Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021"
:
11 Documents
clear
Pengaruh Nilai Virtual Item Terhadap Intensi Pembelian Virtual Item dalam Game Online PUBG Mobile
Muhammad Hafni Herawan;
M. Yudy Rachman
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (262.656 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.207
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan intensi pembelian virtual item para pemain game online yaitu PUBG Mobile, yang dipengaruhi oleh nilai virtual item pada game tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan menyertakan masyarakat Banjarmasin yang merupakan pemain game online PUBG sebagai populasi penelitian. Dari populasi penelitian ini kemudian ditarik 100 sampel sebagai responden penelitian. Teknik sampling yang digunakan dalam menarik sampel yaitu Judgmental sampling. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini maka digunakan regresi linier berganda. Berdasarkan temuan penelitian ini maka didapat hasil sebagai berikut : Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya intensi pembelian virtual item dari para pemain game online PUBG Mobile dipengaruhi oleh nilai fungsional dari virtual item, namun dari hasil penelitian ini pula didapat bukti bahwa nilai social dan juga nilai fungsional ternyata belum memiliki andil terhadap intensi pembelian virtual item para pemain game online PUBG. Semakin meningkatnya nilai dari sebuah virtual item akan membuat semakin meningkat pula intensi para pemain untuk membeli virtual item dalam permainan tersebut, dan hal ini berarti menunjukan nilai dari virtual item akan mempengaruhi intensi untuk membeli virtual item permainan tersebut.
Mendesain Ulang Strategi Milk Run (Studi Kasus Pada Transportasi Logistik Rantai Dingin)
Alexander Batara Marpaung;
Elia Oey;
Rianto Nurcahyo
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (225.603 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.208
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang harus dilakukan oleh pelaku usaha jasa logistik pihak ketiga yang bergerak dalam cold supply chain industri makanan cepat saji di Indonesia khususnya dalam menghadapi dinamika pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di daerah pinggiran kota, sehingga dapat berkontribusi pada industri rantai makanan di Indonesia, terutama untuk logistik pihak ketiga yang memiliki mitra rantai makanan global. Penelitian dilakukan dari tahun 2017 hingga 2020 dengan melakukan berbagai simulasi distribusi logistik di berbagai kondisi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian operasional matematis, di mana uji analisis kuantitatif akan difokuskan pada pendekatan manajemen operasional dengan memperhatikan variabel-variabel sebagai berikut: total jarak tempuh rute; kecepatan lalu lintas; jumlah titik perhentian yang akan dilayani pada rute milk run; lama waktu perjalanan; kapasitas kendaraan terhadap waktu tempuh dan jumlah pelayanan persinggahan; serta batas kapasitas kendaraan yang diperbolehkan pada trayek tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengelola manajemen transportasi secara optimal, perusahaan harus mempersiapkan perhitungannya dengan baik dalam faktor beban, manajemen jarak tempuh dan waktu, dan pembatasan jalan untuk truk logistik, sehingga dapat melayani mitra rantai makanan mereka dengan baik.
Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance
Tongam Sinambela;
Lisa Nuraini
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (320.936 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.209
This study aims to obtain empirical evidence about the effect of Firm Age, Profitability (Return on Assets), and Sales Growth (Sales Growth) on tax avoidance. This study is a quantitative study using secondary data in the form of financial reports and annual reports of food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2015 to 2019. The sample selection used the purpose sampling method. The data analysis technique uses multiple regression analysis with SPSS 20. The results of this study are that the age of the company has a positive and significant effect on tax avoidance. Variable return on assets has a positive effect on tax avoidance. Sales growth variable has no effect on tax avoidance. This is because high sales growth does not necessarily affect the profit generated because each period also produces a different cost of goods sold.
Bagaimana Intellectual Capital Mempengaruhi Kinerja Perusahaan Pada Perbankan Di Indonesia?
Fangky A. Sorongan
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (301.959 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.210
Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang terus berinovasi, mengandalkan teknologi baru dan menekankan pada keterampilan dan pengetahuan karyawan. Nilai tambah dapat dihasilkan dari sebuah aset yang tidak berwujud yang tidak selalu tercermin dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk menyelidiki pengaruh Intellectual Capital dan kinerjanya pada Bank di Indonesia. Hasil penelitian didasarkan pada data yang diambil dari 16 Bank Umum Swasta Nasional Devisa (BUSND) yang terdaftar di BEI periode tahun 2015-2019. Ditemukan bahwa Intellectual Capital memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan kinerja perusahaan yang diukur dengan profitabilitas dan Return on Assets (ROA). Hasil penelitian menunjukan secara parsial menunjukan bahwa HCE, CEE dan SCE berpengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan model VAIC (HCE, CEE dan SCE) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap ROA.
Analisis Faktor-Faktor Resistensi Terhadap Teknologi Smartwatch (Studi Pada Perilaku Konsumen Di Indonesia)
Salman Faris Insani;
Ariyani Wahyu Wijayanti;
Desti Irawati
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (373.27 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.211
Pertumbuhan Internet of Thing (IOT) di abad ke-21 ini sangat pesat. Meskipun IoT menawarkan peluang baru, namun memunculkan tantangan pada resistensi. Resistensi adalah suatu reaksi konsumen terhadap inovasi produk, reaksi dapat berupa penundaan pembelian ataupun penolakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendasari resistensi konsumen terhadap produk smartwatch. Sampel yang digunakan adalah konsumen di Indonesia yang mengetahui namun tidak berminat untuk memiliki produk smartwatch sebanyak 163 responden. Hasil studi ini mengindikasi bahwa variabel gangguan berpengaruh terhadap resitensi konsumen. Selain itu masalah privasi memiliki pengaruh terhadap gangguan dan ketergantungan memiliki pengaruh terhadap kekhawatiran privasi. Selain itu persepsi ketidakbermanfaatan, persepsi harga, persepsi kebaruan dan efikasi diri tidak memiliki pengaruh terhadap resistensi.
Kreativitas Para Pekerja Kreatif Radio Gen 103.1 FM Surabaya Ditinjau Dari Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional
Tri Siwi Agustina;
Muhammad Novit Catur Putra
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (388.144 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.212
Kreativitas karyawan merupakan faktor penting serta penentu dalam melakukan perubahan dan pengembangan bagi industri kreatif, agar dapat beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang mendorong adanya kreativitas karyawan, adalah peran pemimpin yang bergaya transformational, karena diyakini mampu memberikan arahan dan motivasi kepada karyawan lebih terfokus dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan mengganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas karyawan dengan fokus promosi dan creative process engagement sebagai mediator. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 41 orang menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis Smart PLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional terbukti berpengaruh positif terhadap kreativitas karyawan. Fokus promosi terbukti berpengaruh positif terhadap kreativitas karyawan. Fokus promosi terbukti memediasi parsial pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas karyawan. Creative process engagement terbukti memediasi secara parsial pengaruh fokus promosi terhadap kreativitas karyawan
Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian
Hadiyati Hadiyati;
Fatkhurahman Fatkhurahman
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (94.426 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.213
Pembelajaran pada mata kuliah dasar-dasar kewirausahaan menjadi salah satu bagian penting dalam mencapai learning outcome program studi manajemen yakni menjadi lulusan yang memiliki kompetensi wirausaha muda. Untuk mewujudkan hal tersebut, terbukti tidak sedikit mahasiswa yang sudah mulai berwirausaha yani mencapai angka 25% dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan dan ini menunjukkan adanya motivasi dalam berwirausaha. Namun perlu diketahui secara detail apa alasan mereka berwirausaha usaha dan bagaimana model yang dimiliki dalam membangun motivasi berwirausaha dikalangan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari populasi mahasiswa yang mengambil mata kuliah dasar-dasar kewirausahaan genap 2020-2021 yang sudah memiliki usaha di prodi manajemen sebanyak 68 orang dengan sampel diambil sebanyak 34 orang atau sebanyak 50% dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner online dan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti lingkungan keluarga dan sikap kemandirian mahasiswa berpengaruh signifikan sebesar 52% dan variabel kemandirian lebih dominan ini menunjukkan bahwa sikap mandiri seorang mahasiswa menentukan rasa percaya diri mereka dalam berwirausaha. Kemudian rasa percaya diri yang dimilikinya berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 32% dan ini berarti bahwa mahasiswa yang berwirausaha membutuhkan rasa percaya diri dalam memulai dan menjalankannya.
Instrumen dan Pemetaan Indikator Customer Citizenship Behavior dan Keterikatan Pelanggan Pada Industri Hospitality di Masa Pandemi
Tjahjani Prawitowati
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (314.398 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.214
Industri Hospitality, khususnya hotel dan resto, merupakan perusahaan yang terkena dampak pandemi COVID-19. Dalam upaya beradaptasi pada perubahan yang merupakan salah satu langkah kunci untuk dapat bertahan dan bangkit kembali, adanya keterikatan pelanggan dan tertampilnya perilaku sukarela sebagai bentuk peran ekstra pelanggan sangat diperlukan oleh perusahaan. Tujuan penelitian yaitu memetakan Customer Citizenship Behavior (CCB) dan Keterikatan Pelanggan dengan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya untuk mengukur variabel tersebut di masa pandemi. Instrumen ini dapat secara berkelanjutan digunakan oleh perusahaan untuk melakukan survey guna mengetahui tingkat CCB dan Keterikatan Pelanggan sehingga dapat disusun strategi pemasaran yang tepat. Selain itu dapat digunakan oleh Peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengukur CCB dan Keterikatan Pelanggan pada industri Hospitality. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer dan pengumpulan data secara cross sectional. Populasi adalah pelanggan pada hotel dan resto di Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode konvenien, dengan sampel sejumlah 127 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji outer model melalui perangkat lunak Warp PLS dan analisa data diskriptif menggunakan bantuan software SPSS. Alat ukur yang valid dan reliabel digunakan untuk memetakan keterikatan pelanggan dan CCB, dan hasil pemetaan menggambarkan bahwa pelanggan tetap menunjukkan CCB dan Keterikatan yang tinggi pada perusahaan.
Program Pemulihan Bisnis UMK Terdampak Covid-19 di Wilayah Bogor
Dahri Tanjung;
Safira Fathin
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (237.895 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.215
Bencana Covid-19 telah memberi berdampak buruk terutama terhadap kesehatan dan ekonomi. Usaha mikro dan kecil (UMK) merupakan sektor ekonomi yang sangat terdampak. Sementara posisi UMK demikian besarnya dalam ekonomi daerah, sehingga begitu pentingnya membantu UMK untuk segera bangkit dari terpaan Covid-19 tersebut.Tujuan penelitian terapan ini adalah menganalisis dampak Covid-19 dan menyusun program pemulihan bisnis UMK menghadapi kondisi normal. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif tabulasi dan grafis, dan analisis pemasaran. Hasil analisis menunjukkan sebagian besar (75%) merupakan wanita yang berumur 30-50 tahun. Dari responden penelitian ini, sebanyak 40% bergerak dibidang usaha makanan ringan dan minuman. Hasil uji paired samples terhadap asset, biaya dan keuntungan menunjukkan bahwa sebelum pandemi jauh berbeda dibandingkan dengan setelah pandemi. Untuk itu program pemulihan UMK yang perlu dilakukan yaitu penyiapan izin usaha, perbaikan kualitas produk, dan pengembangan digital marketing.
Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek (Studi Pada Konsumen KOI Bubble Tea Tunjungan Plaza Surabaya)
Rani Oktavianti;
Anindhyta Budiarti
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (494.656 KB)
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i1.216
KOI Bubble Tea merupakan minuman yang berasal dari Taiwan pada awal tahun 1980. Salah satu perusahaan produk merek minuman yang popular di Seluruh Indonesia dengan mengeluarkan produk andalan yang berupa bola tapioka dan produk lainnya yang telah dikembangkan yaitu berbagai varian rasa dan topping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek pada KOI bubble tea. Populasi yang digunakan dalam penelitian merupakan pelanggan KOI bubble tea. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana penentuan sampelnya diperoleh dengan memberikan batasan-batasan kepada responden yang memenuhi kriteria sebagai sumber data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel yang merupakan elanggan KOI bubble tea. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap citra merek. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap citra merek. Promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh tidak signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dimediasi citra merek. Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dimediasi citra merek.