cover
Contact Name
Novita Eka Muliawati
Contact Email
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Phone
+6282232308788
Journal Mail Official
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
STKIP PGRI Tulungagung Jl. Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang, Tulungagung, Jawa Timur, Kode Pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : 24607800     EISSN : 25803263     DOI : 29100
Core Subject : Education,
JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics education and their applications in learning by researchers, academicians, professional, practitioners and students from all over the world. Start from this year (September 2015), this journal will be published two times a year, in March and September.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023)" : 15 Documents clear
ANALISIS KETERLIBATAN KELOMPOK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP INTEGRAL MELALUI PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEA) Diesty Hayuhantika; Eka Yuliana Sari
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.4007

Abstract

Penelitian ini berfokus pada keterlibatan mahasiswa yang bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan Model Eliciting Activity (MEA) Task. Pembelajaran dilakukan secara online melalui media zoom. Data diperoleh berdasarkan pengamatan terhadap interaksi selama pembelajaran berlangsung yang terekam pada recording zoom dan didukung dengan hasil wawancara dan pengisian angket keterlibatan. Satu kelompok yang terdiri dari 2 mahasiswa yang berpartisipasi aktif dan 2 mahasiswa yang pasif dikaji secara mendalam keterlibatannya dengan mengacu pada konsep Engagement Structure Goldin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika dihadapkan dengan MEA Task, kelompok tersebut menunjukkan berbagai Engagement Structure yang mengarahkan mereka untuk sukses dalam penyelesaian tugas MEA. Dalam penelitian ini juga ditemukan adanya Engagement Structure baru yaitu Together we can yang memicu aktivasi Engagement Structure pada mahasiswa yang pasif sehingga menjadi aktif dalam diskusi kelas. Hasil penelitian ini memberikan overview tentang setting aktivitas diskusi kelompok untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang produktif dengan dimediasi teknologi.
DEVELOPMENT OF NUMERACY LITERACY MODULE ON MEASUREMENT MATERIAL IN ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL Muhammad Ilman Nafi'an
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3551

Abstract

This study aims to develop a design and test the feasibility of numeracy literacy modules, as well as see the response of students. Modules are important in the learning process but teachers still convey concepts orally, limited reading books, inadequate learning resources so that students' numeracy literacy skills are low.  This research involved 29 students of class III PKBM Quins Tulungagung for the trial. The type of research and development in this study is using Research and Development (RD) with the ADDIE model (Analyze, Design¸ Develop, Implement, and Evaluate). The instruments in this study were interviews, observations, documentation, questionnaires assessed by material experts and teaching material experts, and student response questionnaires. The results showed that (1) the validation results showed that the learning module was feasible to use in the learning process with an average score of 3.7 and 3.8. (2) the results of the initial field trial showed that the learning module was feasible to use in the learning process with an average score of 1.97 while the results of the operational field trial showed that the learning module was feasible to use in the learning process with an average score of 1.92. For this reason, future researchers can develop numeracy literacy modules for other material concepts and conduct wider trials.
PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Anggun Rachmawati Putri; Sintha Sih Dewanti
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3676

Abstract

Tujuan riset ini guna (1) Mengidentifikasi dan menyelidiki perbandingan motivasibelajar siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, (2)Mengidentifikasi dan menyelidiki hubungan gaya belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, (3) Mengetahui gaya belajar yang menyumbangpresentase besar terhadap motivasi belajar. Metode kuantitatif digunakan dalam riset inidengan jumlah sampel sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel denganmenggunakan Simple Random Sampling. Kuesioner tentang motivasi belajar dan gayabelajar digunakan guna mengumpulkan data kemudian ditelaah menggunakan regresi linier ganda dengan taraf 5% (α = 0,05). Hasil riset menunjukkan bahwa 1) siswa laki-laki memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dari siswa perempuan yaitu dengan rata-rata 95,21 (2) terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan motivasi belajar siswa (3) gaya belajar auditori menyumbang presentase terbesar terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 24,9%.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGARITMA PADA SISWA KELAS X PPLG 3 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO Muhamad Dwi Zaenuri; Erika Laras Astutiningtyas
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3605

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal logaritma. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa X PPLG 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, doumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kesalahan kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X PPLG 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo adalah karena 1) siswa melakukan kesalahan konsep dimana siswa tidak mengetehaui sifat mana yang di gunakan, 2) siswa melakukan kesalahan prosedur dimana siswa sering mengabaikan langkah langkah yang penting, dan 3) siswa melakukan kesalahan teknik dimana siswa kurang cermat dalam melakukan perhitungan baik penjumlahan maupun pengurangan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI POLA BILANGAN DI SMP N 11 KOTA BENGKULU Teddy Alfra Siagian; Rahadi Bimansah; Selly Sindiyani; Adinda Dewi Anggraeni; Ratnah Lestary
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3677

Abstract

In the world of rapidly developing technology education, it can open access to even better education, one of which is the development of smartphone technology which is increasingly favored by the wider community, the use of smartphones can be utilized in media development, especially Android-based media, one that can be developed is media for mathematics lessons, one of which is number pattern material. This study aims to describe the media process that is designed, as well as its development based on Android on Number Pattern material, the model applied in this development, namely (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) we are familiar with ADDIE. The goal of this model is to make good quality media. In this study, the researchers took test subjects at SMPN 11 Bengkulu City, with a total of 32 students and 5 math teachers. With diverse mathematical abilities. Data was collected using validation sheets, student respondent questionnaires and application trials. This was done to determine the quality of the media being developed, with the hope of fulfilling the criteria of validity and practicality. The results of the mathematics teacher's response as a material and media expert validator in using the application showed a very good category of 19.5%, a good category of 74%, a poor category of 6.5%, and a very poor category of 0%. While the results of student responses as users in using the application
PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI POLA BILANGAN JENJANG SMP Teddy Alfra Siagian; Epi Ratna Sari; Lutfiah Dwi Gatara; Ridho Agio Nesta; Ratnah Lestary
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3649

Abstract

The purpose of this research is to find out how teachers and students perceive the development of learning media based on Android in the matter of definition sub-chapter number patterns, square number patterns, rectangular number patterns and triangular number patterns for class VIII junior high school students. In this study used a qualitative descriptive method. And on the results of the research obtained by the teacher's perception in the form of a value proportion 1) on the Basic Competency aspect of 60% in the appropriate category; 2) material aspects of 79% very feasible category; 3) the display aspect is 86% very decent category; 4) the language aspect obtains a value proportion of 88.5% in the very decent category. In addition, the perceived students obtained in the form of the proportion of value 1) on the material aspect of 76% very feasible category; 2) the display aspect is 77% very decent category; 3) the language aspect obtains a value proportion of 75% in the proper category. So that from the results of teacher and student perceptions it can be stated that the development of Android-based learning media is very feasible to be implemented in number pattern learning activities.
ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V PPWNI KLANG MALAYSIA Lailatul Magfiroh; Uki Suhendar; Riko Sudirman
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3921

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan akan faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika serta menganalisis faktor kesulitan belajar ditinjau dari hasil belajar matematika kelas V PPWNI Klang Malaysia. Jenis penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket, observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan pada saat pembelajaran di kelas V PPWNI Klang Malaysia. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan pengamat. Hasil data yang diperoleh untuk kesulitan belajar faktor internal yakni 55,93% dan faktor eksternal 59,2%. 36% siswa dari data analisis hasil belajar siswa mengalami kesulitn belajar pada ranah kognitif.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA Asih Utami
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.1841

Abstract

The problems that often arise when researchers teach elementary mathematics learning courses to UPR PGSD students are the lack of student creativity in designing learning, the low student learning outcomes regarding mathematical concepts, and the learning activities they design are not suitable for class conditions. In this study, researchers applied an ethnomathematics-based realistic mathematics learning model as an example of an alternative learning that students could apply. This study aims to determine student activity in learning realistic mathematics based on ethnomathematics and to determine student creativity in designing elementary mathematics lessons. The subjects of this study were PGSD students who took elementary mathematics courses. This research is quantitative descriptive.The results showed that student activity in participating in ethnomathematics-based realistic mathematics learning was quite good with an average presentation of 91.43%. Student creativity in designing ethnomathematics-based mathematics learning has met several indicators of creativity assessment. Students are able to explore culture or handicrafts typical of Central Kalimantan to be used as media for learning mathematics. The media used include betang houses, saber, shields typical of Central Kalimantan, rattan handicrafts typical of Central Kalimantan and typical Central Kalimantan batik with a crisp stem pattern. Of the 5 study groups, 5 groups have fluency abilities, 4 groups have flexibility abilities and 2 groups have novelty abilities.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Ghea Desianty Ramadina; Rina Marlina
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3678

Abstract

Pencapaian siswa dapat dilihat tidak hanya dari kecerdasan intelektual tetapi juga dari kecerdasan emosional. Dilakukannya penelitian untuk memastikan apakah kecerdasan emosional berdampak pada kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. 40 orang peserta didik kelas VIII G SMPN 5 Karawang Barat menjadi subjek pada penelitian ini. Sampel yang diambil sebanyak 15 orang. Angket kecedasan emosional dan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian survey kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Analisis data dibantu SPSS 25 dengan uji normalitas data, uji linieritas data, dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan nilai sig. sebesar 0,002. Ini menujukkan bahawa nilai sig. kurang dari 0,05 dan itu berarti diterima. Dengan persamaan regresi Y = 100,368 0,519X. Sehingga penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VIII
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DITINJAU BERDASARKAN GAYA BELAJAR HONEY MUMFORD Rahmi Aisyah; Tasnim Rahmat; Muhammad Imamuddin; Ulva Rahmi
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v9i1.3660

Abstract

Penelitian ini bertujuan dilaksanakan untuk mengatahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau berdasarkan gaya belajar Honey Mumford kelas IX-8 di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. dengan subjek seluruh siswa kelas IX-8 MTsN 3 Lima Puluh Kota sebanyak 30 orang siswa. Sampel yang di ambil dengan purposive sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian angket gaya belajar Honey Mumford dan tes pemahaman konsep matematika siswa oleh responden. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Gaya belajar tipe teoris dalam memahami pemahaman konsep matematika bisa dikatakan rendah karena pada indikator 5 dan 7 yaitu mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah terjadi kesalahan dalam menguraikan rumus yang digunakan. 2) Gaya belajar tipe pragmatis cenderung menyukai cara-cara yang praktis dalam belajar,sehingga cenderung melakukan kesalahan pada indikator 5 dan 7 karena membutuhkan penyelesaian yang cukup panjang dan tepat. 3) Gaya belajar tipe aktivis memiliki karakteristik belajar dengan mempraktekkan secara langsung, sehingga pada kemampuan pemahaman konsep, siswa tersebut melakukan kesalahan dalam menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu pada bangun ruang sisi lengkung. 4) Gaya belajar tipe reflektor cenderung melakukan pengamatan terlebih dahulu dalam belajar, sehingga kesalahan yang dilakukan hanya pada yang ditanya dalam soal dan kurangnya percaya diri.

Page 1 of 2 | Total Record : 15