cover
Contact Name
Dinda Rakhma Fitriani
Contact Email
mediakom@gunadarma.ac.id
Phone
+622178881112 ext. 516
Journal Mail Official
mediakom@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100, Depok, Jawa Barat
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 25979841     EISSN : 2686469X     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/mkm
Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas Gunadarma
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023)" : 11 Documents clear
ANALISIS STRATEGI PENANGGULANGAN KRISIS BRAND BAKSO A-FUNG PADA PEMBERITAAN KANAL BERITA ONLINE Erya, Wian Rahmat; Kurnia, Annisa Dwi; Avitasari, Iin; Harno, Harno; Heryadi, Hairani
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.10112

Abstract

Krisis adalah kondisi sulit bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang tidak dapat dihindari kapan datang dan seperti apa bentuk krisis tersebut. Praktik komunikasi krisis yang efektif, dilakukan oleh manajemen bakso A-fung dalam melakukan respon terkait pemberitaan viral yang terjadi memberikan gambaran bahwa penanganan krisis diperlukan langkah yang sistematis dalam proses pelaksanannya. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi management bakso A-fung dalam melaksanakan respon kejadian yang terjadi pada salah satu kedainya di bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis berita framing dari beberapa kanal pemberitaan digital online yang merilis dan membahas terkait bagaimana respon manajemen A-fung dalam kasus tersebut. Hasil pada penelitian ini diperoleh dari beberapa framing media online disimpulkan bahwa manajemen bakso A-fung melakukan respon terhadap krisis yang tepat dan efektif dalam menghadapi pemberitaan viral terkait brand tersebut. Untuk menjaga kondisi dan mengembalikan kepercayaan konsumen yang tidak hanya merespon dan mengklarifikasi kasus yang ada, namun juga turut berperan aktif dalam melakukan langkah aksi nyata yang kemudian menjadi viral kembali pada pemberitaan kanal digital online 
SOCIAL ANXIETY IN SOCIAL MEDIA USERS: UNDERSTANDING THE ROLE OF SELF-ESTEEM AND DEMOGRAPHIC FACTORS Rahardjo, Wahyu; Mardianti, Mardianti
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.9260

Abstract

Social anxiety can occur online when individuals use social media. Several factors that are thought to influence social anxiety using social media are self-esteem and demographic factors such as age, gender, and duration of social media use. The aim of this research is to measure empirically whether these variables are determinants of social anxiety using social media. The participants of this research are 164 active social media users who live in the Jakarta Greater Area. The social anxiety scale for social media users and the self-esteem scale are used as research instruments. The data analysis technique used is regression to measure the role of self-esteem on social anxiety using social media. Meanwhile, correlation tests and difference tests were carried out to determine the position of demographic variables in relation to social anxiety using social media. The research results show that age has a significant negative correlation, while the duration of social media use has a significant positive correlation with social anxiety using social media. On the other hand, self-esteem is proven to have an influence on all aspects of social anxiety using social media. The strongest effect appears on interaction anxiety, and the weakest effect appears on privacy content anxiety. The research results also showed that female participants had higher social anxiety using social media than male participants.
ANALISIS SEMIOTIKA SOSIAL HALLYDAY PADA KOMODIFIKASI BUDAYA BETAWI DI IKLAN Widiastuti, Tuti; Fitriani, Dinda Rakhma; Wijaya, Widiastiana Vista
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.10120

Abstract

Proses komodifikasi terjadi selama fase produksi, ketika kapitalis membeli barang, tenaga kerja, dan peralatan untuk menciptakan nilai lebih yang dapat digunakan untuk akumulasi modal lebih lanjut. Modal adalah nilai yang dapat ditingkatkan melalui pertukaran dan produksi. Fokus penelitian ini pada analisis semiotika sosial Halliday terhadap iklan televisi sirup marjan versi tarian betawi dan sepatu roda. Terlihat adanya komodifikasi tarian Topeng Betawi yang merupakan bagian dari budaya Betawi yang terkenal di tengah masyarakat Indonesia. Sama halnya dengan asal muasal dan makna dari tari Topeng Betawi dengan tujuan Marjan dalam meningkatkan penjualan produknya melalu strategi komunikasi dan pemasaran yaitu iklan. Ide adegan perempuan berlatih di halaman depan rumah joglo Betawi menjadi titik tolak proses komodifikasi budaya. Ideologi kapitalis yang mengabdi pada kepentingan kapital menjadi motor penggerak proses komodifikasi. Kekuatan pasar adalah kekuatan pendorong komodifikasi. Diharapkan kedepannya para pembuat iklan mampu memahami dan memperhatikan jalan cerita dan penokohan yang dibuat untuk iklan tersebut, serta tujuan penjualannya dan mampu memberikan pengaruh positif kepada masyarakat.
CHAT GPT ARTIFICIAL INTELLIGENCE: PHENOMENOLOGY STUDIES AMONG GENERATION Z STUDENTS Jelahut, Felisianus Efrem
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.9580

Abstract

The purpose of this study is to find out and explain the phenomenon of using Chat GPT among Generation Z students, including the benefits and advantages of using it. This research is expected to provide a better understanding of the potential for implementing Chat GPT in an academic context and help Generation Z students to use it effectively in their daily activities. The theory used as a basis for this research is the theory of phenomenology. The research method used is qualitative with data collection techniques in the form of interviews, and online questionnaire distribution. The conclusion of this study is that AI Chat GPT has a positive impact as well as greatly assists the learning process of students who are categorized in the Generation Z group. Besides that, Generation Z students who are active users of Information and Communication Technology also have a critical attitude towards the existence of Chat GPT which is they think can potentially harm themselves.
KAJIAN LITERATUR: SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAMPAK DARI PERKEMBANGAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) Sunarto, Shilvy Andini; Maulidina, Citra Puspa; Pertiwi, Cholidah Astri
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.10121

Abstract

Financial Technology (FinTech) menjadi salah satu perkembangan teknologi yang dirasakan saati ini dimana adanya penggabungan anatra jasa keuangan dan teknologi yang mampu merubah model bisnis yang konvensiaonal menjadi bisnis yang modern dan tersistem. Tujuan kajian literatur ini adalah untuk menganalisis terkait kajian literatur Social Networks Analysis dampak dari perkembangan Financial Technology (FinTech). Penulisan ini dilakukan secara literature review dari database online Google Scholar, Researchgate, Elsevier, Wiley’s Journal yang diterbitkan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (2021 - 2023). Telah di kurasi sebanyak 6 jurnal internasional terkait perkembangan FinTech dalam berbagai sektor.  Dari jurnal yang sudah dikaji diketahui bahwa Social Network Analysis sangatlah dapat merepresentasikan bagaimana jaringan dari perkembangan FinTech menghasilkan berbagai dampak di berbagai sektor. 
Front Matter Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No.2, Desember 2023 Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, Editorial
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM HUKUM ADAT RIMBO LARANGAN DI KENAGARIAN PARU KABUPATEN SIJUNJUNG Azzahra, Aisyah; Pinta, Janila; Ambarwati, Anita; Maharani, Rahma Yulia; Sutowo, Irpan Ripa'i
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.9591

Abstract

Masyarakat Minangkabau menyadari bahwasannya alam merupakan pemberian Tuhan yang patut dijaga dan dilestarikan, masyarakat Minang dalam kesehariannya bergantung pada alam, selain dianggap sebagai sumber penghidupan masyarakat, alam dianggap pula sebagai sumber ilmu pengetahuan. Kesadaran dalam menjaga alam dan lingkungan turun temurun diwariskan dalam masyarakat Minang, salah satunya terlihat dalam adat budaya masyarakat Minang yaitu Rimbo Larangan. Rimbo larangan merupakan suatu kegiatan dalam menjaga alam khususnya hutan dalam masyarakat Minangkabau. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melihat bagaimana masyarakat Minang, pihak pemerintah maupun pihak lainnya dalam mengkomunikasikan rimbo larangan yang dilakukan masyarakat Minangkabau Sumatera Barat, bagaimana mengkomunikasikan hal tersebut sesuai dengan adat, budaya serta kesopanan masyarakat Minang, serta bentuk-bentuk larangan dari rimbo larangan. Metode yang digunakan adalah dengan mereview jurnal, buku maupun tulisan lainnya yang berkaitan dengan Rimbo Larangan. Diketahui bahwasannya masyarakat Minangkabau masih menganggap bahwa Rimbo Larangan merupakan suatu hal yang penting, meski dalam pelaksanaanya juga mengalami perubahan seiring zaman, selain itu dalam mengkomunikasikan rimbo larangan pihak-pihak yang terkait juga memperhatikan bagaimana adat, budaya serta kebiasaan masyarakatnya. Bagi yang melanggar rimbo larangan akan dikenakan sanksi adat yang berlaku dalam masyarakat.
VERBAL SEXUAL ABUSE PADA KOLOM KOMENTAR AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @KINDERFLIX.IDN Purnama, Michel; Lorence, Vivian; Tarigan, Yesika Maria Magdalena
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.10135

Abstract

Verbal sexual abuse adalah sebuah tindak kejahatan berbau seksualitas baik dalam bentuk tulisan maupun perkataan secara langsung yang dapat berdampak pada psikologis seseorang. Penelitian ini berfokus pada peristiwa verbal sexual abuse yang terjadi pada kolom komentar di laman TikTok @kinderflix.idn yang ditujukan kepada para talent dalam konten video yang terdapat pada akun tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan penggunaan metode analisis isi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang menjelaskan bagaimana bentuk dan pemaknaan verbal sexual abuse pada kolom komentar di akun media sosial Tiktok @kinderflix.idn. Hasil penelitian menunjukkan verbal sexual abuse berbentuk candaan paling umum ditemukan dalam kolom komentar Tiktok @Kinderflix.idn dibandingkan kategori lainnya dan terdapat beberapa istilah dan makna tersirat dalam kata yang terdapat dalam komentar yang diunggah.
PERSEPSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP KONTEN INFORMASI MENTAL HEALTH (STUDI KASUS PADA PLATFORM SATUPERSEN) Kamila, Naila Muna; Diarta, Annisya Asri; Nuranisa, Sinta Dias
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.9131

Abstract

Pada era globalisasi, penggunaan media sosial menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Banyak studi yang mengungkap bahwa penggunaan media sosial dapat mengganggu kesehatan khususnya pada mental seseorang. Gangguan mental yang dimaksud berupa kecemasan, depresi, gangguan tidur, dan body image. Dalam jurnal ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui persepsi pengguna media sosial terhadap konten kesehatan mental yang di unggah akun instagram Satupersen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner kepada pengikut instagram satupersen. Pada penelitian ini ditemukan bahwa responden sebagai followers dari akun satupersen seringkali menggunakan media sosial khususnya instagram, namun ketertarikannya terhadap konten kesehatan mental yang disediakan satupersen tidak begitu tinggi. Selain itu, hal ini juga membuktikan dengan banyaknya nilai realitas yang dicipta  pada media sosial belum tentu sama dengan realitas pandangan yang sebenarnya di dunia nyata.
JARINGAN KOMUNIKASI CYBER PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA POLISI REPUBLIK INDONESIA (POLRI) MELALUI TAGAR #PROFESIUNTUKMENGABDI DI TWITTER Veyliza, Chaerunisa; Zulzilah, Siti
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2023.v7i2.9943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktor yang menjadi pemeran kunci dalam penyebaran informasi tagar #ProfesiUntukMengabdi pada Twitter dan juga untuk mengatahui jumlah serta luas jaringan komunikasi pengguna Twitter dalam tagar tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik Social Network Analysis (SNA). Penelitian ini berdasarkan analisis terhadap 2500 cuitan Twitter yang menggunakan tagar #ProfesiUntukMengabdi pada periode 19 Oktober 2022 hingga 24 Oktober 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jaringan Komunikasi untuk memperlihatkan posisi suatu aktor dan pengaruhnya dalam struktur sosial terhadap citra POLRI. Hasil penelitian menunjukkan aktor yang paling sering dihubungi lainnya dalam jaringan ialah @resngawi, dan @piyuanker12, @pr1nceofwolves. Akun @pr1nceofwolves adalah aktor sentralitas keperantaraan yang berperan sebagai penghubung komunikasi di antara cluster jaringan yang berbeda. Aktor yang berperan penting sebagai pemeran kunci di dalam jaringan adalah @resngawi karena aktor ini memiliki tingkat kepopuleran paling tinggi dan juga paling sering dihubungi atau di mention oleh pola jaringan yang terbentuk dari tagar #ProfesiUntukMengabdi. Akun @resngawi adalah salah satu akun twitter institusi Polres Ngawi yang sengaja mempopulerkan #ProfesiUntukMengabdi sebagai salah satu upaya untuk menaikkan citra POLRI melalui media sosial. Dapat disimpulan bahwa pemanfaatan teknologi media sosial Twitter untuk menyebarkan informasi terkait #ProfesiUntukMengabdi adalah efektif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11