Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management"
:
10 Documents
clear
STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Fera Indriani;
Farah Diba;
Dudun Ubaedullah;
Arizqi Ihsan Pratama
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.13656
Strategi pemasaran merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan memiliki dampak luas serta kuat terhadap kelancaran produk atau jasa. Mempermudah para pengguna jasa menemukan pilihan lembaga terbaik mereka. Karena strategi pemasaran pendidikan berfokus pada upaya pemenuhan keinginan dan harapan masyarakat. Sehingga, peningkatan produk berupa jasa layanan pendidikan perlu dikembangkan mengingat banyaknya persaingan dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa product (produk), SMPIT Granada Tangerang menawarkan produk jasa yang membentuk generasi khairul ummah berkonsep pendidikan Islam terpadu. Price (harga/pembiayaan) ditentukan oleh pihak khusus dengan kenaikan yang terjadi secara stabil. Place (tempat/lokasi), tersedia akses yang mudah meskipun secara visibilitas tidak dapat dilihat dari tepi jalan, tetapi berdasarkan lalu lintas keamanan tetap terjaga. Promotion (promosi), dilakukan dengan cara yang kompleks. People (orang/sumber daya manusia), telah didukung dengan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas. Physical evidence (fasilitas/sarana fisik), sarana prasarana tersedia dengan lengkap. Process (proses), mencakup seluruh aktivitas kerja, prosedur, mekanisme, seperti tahap persiapan penerimaan peserta didik baru hingga tes seleksi yang harus dilalui oleh peserta didik baru.
GAYA KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KYAI DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN
Yaya Suryana;
Heri Khoiruddin;
Thia Oktapiani
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.6322
Kepemimpinan kyai di beberapa pondok pesantren mengalami perubahan, dari beberapa kasus, perkembangan dimulai dari perubahan gaya kepemimpinan, dari kharismatik ke rasionalistik, dari otoriter-paternalistik ke diplomatik-partisipatif atau dari laissez faire ke demokratif. Kepemimpinan seorang kyai di pondok pesantren bertumpu pada kharisma, perubahan penyesuaian yang terjadi di pondok pesantren menunjukkan bahwa kyai mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat khususnya sistem pendidikan nasional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: wawancara, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Pelaksanaan kepemimpinan kyai di pondok pesantren mengalami kesuksesan, ditandai dengan bertambah jumlah santri dalam setiap tahunnya, mengembangkan lembaga, baik lembaga formal maupun non formal, santri yang telah lulus dan pulang ke rumahnya masing-masing dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin setiap kegiatan keagamaan.
IMPLEMENTASI NILAI DAN ETIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI
Sholawati Sholawati
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.11900
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan nilai dan etika dalam meningkatkan mutu di SD Muhammadiyah Sambisari Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SD Muhammadiyah Sambisari sebagai manajer instansi. Data yang sudah terkumpul kemudian direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dan etika yang diimplementasikan dalam instansi pendidikan dapat menunjang peningkatan mutu. Dalam meningkatkan mutu, SD Muhammadiyah Sambisari membangun kepercayaan (trust), integritas, dan tanggung jawab secara konsisten. Nilai-nilai ini dicontohkan oleh kepala sekolah sebagai leader dan dianut oleh seluruh anggota instansi, terutama guru, karyawan, dan siswa. Sekolah yang memiliki sarana dan prasarana atau fasilitias yang minimal pun dapat membangun budaya mutu dan terus meningkatkan kualitasnya. Hal ini menunjukkan penerapan nilai dan etika menjadi faktor yang sangat penting dalam upaya peningkatan mutu.
HUBUNGAN PELATIHAN PROFESIONALISME GURU DENGAN KINERJA GURU
Amelia Nurhaliza
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.11895
Guru dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat menjadi guru yang profesional. Semakin baik profesionalisme guru, maka semakin baik pula kualitas pendidikan. Itulah sebabnya guru perlu diberi kesempatan untuk meningkatkan kinerjanya yaitu melalui pelatihan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas pelatihan profesionalisme guru, kinerja guru, dan hubungan pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebanyak 33 guru dan pengambilan sampel secara sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan studi dokumentasi. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan profesionalisme guru dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis korelasi dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebesar 0,785 yang berarti tingkat hubungannya dalam kategori kuat, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Kontribusi pelatihan profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 61,5%, hal ini berarti 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
PENGARUH MANAJEMEN PEMASARAN JASA TERHADAP CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF CIKERUH JATINANGOR SUMEDANG
Tatang Ibrahim;
Padilah Umuhani
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.12023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang bahwa MTs dijadikan sebagai second choice (pilihan kedua) setelah sekolah negeri. Hal ini disebabkan karena adanya sekolah negeri yang berjarak dengan dengan MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang yang menawarkan keunggulan fasilitas, sehingga menyebabkan adanya suatu persaingan yang menjadi tantangan dalam merekrut calon siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manajemen pemasaran jasa di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 2) citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 3) apakah ada pengaruh manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Instrument kuesioner dilakukan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, teknik korelasi dan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas manajemen pemasaran jasa (X) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 50-54 dengan nilai rata – rata 53,10. Sedangkan kualitas citra lembaga pendidikan (Y) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 48 – 52 dengan nilai rata – rata 51,09. Adapun hasil analisisnya secara keseluruhan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 81,691.Berdasarkan hasil perhitungan ini, maka hipotesis kerja yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang” diterima.
PENGARUH KEPEMIMPINAN SPIRITUAL PADA WORK ENGAGEMENT DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: PERAN KEBERMAKNAAN KERJA DAN KEANGGOTAAN SEBAGAI PEMEDIASI
Wahyu Saripudin;
Nita Sugiarta Wijaya
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.14607
Topik kepemimpinan spiritual terus mendapatkan perhatian dari para peneliti. Pengujian Kepemimpinan spiritual telah banyak di lakukan dalam berbagai konteks. Namun demikian, pengujian peran kepemimpinan spiritual secara khusus dalam konteks staf pendidik maupun tenaga kependidikan di Lembaga Pendidikan Islam masih jarang dilakukan. Padahal konteks Lembaga pendidikan Islam memiliki karakteristik tersendiri. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepemimpinan spiritual dalam mempengaruhi work engagement dengan dimediasi oleh rasa kebermaknaan dan keanggotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Proses pengumpulan data menggunakan survey dengan metode pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling). Data dikumpulkan dari 269 orang yang bekerja di Lembaga Pendidikan Islam yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual dipengaruhi oleh inner life dan kepemimpinan spiritual berpengaruh positif signifikan pada rasa kebermaknaan kerja dan rasa keanggotaan. Lebih lanjut, rasa kebermaknaan kerja dan keanggotan memiliki hanya memiliki peran secara parsial dalam memediasi pengaruh kepemimpinan spiritual terhadap work enggagement
QUALITY SERVICE IN IMPROVING THE PROFITABILITY OF EDUCATIONAL INSTITUTIONS BASED ON PESANTREN
Hasan Baharun;
Adi Wibowo;
Heny Mulyani;
Rofikatul Maula
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.15580
This study aims to understand and analyze the school's strategy in increasing institutional profitability through strengthening Quality Service at SMA Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. This research uses a qualitative case study approach. The results show that SMA Nurul Jadid seeks to increase school profitability by continuously strengthening Quality Service through five things: Crost-Interest Curriculum, namely cross-interest subjects that exist in each specialization; Performance, namely prioritizing the appearance of all components of the institution; Improving the quality of human resources, namely forming good and religious characters for all students and teachers; Excellent Service, namely excellent service for all school components; Infrastructure, namely as the effectiveness of student learning. This study implies the importance of institutions strengthening Quality Service to impact the profitability of institutions.
RESISTENSI PONDOK PESANTREN DALAM MENGELOLA SANTRI DI MASA PANDEMI COVID-19
Hilmi Qosim Mubah
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.13331
Kajian ini bertujuan untuk menguraikan bagaiamana pondok pesantren dalam mempertahankan diri dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda di nusantara dengan mengaitkan dengan kajian manajemen pendidikan agar dapat memberi kontribusi yang baik bagi pendidikan pesantren dan dapat menghindarkan santri dari munculnya klaster baru Covid-19. Metode pembahasan menggunakan studi literatur dengan penguraian, perangkuman, serta penarikan kesimpulan dan berusaha untuk memunculkan gagasan-gagasan baru yang relevan dan mutakhir untuk dilaksanakan di dalam sistem manajemen pondok pesantren. Dari studi literatur yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengelolaan santri dalam pondok pesantren agar terhindar dari Covid-19 merupakan hal wajib yang harus dilaksanakan oleh pondok pesantren. Pengelolaan santri secara fisik dapat dilakukan dengan membentuk gugus Covid-19, menyediakan fasilitas protokol kesehatan, program kebersihan pondok, program olahraga rutin, penyediaan makanan santri yang higienis, pengurangan jumlah santri dalam satu kamar, santri diberi waktu istirahat yang cukup agar kekebalan tubuh tetap terjaga, bertindak cepat bila ada santri yang sakit, serta para pimpinan pesantren ikut serta dalam mengawasi para santri dalam kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Selain itu di lingkup kurikulum pesantren, perlu adanya perubahan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran di masa pandemi dan tetap efektif dalam transfer ilmu pengetahuan dan agama kepada santri. Dalam pembelajaran pengelola pesantren hendaknya mengurangi jadwal kegiatan, menyediakan kelas daring dengan sistem blended learning membuka pesantren virtual dalam rangka mewadahi para santri dewasa yang masih ingin mengaji kepada para kiai.
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK
Annisa Rohmawati;
Supiana Supiana
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.5969
Karakter religius adalah karakter yang perlu dikuatkan salah satunya dengan cara penanaman karakter religius di madrasah. Terdapat fenomena yang menarik untuk diteliti yaitu kepala Madrasah Aliyah Ar-Raudloh telah melaksanakan beberapa program penanaman karakter religius yang terbilang madrasah ini cukup muda yakni berdiri pada tahun 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, 1) latar alamiah MA Ar-Raudloh; 2) mengetahui gaya kepemimpinan kepala MA Ar-Raudloh dalam menanamkan karakter religius peserta didik; 3) mengetahui program penanaman karakter religius; 4) mengetahui hasil dari program penanaman karakter religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan menyalin dokumen. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran data. Uji absah data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, pengecekan anggota serta uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menanamkan Karakter Religius di Madrasah Aliyah Ar-Raudloh adalah pertama, sejalan dengan visi madrasah yaitu adanya program madrasah dalam meningkatkan karakter religius dan program keahlian seperti multimedia, tata busana dan usahawan. Kedua, rasa keterpanggilan dan keanggotaan dapat tercerminkan dari seluruh lapisan madrasah yang mengikuti pula program penanaman karakter layaknya peserta didik. Ketiga, komitmen organisasi yaitu dapat menerima sanksi atas pelanggaran yang dilakukan baik itu oleh peserta didik maupun seluruh staf madrasah. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan sebagian kecil contoh pengaruh dari program-program madrasah terhadap gaya kepemimpinan kepala madrasah. Khususnya mengenai kepemimpinan dengan tipe spiritual yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual kata (keilahian).
UPAYA OPTIMALISASI MUTU PEMBELAJARAN DENGAN ADAPTASI STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK DITENGAH PANDEMI
Romi Satria Azhar;
Jumira Warlizasusi Nurman;
Rona Putra Azhar
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15575/isema.v6i2.11257
Supervisor berperan penting dalam mengawal mutu pendidikan dengan tugas untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai standar nasional pendidikan. Disamping itu membantu, membimbing dan mengarahkan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Supervisi akademik oleh kepala sekolah berorientasi pada bimbingan terhadap guru melalui diskusi dan pengarahan bersama guru sehingga dalam pelaksanaan supervisi pengajaran mengikuti tahapan yaitu perencanaan awal, pelaksanaan observasi dan tahap akhir. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kegiatan supervisi dan penguasaan kompetensi SMK oleh peserta didik serta adaptasi strategis pada proses supervisi sehingga berpengaruh pada optimalisasi mutu pembelajaran dalam menghadapi tantangan perubahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjadi objek peneltian adalah kegiatan supervisi di SMKIT Khoiru Ummah dimasa Pandemi Covid-19. Dari hasil penelitaan ini ditemukan bahwa pentingnya kegiatan supervisi dan strategi adaptasi terutama dimasa pandemi Covid-19, pentingnya pembinaan oleh kepala sekolah sebagai kegiatan supervisi guna saling mendukung peningkatan kinerja dan keterampilan guru guna mengoptimalkan mutu pembelajaran. Kegiatan supervisi secara berkala dan adanya strategi adaptasi supervisi baik dari media pembelajaran maupun evaluasi hasil pembelajaran upaya mengoptimalkan mutu pembelajaran.