cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2024):" : 14 Documents clear
APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES 2022 PADA KONSTRUKSI GEDUNG KLINIK MULTAZAM, PASURUAN Wijaya, Handika Setya; Supriyanti, Dipa; Dea, Johanes Claudio Vandem
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48184

Abstract

Building Information Modeling (BIM) memiliki prinsip dasar dapat memodelkan struktur bangunan secara 3D sampai 7D. Tekla Structures adalah salah satu perangkat lunak yang diklasifikasikan kedalam BIM. Tujuan penelitian ini untuk memodelkan struktur bangunan pada Gedung Klinik Multazam, Pasuruan secara 3D, 4D dan 5D menggunakan software Tekla Structures 2022. Hasil yang didapatkan yaitu dapat memodelkan ukuran, detail tulangan dan jumlah Sengkang pada pondasi, sloof, kolom, balok serta pelat lantai secara 3D. Desain struktur 3D pada bangunan ini, menggunakan pondasi yang berdimensi (2x2) m dengan ketebalan 0,6 m pada pile cap serta terdapat 6 tiang pancang berdiameter 30 cm dan kedalaman tiang 6m. Untuk Sloof menggunakan dimensi (30x60) cm dengan tulangan 12D20 dan sengkang Ø10-100. Kolom berdimensi (60x60) cm, tulangan 14D20 dan sengkang Ø10-100. Balok terdiri dari balok B1 dan B2 berdimensi (30x60) cm dan (20x30) cm, tulangan tumpuan lapangan atas dan bawah 9D20+6D20 dan 6D16+3D16 serta sengkang Ø10-100 dan Ø8-60. Pelat lantai dengan tulangan D10-200 dan tebal 12 cm. Secara 4D (Penjadwalan Proyek) dengan memanfaatkan menu task manager didesain pekerjaan dimulai pada tanggal 09-02-2024 dan selesai pada tanggal 19-07-2021. Secara 5D (Perhitungan RAB) memanfaatkan menu inquire object dan excel diperoleh dana RAB untuk struktur Klinik Multazam sebesar Rp. 2.262.300.000,00.
PEMENUHAN BAKU MUTU AIR LIMBAH KEGIATAN PEMANFAATAN AIR LIMBAH UNTUK APLIKASI PENYIRAMAN KE TANAH RUANG TERBUKA HIJAU RSUD KOTA KENDARI Rachman, Ranno Marlany; Al Azhar, Muhammad Reza; Putri, Tryantini Sundi; Kadir, Abdul; Arsyad, La Ode Muhamad Nurrakhmad
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48172

Abstract

Rumah Sakit merupakan instansi pelayanan kesehatan guna menyelenggarakan secara paripurna setiap kegiatan yang ada didalamnya. Kegiatan rumah sakit menghasilkan air limbah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membahas pemanfaatan kembali air limbah hasil olahan IPAL (AOP) Advanced Oxidation Process untuk penyiraman tanaman di RTH Kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, melalui data-data yang dikumpulkan berdasarkan hasil observasi lapangan, wawancara, pengambilan sampel limbah di lokasi penelitian. Hasil yang diperoleh yaitu air limbah yang dapat dikelola pada IPAL AOP telah memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan pada Permen LH No 5 Tahun 2014 tentang baku mutu air limbah kegiatan fasilitas pelayanan kesehatan, adapun karakteristik fisik air dalam kondisi baik. Dalam penyiraman 2 L dapat mengairi 1 m^2 . Sehingga pemanfaatan disesuaikan pada volume air yang dikelola IPAL AOP yaitu IPAL mampu memproduksi 3600 Liter agar dapat mengairi RTH seluas 1533 m^2. Jadi total air yang dibutuhkan untuk mengairi lahan ruang terbuka hijau sebanyak 3066 Liter terdapat sisa effluent air yaitu 534 L. Pemanfaatan air limbah hasil olahan ipal tidak perlu dibuang ke badan sungai tetapi dapat dimanfaatkan kembali untuk penyiraman di pagi hari dan sore hari.
ANALISIS FAKTOR PELANGGARAN PENGENDARA RODA DUA PADA LALU LINTAS SIMPANG BERSINYAL JALAN POROS PINRANG POLMAN Amir, Nasruddin; Rahmawati, Rahmawati; Fadly, Imam
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.47647

Abstract

Traffic violations are one of the problems that trigger that can disturb road users, especially at signalized intersections on the Pinrang Polman axis, Bungi Village, Duampanua District, Pinrang Regency. This research aims to determine the factors that cause violations by two-wheeled drivers and provide alternative solutions to the problem of violations by two-wheeled drivers at signalized traffic intersections using questionnaire survey method. The results of the analysis using SPSS from the 100 sample questionnaires distributed showed that the human factor (X1) with coefficient value of 0.010 has a very low influence on the variable that causes violations (Y), the vehicle factor (X2) with coefficient value of 0.080 has a very low influence on the variable causing the violation (Y) and the signalized intersection factor (X3) with coefficient value of 0.937 has a very strong influence on the variable that causes violations (Y). An alternative for handling violations by two-wheeled drivers is to provide education regarding traffic rules, the application of technology and traffic monitoring systems.
ANALISIS KINERJA OPERASI ANGKUTAN DI KOTA TOMOHON Sepang, Nindy Gaby; Gasah, Orlendy; Saruan, Tirsa Julianti
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48169

Abstract

Transportasi memiliki peranan penting dalam penunjang perekonomian suatu daerah, Dikota Tomohon memiliki banyak angkutan umum, salah satunya angkutan umum terminal ke kelurahan lansot, tingkat pelayanan sering sudah tidak sesuai standar pelayanan sehingga menurunya simpati pengguna layanan yaitu penumpang angkutan umum, dan factor lain juga yang memperangaruhi yaitu adanya transportasi online yang memberikan layanan kepada pengguna layanan yaitu di daerah yang sulit mendapat akses transportasi umum. metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data survey dan wawancara. Penelitian ini menganalisis tingkat efektivitas yang diukur dari data headway dan kecepatan rata-rata, dan tingkat efisiensi yang diukur dari faktor muat penumpang. Efektivitas pengoperasian angkutan umum berdasarkan nilai rata-rata Headway selama satu minggu penuh masih sesuai dengan standar yang ditetapkan. Efisiensi pengoperasian angkutan umum Kota Tomohon di Kelurahan Lansot, terlihat pada faktor muat penumpang (load factor) secara umum, efisiensi pengoperasian tidak mencapai standar yang ditetapkan dalam SK Dirjen No. 687/2002, yang menetapkan load factor sebesar 70%. Namun, pada hari dan jam tertentu terdapat kesempatan di mana load factor mencapai atau melebihi standar tersebut.
EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT DARI FRONT PENAMBANGAN MENUJU STOCKPILE TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI PADA PT. ST NICKEL RESOURCES KABUPATEN KONAWE, PROVINSI SULAWESI TENGGARA Salu, Sahrul Poalahi; Syafar, Muhammad; Rustan, Fathur Rahman
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48504

Abstract

PT. ST Nickel Resource Secara administratif Wilayah Izin Usaha Pertambangan terletak di Desa Matabura, Wawohine, Dunggua dan Desa Lalombonda, Kecamatan Amonggedo dan Pondidaha dengan luas 1.818 Ha. Berdasarkan realisasi produksi pada bulan oktober tahun 2020 sebesar 15.498ton dan realisasi produksi pada Bulan November tahun 2020 sebesar 16.902ton dari target produksi yang ditentukan perusahaan sebesar 18.200 ton/bulan. Pengaruh tidak tercapainya target produksi disebabkan karena besarnya waktu edar alat angkut Dumptruck Hino FM 260 JD yang digunakan dalam kegiatan pengangkutan yang beroperasi mengangkut bijih dari front penambangan menuju stockpile dengan jarak 6 km. Tingginya waktu edar disebabkan oleh kondisi geometri lebar jalan yang tidak memenuhi standar dibeberapa titik stasiun pada pengambilan data aktual di lapangan sehingga waktu tempuh kegiatan pengangkutan menjadi tidak maksimal dikarenakan adanya kendaraan yang harus berhenti ketika berpapasan dengan kendaraan lain. Dari hasil perhitungan standarisasi geometri jalan berdasarkan lebar maksimum alat angkut yang digunakan diperoleh lebar pada jalan lurus sebesar 8,80 meter, lebar pada jalan tikungan sebesar 15 meter, kemiringan jalan sebesar 11,70%, cross slope sebesar 2%, super elevasi sebesar 4%, jari-jari tikungan sebesar 18,50 meter. Dari hasil evaluasi geometri jalan maka dibuat simulasi yang memperlihatkan peningkatan produktivitas. Simulasi dibuat dengan mengurangi waktu edar sebesar 5 detik, 10 detik dan 15 detik. Pada simulasi pengurangan waktu 5 detik diperoleh peningkatan produksi sebesar 19.363,93 ton/bulan, pengurangan waktu edar 10 detik diperoleh peningkatan produksi sebesar 20.978,26 ton/bulan dan pengurangan waktu edar 15 detik diperoleh peningkatan produksi sebesar 22.885,45 ton/bulan. Dari hasil simulasi penurunan waktu edar alat angkut dengan pelebaran jalan angkut yang menghubungkan front penambangan menuju stockpile dapat meningkatan produktivitas alat angkut sehingga target produksi tercapai.
KETERKAITAN ANTARA BIM 4D DAN PENGENDALIAN WAKTU PELAKSANAAN PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN (Studi Kasus: Perumahan Alya Residence) Prasetyo, Reza; Andri, Andri; Salam, Muhammad; Priskhal, Priskhal; Nuhun, Ridwansyah; Soeparyanto, Try Sugiyarto; Welendo, La
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48026

Abstract

The application of 4D Building Information Modeling (BIM) in the construction industry has introduced a new paradigm in project management, especially in the context of housing development. Project cost control is a critical factor that influences the success and profitability of construction projects. This research aims to analyze the relationship between 4D BIM and cost control in housing construction. This research methodology uses a qualitative approach with case studies. The Alya Residence housing development is a reference in the use of this technology. Data was collected through in-depth interviews with construction professionals involved in housing development projects. In addition, data is also collected from project documentation, including initial and final cost estimates, as well as cost evaluations throughout the project cycle. The research results show that 4D BIM integration has a positive impact on controlling housing development project costs. 4D visualization allows project teams to identify potential cost deviations early, enabling timely corrective action
KAJIAN BIAYA LOGISTIK MARITIM DI INDONESIA MELALUI PERSPEKTIF KELEMBAGAAN Tomasoa, Jermy; Romadhani, Meldi; Qamilla, Nadia
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48692

Abstract

Sistem logistik maritim Indonesia menghadapi beberapa tantangan yang mempengaruhi efisiensi dan efektivitasnya. Beberapa di antaranya melibatkan infrastruktur, proses kelembagaan, dan faktor-faktor lainnya. Pemahaman peran institusi dan regulasi sangat penting dalam merespons tantangan dalam sistem logistik maritim Indonesia. Daya saing produk Indonesia di pasar global dapat ditingkatkan dengan peningkatan efisiensi logistik maritim. Analisis biaya dari perspektif kelembagaan dapat membantu mengevaluasi sejauh mana Indonesia dapat memanfaatkan potensi maritimnya secara optimal. Penelitian ini dapat dikaitkan dengan agenda pembangunan nasional, terutama jika terdapat komitmen pemerintah untuk memperkuat sektor maritim sebagai bagian dari strategi pembangunan ekonomi, mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi tingginya biaya logistik maritim, mengidentifikasi peran dan hubungan stakeholder dalam upaya penurunan biaya logistik maritim, dan analisis Power dan Interest Lembaga untuk memahami dan mengevaluasi sejauh mana suatu lembaga memiliki pengaruh (power) dan kepentingan (interest) dalam konteks pembiayaan logistik yang terjadi di Indonesia. Hasil kajian ini menunjukkan kolaborasi dari masing-masing pemangku kepentingan seperti pemerintah, badan usaha atau pelaku bisnis dan organisasi masyarakat, memiliki pengaruh yang besar terhadap biaya logistik maritim di Indonesia.
ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI PADA BETON f’c 18,68 MPa TERHADAP KUAT TEKAN Prastiyo, Muhammad; Ramadhani, Rahma; Nugroho, Meriana Wahyu; Sundari, Titin
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48481

Abstract

Abu sekam padi memiliki unsur silika (SiO2) yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambah penyusun beton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan abu sekam padi pada beton. Perencanaan campuran beton penelitian ini mengambil referensi dari SNI 7656:2012 menggunakan proporsi perbandingan antara semen dan agregat halus, agregat kasar, abu sekam padi sebesar 1:3. Persentase penambahan abu sekam padi pada campuran beton sebesar 5%, 10%, 15% dari proposi agregat halus dan agregat kasar. Pengambilan sampel penelitian ini menurut Roscoe dimana ukuran sampel 10 buah per variabel, sehingga jumlah sampel keseluruhan dari 4 variabel yaitu 40 buah. Hasil penelitian ini kuat tekan dari kelompok BN nilai terendah 14,2 MPa, nilai tertinggi 35,6 MPa, dan rata-rata 23,78 MPa, kuat tekan dari kelompok BASP 5% nilai terendah 11,5 MPa, nilai tertinggi 23,5 MPa, dan rata-rata 18,44 MPa, kuat tekan dari kelompok BASP 10% nilai terendah 9,1 f’c, nilai tertinggi 24,4 MPa, dan rata-rata 15,56 MPa, kuat tekan dari kelompok BASP 15% nilai terendah 7,8 MPa, nilai tertinggi 25,3 MPa, dan rata-rata 14,73 MPa. Sedangkan hasil uji anova data kuat tekan beton didapat nilai Sig. 0,002; sehingga nilai Sig. 0,002 < 0,05 dapat dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan abu sekam padi signifikan terhadap kuat tekan beton.
ANALISIS KINERJA RUAS JALAN RAYA PACUL MENGGUNAKAN METODE MKJI Awaludin, Naufal Zayyin; Wahidin, Wahidin; Apriliano, Dwi Denny
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48389

Abstract

Kepadatan lalu lintas dan kemacetan adalah masalah umum di kawasan perkotaan yang berkembang, termasuk Kabupaten Tegal, terutama di Jalan Raya Pacul. Penelitian ini mengevaluasi kinerja jalan tersebut dan mencari solusi untuk mengurangi kemacetan. Metode yang digunakan mencakup survei volume lalu lintas, analisis kapasitas jalan, identifikasi hambatan samping, perhitungan derajat kejenuhan, dan penentuan tingkat pelayanan berdasarkan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Senin pukul 06.30-07.30, dengan 1407,5 smp/jam. Hambatan samping dikategorikan sebagai Sedang dan derajat kejenuhan mencapai 0,61. Tingkat pelayanan jalan berada pada kategori C, yang menunjukkan arus lalu lintas masih stabil namun dengan kecepatan dan gerakan kendaraan yang terkendali, sehingga pengemudi memiliki keterbatasan dalam memilih kecepatan. Penelitian ini memberikan gambaran jelas tentang kondisi lalu lintas di Jalan Raya Pacul dan menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan jalan tersebut.
PENGARUH PENAMBAHAN FLY ASH TYPE C PADA BETON DENGAN AGGREGAT SLAG NIKEL DAN BOTTOM ASH Mustika, Wayan; Kasih, Tota Pirdo; Aswad, Nini H
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12, No 2 (2024):
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v12i2.48704

Abstract

ABSTRAK Fly ash memiliki sifat pozzolan, dapat mengikat jika bereaksi dengan air. Proses peleburan biji nikel menghasilkan limbah berupa slag yang jumlahnya sangat besar. Bottom ash merupakan butiran material yang berada pada dasar tungku pada proses pembakaran batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara, bagian halus butiran terbang ke udara berupa fly ash. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik agregat limbah yaitu slag nikel dan bottom ash untuk bahan pembuatan beton dan mengetahui pengaruh fly ash type C sebagai bahan tambahan (additive) pada beton terhadap workability dan nilai kuat tekan beton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa material limbah slag nikel dan bottom ash secara umum layak dan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan beton, kecuali nilai serapan air bottom ash yang relatif tinggi yaitu 6,16 % melebihi batas serapan air yang dipersyaratkan yaitu maksimal 3%. Pemanfaatan fly ash type C sebagai bahan tambahan (additive) pada beton meningkatkan workability beton segar, nilai slump test semakin meningkat seiiring dengan penambahan persentase fly ash. Nilai kuat tekan beton meningkat seiring dengan penambahan persentase fly ash sebagai additive sampai kadar 30% dengan nilai kuat tekan 29,87 MPa, selanjutnya penambahan fly ash mengakibatkan kuat tekan beton menurun. ABSTRACT Fly ash has pozzolanic properties and has the ability to form chemical bonds with water. The process of smelting nickel ore produces a substantial amount of slag. Fly ash is the airborne residue of bottom ash, which settles at the bottom of the furnace during the combustion of coal in coal-fired steam power plants (PLTU). The objective of this study is to assess the characteristics of nickel slag and bottom ash when used in concrete, as well as to examine the impact of using type C fly ash as a concrete additive on both workability and compressive strength. The analysis determined that nickel slag and bottom ash waste can be employed in the production of concrete, despite the fact that the water absorption value of bottom ash, which stands at 6.16%, beyond the prescribed limit of 3%. Type C fly ash enhances the workability of fresh concrete and increases the value of the slump test. Fly ash initially increases the compressive strength of concrete by 30% to a value of 29.87 MPa, but subsequently reduces it.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2024): Vol 12, No 1 (2024): Vol 11, No 3 (2023): Vol 11, No 2 (2023): Vol 11, No 1 (2023): Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue