cover
Contact Name
Adi Sumarsono
Contact Email
adi@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
adi@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227827     EISSN : 26227835     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review article.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)" : 28 Documents clear
Pengembangan Media Latihan Video Tutorial Pukulan Gyaku-Tsuki Pada Atlet Dojo KKI Subden POM Hariati Hariati
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3635

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media latihan video tutorial pukulan Gyaku-tsuki pada atlet Dojo KKI Subden POM. Metode penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi 5 Tahap, yaitu 1) Analisis potensi dan masalah, 2) Mendesign produk, 3) Pengembangan Produk, 4) Evaluasi, 5) implementasi uji coba produk. Instrumen menggunakan kuisioner dan produk media latihan video tutorial. Untuk menganalisis data dengan persentase. Pada tahap validasi ahli materi memberikan tanggapan (74.54%) mempunyai tanggapan cukup baik, sedangkan ahli media memberikan tanggapan (81.81%) mempunyai tanggapan baik. Maka Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media media latihan video tutorial pukulan Gyaku-tsuki pada atlet Dojo KKI Subden POM sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media latihan di Dojo Subden Pom.
Somatotype pada Atlet Tarung Derajat Kalimantan Barat Ella Fauziah; Edi Purnomo; Isti Dwi Puspita Wati
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Somatotype pada atlet Tarung Derajat Kalimantan Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah atlet sebanyak 30 orang memiliki karakteristik sampelnya yaitu: laki-laki dan perempuan, minimal kurata IV, sudah pernah mengikuti kejuaraan disemua event resmi, masih aktif di olahraga Tarung Derajat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes dan Pengukuran dengan menggunakan Antropometri. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skinfold calliper, timbangan, microtoice staturmeter, pita meter dan caliper geser serta lembar Tes Pengukuran Antropometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dengan perhitungan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe tubuh atlet Tarung Derajat terdiri dari: tipe tubuh central sebanyak 8 atlet (27%), endomorph sebanyak 3 atlet (10%), endomorph-mesomorph sebanyak 17 atlet (57%), mesomorph-ectomorph sebanyak 1 atlet (3%), dan ectomorph-endomorph sebanyak 1 atlet (3%). Dapat disimpulkan bahwa atlet Tarung Derajat memiliki tipe tubuh yang lebih dominan yaitu endomorph-mesomorph. Dengan kata lain pelatih dapat melakukan pengukuran antropometri untuk mengetahui tipe tubuh atlet agar sesuai dengan bidang spesialisasi yang ditekuni dan dapat membina atlet menuju prestasi
Model Pembelajaran Sepakbola bagi Anak Usia Dini Rama Adha Septiana; Agus Santosa; Ali Budiman
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3862

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan suatu bentuk model pembelajaran sepakbola yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Metode Analaysis, Design, Development, implementation, and Evaluation (ADDIE). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kelayakan model pembelajaran, prinsip tumbuh kembang motoric, dan implementasi teknik sepakbola. Sumber data pada penelitian ini yaitu hasil uji dari para ahli. Analisis data menggunakan analisis persentase untuk melihat layak atau tidaknya model pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran sepakbola bagi anak usia dini ini layak untuk digunakan dan diterapkan pada kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.
Media Soft Material: Peningkatan Gerak Dasar dalam Pembelajaran penjas Vicki Ahmad Karisman
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak dasar manipulative melalui media pembelajaran soft material media. Partisipasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 4 dengan jumlah 67 orang dengan 31 anak perempuan dan 36 anak laki-laki. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Gross Motor Development (TGMD2) pada tes manipulative. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media soft material memberikan pengaruh yang signifikan pada keterampilan gerak dasar manipulative siswa. Pembelajaran penjas dengan menggunakan media soft material mempermudah dan membuat nyaman siswa dalam melakukan aktifitas fisik di sekolah.
Pengembangan Model Latihan Taktik Dan Strategi Atlet Bulutangkis Pemula Pada Nomor Tunggal Kota Pontianak Rubiyatno Rubiyatno; Mikkey Anggara Suganda
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan model latihan taktikdan strategi pad permainan tunggal untuk atlet pemula. Berdasarkan seurvei yang dilakukan padaatlet pemula pada saat kompetisi penguasaan teknik sudah cukup baik namun tidakdi imbangi dengan penguasaan taktik dan strategi yang efektif sehingga permainan menjadi kurang menarik dan terkesan lebih banyak menguras energi. Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengembangkan beberapa strategi yang dapat dan mudah dilakukan oleh pemain tunggal khususnya bagi pemula dalam model ini peneliti mengembangkan empat poin startegi yang bisa dilakukan antara lain pada saat melaukan: servis, return servis, return smas dan drop and clear. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan menggunaka 7 tahapan anatara lain(1) Pengumpulan Informasi di Lapangan, (2) Melakukan Analisis Terhadap Informasi yang Telah Dikumpulkan, (3) Mengembangkan Produk Awal (Draf Model), (4) Validasi Ahli dan Revisi, (5) Uji Coba Lapangan Skala Kecil dan Revisi,(6) Uji Coba Lapangan Skala Besar dan Revisi , (7) Pembuatan Produk Final. Adapun hasil pengembangan yang telah diujicoba dan divalidasi oleh para ahli melalui video dinyatakan bahwa taktik dan strategi yang dikembangkan sangat efektif untuk dilakukan oleh atlet pemula pada nomor tunggal.
Modifikasi Alat Latihan Menendang (Shooting) Dalam Permainan Sepak Bola Rahmat Putra Perdana
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi alat menendang permainan sepak bola untuk meningkatkan akurasi latihan menendang sehingga memudahkan kinerja pelatih. Penelitian ini adalah dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, produk desain, validasi desain, revisi desain, pengujian produk, revisi produk, uji coba penggunaan. Modifikasi alat menendang pada permainan sepak bola terlebih dahulu divalidasi dengan materi ahli, ahli praktisi, 10 responden sebagai uji coba produk dan 30 responden sebagai uji coba produk. hal ini terlihat dari ahli materi 84% dan ahli praktisi 81% serta uji coba produk skala kecil 90% dan uji coba penggunaan skala besar 89,26%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat latihan heading pada permainan sepak bola permainan dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai alat bantu latihan.
Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pulung Riyanto; Heri Yusuf Muslihin; Hariani Fitrianti; Jori Lahinda
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3947

Abstract

menyesuaikan praktik pengajaran dengan mengembangkan mentalitas dan pengetahuan bersamaan dengan pelaksanaan pendekatan reflektif. Untuk mengetahui kemapuan berpikir reflektif yang dimiliki siswa maka dapat dikembangkan dengan mengacu pada interaksi sosial. Penelitian ini menerapkan model Teaching Game for Understanding (TGfU) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGfU terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest posttest desaign. Hasil penghitungan menunjukkan nilai signifikansi 0,003, hal ini menujukan bahwa nilai signifikansi < 0,005 dengan demikian Ho ditolak. Rekomedasi penelitian ini adalah bahwa dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani disarankan menggunakan model pembelajaran TGfU.
Pengembangan Model Latihan Fleksibilitas Dalam Pembelajaran Pencak Silat Edi Purnomo
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3948

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan fleksibilitas tingkat lanjut dalam pembelajaran pencak silat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model Borg ang Gall meliputi 10 tahap yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) Mengembangkan bentuk pendahuluan produk, (4) uji lapangan persiapan, dan (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) pelaksanaan revisi produk, (8) uji lapangan oprasional, (9) revisi produk akhir, (10) penyebaran dan pengimplementasian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi adalah sangat baik dengan persentase 85%. Ahli mata pelajaran dengan persentasi 90%.Validitas menurut para siswa terhadap model latihan fleksibilitas tingkat lanjut dalam pembelajaran pencak silat yang dikembangkan adalah (1) uji lapangan persiapan, (2) uji lapangan utama, (3) dan uji lapangan oprasional memperoleh presentase masing-masing sebesar 91%, 92% dan 92% dengan kualifikasi sangat baik dan tidak ada revisi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan model latihan fleksibilitas tingkat lanjut dalam pembelajaran pencak silat layak digunakan menurut uji ahli, uji coba lapangan persiapan, uji lapangan utama dan uji coba operasional.
Sport Education Terhadap Sport Orientasi Siswa Menengah Kejuruan Dedi Kurnia; Yudi Hidayat
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.3979

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan sport orientasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menggunakan SE dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian siswa SMK sebanyak 48 siswa (40 laki-laki dan 8 perempuan) yang diambil menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Sport Orientation Questionnaire (SOQ) untuk siswa SMK sederajat dalam tiga subskala yaitu: daya saing, orientasi kemenangan, dan orientasi tujuan dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan sport orientasi siswa SMK yang menggunakan SE dan pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan agar melakukan penelitian yang lebih lanjut berkaitan dengan motivasi siswa dalam mengikuti SE, kualitas akademik dalam penyusunan program penjas, dan termasuk kepada penyusunan instrumen SE agar dapat memenuhi kurikulum yang sedang berjalan agar penelitian-penelitian yang telah dihasilkan dapat berdiri dengan kokoh tidak dipengaruhi oleh kebijakan apapun.
Korelasi Kelincahan, Kecepatan, Koordinasi dan Keseimbangan Terhadap Dribbling Futsal Muhammad Shidiq Fajar; Firman Maulana; Bachtiar Bachtiar
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 4 No 01 (2021): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v4i01.4015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kelincahan kecepatan koordinasi dan keseimbangan terhadap dribbling futsal pada peserta ekstrakulikuler futsal SMPN 10 Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, populasi yang digunakan yaitu seluruh anggota ektrakulikuler futsal SMPN 10 Sukabumi dengan jumlah anggota populasi 20 orang dan teknik sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan jumlah sampel seluruh anggota populasi karena jumlah kurang dari 100 orang. Teknik anasilis data menggunakkan bantuan software SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kelicahan terhadap dribbling dengan nilai signifikan 0,723 > 0,05, kemudian hasil menunjukan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kecepatan terhadap dribbling dengan nilai signifikan 0,613 > 0,05, selanjutnya hasil menunukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara koodinasi terhadap dribbling dengan nilai signifikan 0,131 < 0,05, serta hasil menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara keseimbangan terhadap dribbling dengan nilai signifikan 0,007 > 0,05, dan hasil menunjukan nilai signifikan F change 0,031 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan, kecepatan, koordinasi dan keseimbangan terhadap dribbling.

Page 1 of 3 | Total Record : 28