Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika maupun bidang matematika, secara spesifik berupa: (1) Matematika; (2) Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika; (3)Penilaian dan Evaluasi dalam pembelajaran Matematika; (4) Pengembangan Profesional Guru Matematika; (5) Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika; (6)Desain Didaktis dalam Pembelajaran Matematika.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021"
:
9 Documents
clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI OPERASI VEKTOR
Maria J Jaiman;
Indira Krisanti Lengkong;
Samuel Igo Leton
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1358
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi vektor melaui pendekatan reciprocal teaching. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik Kelas X IPA SMA Santa Angela Atambua yang berjumlah 12 orang. Dalam mengumpulkan data, peniliti menggunakan beberapa instrumen, antara lain: lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran; lembar penilaian respons peserta didik, dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil analisis data pada siklus 1, menunjukkan bahwa secara umum terdapat peningkatan hasil belajar siswa walaupun peningkatan tersebut dalam kategori rendah (nilai N-gain = 0,283); Kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori cukup baik; dan respon peserta didik dalam kategori kurang baik. Hasil analisis data pada siklus 2, menunjukkan adannya peningkatan penguasaan akan konsep matematik dan peningkatan tersebut dalam ketegori sedang (nilai N-gain: 0,584); Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik dan respon peserta didik dalam kategori baik. Dengan demikian, kami menyimpulkan bahwa pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematik siswa khususnya pada materi operasi vektor, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi operasi vektor.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BALOK
Mariana Marta Towe
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1364
Penelitian ini bertujuan untuk merancang langkah-langkah pembelajaran mengenai luas permukaan balok berdasarkan PBL dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika tentang luas permukaan balok setelah mengalami pembelajaran dengan pendekatan PBL. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Ende tahun 2020. Desain pembelajaran diperoleh dengan mengembangkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT), yang membantu siswa mengembangkan konsep luas permukaan balok berdasarkan pendekatan PBL. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran pada materi luas permukaan balok dengan menggunakan pendekatan PBL yaitu (a) mengorientasikan, (b) mengorganisasikan peserta didik, (c) membimbing penelitian secara individu atau kelompok, (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasilnya, (e) menganalisis dan mengevaluasi. (2) Terdapat kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII setelah mengikuti pembelajaran berbasis pendekatan PBL, yaitu (a) untuk soal nomor 1 terdapat 14 siswa yang dapat mencapai indikator 1 sampai 4 dalam pemahaman konsep, dan ( b) untuk soal nomor 2, ada 11 dari 14 siswa yang dapat mencapai indikator 1 sampai 4 dalam pemahaman konsep, 3 dari 14 siswa tidak dapat mencapai indikator 3 dan 4 dalam pemahaman konsep.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Patrisius Afrisno Udil;
Yohanes Lupa Bole;
Christine K. Ekowati
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1365
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang guru matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang Tengah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan regresi linear sederhana. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Kupang tengah pada bulan Juni 2021. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang Tengah Penfui Timur Kabupaten Kupang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diperoleh melalui metode simple random sampling. Instrumen yang digunakan antara lain angket persepsi siswa tentang guru matematika dan angket motivasi belajar matematika. Analisis data dilakukan secara inferensial dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang kuat dan positif antara persepsi siswa tentang guru matematika dan motivasi belajar matematika. Hal ini terlihat dari koefisien korelasi yang bernilai 0.702. Lebih lanjut ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang guru matematika terhadap motivasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 27.210 yang lebih besar dari Ftabel = 4.20 dengan taraf signifikansi . Hal ini juga dipertegas oleh nilai sig. (p-value) 0.000 < .
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETARAAN PECAHAN MATA UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UANG
Yuliarmawati Zendrato;
Oktofianus Nggadas;
Kristoforus Djawa Djong;
Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1366
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDI Rinalolon pada materi kesetaraan pecahan uang dengan menggunakan media uang. Subjek dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas II SDI Rinalolon Tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa pada test awal 55,36% siklus satu 67,71% dan siklus dua 73,57%. Pada aspek aktivitas siswa, peningkatan lebih terlihat pada aktivitas mengurutkan/menjumlahkan. Pada siklus 2, semua siswa sudah mampu melakukan lebih dari 1 aktivitas dengan benar; ini berbeda dengan pada siklus 1 di mana masih terdapat siswa yang hanya mampu melakukan 1 saja aktivitas mengurutkan/menjumlahkan nilai mata uang dengan benar. Sedangkan Pada aspek kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, ada peningkatan yang terjadi yaitu dari 67,71% pada siklus 1 dengan kategori baik ke 95,0% pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan kemampuan guru meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa siswa pada materi kesetaraan pecahan mata uang di kelas 2 SDI Rinalolon.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA
Margareta Gena
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1367
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dimensi tiga pada siswa kelas XII yang diajar dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas XII SMAK Giovanni. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dari 75 pada siklus 1 menjadi 87,5 pada siklus 2. Peningkatan ini juga terjadi pada aktivitas siswa dengan capaian indikator 62,5% pada siklus 1 menjadi 85,42% pada silus 2. Skor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran juga meningkat dari 2,95 (cukup) pada siklus 1 menjadi 3,75 (baik) pada siklus 2. Ketuntasan klasilkal juga meningkat dari 73,33% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2. Dengan menggunakan alat peraga, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA SMPS KATOLIK AURORA KEFAMENANU PADA PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA
Imelda Loin;
Oktovianus Mamoh;
Selestina Nahak
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1370
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis siswa SMPS Katolik Aurora Kefamenanu pada materi operasi aljabar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa yang telah dikategorikan dalam siswa kemampuan berpikir logis tinggi, sedang, dan rendah. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain jawaban tes siswa beserta hasil wawancara yang dilakukan. Hasil penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir logis siswa dalam Penyelesaian soal matematika materi operasi bentuk aljabar yang dibedakan dala 3 subjek berikut; (1) subjek dengan kemampuan berpikir logis tinggi pada pembelajaran matematika materi operasi bentuk aljabar mampu menguraikan fakta dari suatu masalah yang ada dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya, (2) subjek dengan kemampuan berpikir logis sedang mampu menguraikan fakta yang ada yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan namun tidak memiliki gagasan yang tepat untuk langkah penyelesaian selanjutnya, dan (3) subjek dengan kemampuan berpikir logis rendah belum mampu menguraikan fakta dari masalah yang ada dengan hanya menuliskan apa yang diketahui namun tidak menuliskan apa yang ditanyakan tidak mampu memilih gagasan yang tepat.
ANALISIS KONSEP - KONSEP MATEMATIKA PADA OKO MAMA MASYARAKAT KUANFATU KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
Sani Beti;
Irmina Veronika Uskono;
Meryani Lakapu;
Michael Fernandez;
Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1371
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk oko mama masyarakat Kuanfatu kabupaten Timor Tengah Selatan jika ditinjau dari aspek geometri dan konsep-konsep matematika apa saja yang ada pada oko mama masyarakat Kuanfatu kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian dilakukan di Desa Kuanfatu, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dengan Objek penelitiannya adalah oko mama masyarakat Kuanfatu dan subjek penelitian adalah pengrajin oko mama. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada oko mama jika ditinjau dari aspek geometri dan konsep-konsep matematika yang ada pada oko mama. Konsep geometri yang terdapat pada oko mama adalah sudut danbangun datar persegi panjang.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Andreas Yapri Penawa Rara Ruron
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1373
Tujuan dari penelitian ini mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Institut Indonesia Yogyakarta pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2019. Hasil dari penelitian yaitu peseta didik langsung terlibat aktif melakukan suatu aktivitas kegiatan yang secara nyata dan disesuaikan dengan materi pelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi. Akan tetapi ada beberapa siswa yang tidak aktif. Berdasarkan identifikasi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis menurut NCTM, terdapat 11 siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis dan 1 siswa tidak memenuhi indikator ketiga kemampuan komunikasi matematis. 6 siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis dan 6 siswa tidak memenuhi.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED
Novel B. Molina;
Kristoforus Djawa Djong;
Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng;
Yohanes Ovaritus Jagom
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30822/asimtot.v3i2.1374
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa Kelas VIII SMPN 6 Amarasi Kabupaten Kupang. Pemilihan subyek berdasarkan hasil diskusi antara peneliti dan guru mata pelajaran matematika. Data yang dikumpulkan dari hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi waktu. Hasil analisis diperoleh kesimpulan subyek perempuan berkemampuan matematika tinggi mampu mengerjakan soal yang diberikan. Dalam aspek kelancaran (fluency), subyek dapat langsung mengerjakan soal yang diberikan dan menemukan 5 jawaban yang berbeda-beda. Dalam aspek keluwesan (flexibility) subyek menggunakan cara lain untuk menemukan harga pensil dan pulpen. Namun dalam kedua aspek ini (fluency dan flexibility) subyek menyelesaikan persoalan dengan cara yang biasa atau yang sudah diajarkan oleh guru. Sehingga dalam aspek elaborasi subyek tidak dapat menemukan cara lain yang berbeda dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru.