cover
Contact Name
Resty Gustiawati
Contact Email
-
Phone
+6281290480494
Journal Mail Official
speed@unsika.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
ISSN : -     EISSN : 26216698     DOI : 10.35706/speed.v2i1
Core Subject : Education,
JSPEED Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menerbitkan artikel hasil penelitian dibidang pendidikan Jasmani,dan olahraga. JSPEED terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu di bulan Mei dan November.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2018)" : 10 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MODIFIKASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG Fahrudin Fahrudin; Ega Trisna Rahayu
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.171 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1727

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Rengasdengklok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran dalam pembelajaran Penjas terhadap motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran dalam pembelajaran Penjas terhadap motivasi belajar siswa SMPN 2 Rengasdengklok. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian  eksperimen, eksperimen adalah suatu cara untuk mengungkapkan suatu hubungan antara dua variabel atau lebih dan juga untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMPN 2 Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Jumlah populasi berjulmah 4 kelas yang berjumlah siswa 120 orang. Sampel penelitian akan merendom mengambil 1 kelas untuk kelompok eksperimen dan 1 kelas akan diambil menjadi kelas control, yang masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Latar belakang penelitian ini yaitu minimnya sarana  dan prasarana pendidikan jasmani yang dimiliki sekolah-sekolah, menuntut guru pendidikan jasmani  untuk lebih kreatif dalam memberdayakan dan mengoptimalkan  penggunaan sarana dan prasarana yang  ada. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi yang sudah ada tetapi disajikan dengan cara yang lebih menarik, sehingga anak merasa senang mengikuti pelajaran penjas karena termotivasi dengan sarana yang dimodifikasi oleh guru yang diberikan untuk kelancaran jalannya pembelajaran  pendidikan jasmani di sekolah. Diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil pretest 47,2 dan postes sebesar 79 pada kelas eksperimen. Sehingga terlihat adanya suatu peningkatan motivasi belajar siswa  dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dengan kriteria motivasi dari rendah menjadi tinggi.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN Sarja Wiguna
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.06 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1734

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan servis atas bola voli pada siswa kelas VII MTs Annur Lemahabang Karawang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan dengan jumlah sampel 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Dalam keterampilan servis atas ini menggunakan modifikasi permainan berupa; hulahoop; tali; bola karet; net; cons; untuk mencapai tujuan keterampilan yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan modifikasi permainan pada siklus I diperoleh hasil 61,54% dengan jumlah 16 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 38,46% dari 10 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata rata mencapai 74,3% pada siklus II diperoleh hasil 84,60% dengan jumlah 22 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 15,4% dari 4 siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata rata mencapai 78,8% Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi permainan dapat meningkatkan keterampilan servis atas bola voli dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII di MTs Annur Lemahabang Karawang.
PENGGUNAAN MODIFIKASI ALAT BARET (BALOK KAYU DAN KARET) TERHADAP HASIL BELAJAR KAYANG MAHASISWA Muhammad Mury Syafei
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1127.785 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran di perguruan tinggi Universitas Singaperbangsa Karawang pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dengan memodifikasi sebuah alat BARET (Balok Kayu dan Karet) untuk pembelajaran Kayang. Karena pada mata kuliah pembelajaran senam dan ritmik membutuhkan suatu alat bantu untuk proses pembelajarannya terutama untuk sikap kayang yang membutuhkan kelenturan togok. Maka dari itu peneliti mencoba mengaplikasikan alat hasil modifikasi ini. Apabila alat tersebut efektif maka akan digunakan untuk proses belajar pada mata kuliah senam dan Ritmik di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Semester III Universitas Singaperbangsa Karawang. Setelah melalui proses penelitian Action Research (Tindakan yang dilakukan di Lapangan/Gedung Olahraga) penggunaan alat BARET ternyata memberikan hasil terhadap peningkatan pembelajaran senam sikap kayang, karena alat BARET sangat mudah, sederhana dan efektif dalam penggunaanya dan bahan untuk membuatnya pun sangat banyak didapat. Sehingga dapat dilihat dari peningkatan persiklus Prasiklus 56,4 Siklus 1 68,76 Siklus 2 78,76 peningkatan menunjukan ke efektifan alat BARET tersebut untuk digunakan dalam proses perkuliahan. 
GERAK DASAR LAY UP SHOOT PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PSI (PERSONALIZED SYSTEM INTRACTION) Silvy Juditya
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.335 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya Model Personalized System Intraction dengan menggunakan modul bergambar terhadap hasil keterampilan gerak dasar lay-up shoot. Metode penelitian yang digunakan adalah Praeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TEI A (Teknik Elektronika Industri) dan TEI B (Teknik Elektronika Industri) SMKN 1 CIMAHI yang berjumlah 73 orang. Sampel penelitian ini diambil dari populasi yang diberikan kuisioner gaya belajar, yaitu sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil dari expert judgment dari para ahli dan uji coba. Analisis dalam penelitian ini menggunakan perhitungan rumus uji non parametik jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) dengan hasil yang di dapat T (15)<  (81) maka  ditolak. Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre test sebesar 13,6 dan nilai rata-rata hasil post test sebesar 18,4. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Personalized System Intraction menggunakan media visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar lay up shoot kanan bola basket.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENCAK SILAT JURUS TUNGGAL TANGAN KOSONG MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL Nandy Fajar Gumelar
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1250.959 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1730

Abstract

Penelitian ini untuk Meningkatkan Teknik Jurus Tunggal Tangan Kosong Cabang Olahraga Pencak Silat dengan Media Audio Visual. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan. Populasinya adalah siswa SMK 1 Klari Karawang sedangkan sampel diambil sebanyak 13 siswa yang masih memiliki kekurangan dalam proses belajar keterampilan bela diri. Instrumen yang digunakan dalam jurus tunggal tangan kosong terdiri dari: kemantapan, penghayatan, stamina, dan urutan gerak. Analisis data awal sekitar 15% siswa berkriteria sedang dan 85% siswa yang masih berkriteria kurang dari 13 siswa diamati. Pengolahan data yang telah dilakukan adalah memperbaiki hasil latihan siswa atau teknik perbaikan jurus tunggal tangan kosong yang bisa ditentukan dari awal tes dan diakhiri pada siklus pertama meningkatkan hasil belajar siswa, dimana kenaikannya dari kelengkapan 15% menjadi kelengkapan 85%, dengan rata-rata nilai 75,00 pada tes awal menjadi nilai 78,75 pada siklus uji akhir I. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti mengemukakan saran yang ditujukan untuk perbaikan latihan selanjutnya. Adapun sarannya sebagai berikut: 1). Bagi pelatih untuk meningkatkan kemampuan melatihnya sehingga bisa menentukan alat media. 2). Bagi atlet untuk memperbaiki teknik jurus tunggal tangan kosong dalam olahraga Pencak Silat. 3). Untuk Sekolah Umum atau hasil penelitian ini dapat petibilitas sekolah negeri atau untuk mengembangkan metode pengajaran.
PENGARUH DAYUNG 200 M TERHADAP ASAM LAKTAT DALAM DARAH PADA ATLET PENGCAB PODSI KARAWANG Muhammad Arief Setiawan; Rhama Nurwansyah
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.962 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1763

Abstract

Pengaruh Dayung 200 M Terhadap Asam Laktat dalam Darah Pada Atlet Pengcab PODSI Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui kadar perubahan asam laktat dalam darah pada Atlet Dayung Nomor 200 M Pada Atlet Pengcab PODSI Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik korelasional... Dari hasil pemeriksaan kadar asam laktat dalam darah pada atlet dayung No 200 M Pengcab PODSI Kabupaten Karawang, dengan menggunakan alat Accutrend lactate, didapati kenaikan kadar asam laktatnya. Akan tetapi kenaikan yang di dapati tiap atlet berbeda-beda. Analisis hasil penelitian yang dikemukakan mencakup analisis tes awal untuk melihat Kadar asam laktat atlet dayung yang menjadi sampel penelitian. Analisis tes akhir untuk melihat perbedaan kemampuan setelah diberi perlakuan. Jadi jika dilihat dari rata-rata sampel sebelum dan sesudah diperoleh : 3,270 dan 6,300, kemudian standard deviasi sebelum dan sesudah : 0,049 dan 0,442. Nilai yang diperoleh p (p value) : 0,000 < ? = 0,05. Interprestasi : H0 ditolak artinya kadar asam lakat yang di ambil dari tes awal terdapat perbedaan yang signifikan peningkatannya dengan hasil tes akhir. Kesimpulannya data kadar asam laktat yang diperoleh dari hasil tes atlet dayung sebelum diberikan latihan meningkat signifikan dilihat dari hasil tes akhir setelah diberikan latihan kadar asam laktatnya meningkat. Dari hasil penelitian ini luaran yang ingin dicapai untuk saat ini sebagai bahan informasi bagi pelatih, dengan olahraga dayung 200 M, dapat meningkatkan kadar asam laktat dalam darah. Sehingga pelatih dapat memberikan dosis latihan yang tepat, sehingga tidak terjadi peningkatan kadar asam laktat dalam darah yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi performan atlet tersebut.
Meningkatkan Keterampilan Smash Tenis Meja dengan Pendekatan Taktis Billy Shadat Karta Sasmita
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.562 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1725

Abstract

Meningkatkan Keterampilan Smash Tenis Meja dengan Pendekatan Taktis. Penelitian ini berupa penelitian tindakan untuk meningkatkan keterampilan smash tenis meja siswa ekstrakulikuler tenis meja SD Negeri Pasirmulya II Kabupaten Karawang, dengan jumlah 20 siswa. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dalam latihan smash tenis meja ini menggunakan pendekatan taktis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa tes keterampilan smash; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan pendekatan taktis pada siklus I diperoleh hasil 70%  dengan jumlah 14 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM) dan 30% dengan jumlah 6 siswa yang belum mencapai criteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata mencapai 74 untuk forehand smash; dan 65% dengan jumlah 13 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dan 35% dengan jumlah 7 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 73 untuk backhand smash. Pada siklus II diperoleh hasil 85% dengan jumlah 17 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal dan 15% dengan jumlah 3 siswa yang belum mencapai criteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata mencapai 80 untuk forehand smash; dan 80% dengan jumlah 16 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimum dan 20% dengan jumlah 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 76 untuk backhand smash. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan taktis dapat meningkatan keterampilan smash tenis meja siswa ekstrakulikuler tenis meja SD Pasirmulya II Kabupaten Karawang.
PENGARUH MODEL PENDIDIKAN GERAK (MOVEMENT EDUCATION) TERHADAP HASIL PENILAIAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA SDN PINAYUNGAN V KABUPATEN KARAWANG Resty Gustiawati; Rekha Ratri Julianti
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1739.961 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1731

Abstract

       Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SDN Pinayungan V Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang.” Penelitian ini bertujuan  (1) Untuk mengetahui pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) terhadap  Kemampuan Kognitif Anak dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) terhadap Hasil Penilaian Kognitif Anak dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian  eksperimen, eksperimen adalah suatu cara untuk mengungkapkan suatu hubungan antara dua variabel atau lebih dan juga untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pinayungan V Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Jumlah siswa 40 orang yang terbagi menjadi 2 rombel. Kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas IIIB sebagai kelompok control berjumlah 20 siswa, perlakuan eksperimen akan dilakukan dalam satu rombel dan kelompok control satu rombel. Latar belakang dalam penelitian ini, belum maksimalnya model/ metode yang diterapkan oleh para guru penjas dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah sehingga menjadikan peserta didik kurang memaksimalkan aktivitas geraknya. Sehingga program penjas yang sudah ada di pandang kurang dapat mengembangankan pondasi yang lebih luas, sehingga peserta didik kurang mampu untuk mengembangkan keterampilan gerak melalui kemampuan kognitif dalam berbagai jenis pembelajaran gerak dalam permainan olahraga. Model pendidikan gerak ini, mengusulkan suatu kurikulum terpadu (integrated curriculum) yang mengajarkan pada siswa hubungan antara gerak yang dipelajari dalam berbagai kegiatan pendidikan jasmani. Perkembangan kognitif dipandang akan meningkat dalam model pendidikan gerak ini karena penerapan model yang memberikan kebebasan pada anak untuk bergerak sesuai dengan pola pikir dan kemampuan geraknya dari tugas gerak yang diberikan oleh guru dengan penjelasan verbal tanpa contoh gerakan dapat meningkatkan hasil penilaian kognitif pada siswa. Hasil penelitian dari analisis data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa kelas III SDN Pinayungan V, yaitu dengan t hitung 8.94 lebih besar dari t tabel yaitu 1.729. Pengaruh  model  pendidikan gerak terhadap hasil penilaian kognitif ditunjukkan dengan data yang pada kelas eksperimen yaitu data awal/ pretest yaitu 5.3 dan data akhir/ posttest sebesar 7.85 sehingga  peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen sebesar 3.15.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVICE ATAS BOLA VOLI DENGAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) Dede Hidayat
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.076 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan service atas bola voli dengan model  Team Game Tournament (TGT) pada Siswa SMP Negeri 1 Karawang Timur Kabupaten Karawang Tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah popoulasi 24 orang siswa yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dengan menggunakan model Kemmi Taggart yang terdiri dari prasiklus dan siklus I. Dalam latihan service atas bola voli ini menggunakan model Team Games Tournament untuk mencapai tujuan pembelajaran. Data dikumpulkan melalui pengamatan oleh observer, catatan lapangan dan dokumen nilai para siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model Team Game tournament (TGT) pada tes akhir siklus I diperoleh hasil 87,5% siswa yang tuntas dalam melakukan keterampilan service atas sedangkan 12,5 % siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengna model Team Game Tournament pembelajaran keterampilan service atas bola voli meningkat, dan siswa termotivasi serta aktif dalam mengitkuti proses pembelajaran service atas bola voli.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA BAGI SISWA SMP Ruslan Abdul Gani; Setio Nugroho; Rolly Afrinaldi
Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2518.372 KB) | DOI: 10.35706/speed.v1i2.1733

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu model pembelajaran Renang Gaya Dada untuk siswa kelas 1 Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model atau Research and Development (R&D). Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas 1 Sekolah Menengah Pertama, Telagasari. Uji efektifitas dari model pengembangan renang gaya dada ini menghasilkan t-Hitung 17.54 > t-tabel 2,02  dan Ha diterima, ini artinya model pembelajaran gaya dada yang baru lebih baik daripada model latihan yang lama. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Keterampilan Renang Gaya Dada Pada Siswa SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran serta meningkatkan keterampilan renang gaya dada. (2) Model pembelajaran renang gaya dada ini lebih efektif dan efesien sehingga membuat para siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran pendidikan jasmani.

Page 1 of 1 | Total Record : 10