cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
Pengaruh Brand Awareness, Brand Love dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Kopi Arabika Specialty Pada UD . Kupi Pantan Raya Murtaza ZD; Bambang Bambang
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.19111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh brand awareness, brand love dan brand trust terhadap purchase decision bubuk kopi arabika specialty gayo  pada UD. Kupi Pantan Raya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk bubuk kopi arabika olahan UD. Kupi Pantan Raya. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 280 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang di uji dengan teknik analisis jalur dan diolah menggunakan program SPSS dan AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh positif  brand awareness, brand love dan brand trust terhadap purchase decision.
Pengaruh Positif Corporate Social Responsibility, Social Media Marketing dan Sales Promotion Tokopedia Terhadap Purchase Decision Konsumen Muhammad Samudra Yudhawijaya; Miftahul Zaenal Mutaqin; Muhamad Rafid Adilla
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.18569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Positif Corporate Social Responsibility, Social Media Marketing, dan Promosi Penjualan Tokopedia terhadap Purchase decision Konsumen. “Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 203 responden dari individu yang menggunakan aplikasi Tokopedia. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji instrumen berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS.” Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Corporate Social Responsibility dengan Purchase decision, terdapat pengaruh positif antara Social Media Marketing dengan Purchase decision dan terdapat pengaruh positif antara Sales Promotion dengan Purchase Decision. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengambil sampel yang lebih banyak, hal ini bertujuan untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitian.
Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram” Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Niken Dima; Jojok Dwiridotjahjono
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.20358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi yang dilakukan Attamahera MUA dengan memanfaatkan media sosial instagram dalam meningkatkan volume penjualan serta untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi Attamehera MUA dalam menjalankan strategi promosi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik (owner), tim/karyawan, dan klien Attamahera MUA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Snowball Sampling dengan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dengan menjalankan strategi promosi menggunakan instagram, yaitu dengan cara mengoptimalkan fitur bio pada akun instagram, menggunakan review atau testimoni dari klien, mengatur jadwal posting, memposting konten interaktif, serta mengoptimalkan fitur-fitur instagram, mampu meningkatnya volume penjualan jasa oleh Attamahera MUA.Kata Kunci: Instagram; Media Sosial; Promosi; Strategi
Peran Elemen Media Sosial Dalam Mendorong Kreasi Dan Keterlibatan Konsumen Lathifah Zahrah; Brahmantyo Trihantoro; Sutan Alvares Abhyasa; Sri Vandayuli Riorini
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.17886

Abstract

Penelitian ini mengembangkan secara empiris dalam menguji model penelitian dampak dari lima elemen Social Media Marketing (SMM): entertainment,customization,interactivity, electronic-word-of mouth (eWOM) and trendiness terhadap niat konsumen untuk berpartisipasi dalam penciptaan bersama nilai dan pada konsumen - keterlibatan merek (CBE) dan dirasakan nilai merek pada gilirannya. analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi nike running yang merupakan produk teknologi kesehatan. Teknologi ini memungkinkan konsumen untuk menikmati pengalaman brand yang unik dalam proses berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan produk teknologi perawatan kesehatan yang dapat di unggah di platform media sosial. Data yang diperoleh menggunakan Google form sebanyak 229 responnden,pengguna Nike Running Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas untuk pengujiannya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa customization, ewom, interactivity berpengaruh positif terhadap value co-creation, sedangkan entertainment dan trendiness tidak. Sehingga hasil penelita ini dapat berguna bagi para manajer perusahaan untuk dapet mengembangkan dengan adanya peran media sosial.Keywords: Consumer-Brand Engagement; Perceived Brand Value; Social Media Marketing; Wearable Healthcare Technology
Kualitas Layanan Elektronik: Suatu Tinjauan Literatur Ahmad Nurhadi; Arief Budiyanto; Heri Murtiyoko
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.19930

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menggambarkan lingkup penelitian dengan tema kualitas layanan elektronik (e-servqual), (2) memberikan informasi terkait dengan focus dan objek penelitian dengan menggunakan variabel kualitas layanan elektronik (e-service quality) dan (3) tema penelitian kualitas layanan elektronik masih banyak digunakan pada penelitian yang bersifat terapan dan bersinggungan dengan aktivitas individu ataupun kelompok bisnis dan belum banyak digunakan pada pengembangan penelitian dasar. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan literatur sistematis. 37 jurnal terpilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan pendekatan PICO dalam melakukan inklusi data jurnal penelitian. Berdasarkan hasil olah data didapatkan hasil bahwa, tema penelitian kualitas layanan elektronik masih sangat berkaitan erat dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan secara elektronik. Fokus dan lokus penelitian dalam penelitian kualitas layanan elektronik banyak menggunakan lokapasar (e-commerce) sebagai objek penelitian. Serta mayoritas pendekatan penelitian yang menggunakan analisis Regresi dan SEM sebagai alat analisisnya.
Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus pada Masyarakat di Karawang) Annisa Fitri Rohana; Chintya Dessy Syafitri; Ajat Sudrajat
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.17642

Abstract

Penelitian ini bermaksud mendapati adanya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada smartphone Xiaomi di Karawang. Penelitian menetapkan satu variabel bebas harga (X) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Metode penelitian ini menetapkan metode kuantitatif jenis pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik sampling insidental, data diperoleh dengan membagikan kuesioner terhadap 100 orang responden. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dengan metode Product Moment Pearson dan uji reabilitas dengan ketentuan Alpha Cronbach > 0,60. Analisis data dibantu oleh aplikasi IBM SPSS Statistik 22 dengan menggunakan metode uji statistik deskriptif dan uji hipotesis. Pada akhir penelitian didapat adanya pengaruh positif dan signifikan pada variabel harga terhadap keputusan pembelian dengan korelasi 0,777, artinya bahwa pada variabel harga dan keputusan pembelian terlihat adanya hubungan yang kuat.Kata Kunci: Harga; Keputusan Pembelian.
Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Kopi Kose Cipete Jakarta Selatan Munarsih Munarsih; Aji Candra Kusuma
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.21286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di Kopi Kose. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT, observasi, wawancara, dokumentasi, dan FGD langsung kepada key informan dan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kopi Kose baik karena Kopi Kose memiliki kekuatan dan peluang untuk dapat bersaing bertahan hingga saat ini, seperti mengembangkan inovasi produk yang dimilikinya agar dapat bersaing dengan pesaingnya. pasar. Namun dari sisi negatifnya, Kopi Kose juga memiliki ancaman dan kelemahan yang dapat mempengaruhi Kopi Kose. Ancaman dan kelemahan Kopi Kose seperti jam buka yang tidak konsisten, promo yang tidak mencukupi, tempat yang tidak memadai. Dengan adanya ancaman tersebut menjadi pemicu bagi Kopi Kose untuk meningkatkan apa yang menjadi target kedepannya. Berdasarkan strategi yang ada, yang paling efektif adalah melanjutkan pemasaran Kopi Kose dimana strategi tersebut dapat memanfaatkan kekuatan dan memaksimalkan peluang yang ada di Kopi Kose.
Pengaruh Promosi Media Sosial, Harga Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Skincare Ms Glow Nuraini Nuraini; Tri Ayu Oktavani; Novi Fitria
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.17797

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh media online, biaya, dan eWOM terhadap minat pembelian perawatan kulit Ms Glow.. Teknik pengujian ini menggunakan kuantitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah informasi yang esensial. Informasi penting yang digunakan adalah dengan memberikan jajak pendapat terhadap pare responden yang berupa pertanyaan yang keputusan jawabannya telah diberikan dengan sistem skala Likert. Skala likert dengan cakupan skala lima pilihan. Pengambilan Populasi adalah dari  Universitas Pelita Bangsa dengan lingkup mahasiswa. Strategi pengujian dalam penelitian ini menggunakan teknik pengujian purposive dengan sampel lengkap 100 responden. Hasil fraksional menunjukkan bahwa promosi media online tidak secara mendasar memengaruhi minat beli pada perawatan kulit Ms Glow, sementara biaya dan e-wom secara signifikan memengaruhi minat beli pada perawatan kulit Ms Glow. Hasilnya tetap menunjukkan pengaruh penting antara Promosi media berbasis web, biaya, dan eWOM terhadap minat membeli perawatan kulit Ms Glow.
Pemanfaatan Visible Light Sebagai Animasi Holografi Pada Billboard Iklan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Nafiista Barkania Ayu Benani; Sudarti Sudarti
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.20519

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, teknologi berkembang pesat digunakan dalam kegiatan apapun untuk memberikan daya tarik tersendiri. Pemanfaatan teknologi di era globalisasi digunakan disemua bidang misalnya pendidikan, perdagangan, komunikasi, dan transportasi. Penggunaan teknologi holografi dari visible light merupakan pengembangan teknologi di era globalisasi digunakan didunia perdagangan sebagai pemasaran produk atau iklan. Mengomunikasikan suatu merk dengan daya tarik tersendiri akan mempersuasive konsumen untuk membeli produk.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pemanfaatan Visible Light Sebagai Animasi Holografi Pada Billboard Iklan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian metode Literature Review. Hasil diperoleh dengan adanya penggunaan teknologi holografi menggunakan visible light pada billboard iklan dapat meningkatkan daya beli konsumen untuk membeli produk. Hal ini karena kepuasan konsumen pada tampilan billboard holografi jelas, terlihat seperti nyata karena dapat dilihat disemua sisi, menarik. Sehingga akan menjadikan konsumen puas ketika produk yang diterima sama dengan tampilan produk di iklan.
Kinerja Pemasaran Properti yang Memasakan Melalui E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19 Asral Asral; Supartono Supartono
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i3.17807

Abstract

Pandemi covid19 telah merubah berbagai segi kehidupan manusia dan tatanan ekonomi, termasuk perilaku konsumen dan teknik memasarkan barang dan jasa. Properti juga merasakan dampak yang signifikan dengan menurunnya jumlah penjualan properti. Untuk itu dituntut kemahiran pemasar supaya properti yang ditawarkan berhasil menarik minat pembeli. Penelitian ini penelitian riset pustaka. Hasilnya adalah bahwa kinerja pemasaran yang menggunakan e-commerce sebagai media memasarkan properti segala bentuk transaksi jual-beli yang dilakukan melalui internet. E-commerce memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan jika dibandingkan dengan toko konvensional. Salah satunya adalah tidak dibatasi oleh ketersediaan tempat dan waktu untuk lakukan aktivitas secara online. Disatu sisi, kinerja pemasaran dituntut untuk tetap dapat menghasilkan laba bagi perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10