cover
Contact Name
Andryansyah
Contact Email
staibanisalehbekasi@gmail.com
Phone
+6285779065952
Journal Mail Official
staibanisalehbekasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. M. Hasibuan No. 68 Margahayu Bekasi 17113
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 26547198     EISSN : 26545349     DOI : -
Core Subject : Education,
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan interdisipliner.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran" : 7 Documents clear
Pengutamaan Bahasa Indonesia: Suatu Langkah Aplikatif Anto, Puji; Hilaliyah, Hilda; Akbar, Taufiq
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.692 KB) | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.21

Abstract

Terkait bahasa Indonesia, saat ini, belum ada komitmen yang kuat dari para penuturnya untuk menempatkan bahasa Indonesia pada tempat paling utama. Faktanya, perilaku berbahasa oleh penutur bahasa Indonesia cenderung negatif. Hal itu dibuktikan oleh beberapa fakta bahwa eksistensi bahasa Indonesia terancam oleh penggunaan bahasa asing. Terlihat di beberapa instansi pemerintah, swasta, dan tempat-tempat tertentu menggunakan bahasa asing tanpa menyandingkan dengan bahasa Indonesia, apalagi bahasa daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengejawantahkan peraturan tentang kebahasaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang melibatkan peneliti sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah ada sebelas hal kewajiban penggunaan bahasa Indonesia yang dituangkan dalam poster. Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan meliputi fakta dari sikap berbahasa penutur bahasa Indonesia yang cenderung negatif. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah langkah inovatif untuk mengubah perilaku atau sikap berbahasa tersebut. Langkah inovatif yang dilakukan, yaitu dengan melakukan membuat poster yang berisi tentang kewajiban penggunaan bahasa Indonesia. Kata kunci: Pengutamaan, bahasa Indonesia, aplikatif
Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Suryadi, Suryadi
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.468 KB) | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.22

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemendirian anak melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang terdiri dari masing-masing 4 (empat) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang yang berjumlah 10 orang siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yaitu melihat hasil yang diperoleh dari data siklus I dan Siklus II. Data kualitatif dengan menggunakan teknik Miles Huberman dengan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak setelah diberikan intervensi dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.
Analisis Kesalahan Penggunaan Simple Past Tense Pada Kegiatan Menulis Recount Text Mahasiswa Dkv Unindra Iswari, Fitria; Rahman, Fauzi; Kurniasih, Puri
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.845 KB) | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.23

Abstract

Menulis merupakan kegiatan yang kompleks karena melibatkan ide, gagasan, dan rasa yang disampaikan berupa tulisan dan dikemas sebaik mungkin agar mampu dipahami oleh pembaca dengan mudah. Menulis dengan baik sangat penting bagi mahasiswa, karena menulis adalah keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan – kesalahan penggunaan simple past tense yang sering dilakukan oleh mahasiswa pada kegiatan menulis recount text. , yang kemudian hasil penelitian ini akan digunakan untuk bahan perbaikan dalam sistem/ proses belajar dan pembelajaran mahasiswa khususnya kegiatan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melibatkan 40 hasil tulisan mahasiswa Prodi DKV Universitas Indraprasta PGRI benrbentuk recount text dengan tema “pengalamanku”. Data yang didapat dianalisis menggunakan teori dari ellis tentang kesalahan berbahasa. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya kesalahan penggunaan simple past tense pada kegiatan menulis recount text sebesar 54% untuk kesalahan penghilangan (omission), 38% untuk kesalahan penggunaan bentuk (misinformation), dan 8% untuk kesalahan penempatan (missordering). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan peningkatan dalam penguasaan simple past tense dan mampu menuangkan dalam bentuk tulisan lebih baik lagi.
Peningkatan Hasil Belajar Menangkap Makna Teks Eksposisi Analitis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Budaya Literasi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Jakarta Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 Rahayu, Sri Hartati
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.883 KB) | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.24

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris mendorong penelitian ini dilakukan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi menangkap makna teks eksposisi analitis melalui pembelajaran kolaboratif, model pembelajaran discovery leaning dan budaya literasi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di SMA Negeri 11 Jakarta yang terdiri atas 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Tahapan setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini meningkatkan hasil belajar peserta didik dan budaya literasi serta memberi motivasi pada peserta didik untuk belajar lebih menyenangkan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi peserta didik dalam kelompok selama proses pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru selama proses pembelajaran, dan tes hasil belajar menangkap makan teks eksposisi analitis. Hasil siklus pertama dan kedua, diukur melalui empat indikator, yaitu: aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, hasil tes teks eksposisi analitis, nilai laporan portofolio dan kepuasan peserta didik. Rata-rata hasil belajar sebelum tindakan 69,91 menjadi 80,83 pada siklus pertama dan pada siklus kedua 85,67. Berdasar hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif, discovery learning dan budaya literasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi teks eksposisi analitis di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Jakarta.
Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor Gunawan, Gugun
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.449 KB) | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.25

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mencari solusi dalam mengembangkan kemampuan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian sebuah teori yang menyampaikan bahwa kegiatan menulis membutuhkan suatu penguasaan kosakata yang baik. Jika siswa memiliki kosakata yang banyak, maka akan mempermudah siswa dalam merangkai kata untuk menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian korelasi merupakan penelitian yang melihat hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lain. Adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan telah terjadinya suatu korelasi antara variabel X dengan variabel Y. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian bahwa r xy hitung sebesar 0,520. Dan r xy tabel pada korelasi product moment yaitu 0,403. Perbandingan nilai tersebut berarti r hitung lebih besar daripada r tabel, (0,520 ˃ 0,403). Jadi, hasil pengujian dengan rumus koefisien korelasi yaitu POSITIF. Oleh karena itu, kegiatan menulis yang dilakukan siswa memiliki hubungan yang sangat signifikan, jika penguasaan kosakatanya lebih baik.
Implikatur Percakapan Dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia Maemunah, Siti
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.619 KB) | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.28

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implikatur percakapan dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Metode yang peneliti digunakan adalah kualitatif deksripsi dengan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pesantren Impian karya Asma Nadia yang diterbitkan oleh Asma Nadia Publishing House. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh table analisis. Fokus penelitian ini adalah implikatur percakapan dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Sedangkan sub fokusnya adalah prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Pada hasil penelitian ini yaitu terdapat dialog-dialog dalam novel yang berkaitan dengan pelanggaran maksim dan penerapan maksim dalam implikatur percakapan yang dibagi ke dalam prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Prinsip kerja sama dibagi ke dalam empat bagian yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, maksim cara. Prinsip kesantunan dibagi ke dalam enam bagian yaitu maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerndahan hati, maksim kesepakatan dan maksim simpati
Gaya Bahasa Perbandingan Pada Novel Yang Fana Adalah Waktu Karya Sapardi Djoko Damono Anam, Ahmad Khoiril
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2019): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v2i1.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa perbandingan yang terdapat pada novel Yang Fana Adalah Waktu karya Sapardi Djoko Damono. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung gaya bahasa dan makna gaya bahasa perbandingan pada novel Yang Fana Adalah Waktu karya Sapardi Djoko Damono. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis gaya bahasa perbandinga ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif mengenai tuturan yang mengandung gaya bahasa perbandingan. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode simak yang dipadukan dengan teknik baca-catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahaw: kalimat yang mengandung gaya bahasa berdasarkan konteks dari penelitian ini berjumlah 48 kalimat. Rincian jenis gaya bahasa perbandingan sebagai berikut: majas metafora 10 data, majas alegori 9 data, majas simile 8 data, majas hiperbola 8 data, majas personifikasi 7 data, majas metonimia 6 data. Dalam gaya bahasa perbadingan jenis majas yang paling banyak ditemukan ialah majas metafora, yaitu sebanyak 10 data dengan jumlah persentase sebesar (20,83%).

Page 1 of 1 | Total Record : 7