cover
Contact Name
Kammer Tuahman Sipayung
Contact Email
kammer.sipayung@uhn.ac.id
Phone
+6285275520142
Journal Mail Official
jsp@uhn.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Jl. Sutomo No. 4A Medan Kampus Nommensen Gedung L Lt 2, Medan-Sumatera Utara-20234
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Suluh Pendidikan
ISSN : 23562595     EISSN : 27147037     DOI : https://doi.org/10.36655/jsp.v7i1.106
Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023" : 11 Documents clear
HUBUNGAN KEMATANGAN KARIR REMAJA DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA Sari, Anny -
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.853

Abstract

Kematangan karir bagi seorang remaja ialah satu dari sekian hal penting guna membantu dalam meningkatkan perkembangan karir mereka untuk masa depan pada dunia kerja. Bimbingan serta konseling sebagai salah satu bagian krusial bagi aspek pendidikan. Salah satu hal yang penting mengenai berkembangnya seorang remaja ialah mengenali kemampuan, bakat, minat, dan arah tren karir. Kematangan karir pada masa remaja penting untuk menunjang perkembangan karir di masa yang akan datang. Setelah lulus nanti, mereka akan dipaksa untuk memutuskan apakah akan melanjutkanmke perguruan tinggimatau mencari pekerjaan. Pekerjaan merupakan aspek penting dan bagian dari keinginan manusia. Tiga hal utama dalam berkarir adalah mengenal dan memahami diri pribadi, mengetahui dan memahami pekerjaan serta memiliki pola pikir yang benar antara diri dan dunia kerja. Metodeyyang digunakan didasarkanlpada studi literatur serta berbagai sumbermterkait dan mendukungmartikel ini. Melihat pentingnya kematangan karir pada masa remaja, maka fokus penelitian ini adalah untuk mendapatkan profil kematangan karir sebagai acuan untuk membangun program karir yang dapat mengembangkan kematangan karir peserta didik SMA. Program kematangan karir dapat diatur berdasarkan kebutuhan siswa untuk mengembangkanlketerampilan dalamjmemilih karir.
PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR UNTUK KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA DENGAN MEDIA TEKNOLOGI DI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Paska, Yosefa Grace
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.875

Abstract

Persiapan pilihan karir merupakan tentang membangun rencana untuk masa depan yang dapat direncanakan sejak lama sehingga dapat memungkinkan kematangan karir siswa. Persiapan ini meliputi tujuan dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan pilihan karir yang direncanakan sehingga terwujud dengan keputusan karir yang tepat. Potensi siswa dan sumber daya yang tersedia bagi mereka merupakan dua aspek penting yang menjadi dasar keputusan layanan ibimbingan dan konseling karir guru dan konselor Bimbingan iKonseling. Artikel ini mengkaji faktor-faktorl yang mempengaruhi perencanaanukarir siswa muda denganomenggunakan metode studi literatur, konsep keputusan karir yang tepat untuk remaja; dan upaya guru bimbingan dan ikonseling untuk meningkatkan layanan bimbingan dan lkonseling karir menggunakan serta memanfaatkan kemajuan dan teknologi digital saat ini seperti media blog, video dan animasi yang dapat siswa akses dengan mudah. Siswa menerima informasi mengenai berbagai macam karir untuk menentukan masa depannya. Persiapan kematangan dan keputusan karir direkomendasikan sebagai konten layanan wajib untuk mempersiapkan siswa menghadapi era Revolusil Industri 4.0.
Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Covid-19 Di SDN Se-Kecamatan Kubung Kabupaten Solok Yuldafriyenti, Yuldafriyenti; Demina, Demina; Zaini, Hasan; Hendriani, Suswati; Salman, Muhammad Yusuf
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.879

Abstract

Meningkatkan mutu pendidikan pada masa Covid-19 perlu dilakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Namun belum semua lembaga pendidikan yang menjalankan manajemen pembelajan untuk meningkatkan mutu pendidikanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen pembelajaran yang dilakukan di SDN se-Kecamatan Kubung kabupaten Solok, melalui metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN se-Kecamatan Kubung dengan swampel SDN14 Salayo, SDN 22 Koto Baru dan SDN 11 Gantung cirri, dengan 3 orang kepala sekolah, 9 orang tenaga pendidik dan 3 orang peserta didik pada tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa covid-19 di SDN se-Kecamatan kubung, pada tahap perencanaan pembelajaran kepala sekolah dan tenaga pendidik melihat kurikulum yang akan dipergunakan serta membuat perangkat pembelajaran, namun masa Covid-19 tibanya dipertenganhan semester, maka SDN se-Kecamatan Kubung tidak mengadakan perubahan kurikulum, hanya saja mengganti materi pembelajaran yang menggunakan praktek dan menghilangkan kegiatan ekstrakurikuler. Serta menentukan metode pembelajaran daring dan luring, kemudian pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan pengelompokkan pendidik dan peserta didik yang hadir kesekolah serta pembagian mareti yang akan diberikan kepada pesertya didik. Pelaksanaan pembelajaran tetap ada kegiatan pembuka, inti dan penutup walaupun pembelajaran dilakukan secara daring dan luring serta evaluasi pembelajaran dilakukan kepada peserta didik dengan memberikan ujian tulis berupa soal objektif, esai dan isian serta ujian secara lisan.
SPEAKING GRADUATE STUDENT FOR PERSONAL BRANDING AND EMPLOYMENT OPPORTUNITIES SILALAHI, ELFRIDA BR.; Tanabara, Agnes G; Wene, Imelda Woa
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.892

Abstract

This is certainly very useful considering the importance of having the ability to speak English. Research methodology of this research is descriptive qualitative methods. The data was taken from student’s observation and interview. This research explains how important English communication is to improve personal branding for better job opportunities and heaving ability to speak English will provide better and wider job opportunities. The resulting of this research is students communicating optimally lead a person to better job opportunities that proved form students observation and interviewing those students get better job opportunities. Communication can be in the form of oral or written, English is chosen as the language used in the world of work. Personal branding is a factor that already exists in every individual; it is formed differently depending on the surrounding environment. Where personal branding is correlated with the communication made and the process will later be used. The purpose of building personal branding is to gain the trust of people around us for our credibility. In the current era of growing globalization, the role of communication is becoming increasingly vital.
IMPLEMENTASI HASIL PEMBELAJARAN DAN PERANANNYA DALAM INTERAKSI GENERASI DIGITAL NATIVE DI MEDIA SOSIAL Purba, Anita
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.911

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi hasil pembelajaran terhadap interaksi digital native di media sosial. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Simalungun. Sampel penelitian berjumlah 59 responden. Dalam penelitian ini, penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form. Metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi hasil pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap interaksi digital native di media sosial. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa implementasi hasil pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk perilaku digital native saat berinteraksi di media sosial.
PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR PADA SMK PELAYARAN PANCASILA KARTASURA-SUKOHARJO PROVINSI JAWA TENGAH -, sugiyarni -
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pendidikan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura-Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Pelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas 10 yang berjumlah 66 siswa dan sampel sejumlah 66 responden dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang memuat 28 pernyataan dan dokumentasi berupa data siswa selama 3 tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pendidikan dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. Secara simultan variabel kualitas pendidikan, promosi, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan mendaftar pada SMK Pelayaran Pancasila Kartasura. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menambah variabel independen dalam model penelitian misalnya harga, kualitas layanan, status akreditasi, dan citra sekolah sehingga dapat diperoleh hasil penelitian terkait dengan faktor yang mempengaruhi keputusan siswa mendaftar sekolah.
The Implementation Of Pie (Point, Illustration, Explanation) And Author’s Chair Strategy In Teaching Writing At The Tenth Grade Students Of Sman 18 Makassar Jihad, Adriani
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.1095

Abstract

The objective this research is to find out the improvement of students writing ability after being taught by using PIE and Author’s Chair strategy. This research used pre-experimental method. The population of this research was the tenth grade students of SMAN 18 Makassar. The sample was 22 students which were taken by using purposive sampling tehnique. The result indicated that the mean score of post-test was higher than pre-test (76.36>62.22) and t-test was greater than the value of t-table 13.205>2.080. It means that there was a significant difference between the students’ pre-test and post-test in teaching by using PIE and Author’s Chair strategy. It concluded that teaching writing by PIE and Author’s Chair strategy can improve students writing ability at the tenth grade students of SMAN 18 Makassar
KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA lamote, hasrin
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.1089

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak tidaknya media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran matematika berbasis powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penilaian dalam bentuk angket meliputi tiga aspek, yaitu (1) penilaian kelayakan oleh ahli media, (2) penilaian kelayakan oleh ahli materi, dan (3) penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif tersebut dinyatakan sangat layak, hal ini bisa dilihat dari rata-rata persentase skor yang diberikan oleh para ahli media yaitu sebesar 96,67% dan para ahli materi memberikan rata-rata persentase skor 91,44%. Media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan juga dinyatakan sangat praktis, hal ini diperoleh berdasarkan skor nilai dari guru matematika yaitu 84% dan juga skor nilai yang diberikan oleh siswa sebesar 92% ketika memberikan penilaian tentang kepraktisan media tersebut. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan tersebut dapat dikatakan layak digunakan untuk proses pembelajaran matematika selanjutnya.
PERAN MODUL NUSANTARA TERHADAP ADAPTASI CULTURE SHOCK MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN Simbolon, Lamtiur Verawaty; Gulo, Puspa Realita; Gowasa, Morianus; Sitorus, Parlindungan; Nainggolan, Juliper
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.1062

Abstract

Pendidikan di Indonesia terus melakukan Inovasi. Salah satunya adalah penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas negeri maupun swasta pada tahun 2021(Abna et al. 2022). Universitas HKBP Nommensen (UHN) merupakan salah satu Universitas Swasta di Sumatera Utara, UHN juga ikut menerapkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, salah satu kegiatannya yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 (PMM 2) dimana sebanyak 348 mahasiswa Lolos dan 231 diantaranya ditempatkan di pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan memberikan gambarkan. Culture shock yang dialami mahasiswa UHN selama mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka khususnya di Pulau Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi, naratif dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa PMM Outbond Universitas HKBP Nommensen dengan kampus tujuan berada di pulau Jawa yaitu sebanyak 231. Sedangkan sampel terdiri atas 3 orang mahasiswa dengan kampus tujuan; Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Diponegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran dalam adaptasi culture shock Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen, yang meliputi adaptasi makanan, tata krama, bahasa, kebiasaan dan adat-istiadat di pulau Jawa.
PANDANGAN MAHASISWA OUTBOUND UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN TERHADAP KEGIATAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA Sitorus, Parlindungan; Sinaga, Gresia Ledy; Zega, Emanuel; Sinaga, Fajar Gohanda
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 11 No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v11i1.1077

Abstract

This article aims to find out students' views on the activities of the independent student exchange program, and find out students' understanding of student exchanges and what are the obstacles and obstacles experienced by students when participating in student exchange activities. This research uses the case study method, with a focus on the implementation of learning activities off campus, namely student exchanges organized by several study programs, HKBP Nommensen University. Observations were made on 20 students consisting of several study programs in carrying out a student exchange program at HKBP Nommensen university. Data analysis uses data from observations through questionnaires sent via Google form to students. The results of this study indicate that students have a positive view of the implementation of the student exchange program at HKBP Nommensen University and even students want to recommend this activity to others because this activity is very useful. There are several obstacles faced by students at the stages of registration, selection, announcement and implementation. The constraints experienced were the completeness of the files, the difficulty of using the application, the courses at the destination university were not in accordance with the semester courses that were taking place at the original university, and it was difficult to adapt to the new environment.

Page 1 of 2 | Total Record : 11