cover
Contact Name
Hadi Rianto
Contact Email
hdrianto@yahoo.com
Phone
+6281256972279
Journal Mail Official
hdrianto@yahoo.com
Editorial Address
IKIP PGRI Pontianak, Lantai Dasar Gedung B Jl Ampera No. 88 Kota Baru Pontianak
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 23378891     EISSN : 25989510     DOI : http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i2
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran PKn
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022" : 18 Documents clear
NILAI GOTONG ROYONG DALAM TRADISI BEDURUK MASYARAKAT DAYAK IBAN DESA PANGGI AGUNG KECAMATAN KETUNGAU TENGAH Dewi Savitri; Hadi Rianto; Syarif Firmansyah
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.2936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai gotong royong dalam tradisi beduruk masyarakat Dayak Iban Desa Panggi Agung Kecamatan Ketungau Tengah, peran serta masyarakat dalam nilai kegiatan gotong royong dalam tradisi beduruk dan melestarikan nilai gotong royong. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta pengambilan keputusan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai gotong royong Tradisi Beduruk sebagai berikut: Nilai kebersamaan Tradisi Beduruk, nilai persatuan serta nilai rela berkorban kepentingan bersama. Seperti nebas`(memotong semak belukar), menanam padi, memanen padi dengan sangat baik kelompok masyarakat berpartisipasi pelaksanaan kegiatan. Upaya pelestarian nilai gotong royong dengan dukungan Kepala Desa, Pemangku Adat, dan  masyarakat, memegang peranan yang sangat penting dalam pelestarian karena budaya merupakan aset negara dan juga aset bangsa. Identitas sangat diperlukan untuk menjaga keutuhan suatu suku sebagai budaya lokal.
COVER VOLUME 6 NOMOR 2 EDISI DESEMBER 2022 Hadi Rianto
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.4760

Abstract

PENERAPAN NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB SEBAGAI PERWUJUDAN JIWA SOSIAL MAHASISWA PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK Sukma Muljani; Syafrial Nur; Moad Moad
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.4417

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai perwujudan jiwa sosial mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian Ketua Prodi PPKn, Dosen Prodi PPKn dan Mahasiswa Prodi PPKn. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian, serta verifikasi. Hasil penelitian Penerapan Nilai Kemanusian yang Adil dan Beradab Sebagai Perwujudan Jiwa Sosial Mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak dapat dilihat dari adanya sikap peduli terhadap sesama, saling menghormati antara mahasiswa yang berbeda-beda suku, ras, agama dan budaya. Penerapan nilai kemanusian yang adil dan beradab pada mahasiswa sudah di jalankan. faktor yang mempengaruhi penerapan nilai kemanusiaan yaitu faktor diri sendiri, lingkungan keluarga, teman sebaya,lingkungan masayarkat. Oleh karena itu mahasiswa harus bisa melihat mana yang baik dan buruk dalam menerapakan nilai kemanusian dalam kehidupan sehari-hari.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GERUNG Khopipah Khopipah; Bagdawansyah Alqadri; Lalu Sumardi; Muhammad Mustari
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.4413

Abstract

Akibat penyebaran virus covid-19 semua sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas harus melaksanakan pembelajaran dari rumah secara daring. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatp muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan enigma pembelajaran daring mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat problematika pembelajaran daring mata pelajaran PPKn antaranya: 1) kurangnya interaksi guru dengan siswa, 2) kurangnya fasilitas yang mendukung, 3) keterbatasan kuota internet, 3) Sinyal yang kurang stabil.
PELAKSANAAN BLENDED LAERNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PEMENANG Mujihad Akbar Tanganam; Edy Herianto; Basariah Basariah; Muhammad Ismail
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.4522

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskrifsikan persiapan/perencanaan blended leaerning pada mata pelajaran PPKn, 2) pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran PPKn, 3) penilaian/evaluasi selama pelaksanaan blended learning pada pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn kelas XI IPA, siswa kelas XI IPA, dan pimpinan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada saat mempersiapkan atau perencanaan blended learning pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Pemenang, guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran seperti RPP, media, dan strategi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru dan siswa melaksanakan blended learning disekolah dan dirumah, dan pada tahap penilaian evaluasi guru memberikan penilaian/evaluasi dengan menggunakan aspek apektif, kognitif, dan psikomotorik.
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AMPERA PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR Alfan Husnadian; Rispawati Rispawati; Basariah Basariah; Lalu Sumardi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.4478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh serta faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh di panti asuhan Ampera Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh di panti asuhan Ampera Pringgasela kabupaten Lombok Timur dilaksanakan dengan cara pembiasaan dan pemahaman. Pembiasaan dilakukan untuk taat pada perintah agama, toleransi, saling menghormati, serta hidup rukun. Pemberian pemahaman dilakukan dengan cara memberikan informasi, arahan, nasehat, terkait nilai-nilai kebaikan, serta keteladanan-keteladanan dalam memberikan contoh sikap dan prilaku religi. Faktor pendorong dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh meliputi pengurus, sarana dan parasarana, keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Fakor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh meliputi kepribadian serta kurangnya motivasi pada anak asuh.
PERAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KOTA MALANG Mafadhotul Zuliatin; Nurul Zuriah; Rose Fitria Lutfiana
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.3902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Milles Huberman dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain (1) Peran BNN menjadikan Pelajar Kota Malang yang bebas dari penyalahgunaan narkoba dan berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila; (2) Strategi BNN dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila antara lain dengan melakukan sosialisasi, webinar, tes urin, dan perjanjian dengan sekolah belandaskan MOU; (3) Kendala BNN dalam mewujudkan perannya yaitu kurang terbukanya korban dari penyalahgunaan narkoba dan juga belum adanya Perda yang mengatur terkait hal tersebut; dan (4) Solusi yang dilakukan BNN dengan melakukan tes urine di sekolah-sekolah dan giat dalam sosialisasi anti narkoba
IMPLEMENTASI SIKAP NASIONALISME TERHADAP ETIKA BERMEDIA SOSIAL Jagad Aditya Dewantara; Syamsuri Syamsuri; Efriani Efriani; Sulistyarini Sulistyarini; Afandi Afandi; Agustian Agustian; Rezha Noviandra; T Heru Nurgiansah
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.4030

Abstract

Belakangan ini kata Nasionalisme sudah tidak asing lagi dengar di telinga kita semua, karena pada dasarnya nasionalisme sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam kajian observasi dan dokumentasi yang meliputi kajian tentang nasionalisme, etika dan media sosial. Sumber kajian yang digunakan dalam penelitian ini berupa jurnal ilmiah, artikel ilmiah, dan buku referensi yang mendukung untuk mendapatkan berbagai informasi. Adapun dalam penelitian ini media sosial yang dapat dikaji, ialah Facebook, Instagram dan Tik Tok, karena ketiga platform tersebut sangat sering digunakan oleh generasi muda dan masyarakat umum dalam berinternet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sikap nasionalisme pada masyarakat Indonesia di media sosial sudah cukup baik, namun hanya dibeberapa waktu tertentu sikap nasionalisme tersebut mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Hal ini disebabkan oleh adanya trend tertentu, seperti penyelenggaraan event internasional MotoGP di Mandalika. Sementara itu di berbagai platform seperti instagram, tiktok maupun facebook masih dijumpai rendahnya etika nasionalisme pada generasi muda dalam menggunakan internet.
ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP HARAPAN ANANDA KABUPATEN KUBU RAYA Hemafitria Hemafitria; Fety Novianty; Ega Murdiana
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.3041

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran PKn menggunakan aplikasi online pada saat pandemi covid-19 di SMP harapan ananda kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah,  wakakurikulum,  guru PPKn, dan siswa SMP harapan ananda kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini guru PPKn sudah melaksanakanpembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi online, dilihat dari guru PPKn menyampaikan materi pembelajaran dengan media online. Bentuk aplikasi yang di gunakan saat penyampaian materi pembelajaran PKn yaitu whatsapp, youtube, google form. Efektivitas pembelajaran PKn belum sepenuhnya efektif karena pembelajaran online memiliki banyak kendala seperti kurangnya kreatif guru dalam menyampaikan pembelajaran sehingga membuat siswa cepat bosan, dan keterbatasan kouta internet, meskipun penerapan pembelajaran secara online atau daring sudah di terapkan sebagaimana mestinya.
URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER GUNA CALON GENERASI EMAS BANGSA Rifqi Taufiqul Hakim; Dinnie Anggraeni Dewi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v6i2.2581

Abstract

Character education aims to improve the quality of implementation and educational outcomes in schools that lead to the achievement of the character building and noble morals of students as a whole, integrated and balanced according to the competency standards of graduates. Through character education, students are expected to be able to independently improve and use their knowledge, study and internalize and personalize the values of character and noble morals so that they are manifested in daily behavior. In realizing character education, it cannot be done without the cultivation of values, because character comes from values about something. The individual character which is imbued with the principles of Pancasila, is grouped in two ways, namely the principle of four sports (heart exercise, thought, exercise, feeling and intention) and the values of obligation to God who is the creator, towards oneself, family, society, the nation and also the natural environment.

Page 1 of 2 | Total Record : 18