cover
Contact Name
Tetep
Contact Email
tevs_gaya@yahoo.co.id
Phone
+628973170949
Journal Mail Official
jurnalcss@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
Jalan Pahlawan Sukagalih no.32 Tarogong Kidul, Garut
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Civics and Social Studies
ISSN : 26557304     EISSN : 26558963     DOI : https://doi.org/10.31980
Core Subject :
Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial Serumpun 8. Inovasi Pembelajaran 9. Pedagogik 10. Pendidikan Karakter 11. Multicultural Issues 12. Kajian Gender 13. Multimedia Pembelajaran IPS 14. Kajian Budaya
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020" : 11 Documents clear
STRATEGI MENGHADAPI GERAKAN ISIS DAN ANCAMAN KEAMANAN DI INDONESIA Abdul Ghafur Santuso; Eiliyah Rifaini; Depict Pristine Adi
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.246

Abstract

Penulisan karya ilmiah inimengkaji tentang Strategi dalam menghadapi gerakan ISIS dan ancaman keamanan dunia di indonesia. ISIS (Islamic State of Iraq and Syiria) merupakan salah satu kelompok yang menggunakan berbagai macam cara untuk menegakkan negara baru dan juga berkembang di negara iraq dan syiria dan mengekspansi kekuasaannya ke penjuru dunia, dengan cara berjihad menegakkan hukum syariah. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan dan memahami Strategi dalam menghadapi gerakan ISIS dan ancaman keamanan di Indinesia. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library research) dimana penulisan mengumpulkan informasi yang relevan dengan masalah yang menjadi objek studi penelitian. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa strategi menghadapi gerakan ISIS karena ISIS sangat bertentangan dengan watak Islam yang mengedepankan perdamaian telah menjadi kewajiban pemerintah untuk menjaga negara dan setiap warga negara dari bahaya segala ancaman. dan salah satu strateginya yakni seperti program yang telah dibuat oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), pengamanan ideologi. Dan juga Strategi Kerja SamaNegara-negara yakni di Asia Tenggara yakni deradikalisasi yang mengutamakan pendekatan lunak (soft approaches), dengan memasukkan unsur media, kebudayaan, edukasi, dan agama dengan tujuan untuk menjelaskan kondisi obyektif organisasi ISIS sebagai organisasi teror yang mengancam kesemalatan manusia.
Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa PPKN Melalui Mata Kuliah Kewirausahaan Neneng Rika Jazilatul Kholidah
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.247

Abstract

Semakin bertambahnya lulusan sarjana akan semakin ketat persaingan dalam mencari pekerjaan serta kurangnya lapanga pekerjaan akan menambah jumlah daftar pengangguran. Menjadi penggangguran adalah sesuatu hal yang tidak banyak orang lain inginkan, karena selain merugikan diri sendiri juga tidak bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa pada progam studi PPKN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Infoman sejumlah 25 mahasisa yang sudah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi mampu menumbuhkan jiwa entrepreneur dengan cara menanamkan pengetahuan dan minat dalam berwirausaha, menumbuhkan kepercayaan diri dan keterampilan dalam berwirausaha, meningkatkan motivasi untuk menjadi young entrepreneur.
PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2019 DI DESA KENDALSEWU-TARIK-SIDOARJO Medyana Endria Novitasari; Suhartono
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.248

Abstract

Landasan dari penelitian ini ialah kurangnya pengetahuan politik pemuda Desa Kendalsewu tentang pemilihan umum (Pemilu). kebanyakan dari mereka adalah pemilih pemula dengan pendidikan politik rendah dan mendominasi jumlah partisipasi politik di tingkat nasional. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden di Desa Kendalsewu pada tahun 2019? 2) Apa faktor yang mempengaruhi partisipasi pemilih pemula dalam pelaksanaan Pemilu presiden dan wakil presiden di Desa Kendalsewu pada tahun 2019? 3) Upaya apasajakah yang sudah dilakukan oleh KPPS untuk meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden di Desa Kendalsewu di masa depan?. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi politik pemilih pemula di Desa Kendalsewu adalah 84,8% atau dari 132 pemilih pemula ada 112 atau 12,8% yang datang ke TPS dan memberikan hak suara mereka. Faktor-faktor yang mendorong pemilih pemula berpartisipasi dalam pemilu diantaranya kesadaran pemilih pemula, motivasi dari orang tua,pendidikan dan Teknologi. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya; tidak ada undangan (C6) dan adanya kesibukan pribadi. Upaya yang dilakukan KPPS dalam meningkatkan partisipasi politik adalah memberikan sosialisasi khusus kepada pemilih pemula dan memberikan pendidikan politik.
KAJIAN ANALISIS EFISIENSI INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION FREE APPROACH RAHADIAN A. HAMDANI
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.249

Abstract

Industri keuangan dan perbankan di wilayah ASEAN akan diintegrasikan mulai tahun 2020 yang merupakan kesepakatan antar negara ASEAN dalam pemberlakuan pasar ASEAN Economic Community (AEC). Bankbank yang saat ini beroperasi di seluruh negara ASEAN haras lebih meningkatkan faktor efisiensi karena hanya bank yang efisienlah yang dapat bersaing dalam pasar bebas. Industri perbankan Indonesia sampai saat ini masih memiliki masalah dalam hal efisiensi. Rata-rata rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) masih tinggi yaitu 81,49% per Desember 2017. Rasio Net Interest Margin (NIM) masih di atas lima persen (5,39%) per Desember 2017. Rasio NIM tersebut masih jauh di atas rata-rata rasio NIM di lima negara besar ASEAN yang berada pada kisaran angka 50 persen dan 3,5 persen.
THE EFFECT OF USE MODEL MAKE A MATCH & PICTURE AND PICTURE AND STUDY LEARNING STYLE ON LEARNING RESULTS OF SOCIAL KNOWLEDGE CLASS II CLUSTER XI CIBINONG-BOGOR Ajat Sudrajat; Marfuah Darojat
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.250

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang belajar menggunakan model make a match dan picture and picture; perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik; dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecenderungan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPS. Penelitian dilakukan di Gugus XI Kecamatan Cibinong dengan sampel peserta didik kelas II SDN Ciriung 02 yang berjumlah 78 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Saphiro Wilk untuk menguji normalitas data dan Uji Bartlett untuk menguji homogenitas data. Setelah itu dilakukan analisis varians (ANOVA) dua jalur untuk menguji perbedaan nilai rata-rata antar kelompok yang dilanjutkan uji Tukey HSD untuk melihat interaksi kelompok dengan mengacu pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan model kooperatif make a match dan picture and picture dengan signifikansi sebesar 0,000; terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan signifikansi sebesar 0,001; dan tidak terdapat pengaruh interaksi langsung antara penggunaan model dan kecenderungan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPS. Hal tersebut ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,535.
PENDIDIKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA REMAJA PERKOTAAN Mardan Umar; Mona Fatnia Mamonto; Ismail Usman
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan khususnya pada Bikers Subuhan Manado. Masalah penelitian yang dikemukakan adalah bagaimana upaya pendidikan nilai-nilai Islam pada Bikers Subuhan Manado, program-program yang dilaksanakan serta faktor-faktor apa yang berpengaruh dalam pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan khususnya pada Bikers Subuhan Manado dilakukan dengan kegiatan subuh berjamaah dari masjid ke masjid, kajian agama Islam, dan kegiatan bersih-bersih masjid. Implementasi program kegiatan Bikers Subuhan Manado bertujuan untuk menambah wawasan remaja tentang nilai-nilai Islam, meningkatkan ibadah, tanpa meninggalkan hobi seperti berkumpul dan mengendarai motor. Faktor pendukung kegiatan pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan yaitu ciri khas konsep dan pendekatan pembinaan remaja, adanya media sosial sebagai sarana sosialisasi program dan wadah eksistensi remaja serta dukungan dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor psikologis remaja dan dukungan dana kegiatan.
LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR DI ERA GLOBALISASI Rohimat Nurhasan; Syamsu Yusuf
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.252

Abstract

Artikel ini menyajikan upaya untuk memodelkan keterkaitan antara motivasi siswa dalam lingkungan pendidikan terintegrasi menggunakan beberapa indikator evaluasi empiris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi empiris. Telaah mendalam secara kualitatif dari hasil beberapa penelitian digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang lingkungan pendidikan keterkaitannya dengan motivasi belajar siswa. Ditemukan hubungan antara lingkungan pendidikan dengan motivasi belajar siswa. Peran orang tua, kepekaan, komunikasi dan kepercayaan dapat meningkatkan motivasi belajar.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA Lutfi Asy’ari
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran investigasi kelompok Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang dapat meningkatkan kepekaan sosial siswa.. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah guru IPS dan siswa kelas delapan pada dua belas SMP di 12 kecamatan wilayah Kabupaten Garut. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi, studi dokumentasi, wawancara dan skala sikap. Data dianalisis dengan menggunakan Pearson Product-Moment Correlation, Cronbach’s Alpha (α), Kolmogorov-Smirnov Test, Lavene test, t-test, uji Wilcoxon, dan Uji mann Whitney. Hasil Uji Validasi menunjukkan skor gain kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor gain kelompok kontrol pada SMP kategori baik., cukup dan kurang. Temuan ini menghasilkan kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (MPIK) sebagai model hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa. Hal ini didukung oleh faktor: (a) desain model yang memberikan gambaran yang secara jelas tentang skenario pembelajaran; (b) implementasi pembelajaran yang berbasis dinamika kelompok; dan (c) lebih mengutamakan evaluasi berbasis sikap.
THE EFFECTIVENESS OF CIVIC EDUCATION ONLINE LEARNING ON THE LEARNING PARTICIPATION OF STUDENTS IN GARUT Hilma Halimatus Sadiah; Tetep
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.254

Abstract

Pembelajaran abad 21 menimbulkan paradigma pendidikan yang di tandai dengan perbedaan orientasi belajar, dimana harus ada suatu interaksi edukatif antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini tujuan pokok yang penulis kaji merupakan partisipasi belajar peserta didik dan pembelajaran PPKn berbasis daring serta efektivitas pembelajaran PPKn berbasis daring terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMAN 11 Garut. Dengan adanya permasalahan partisipasi belajar peserta didik dalam Pembelajaran PPKn serta proses pembelajaran yang tidak memungkinkan dilaksanakan di sekolah karena adanya pembatasan fisik (physical distancing), maka metode pembelajaran PPKn berbasis daring sesuai batasan dan kemampuan guru dan peserta didik dengan menggunakan media komunikasi yang ada seperti menggunakan WhatsApp, Google Classroom, Zoom Meeting dan sebagainya yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif pada kelas X, dan dianalisis berdasarkan statistik. Hasil analisis data uji menggunakan uji t dengan (Ha) penelitian di terima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran PPKn berbasis daring terhadap partisipasi belajar peserta didik. Uji koefisien korelasi memiliki hubungan yang signifikan dengan (r) = 0,639 artinya tingkat hubungan kedua variabel “Kuat”. Koefisien determinasi (d) = 40,8% dapat dikatakan bahwa pembelajaran PPKn berbasis daring ini memiliki pengaruh terhadap partisipasi belajar peserta didik sebesar 40,8% sisanya 59,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran PPKn dengan metode pembelajaran berbasis daring efektif terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMAN 11 Garut.
ENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE KOKO
Journal Civics And Social Studies Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/journalcss.v4i1.255

Abstract

enelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative Learning tipe take and Give dalam meningkatkan partispasi siswa dalam materi Otonomi Daerah di kelas IX E SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (action reseach) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas pendidik. Hasil penelitian siklus kesatu, nilai aktivitas atau partisipasi peserta didik dalam pembelajaran sebesar 80,30%, sedangkan pada siklus kedua sebesar 96,97%. Dengan demikian telah terjadi peningkatan nilai aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran sebesar 16,67%. Kesimpulan penelitian ini dapat dirumuskan bahwa penerapan model cooperative learning tipe take and give dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran pada materi Otonomi Daerah di kelas IX E SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 1 (2025): Vol 9 No 1 tahun 2025 Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Civicos Vol 8 No 2 Tahun 2024 Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Civicos Vol 8 No 1 Tahun 2024 Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Civicos Vol 7 No 2 Tahun 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Civicos Vol 7 No 1 Tahun 2023 Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 no 1 Tahun 2023 Vol 6, No 2 (2022): Vol 6 No 2 Tahun 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Civicos Vol 6 No 2 Tahun 2022 Vol 6, No 1 (2022): Vol 6 no 1 Tahun 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): Jurnal Civicos Vol 6 No 1 Tahun 2022 Vol 5, No 2 (2021): Volume 5 No 2 Tahun 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Civicos Vol 5 No 2 Tahun 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Civicos Vol 5 No 1 Tahun 2021 Vol 5, No 1 (2021): Volume 5 no 1 Tahun 2021 Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 2 Tahun 2020 Vol 4, No 2 (2020): Call Paper Vol 4 no 2 Desember 2020 Vol 4, No 1 (2020): Call Paper Vol 4 No 1 Juni 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020 Vol 3, No 2 (2019): vol 3 nomor 2 tahun 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Civicos Vol 3 No 2 Tahun 2019 Vol 3, No 1 (2019): vol 3 nomor 1 tahun 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Civicos Vol 3 No 1 Tahun 2019 Vol 2, No 2 (2018): Journal CSS Vol 2 No 2 Tahun 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): Jurnal Civicos Vol 2 No 2 Tahun 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Civicos Vol 2 No 1 Tahun 2018 Vol 2, No 1 (2018): Journal CSS Vol 2 No 1 Tahun 2018 Vol 1, No 1 (2017): Journal CSS VOL 1 NO 1 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Civicos Vol 1 No 1 Tahun 2017 More Issue