cover
Contact Name
Tarbawi
Contact Email
tarbawi205@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi205@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
ISSN : 24606375     EISSN : 2685256X     DOI : -
Tarbawi (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) adalah jurnal yang dikelola fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal ini membahas tentang bidang Pendidikan dan Isu-Isu Sosial. Dimana fokus dalam Jurnal Tarbawi adalah pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang berkaitan dengan pendidikan intinya penelitian yang sifatnya memberikan kontribusi pemikiran serta lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial" : 7 Documents clear
Kesenjangan Sosial Dalam Mengakses Pendidikan Di Bengkulu Della Sinta, Tiara; Iqbal, Moch
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.847

Abstract

Melalui pendidikan bangsa dapat menciptakan generasi yang berkualitas untuk memimpin dan mengemban tugas dalam mewujudkan cita-cita suatu tujuan suatu bangsa. Namun permasalahan ketidakmerataan tunjangan fasilitas sarana dan prasaran, infrastruktur dan factor lainnya menjadi penghambat dalam mewujudkan kualitas SDM yang merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor penyebab kesenjangan social dalam mengakses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Selanjutnya melakiukan tahap reduksi data, penjayian data yang dihasilkamn dari analisis hasil data yang telah diperoleh, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam bidang pendidikan, antara lain Rendahnya kualitas sarana sekolah dan tenaga pengajar, minimnya infrastruktur, sedikitnya buku refensi, masalah biaya pendidikan dan SBN.
Persepsi Mahasiswa Tentang Kemampuan Dosen dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Integrasi Penelitian dan PKM (Studi Pada Mahasiswa Prodi PAI UINSU Medan) Lubis, Rahmat Rifai; Nabila, Ridha; Citra, Yulia; Rahmaini, Siti
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.891

Abstract

This study aims to analyze the ability of lecturers in designing learning based on the integration of research and PKM. The focus of the study in this research consists of two things, namely student perceptions and factors that influence the ability of lecturers. The research method used is qualitative with a descriptive study approach. Techniques used in data collection include observation, interviews, and documentation. Furthermore, to analyze the data, Miles and Huberman techniques were used, namely data reduction techniques, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study explain that learning based on the integration of research and PKM has been implemented in UINSU's PAI study program but its application has not been maximized because only some lecturers have implemented it in totality. Supporting factors for the lecturers' ability to design learning based on the integration of research and PKM are student creativity and research and PKM works owned by lecturers. While the inhibiting factors of lecturers' ability to design learning based on the integration of research and PKM are some lecturers want to ease the duties of students because students are considered not able to do the learning as a whole.
Makna Pahlawan Tanpa Jasa Bagi Tenaga Pendidik Di SMPI Raudhatul Ulum Desa Gunung Geni Rohim, Abd; Khumaidi, Ahmad
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.949

Abstract

identitas dan citra guru di masyarakat Indonesia tetap identik dengan pahlawan tanpa tanda jasa. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang muncul dalam ekspresi pahlawan anonim. Dengan pemahaman tersebut diharapkan tercipta hubungan sebab akibat dengan ungkapan para pahlawan yang tidak diketahui oleh masyarakat atau mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sehingga mengangkat guru di Indonesia ke sisi yang lebih manusiawi. Penelitian ini mengadopsi metode analisis bingkai atau analisis isi untuk menganalisis fenomena ekspresi pahlawan tanpa tanda jasa dalam masyarakat Indonesia sebagai fokus penelitian sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi anonim para pahlawan diyakini telah menjadi identitas para guru di Indonesia. Tulisan ini juga diharapkan dapat menginspirasi profesionalisme guru di Indonesia.
Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Rasyid Ridha zakoni, muhammad zakoni; Sahroni, Ervi
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.1011

Abstract

Islamic education in Indonesia is generally still traditional. The curriculum used in various Islamic educational institutions is still in a dichotomous model between religious knowledge and general science. Teaching is still based on mastery of the material through an all-verbalistic rote system. namely being able to say but do not understand its purpose, let alone practice it. In reality, Islamic education has not been able to instill Islamic values ​​in students which has led to a decline in morale among students. Through Muhammad Rasyid Ridha's thoughts, it is hoped that there will be renewal in the implementation of Islamic education in a better direction. The problem in this research is how to renew Islamic education from Muhammad Rasyid Ridha's perspective. This study aims to identify, describe and analyze the renewal of Islamic education from the perspective of Muhammad Rasyid Ridha in order to obtain a complete picture related to educational reform. This study uses a qualitative descriptive method using content analysis. The results of this study are that renewal in Islamic education is the answer to the rapid development of the times in the era of globalization, especially with the sophistication of Science and Technology (IPTEK) which must be adapted to Faith and Taqwa (IMTAQ). The renewal of Islamic Education offered by Muhammad Rasyid Ridha to Islamic education aims to produce pious, independent, and advanced human beings in various fields of life, as well as curriculum.
Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Umum Jenjang Pendidikan Pra-Sekolah Nazopah, Nada
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.1042

Abstract

Penelitian tentang Pendidikan Agama Islam di PAUD yang bercorak Islami telah banyak dilakukan oleh peneliti. Namun penelitian pada Lembaga Pendidikan Umum jenjang PAUD masih sedikit ditemukan bahkan nyaris tidak ada sama sekali. TK Mawar Dharma Wanita dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam ditengah kondisi peserta didiknya yang didominasi oleh warga sekitar dan berasal dari latar agama Islam, Hindu, dan Kristen. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan studi kasus dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan sokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian, TK Mawar Dharma Wanita mampu melaksanakan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu dalam mengembangkan kemampuan peserta didik agar dapat memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam tersebut. Selain itu TK Mawar Dharma Wanita dalam kesehariannya mampu mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam ke dalam tema-tema pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru kepada peserta didik secara terbatas. Khusus pada hari jum’at, guru memberikan materi Pendidikan Agama Islam kepada siswa dengan lebih terbuka dan mendalam. Terlepas dari segala keterbatasan dalam pelaksanaannya, TK Mawar Dharma Wanita mampu mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Educational Leadership Based on Religious Moderation: Multi-Site Study at Junior High School 1 Atap-Jayapura and Junior High School 1 Praya, Central Lombok Iwan Fitriani, Mohamad; Andian, Hendy
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.1161

Abstract

This research aims to explain the leadership model of school principals in realizing religious moderation at SMP 1 Atap, Jayapura and SMPN 1 Praya, Central Lombok, and compare the leadership models of school principals in the two schools. The research uses a qualitative approach, with a cross-case type of research. Data were collected through interviews, documentation and observation and analyzed throgh steps: 1) using an inductive approach; 2) compiling a conceptual statement; 3) evaluate; 4) recommend; 5) and repeat this process. The research results show that the principal's leadership model in developing religious moderation is a transformational model at SMP 1 Atap Jayapura and a democratic model at SMPN I Praya. There were differences in the moderation idea used. Religious moderation at SMP 1 Atap, Jayapura is based on the perspective of Christian teachings regarding moderation because the majority of teachers and students are Christians, whereas religious moderation at SMPN 1 Praya, Central Lombok is based on the perspective of Islamic teachings because the majority of teachers and students are Muslims. Behind these distinctions, universal ideals such as tolerance, respect for local culture, and nonviolence bind them together.
Analisa Kadar Klorida Dengan Sampel Air Sumur Menggunakan Metode Titrimetri Novita Anggraini
Tarbawi Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/tarbawi.v8i1.1288

Abstract

Klorida merupakan anion yang mudah larut dalam sampel air dan merupakan anion anorganik utama yang terdapat dalam sampel perairan. Kelebihan ion klorida dalam air minum dapat merusak ginjal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar klorida pada air sumur dengan menggunakan metode titrimetri teknik Mohr. Sampel yang digunakan berupa air sumur. Sampel diberi indikator kemudian dilakukan titrasi menggunakan larutan standar perak nitrat sampai terjadi titik akhir titrasi (TAT) warna merah bata. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kadar ion korida(Cl⁻) yang diperoleh yaitu untuk Sampel 01, 02, dan 03 yaitu 56 mg/L, 57,4 mg/L, dan 101,85 mg/L.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2025): Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 9 No 1 (2024): Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Peneltian Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-is Vol 9 No 2 (2024): Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Peneltian Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 7 No 1 (2022): PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM DAN ISU-ISU SOSIAL Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial More Issue