cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
E-Wom Terhadap Akun Beauty Vlogger @Kekeshabila Yang Dilakukan Oleh Kalangan Milenial di Kota Samarinda Muhamad Nano Sucipto; Trisda Derama
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9642

Abstract

Berkembangnya teknologi menjadikan kegiatan komunikasi antar manusia turut berubah. Media sosial diciptakan sebagai cara baru untuk saling berbagi informasi hanya dengan sekejap mata. Perkembangan tersebut juga memberi dampak pada berbagai bidang salah satunya bidang kecantikan, dimana sekarang dunia kecantikan dianggap sebagai hal penting bagi rata-rata perempuan. Kemudian, informasi tentang dunia kecantikan dibagikan melalui media sosial. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menjelaskan sejauh mana kalangan milenial di Kota Samarinda berbagi informasi dari salah satu akun beauty vlogger @kekeshabila dengan menggunakan E-WoM. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui dua cara, pertama adalah wawancara terhadap followers akun @kekeshabila dan kedua observasi terhadap akun @kekeshabila. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa followers akun @kekeshabila adalah pengguna aktif media sosial khususnya Instagram dan cukup aktif berbagi informasi menggunakan E-WoM. Serta konten pada akun @kekeshabila informatif dan kreatif sehingga followers tertarik untuk melihatnya.
Studi Ekplorasi Peranan Kualitas Layanan, Pengalaman, dan Kapuasan terhadap Electronic Word-of-Mouth (e-WOM) pada Industri Perhotelan Hepy Hefri Ariyanto; Yuliana Yuliana
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepentingan relatif kualitas layanan, pengalaman, dan  kepuasan pelanggan  untuk menentukan mana yang lebih berpengaruh terhadap niat pelanggan untuk menyebarkan e-WOM positif.Kuesioner yang telah diterjemahkan sebelumnya ke dalam Bahasa Indonesia merupakan instrumen dari studi sebelumnya dan didistribusikan melalui survei online kepada semua pelanggan yang pernah menginap di hotel bintang 2, 3, dan 4. Sebanyak 400 kuesioner yang valid diperoleh, dan model penelitian diuji dengan menggunakan regresi berganda.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, dalam konteks hotel bintang 2, 3, dan 4,  kualitas layanan sangat penting dalam mempengaruhi niat tamu hotel dalam melakukan e-WOM. Pangalaman dan kepuasan juga menunjukkan sebagai determinan penting dalam mempengaruhui tamu hotel melakukan e-WOM.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir) Nurmin Arianto; Fiki Kurniawan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9647

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, promosi terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kulitaspelayanan, promosi dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Sifat dari studi ini adalah asosiatif dengan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen sebanyak 1.078 dan teknik sample yang digunakan adalah sampel accidental sampling sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan menggunkan analisis jalur. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebagain besar respoden dalampenelitian ini adalah Perempuan dengan usi 21-26th dengan sumber pendapatan lainya.  Dari tanggapan responden bahwa Kualitas Pelayanan , Promosi  dan kepuasan serta Loyalitas  yang ada di perusahaan sudah baikn walaupun masih tersapat keluhan konsumen tentang produk ini dan dari hasil analisis  bahwa Kualitas Pelayanan , Promosi  dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap Loyalitas  serta Kualitas Pelayanan  dan Promosi  memiliki pengaruh terhadap kepuaan, sehingga  kepuasan dapat menjadi mediator dalam mempengaruhi Kualitas Pelayanan an terhadap Loyalitas  dan kepuasan dapat  menjadi mediator dalam mempengaruhi Promosi  terhadap Loyalitas.
Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Usaha Mikro Kecil & Menengah(UMKM) Tedy Ardiansyah
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9521

Abstract

Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan usaha bisnis Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) di Indonesia.  Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform E-commerce(perdagangan elektronik) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital. Keyword: Platform; e-commerce; SMEs; success Abstrak. Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Bisnis Mikro Mandiri.  Riset tentang keberhasilan Usaha Mikro Mandiri (UMKM) di nusantara bisa dihitung dengan jari, tentunya mengenai e-commerce terutama pada platform atau aplikasi tidak hanya itu saja, namun support dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian kunci dari kesuksesan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model keberhasilan usaha mikro melalui platform e-commerce. Metode Penelitian: Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metodologi baru yang diusulkan yang menggabungkan pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi artikel yang paling relevan untuk dimasukkan dalam penelitian dengan analisis jaringan kutipan untuk mengungkap dinamika bidang yang diteliti. Metodologi baru ini penulis definisikan sebagai analisis jaringan literatur yang sistematis, Hasil: Pemodelan platform perdagangan elektronik (e-commerce) bagi para pelaku bisnis digital untuk mendukung keberhasilan UMKM di Indonesia. Kesimpulan: e. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk model yang tepat untuk kesuksesan UKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pelaku bisnis digital. Kata Kunci: Platform, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menegah, sukses
Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Niat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Air Terjun Way Lalaan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Haskhory Ginaldho; Aida Sari; Afri Aripin
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9814

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpeluang dalam meningkatkan anggaran pendapatan daerah. Teluk Kiluan terletak di Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung yang merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki Provinsi Lampung dan terkenal dengan keindahan pesona laut terutama daya tarik ikan lumba-lumbanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam menarik Niat Berkunjung wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Way Lalaan, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, Populasi dalam penelitian adalah wisatawan yang belum pernah mengunjungi Air Terjun Way Lalaan dan wisatawan domestik dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda, pengujian signifikan  simultan uji (F), pengujian signifikan parsial (uji t), dan analisis determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Penjualan Personal (X3), Pemasaran Langsung (X4), Hubungan Masyarakat (X5) dan e-WOM (X6) berpengaruh positif secara signifikan dengan sumbangan sebesar 82,4% terhadap Niat Berkunjung. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis kuantitatif membuktikan bahwa variabel dengan nilai beta terbesar adalah Periklanan (X1) yang memiliki nilai beta sebesar 0,440 sedangkan variabel Promosi Penjualan (X2) memberikan pengaruh terkecil dengan nilai beta sebesar 0,109
Analisis Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Domestik Ke Kota Batam Dame Afrina Sihombing; Misna Misna
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.8456

Abstract

Pariwisata Kota Batam menjadi salah satu sumber ekonomi selain sektor industri. Jumlah kunjungan wisatawan nusantara Kota Batam tahun 2019 sebanyak 664.645. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu tentang pengaruh antara citra destinasi, pengalaman, motivasi dan kualitas makanan terhadap niat kunjungan kembali wisatawan domestik ke Kota Batam. Objek dan sampel pada penelitian ini adalah wisatawan domestik yang pernah melakukan kunjungan ke kota Batam. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode non-probability sampling. Total sampel responden yang akan diuji adalah sebanyak 372 data dengan mengunakan metode statistik yaitu metode regresi berganda. Pengujiaan pada penelitian ini mengunakan IBM SPSS Statistics 24. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara citra destinasi, motivasi, pengalaman dan kualitas makanan terhadap niat kunjungan kembali.Kata Kunci : Niat Kunjungan Kembali, Wisatawan Domestik, Kota Batam
Kualitas Produk dan Kualitas Layanan serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian produk Filter Paper Whatman di distribusikan oleh PT Laborindo Sarana Ratih Andalusi; Ahmad Maulana Irfanudin
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Produk, kualitas Layanan dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk Filter Paper Whatman yang didistribusikan oleh PT. Laborindo Sarana. Mettode yáng dἱgunakan adalàh kausal deskriiptif mlalui pendkatan kuantἱtatif. Riset dekriptif di gunakan untuk memberikan gambaran karakteristik responden yang dalam hal ini merupakan pelanggan tetap Laborindo Sarana yang membeli produk filter paper, type causal mengukur kekuatan hubungan dua variabel atau lebih, menunjukkan variabel bebas dan variabel terikat serta hubungannya. Pengambilan sampel dengan metode sensus atau sampel jenuh, dengan jumlah responden keseluruhan 112 orang. Teknik Analisis yang dilakukan yaitu kualitas data meliputi validἱtas dan relἱabilitas, dan asumsi klasἱk yaitu uji normalἱtas dan auto korelasi, serta ujἱ regresi linier, koefἱsien determinasi, dan ujἱ hipotesἱs dengan menggunakan aplikasi pengolah data SPSS 20. Hasil penelitiaan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produkterhadap Keputusan pembelian dengan persamaaan regresi linier berganda Y=8,729+0,258X1+0,294X2. Nilai R-Square snilai 0,393 yang mengindikasikan kualἱtas produk dan Layanan teerhadap Keputusan Pembelian memberikan kontribusi sebesar 39.3%, Ujἱ simultan F kualitas produk dan Layanan sebesar 23,335> 2,690 dengan nilai sig 0,000 < 0,1 yang artinya terdapạt pengạruh yạng positif dan sigifikan antạra kualἱtas produk dan layanan terhadạp keputusan pembelian produk filter paper whatman.
Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan Rosa Lesmana; Nardi Sunardi; Hastono Hastono; Arif Siaha Widodo
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9422

Abstract

Penelitian ini mencari tahu apakah Perceived Quality berpengaruh terhadap Customer Loyalty melalui Brand Equity pada pengguna smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode analisis faktor SEM serta alat uji  SPSS Amos 23. Objek analisis adalah konsumen “pengguna smartphone merek Xiaomi” di daerah Tangerang Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah single cross sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden.Hasil menunjukkan bahwa perceived quality berpengaruh signifikan terhadap brand equity pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan dengan koefisien regresi sebesar 0.882 dan nilai critical ratio 6.891. Brand equity berpengaruh signifikan terhadap customer loyaty pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan dengan koefisien regresi sebesar 0.612 dan nilai critical ratio sebesar 5.696. Perceived quality secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan dengan koefisien regresi sebesar 0.043 dan nilai critical ratio sebesar 0.385. Pengaruh tidak langsung perceived quality terhadap customer loyalty > pengaruh secara langsung perceived quality terhadap customer loyalty sebesar 0.482 > 0.043, diartikan bahwa brand equity memediasi antara perceived quality dengan customer loyalty pada smartphone merek Xiaomi di wilayah Tangerang Selatan
Pengaruh Citra Merk dan Kesadaran Merk Terhadap Keputusan Pembelian Tas Merk Bodypack Pada PT Eigerindo Multi Produk Industri ( Studi Kasus di Showroom Mall Pejaten Vilage Jakarta Selatan ) Sugeng Widodo; Apriyansyah Apriyansyah
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.8879

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Citra Merk dan Kesadaran Merk terhadap Keputusan Pembelian  Tas merk Bodypack pada Showroom Mall Pejaten Village Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan meliputi regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial Citra Merk dan Kesadaran Merk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan Citra  Merk (X1) dan Kesadaran Merk  (X2) berpengaruh signifikan  terhadap  Keputusan Pembelian (Y) dengan konstribusi sebesar 55% terhadap keputusan pembelian (Y).   
Analisis Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Nol Derajat Cikampek Karawang A Faizal Muzakki; Eman Sulaeman
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i2.9395

Abstract

Riset ini bermaksud  agar mengatahui faktor-faktor penentu keputusan pembelian pada Kedai Kopi Nol derajat Cikampek Karawang. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan Kedai Kopi Nol derajat Cikampek Karawang dengan total responden sejumlah 100 orang. Riset ini memakai teknik non probability sampling dan teknik purposive sampling. Penyatuan informasi dengan penyebaran Kuisioner dan diolah memakai teknik analisis faktor. Sedangkan hasil analisis yang didapatkan menunjukan bahwa faktor-faktor penentu keputusan pembelian pada Kedai Kopi Nol derajat Cikampek Karawang adalah  faktor satu Performance (Kinerja), faktor dua Akses, faktor tiga Features (fitur) ,faktor empat Publisitas and hubungan Masyarakat . Keempat faktor yang tertera mendapatkan loading factor melebihi dari 0,5 dengan kumulatif persentase varian sejumlah 66,118%  sedangkan sisanya 33,882% disebabkan akibat bagian tidak diteliti. Faktor utama berpengaruh pada penentu keputusan pembelian pada Kedai Kopi Nol derajat Cikampek Karawang adalah faktor Performance (Kinerja)  dengan eigen value yang didapatkan sejumlah 8,761 dan  cumulative pernetage variance  sejumlah 46,111%.  

Page 1 of 1 | Total Record : 10