cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Eduscience (JES)
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic Education, Biology Education, Civic Education, Science Education, Physics Education, and all about teaching and learning research. Reviewers will review any submitted paper. The review process employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)" : 10 Documents clear
PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN PADA MATERI PELAJARAN KEWARGANEGARAAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Junita Junita; Marlina Siregar
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.463 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1493

Abstract

Dalam penelitian ini ada kalanya peneliti menjadikan keseluruhan objek untuk diteliti. Sehingga penulis hanya mengambil sebahagian saja dari seluruh objek yang diteliti sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pengajaran remedial terhadap prestasi belajar kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan tahun pelajaran 2015/2016. Untuk mendapatkan jawaban pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian korelasi product moment dengan populasi berjumlah 278 orang dan sampel 48 orang dari banyak populasi yang ada di kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Maka untuk menguji kebenaran hipotesa teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik korelasi product moment adalah sebagai berikut: untuk mengetahui pengajaran remedial (variabel x) kewarganegaraan (variabel Y) tahun pelajaran 2015/2016, dilakukan uji korelasi rxy=0511, dengan jumlah responden= 40 orang, sedangkan tabel = 0,334, dengan harga rh>rt yaitu 0,511>0,334 sehingga koefisien korelasi x terhadap y (4,031>2,029), dengan demikian konstribusi dinyatakan dengan Ho= ditolak dan Ha= diterima, maka hipotesis dapat disimpulkan “ ada hubungan yang positif dan siginifikan anatar pengajaran remedial terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan.
THE EFFECT OF BRAINSTORMING METHOD ON THE STUDENTS’ READING SKILL IN ELEVENTH GRADE Elysa Rohayani; Mila Nirmala Sari Hasibuan
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.521 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1594

Abstract

This study aims to determine reading skill of students in Man Rantauprapat using a brainstorming method. The population in this study were all eleventh grade students of Man Rantauprapat. The sample were XI- IPA-2 And IPA-3 each of which 38 students. The method was used in this study is quasy experiment, data collection and multiple choice test. Data were analyzed using descriptive statistical analysis technique and t-test.Based on analyze data on experiment class for pre-test having average value is 75.92 and post test 34.47 increasing of 63.25% and standard deviation was 0.1365. in control class in pre-test is 35,13 and pot-test 68,68 and having increasing to be 50.88% with standard deviation is 0.1721. From the results of these classes of different test value at significant level α = 0.05 that is t-ccount = 3.475 and t-table = 1.668 by comparing between t-count > t-table or 3.475 > 1.668 it show that H0 is rejected and Ha is accepted and there is the effect of brianstorming method on the reading skill students’ in eleventh grade Student’s At Man RantauPrapat Academic Year 2019 is accepted and the result is show the highest score.
HUBUNGAN STATUS GIZI SISWI SMP DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP POLA SIKLUS MENSTRUASI Anggi Nadra Hanum Siregar; Dewi Karlina Rusly; Rizarullah Rizarullah
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.42 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1421

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa yang ditandai adanya perubahan fisik, psikis dan psikososial. Pada remaja putri, pubertas ditandai dengan permulaan menstruasi (menarche). Pada remaja putri dibutuhkan status gizi yang baik dalam membantu pertumbuhan remaja termasuk keteraturan siklus menstruasi. Remaja putri yang mengalami asupan gizi kurang atau lebih dapat menyebabkan gangguan fungsi reproduksi dan berdampak pada gangguan menstruasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan status gizi dengan siklus menstruasi pada remaja putri di SMP perkotaan dan pedesaan. Desain penelitian yaitu metode koleratif dengan rancangan cross sectional, populasi yaitu semua remaja putri yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel penelitian ini 120 responden termasuk 60 responden daerah pedesaan dan 60 responden dari daerah perkotaan yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner siklus menstruasi dan lembar obeservasi hasil pengukuran berat badan dan tinggi badan yang dilakukan. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square pada tingkat kemaknaan 95% (α ≤ 0,05), kemudian diperoleh dipedesaan dengan nilai p = 0.401 sedangkan diperkotaan dengan nilai p = 0.203. Ini berarti bahwa nilai p >α (0,05). Dengan demikian bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan siklus menstruasi pada remaja putri di remaja putri di SMP perkotaan dan pedesaan. Dan juga tidak ada perbedaan secara signifikan semua variabel. Saran untuk remaja putri agar lebih menjaga status gizi dan memelihara kesehatan reproduksi mereka agar siklus menstruasi mereka menjadi teratur.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MARBAU LABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Junita Junita; Rohana Rohana
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.862 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1494

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa yang di belajarkan dengan metode ceramah dengan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan metode Simulasi pada materi perlindungan dan penegakan HAM di kelas VII Negeri 2 Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara berjumlah 240 yang terdiri dari 6 kelas, yakni : kelas VII 1 = 37 orang, kelas VII 2 = 40 orang, kelas VII 3 = 40 orang, kelas VII 4 = 41 orang, kelas VII 5 = 41 orang. Maka jumlah total populasi = 240 orang siswa. Sampel yang di tetapkan sebagai kelas terkontrol yaitu kelas VII 2 = 40 orang dan kelas yang diberi perlakuan metode simulasi kelas VII 1 = 37 orang. Sampel yang di tetapkan sebagai kelas terkontrol yaitu kelas VII 1 = 37 orang dan kelas yang diberi perlakuan metode simulasi kelas VII 2 = 40 orang. Variabel penelitiannya yaitu : variabel bebasnya : metode simulasi dan variabel terikat : Hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Guided Discovery mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Guided Discovery sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
ANALISIS TENTANG PENGUTIPAN SKRIPSI MAHASISWA SEBAGAI ANTISIPASI PLAGIARISME DI STKIP NIAS SELATAN Agustinus Duha; Bimerdin Daely
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.038 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1443

Abstract

Seorang mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akademiknya, akan dihadapkan pada tugas akhir yang harus diselesaikannya yaitu menulis karya ilmiah (skripsi). Sehubungan dengan kegiatan menulis di atas maka mahasiswa dituntut untuk dapat menuangkan ide-idenya secara logis dan rasional. Dalam merangkai ide yang ilmiah maka harus mampu menggunakan bahasa sebagai medianya untuk mengaktualisasikan gagasannya tersebut. Ketika seorang mahasiswa tidak memiliki kemampuan pada aspek di atas maka akan muncul ide untuk mencari referen dari mana saja yang penting ada sehingga tidak terhindarkan dari tindakan menyimpang dalam mengutip pendapat orang lain dan menjadikanya sebagai pendapatnya atau melakukan tindakan plagiarisme. Setelah dilakukan analisis, permasalahan yang terdapat pada skripsi yang dijadikan sampel penelitian kurang lebih sama. Yang membedakannya adalah persentasenya. Misalnya skripsi a.n. Derisman Bawamenewi dengan Similarity Found: 33%, skripsi Eldison dengan Similarity Found: 25%, skripsi Ernimawati Gulo dengan Similarity Found: 21%, skripsi Etika Halawa Similarity Found: 54%, skripsi Gakhimi Wau Similarity Found: 27%, skripsi Intan H. Laia Similarity Found: 23%, skripsi Nur Kaidah Dachi Similarity Found: 30%, skripsi Reminis Cere Hia Similarity Found: 43%, skripsi Salua B. Gowasa Similarity Found: 20%, skripsi Report Suci Hati Buulolo Similarity Found: 21%, Sinjo Bu’ulolo Bab I-III Similarity Found: 60% dan Bab 4-5 Similarity Found: 11%, Wenihati Gaurifa Similarity Found Bab I: 7%, Bab II: 80%, Bab III: 14%, Bab IV: 7%, Bab V: 4%, Yustina Novewati Bu’ulolo Bab I-III Similarity Found: 56% dan Bab 4-5 Similarity Found: 14%. Hendaknya mahasiswa secara aktif dan mandiri dalam mengembangkan wawasan, ide yang logis, dan pengetahuan serta berkontribusi positif melalui sumbangsih pemikiran dalam dunia pendidikan, sehingga tidak tergantung pada skripsi yang sudah dibuat sebelumnya; Hendaknya dalam penulisan skripsi mahasiswa memahami bagaimana merujuk dan mengutip sesuai dengan Panduan Penulisan Skripsi (PPS) yang dimiliki oleh STKIP Nias Selatan; Penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar atau pedoman penelitian yang hasilnya dapat disempurnakan maupun dikembangkan sesuai dengan dinamisasi perubahan paradigma pendidikan di Indonesia.
PEMBELAJARAN ANALOGI UNTUK MEMBENTUK SIKAP DAN MORAL SISWA PADA KONSEP LOGIKA MATEMATIKA Rizki Putri Yolanda Ritonga; Lily Rohanita Hasibuan
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.154 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1533

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar perilaku siswa masih belum mencerminkan sikap dan moral yang baik. Sikap dan moral di SMA Negeri 2 Bilah Hulu hanya disampaikan oleh guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama, sedangkan untuk mata pelajaran yang lainnya guru lebih berfokus pada penyampaian materi dibandingkan penanaman nilai sikap dan moral kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk sikap dan moral siswa setelah diberikan pembelajaran analogi pada konsep logika matematika di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Bilah Hulu pada semester genap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi sikap dan moral siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskiptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase rata-rata sikap dan moral siswa pada pertemuan I  sebesar 41,55%, pada pertemuan II sebesar 60,44%, pada pertemuan III sebesar 77,99%, dan pada pertemuan IV sebesar 85,75%. Persentase sikap dan moral siswa tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada tiap pertemuan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran analogi dapat membentuk sikap dan moral siswa.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KEGIATAN SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP NIAS SELATAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 Merri Christina Zalukhu; Ujianhati Zega
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.131 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1446

Abstract

Kesalahan-kesalahan berbahasa masih ditemukan khususnya pada forum seminar proposal penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nias Selatan. Dalam kegiatan seminar proposal penelitian mahasiswa sering menggunakan tuturan yang berulang-ulang bahkan kadang menggunakan tuturan yang sehrusnya tidak perlu diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa lisan dalam bentuk kesalahan penghilangan (omission), kesalahan penambahan (addition), kesalahan formasi (misformation), dan kesalahan susun (misordering) dalam kegiatan seminar proposal penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun akademik 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang diuji pada seminar proposal penelitian pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nias Selatan Tahun Akademik 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang diawali dengan metode rekam dan dilanjutkan dengan transkripsi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Target akhir tingkat kesiapan teknologi adalah 2. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh penutur adalah kesalahan penambahan kata atau frase (52). Sedangkan kesalahan yang paling sedikit terjadi adalah kesalahan penghilangan kata atau frase (24). Selain itu, ditemukan bahwa hampir pada setiap tuturan yang diucapkan oleh mahasiswa peserta seminar terdapat minimal satu jenis kesalahan. Tuturan yang di dalamnya terdapat keempat jenis kesalahan berjumlah 10 kalimat. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa yang diuji pada seminar proposal penelitian masih belum mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Mahasiswa masih sering menambahkan kata/frase/klausa yang seyogianya tidak perlu ditambahkan sehingga makna kalimat bagi penutur dan atau pendengar tidak jelas (samar). Hal ini berdampak pada makna wacana secara keseluruhan. Peneliti menyarankan: (1) tenaga pendidik secara khusus pada program studi Bahasa dan Sastra Indonesia harus memberikan perhatian khusus pada penanaman cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar pada setiap proses pembelajaran; (2) mahasiswa khususnya pada program studi Bahasa dan Sastra Indonesia harus selalu belajar dan berlatih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama pada situasi formal.
PENGARUH SUHU TERHADAP DERAJAT PENETASAN TELUR IKAN MASKOKI Carassius auratus (Linnaeus, 1758) Helentina Mariance Manullang
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.706 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap derajat penetasan telur ikan maskoki Carassius auratus (Linnaeus, 1758), dan untuk mengetahui suhu terbaik yang menghasilkan derajat penetasan tertinggi ikan maskoki. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Basah Fakultas Perikanan Universitas Dharmawangsa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap dengan 4 taraf perlakuan dan 3 ulanagan. Berdasarkan hasil analisis variansi diperoleh bahwa perlakuan suhu memberikan pengaruh sangat nyata terhadap derajat penetasan telur ikan maskoki. Hasil analisis variansi menunjukkan bahwa perlakuan suhu berpengaruh sangat nyata (Highly Significant),  terhadap derajat penetasan ikan mas koki.  Berdasarkan Uji Least Significant Difference (LSD), perlakuan terbaik adalah suhu 30 o C dengan derajat penetasan sebesar 93,67%.
ANALISIS TERHADAP MAHASISWA PRODI PPKN STKIP LABUHANBATU DALAM STUDI KASUS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN DAN APLIKASINYA PADA PENERAPAN KARAKARTER GEMAR MEMBACA Rohana Rohana; Mila Nirmala Sari Hasibuan; Elysa Rohayani; Siti Zahara Saragih
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.855 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1588

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan karakter pada kalangan mahasiswaPPKn STKIP Labuhanbatu, pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berfikir dan berprilakusehingga mereka mampu berfikir sehingga mereka mampu hidup dan bekerjasama dengan keluarga,masyarakat dan Negara. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat di perlukan dalamkehidupan, nilai – nilai karakter bukan hanya di jumpai di lingkungan pendidikan tapi juga di dapat dilingkungan sekitar, dalam hal ini perpustakaan menjadi salah satu wadah yang dapat mengukurtingkat karakter mahasiswa,adapun karakter yang di analisis di sini adalah gemar membaca, adapunobjek yang di analisis dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Labuhanbatu khususnya prodiPPKN,lokasi penelitian di perpustakaan yayasan universitas labuhanbatu,jenis penelitian kualitatif,teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara, teknik analisa data di lakukandengan langkah reduksi data adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa STKIPLabuhanbatu khususnya prodi PPKN memiliki tingkat karakter yang baik ini dapat di lihat dari hasilangket.
ANALISIS PERJANJIAN KESEPAKATAN MASYARAKAT MENGENAI PENCURIAN BUAH KELAPA SAWIT DITINJAU DARI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2 TAHUN 2012 (Studi Kasus di Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara) Denni Maruli Sitompul; Muhammad Khoirul Ritonga; Toni Toni
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.018 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i2.1417

Abstract

Penelitian Ini membahas tentang analisis penjanjian kesepakatan masyarakat mengenai pencurian buah kelapa sawit ditinjau dari peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2012 ( studi kasus di desa Bandar Selamat kecamatn Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu ), fokus penelitian melihat pada kedudukan perjanjian kesepakatan masyarakat tentang pencurian buah kelapa sawit, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, data diperoleh melalui hasil angket , tes wawancara dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah perjanjian kesepakatan masyarakat mengenai pencurian buah kelapa sawit di Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu tidak berkekuatan hukum dan sangat bertentangan dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2012 karena didalam peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2012 sudah diatur dalam BAB II pasal 3 mengenai tentang Denda dan didalam Perjanjian Kesepakatan masyarakat terdapat didalamnya mengenai tentang Denda yang melebihi Batas yang sudah di atur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor Tahun 2012 yaitu 1.000.000,00 (satu juta rupiah) per janjang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 6 (2025): IN PRESS Vol 12, No 5 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 4 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia, Thailand, and Indonesia) Vol 12, No 3 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from United Kingdom, Nigeria, and Indonesia) Vol 12, No 1 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Philippines, Thailand, and Indonesia) Vol 11, No 3 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Hungary, South Africa, Malaysia, and Ind Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, India, and Indonesia) Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria and Indonesia) Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Turkey, Malaysia, Algeria, Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia) Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Eduscience (JES) More Issue