cover
Contact Name
ahmad
Contact Email
ahmad_t@unigamalang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
unigajem@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Manajemen
ISSN : 14115794     EISSN : 26144212     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi dan Manajemen dengan ISSN: 2614-4212 (online), 1411-5794 (cetak) merupakan jurnal dari Program Pascasarjana Magister Manajemen. Jurnal Ekonomi dan Manajemen memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran dibidang Ekonomi dan Manajemen berisikan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, resensi buku dan tulisan praktis dalam bidang ekonomi dan manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 95 Documents
Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Bagi Pegawai Di Kantor Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo Misbahul Munir
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 19 No. 2 (2018): Juni
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.457 KB)

Abstract

Penelitian dengan pendekatan causal research ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan hubungan sebab akibat antar variabel dan membandingkan pengaruh beberapa variabel terhadap suatu variabel sehingga dapat diketahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap suatu variabel. Subyek penelitian berjumlah 54 orang Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Data dikumpulkan dengan observasi dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Pendekatan Regresi Ganda. Hasil penelitian dapat simpulkan terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja pegawai.
PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Kinerja Karyawan di Koperasi BMT Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang) Moh. Imron
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 17 No. 1 (2016): Februari
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: i) Untuk menganalisis pengaruh Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi secara simultan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; ii) Untuk menganalisis pengaruh Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi secara parsial terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; iii) Untuk menganalisis faktor manakah dari Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie.Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie yaitu sebanyak 30 orang, dan seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dengan metode sensus. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 17.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: i) Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; ii) Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; iii) Kepuasan kerja merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie.
ANALISIS POSITIONING RUMAH MAKAN KHAS BANJAR BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Studi Pada Warung Makan Fauzan, Warung Makan Mona dan Warung Makan Idah Jaya di Banjarmasin) Prihatini Ade Mayvita; Rizka Zulfikar
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 19 No. 1 (2018): Februari
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.988 KB)

Abstract

This study aim is to get an overview of the competitive landscape, consumer perception andperceptual gap between consumer perception of product and attributes that offered by Banjarethnic restaurant in Banjarmasin. This research object are Warung Makan (WM.) H. Fauzan,WM. Mona and WM. Idah Jaya. The population is Banjarmasin community with a sample sizeof 50 was determined by purposive sampling technique. Data analysis using quantitativedescriptive method and analysis of MDS (Multi-dimentionalScaling) with the help of IBM SPSSsoftware Ver. 23. The results showed that (1) WM. H. Fauzan has the position above thanWM. Mona and WM. Idah Jaya in consumer perceptions attributes such as physical condition,service, support and distribution facility locations. Additionally WM. H. Fauzan also has theadvantage that the typical grilled fish sold using a sauce or condiment (original) and has thehighest branch between the typical food stall Banjar other dishes, (2) WM. Mona hasadvantages in service, product, and pesonaltraits. (3) WM. Idah Jaya only has advantages inpromotional attributes, price and location.
PENGARUH KOMPETENSI, PENGALAMAN KERJA DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DIMEDIASI PROFESIONALISME PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PROBOLINGGO Arif Eko Rakhmatullah; Sri Hadiati; Kohar Adi Setia
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 19 No. 1 (2018): Februari
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.72 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompetensi, pengalaman kerja dan etos kerjaterhadap kinerja pegawai dimediasi profesionalisme pada Dinas Pendidikan KabupatenProbolinggo. Berdasarkan olah data dengan analisis jalur, variabel independen yang mempunyaipengaruh paling kuat terhadap variabel Profesionalisme (Z1) adalah variabel kompetensi (X1)yaitu sebesar 0,526. Etos kerja (X3) juga merupakan variabel yang mempunyai pengaruh palingkuat terhadap Kinerja (Y1) yaitu sebesar 0,932. Dengan demikian variabel independen yangmempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel Kinerja pegawai (Y1) melalui variabelintervening Profesionalisme (Z1) adalah juga variabel Etos Kerja (X3) sebesar 0,91946. Sehinggavariabel Etos kerja (X3) merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Kinerja (Y1) baiksecara langsung maupun dengan melalui perantara Profesionalisme (Z1). Sedangkan variabelKompetensi (X1) berpengaruh paling kecil terhadap Kinerja (Y) baik secara langsung maupundengan melalui perantara Profesionalisme (Z1)
Pengaruh Rasio Keuangan dan Faktor Non Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening Fitria Ulfa
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 20 No. 1 (2019): Februari
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.316 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio keuangan dan factor non keuangan terhadap peringkat obligasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan manajemen laba sebagai variabel intervening. Populasinya adalah 60 perusahaan yang terdaftar di BEI dan diperingkat oleh PT Pefindo pada periode 2013-2017, dan secara sensus 60 perusahaan tersebut sekaligus dijadikan sampel penelitian. Data dianalisis secara regresi linier berganda dan analisis jalur berupa uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan, faktor non-keuangan dan manajemen laba berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Secara parsial variabel profitabilitas, reputasi auditor dan jenis industri berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi, namun manajemen laba berpengaruh negatif signifikan terhadap peringkat obligasi. Sedangkan variabel likuiditas, leverage, free cash flow dan market value tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi. Uji hipotesis menggunakan uji sobel menunjukan bahwa secara tidak langsung manajemen laba tidak dapat memediasi hubungan antara rasio keuangan dan faktor non-keuangan terhadap peringkat obligasi. 
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK CENTRAL ASIA CABANG BASUKI RAHMAT MALANG Hanggoro Purwono
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 17 No. 3 (2016): Oktober
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis dan menguji secara simultan pengaruh variabel kualitas pelayanan yang meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung terhadap kepuasan nasabah pada PT. BCA Cabang Basuki Rahmat Malang, (2) Menganalisis dan menguji secara parsial pengaruh variabel kualitas pelayanan yang meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung terhadap kepuasan nasabah pada PT. BCA Cabang Basuki Rahmat Malang. Metode analisadata yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda yang diproses melalui program aplikasi komputer SPSS 12.0 for Windows. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R 2 ) yaitu sebesar 0,633. Dengan demikian bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di PT. BCA Basuki Rahmat Malang, dapat dijelaskan sebesar 63,3% oleh variabel keandalan (X 1 ), daya tanggap (X 2 ), jaminan (X 3 ), empati (X 4 ), bukti langsung (X 5 ), sedangkan sisanya sebesar 36,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN SEBAGAI DASAR PROSES ANALISIS PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PAVING CV BINTANG TIMBUL Fachrudin Pakaja
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 17 No. 1 (2016): Februari
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Didalam suatu perencanaan produksi dibutuhkan suatu pertimbangan dan ketelitian karena itu merupakan dasar penentuan bagi pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan agar dapat memproduksi sesuai dengan permintaan pasar. Agar rencana produksi yang dibuat anntinya sesuai dan seimbang antara proses penjualan dan proses produksi maka hendaknya melakukan analisis terhadap produksi didasarkan pada data-data penjualan pada tahun sebelumnya. Data prediksi tentang peramalan penjualan telah disusun sebagai salah satu bahan informasi permulaan yang sangat berguna untuk mencapai keuntungan yang diharapkan. Produk yang berkelebihan merupakan pemborosan atau kerugaian yang harus ditanggung pihak perusahaan dan memeberikan kesempatan kepada pesaing untuk memasuki wilayah pemasaran perusahaan. CV Bintang Timbul berusaha membuat sebua aplikasi peramalan penjualan yang tepat dan dapat digunakan sebagai alat untuk penyusunan rencana produksi.
Mengembangkan Loyalitas Melalui Strategi Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pada Industri Perbankan Ferdian Hendrasto
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 19 No. 3 (2018): Oktober
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.23 KB)

Abstract

Service quality has long been used to determine loyalty, with excellent service quality, it is expected that customer will be more likely to do repurchase. Another factor which affect loyalty is trust. The purpose of this research is to analyze the effect of service quality and trust to loyalty in banking industry. 100 customer are invited as respondents in this research. This associative research consist of two independent variables, they are service quality (X1) and Trust (X2) and one dependent variable which is loyalty (Y). For data collection purpose, library research and field research are conducted thoroughly. Data analysis method used in this research is reliability test and validity test. And then we conduct normality test and multicolinearity test. To analyze the hypothesis used in this research, we use simple regression analysis with t-test and multiple regression analysis with F-test. The result of this research shows that service quality (X1) is significantly influential to Loyalty (Y). trust (X2) is significantly influential to loyalty (Y). Finally, service quality (X1) and trust (X2), simultaneously, are significantly influential to loyalty (Y).
THE LEVEL OF COGNITIVE, AFFECTIVE AND KONATIVE BANJARMASIN’S PUBLIC BASED ON DEMOGRAPHIC AND PSYCHOGRAFIC IN RESPONDING TO PROHIBITION POLICY THE USE OF PLASTIC AS SHOOPING BAGS Prihatini Ade Mayvita; Rizka Zulfikar
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 19 No. 2 (2018): Juni
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.219 KB)

Abstract

This study aims to determine the level of cognitive, affective and conative Banjarmasin people in responding to the government's prohibition policy on the use of plastic as a shopping bag based on demographics (gender, age, income, occupation and education level) and psychographics (lifestyle and social level) and whether there is a significance differences in people's cognitive, affective dan conative. This study is a survey research using questionnaires as an instrument. Population and sample used in this study are the Banjarmasin’s public and taken as many as 150 respondents using method. non-purposivesamplingAnalysis techniques were used: (1) qualitative descriptive analysis - quantitative and comparative analysis of the average;  (2) The chi-square test to see differences in the behavior of people based on demographic and psychographic and (3) Kruskal Wallis  test to see the effects of demographic and psychographic on the level of cognitive, affective and conative Banjarmasin people. This study found that: (1) The level of Banjarmasin’s public cognitive, affective and conative in responding to the prohibition use of plastic as shopping bags are majority in the neutral category; (2) The cognitive aspect is highest tend to be owned by a group of women, aged 41-50 years, government employee, income between Rp 5 million - Rp 9,9  Million, S-2 educated, High life style and lower-  upperclass social level.(4) The highest affective aspects tend to be owned by a group of women, aged 41-50 years, goverment employee, income between Rp 5 Million - Rp9.9 Million,S-2 educated, middle lifestyle and upper-middle social level class. (5) the highest connative aspects tend to be provided by a group of women, aged 41-50 years, student / college student, Income between Rp 5 Million - Rp 9.9 Million, S-3 education, high life style and social level of the lower-upper class. (6) In the cognitive and affective, there are no sigificants differences in the average for the whole group demographic and psychographic (7) In the affective, the significant average difference was only found in demographic groups based on job and income while the mean significant difference psychographic groups price found only on psychographic groups based on a social level. (8) The level of cognitive respondent only influenced by the life-style of psychographic variables, afective level is only affected by the psychographic-social level and the level of connative only influenced by demographic variables-education and psychographic variables-social level. 
KEPUASAN PEGAWAI DITINJAU DARI DISIPLIN DAN KEMAMPUAN KERJA DENGAN VARIABEL INTERVENING KINERJA Minto Rahardjo
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 16 No. 3 (2015): Oktober
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Gajayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh disipin terhadap kepuasan pegawai, 2)  menguji pengaruh kemampuan kerja terhadap kepuasan pegawai, 3) menguji pengaruh disipin terhadap kinerja, 4) menguji pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja, 5), menguji pengaruh kinerja terhadap kepuasan pegawai, 6)  menguji pengaruh disipin dan kemampuan kerja terhadap kepuasan melalui kinerja pegawai.Penelitian ini dilakukan di Badan Pelayanan Perizinan  Terpadu Kota Malang dengan sampel sebanyak 42 PNS dan 4 Non PNS. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang diberikan langsung ke responden,  Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis jalur.Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama disiplin berpengaruh terhadap kepuasan  pegawai; kedua, kemampuan kerja berpengaruh terhadap kepuasan pegawai; ketiga,  disiplin  berpengaruh terhadap kinerja pegawai; keempat, kemampuan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai; kelima, kinerja pegawai berpengaruh terhadap kepuasan pegawai; keenam disiplin dan kemampuan kerja berpengaruh terhadap kepuasan pegawai melalui kinerja pegawai.

Page 1 of 10 | Total Record : 95