cover
Contact Name
Idul Hanzah Alid
Contact Email
idoel@undaris.ac.id
Phone
+622476911929
Journal Mail Official
bisecer@undaris.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDARIS Jl. Tentara Pelajar No. 13 Ungaran 50514
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
BISECER (Business Economic Entrepreneurship)
ISSN : 25993097     EISSN : 27149986     DOI : 10.61689
Core Subject : Economy, Social,
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) Ungaran, Kabupaten Semarang. Jurnal ini mempublikasikan dua kali dalam satu tahun, setiap bulan Januari dan Juli. Jurnal ini dimaksudkan untuk menjadi jurnal ilmiah yang menerbitkan penelitian dan karya yang berkualitas tinggi. Dalam rangka menjamin jangkauan yang lebih luas dalam skala global, jurnal ini membuka peluang bagi siapa saja, peneliti, akademisi, praktisi dan mahasiswa dari seluruh dunia untuk menerbitkan manuskrip terbaik mereka dalam jurnal ini.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS TOKO ARSADA DI BERGAS) Sukma, Fitalia Kiranti; Nurmiyati, Nurmiyati; Rakhman, Muhammad Arif
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.584

Abstract

Toko Arsada merupakan salah satu usaha dagang didaerah Bergas yang bergerak dibidang usaha pakaian. Perkembangan Toko Arsada yang mengalami fluktuasi atau kenaikan dan penurunan diduga dikarenakan oleh harga yang kurang terjangkau, promosi yang jarang dilakukan dan kualitas pelayanan yang kurang memuaskan kosumen, sehingga berpengaruh terhadap volume penjualan di Toko Arsada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel   menggunakan   purposive    sampling    dengan    jumlah    sampel diperoleh sebanyak 96 responden merujuk pada rumus alternative formula Lesmeshow. Berdasarkan analisa perhitungan yang telah dilakukan, variabel harga memiliki t hitung (2.745) > t tabel (1.986) dengan tingkat signifikansi 0.007 < 0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel harga terhadap volume penjualan. Variabel promosi memiliki t hitung (4.270) > t tabel (1.986) dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel promosi terhadap volume penjualan. Variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung (3.881) > t tabel (1.986) dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap volume penjualan. Hasil statistik uji F diperoleh nilai F hitung 203,077 > 2,70 yang artinya terdapat pengaruh simultan antara variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap volume.
PENGARUH BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK PELANGI PADA KONSUMEN KELURAHAN PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG Chasanah, Isna Imroatun; Ayu, Pitaloka Dharma; Suryatama, Fajar
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.594

Abstract

Masyarakat terutama di kota- kota besar tidak bisa lagi lepas dari air minum dalam kemasan (AMDK), pasar terus meningkat seiring bertumbuhnya jumlah penduduk di Indonesia. Tingginya akan permintaan air bersih, dan rendahnya hambatan untuk memasuki industri AMDK telah mengakibatkan persaingan antar industri AMDK, salah satu AMDK dari Kabupaten Semarang yaitu AMDK pelangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Kelurahan Pudak Payung Kota Semarang.Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana, korelasi berganda, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image tidak mempunyai hubungan terhadap keputusan pembelian mempunyai nilai t hitung 1,756 < t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,082 > 0,05 dari dalam penelitian ini Ha ditolak dan Ho diterima artinya variabel brand image tidak berpengaruh signifikan. Word of mouth mempunyai nilai t hitung 6,792 > t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dari dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel word of mouth berpengaruh dan signifikan. Kualitas produk mempunyai nilai t hitung 6,793 > t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dari dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak artinya variabel kualitas produk berpengaruh dan signifikan. Nilai F hitung sebesar 118,036 > 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dengan hasil tersebut, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Haditerima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel brand image, word of mouth dan kualitas produk secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci : Brand image, word of mouth, kualitas produk dan keputusan pembelian
PENGARUH PUNISHMENT KERJA, KOORDINASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN DEPARTEMEN SEWING PROSES 1 DI PT. HOP LUN INDONESIA Mardhiana, Mila; Rahayu, Sri; Suryatama, Fajar
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.590

Abstract

Produktivitas merupakan hal yang sangat penting untuk ditingkatkan karena akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan perusahaan. Perusahaan telah memberikan sarana dan prasarana akan tetapi pada kenyataannya banyak karyawan yang tidak dapat mencapai produktivitas kerja karena terdapat beberapa kendala. Kurangnya pemahaman karyawan terhadap tata tertib perusahaan dan kurangnya komunikasi karyawan dengan karyawan maupun dengan rekan kerja serta Karyawan yang sering berpindah-pindah proses yang menjadikan karyawan tidak nyaman karena adanya sistem mutasi karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Punishment Kerja, Koordinasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Departemen Sewing Proses 1 di PT. Hop Lun Indonesia. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi seluruh karyawan departemen sewing proses 1 di PT. Hop Lun Indonesia berjumlah 160 karyawan dan sampel 114 karyawan yang menggunakan teknik probability sampling. Program pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 dengan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana & berganda, analisis regresi sederhana & berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial Punishment Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, secara parsial Koordinasi Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, secara parsial Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja. Secara simultan Punishment Kerja, Koordinasi Kerja dan Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Departemen Sewing Proses 1 di PT. Hop Lun Indonesia.Kata kunci : Punishment Kerja, Koordinasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Produktivitas Kerja
PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL, SIKAP DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN CV.SUSU SEDNUNIA SEMARANG Azizah, Nur; Rakhman, Muhammad Arif; Rahayu, Sri
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.591

Abstract

Sumber daya manusia merupakan bagian penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Melalui sumber daya manusia, kegiatan-kegiatan yang ada didalam sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik. Dalam pencapaian tujuan perusahaan tersebut, perusahaan juga memerlukan produktivitas kerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Digital, Sikap dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan CV. Susu Sedunia Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif explanatory asosiatif dengan teknik pengambilan data kuesioner. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh karyawan CV. Susu Sedunia Semarang. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi,, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Kompetensi Digital berpengaruh secara parsial terhadap Produktivitas Kerja, Sikap berpengaruh parsial terhadap Produktivitas, namun Motivasi tidak berpengaruh parsial terhadap Produktivitas Kerja. Secara simultan Kompetensi Digital, Sikap dan Motivasi berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja Karyawan CV.Susu Sedunia.Kata kunci: Kompetensi Digital, Sikap, Motivasi dan Produktivitas Kerja
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG BERBASIS SMART CITY yuliani, lisa; woyanti, nenik
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.551

Abstract

Smart city Magelang City aims to provide services for the community effectively and efficiently. However, in its implementation, it experienced problems related to public services and community participation. The purpose of this study is to find out the solutions, innovations of the Magelang City government in public services, and E-community participation. This research applies a qualitative descriptive analysis approach. Primary data are obtained from competent experts from the Communication, Information and Statistics Service. Secondary data is obtained from DataGo and the Central Statistics Agency (BPS).The results of the study show the innovation of the Communication, Informatics, and Statistics Office of Magelang City to created Magelang Cerdas application that can facilitate the community in providing public services and free wifi services. The solution to the problem is to socialize to the community in smart city-based public services and make people technologically literate. The strategy recommendations are to strengthen cooperation between OPD, encourage people to participate in smart city-based public service policies, optimize the response of community aspirations and expand socialization of policies by means of social media, electronic media and direct socialization.  Keywords: Smart City, Public, Technology, Government agencies
PENGARUH PROMOSI, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. NATURAL NUSANTARA Trisna, Yulia; Suryatama, Fajar; Handriani, Eka
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.592

Abstract

Promosi merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan perusahaan dalam pemasaran. Kurangnya promosi yang dilakukan oleh mitra-mitra PT. Natural Nusantara sehingga menyebabkan turunnya volume penjualan. Dengan harga produk PT. Natural Nusantara memang terkesan mahal dibanding dengan perusahaan lainnya. Customer sebelum melakukan pembelian, kebanyakan terlebih dahulu memperhatikan harga yang ditawarkan. Harga sering dijadikan parameter dalam melakukan pembelian. Namun dalam kualitas pelayanan Stockist PT.Natural Nusantara masih kurang. Karena di Stockist PT.Natural Nusantara tidak ada customer service, jadi untuk pelayanannya sangat kurang. Kualitas pelayanan merupakan isu krusial bagi setiap perusahaan, apapun bentuk produk yang dihasilkan. Faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian : 1) Pengenalan masalah, 2) Pencarian informasi, 3) Evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif . Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen stockist PT.Natural Nusantara dengan jumlah populasi sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisa sperhitungan yang telah dilakukan, variabel Promosi (X1) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,631 yang berada dalam kategori “kuat’’. Promosi (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai regresi sebesar 0,430 dan mempunyai nilai t hitung sebesar 8.501 > t tabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan bernilai positif. Artinya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga(X2) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,708 yang berada dalam kategori “kuat’’. Harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai regresi sebesar 1.013 mempunyai nilai t hitung sebesar 9.931 > t tabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan bernilai positif. Artinya harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan pelayanan (X3) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,562 yang berada dalam kategori “sedang’’. Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai regresi sebesar 0,694. Mempunyainilai t hitung sebesar 6.729 > t tabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan bernilai positif. Artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil statistic uji F diperoleh nilai Fhitung 53.778 >  nilai  F tabel2.70. Dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 secara simultan atau bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci      : Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
ANALISIS DETERMINAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU JAWA TAHUN 2015-2022 Pasoman, Pasoman; Maria, Nugroho Sumarjiyanto Benedictus
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.560

Abstract

Indonesia adalah salah satu dari negara berkembang yang meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan terus melakukan pembangunan. Namun proses dan kebutuhan pembangunan yang dilakukan di setiap daerah berbeda. Ketimpangan pendapatan di Indonesia terkonsentrasi di provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Jumlah Penduduk (JP), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Upah Minimum Provinsi (UMP) terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa Tahun 2015-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel Fixed Effect Model. Hasil analisis pendeteksian statistik dalam penelitian ini mengidentifikasi bahwa secara parsial variabel PDRB dan jumlah penduduk tidak berkolerasi secara signifikan dengan ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa. Variabel pengangguran dan IPM memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di pulau Jawa. Variabel upah minimum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa. Secara simultan PDRB, jumlah penduduk, pengangguran, IPM, dan upah minimum berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Jawa 2015-2022.
PENGARUH FASILITAS KERJA, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN CV. AGROSARI MARGOSARI FARM KABUPATEN KENDAL Putra, Yulias Cahya; Supraptini, Nunuk; Suryatama, Fajar
BISECER (Business Economic Entrepreneurship) Vol 7, No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/bisecer.v7i2.593

Abstract

Sumber Daya Manusia berperan aktif dalam segala proses yang ada di perusahaan ataupun organisasi, karena manusia menjadi perencana dan menjadi penentu terwujudnya tujuan organisasi. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan telur untuk pemenuhan konsumsi protein, semakin memantapkan CV. Agrosari Farm sebagai perusahaan yang menyediakan telur lokal dengan harga terjangkau dan mutu terjamin. Produktivitas karyawan merupakan masalah yang tidak lepas dari kehidupan organisasi atau perusahaan, karena produktivitas digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pencapaian tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja, karakteristik individu dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di CV. Agrosari Margosari Farm Kabupaten Kendal.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan: 1. uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, 2. uji kolerasi terdiri dari kolerasai sederhana dan kolerasi berganda, 3. uji regresi terdiri dari regresi sederhana dan regresi berganda, 4. uji determinasi, 5. uji t, 6. uji FHasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fasilitas kerja secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, karakteristik individu secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan kepuasan kerja secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Fasilitas kerja, karakteristik individu dan kepuasan kerja secara bersamaan berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di CV. Agrosari Margosari Farm Kabupaten Kendal.Kata Kunci : Fasilitas Kerja, Karakteristik Individu, Kepuasan Kerja, dan Produktivitas Kerja Karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 8