine and multiply the severity level, occurrence level and detection level, to obtain a Risk Priority Number (RPN) value which can determine the priority of defects that must be prioritized for repair. The highest RPN defect value is the Pinhole defect with RPN 448.. FTA is used to find out the root cause of the defect that occurs. The main factors causing defects in the Titanium Frit production process consist of 4 factors, human factors are caused by workers who do not work according to SOP, lack of machine maintenance, unstable material quality, and environmental contamination. The results or quality improvement actions taken are carrying out consistent supervision to ensure that workers have worked according to the SOP and carrying out maintenance on materials and machines as a whole regularly before use.

Page 1 of 1 | Total Record : 7