cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia" : 11 Documents clear
The Relationship Between Leadership And Organizational Behavior (Case Study Of Ketapanrame Village Government) Seftiasari, Gita; Trisnawati, Juliani Dyah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.347

Abstract

Leadership and organizational behavior are two crucial elements in any organization, including in the context of village governance. Good leadership not only influences the direction and goals of the organization but also shapes the culture and dynamics within it. Understanding organizational behavior in Ketapanrame Village is essential to identify the patterns of interaction between individuals and groups, as well as how local culture affects the performance of village officials and the community. In this context, the relationship between leadership and organizational behavior is the main focus of this study. The research uses a qualitative approach with a case study method to explore the dynamics in more depth. Data were collected through in-depth interviews, direct observation, and analysis of relevant documents. The findings show that the relationship between leadership and organizational behavior in Ketapanrame Village has a direct impact on the effectiveness of village governance. Effective leadership can foster positive organizational behavior, where leaders create an environment that encourages collaboration, open communication, and innovation. Conversely, positive organizational behavior will support the achievement of the organization’s vision and mission, as well as improve overall performance, creating synergy between leaders, village officials, and the community
Hubungan Antara Motivasi, Perubahan Organisasi, Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Organisasi: Sebuah Kajian Literatur Dharmawan, Dimas Dwireno; Rawanggalih, Kresna Syuhada; Andriani, Andriani; Basri, Salman; Hidayati, Tetra
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.348

Abstract

Penelitian ini meneliti hubungan antara motivasi, perubahan organisasi, strategi manajemen sumber daya manusia (SDM), dan kinerja organisasi. Kinerja organisasi yang optimal dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi karyawan, strategi SDM, dan perubahan organisasi. Motivasi karyawan mendorong pencapaian tujuan organisasi, sementara strategi SDM menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan kompetensi karyawan. Perubahan organisasi melibatkan penyesuaian struktur, proses, teknologi, dan budaya terhadap dinamika lingkungan bisnis. Studi ini menganalisis literatur yang relevan untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel ini dan implikasinya terhadap praktik manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, strategi SDM, dan perubahan organisasi memiliki hubungan erat dan saling memengaruhi dalam meningkatkan kinerja organisasi. Motivasi karyawan yang tinggi dapat mendukung implementasi strategi SDM yang efektif dan perubahan organisasi. Sebaliknya, strategi SDM yang tepat dapat meningkatkan motivasi karyawan dan memfasilitasi proses perubahan organisasi. Ketiga faktor tersebut secara bersama-sama akan berkontribusi pada peningkatan kinerja organisasi.
Analisis Strategi Produk Telepon Genggam "Iphone" Menggunakan Integrasi Product Life Cycle dan Metode SWOT Kusuma, Rusbiansyah Perdana; Kurniawati, Ria; Widyatama, Krista; Agustiani, Putri Indah; Fauzana, Shahwa
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.349

Abstract

Beberapa tahun terakhir, bisnis di Indonesia telah mengalami peningkatan persaingan, perubahan, dan ketidakpastian. Keadaan yang dinamis ini menyebabkan persaingan ketat antar bisnis. Untuk tetap hidup di dunia industri, perusahaan harus melakukan inovasi atau perubahan. Karena sebagian besar populasi Indonesia berpendidikan rendah dan bekerja dalam usaha kecil modern dan tradisional, usaha kecil selalu dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi negara. Penelitian ini menganalisis strategi produk iPhone menggunakan metode PLC (Product Life Cycle) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dihadapi iPhone dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar global. Metode penelitian mencakup pengumpulan data dari 38 responden melalui kuesioner, diolah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi teknologi berkelanjutan, loyalitas merek, dan ekosistem terintegrasi merupakan kekuatan utama iPhone. Namun, tantangan signifikan seperti harga tinggi dan persaingan ketat dari merek lain memerlukan strategi adaptif. Integrasi analisis PLC dan SWOT memberikan wawasan mendalam tentang dinamika pasar, membantu Apple dalam merumuskan strategi inovasi, diversifikasi produk, dan penguatan ekosistem. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman siklus hidup produk dan analisis strategis untuk mempertahankan relevansi dan daya saing iPhone di industri smartphone yang terus berkembang.
Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Biaya Agensi, Strategi Bisnis Keberlanjutan Terhadap Kinerja Keuangan Setyawan, Indra Maulana; Anam, A. Khoirul
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari Kepemilikan Keluarga, Biaya Keagenan, dan Strategi Bisnis Keberlanjutan terhadap Kinerja Keuangan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, penelitian ini melibatkan perusahaan-perusahaan di sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan total 182 perusahaan selama periode 2019 hingga 2022. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling jumlah 140 sampel dengan kriteria perusahaan manufaktur, mempublikasikan laporan keuangan selama 2019-2022, memiliki laba bersih berturut-turut, serta merupakan perusahaan keluarga. Analisis dilakukan menggunakan regresi data panel dengan STATA 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Keluarga dan Biaya Agensi tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, sementara Strategi Bisnis Keberlanjutan memiliki pengaruh terhadap Kinerja Keuangan.
Local Entrepreneurs Resilience: lnvestigating the Role of Entrepreneurial Motivation and lntentions in Driving Malang MSMEs' Performance Handrito, Radityo Putro; Ismail, Taufiq; Barinta, Dunga Dwi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.351

Abstract

Penelitian tentang peran motivasi berwirausaha dan minat berwirausaha terhadap kinerja UMKM menarik perhatian karena UMKM memiliki peran yang krusial dalam perekonomian Indonesia. Meskipun UMKM menjadi penyangga ekonomi dengan menyerap sebagian besar tenaga kerja dan berkontribusi signifikan pada investasi, pelaku UMKM harus dihadapkan pada berbagai tantangan yang dapat memengaruhi keberlangsungan bisnis mereka. Fenomena ini terkait dengan kondisi ekonomi global yang fluktuatif, perubahan teknologi, dan tuntutan pasar yang semakin ketat. Dalam menghadapi kondisi tersebut, penting bagi pelaku UMKM untuk melakukan pengukuran kinerja dalam menjaga daya saing dan kelangsungan bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara entrepreneurial intention (EI), entrepreneurial motivation (EM), dan kinerja perusahaan UMKM di Indonesia. Meskipun kedua variabel tersebut banyak dikaitkan dengan peningkatan kinerja, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa EI dan EM tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan yang diukur melalui pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan laba. Penelitian ini menggunakan data dari 150 responden yang merupakan pemilik UMKM di Indonesia, dengan fokus pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan pendidikan pemilik usaha. Hasil menunjukkan bahwa usia pemilik dan jenis kelamin pemilik memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja, di mana pemilik yang lebih muda dan pria cenderung memiliki kinerja yang lebih baik. Temuan ini memperkaya literatur kewirausahaan dengan menyoroti kompleksitas hubungan antara niat dan motivasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM dan mengindikasikan perlunya faktor-faktor eksternal lain seperti keterampilan manajerial dan akses ke modal untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi agar kebijakan pemerintah dan pelaku bisnis lebih fokus pada peningkatan kapasitas manajerial dan akses ke sumber daya bagi UMKM untuk mendukung pertumbuhannya.
Analisis Forecasting Volatilitas Saham PT Goto GojekTokopedia Dengan Metode ARCH-GARCH Nugroho, Nicolaus Wicaksono; Dewi, Vera Intanie
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.352

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meramal harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia hingga periode April 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat volatilitas harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia hingga periode April 2025. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan melalui data harga penutupan saham PT Gojek Tokopedia Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa dan transportasi yang mengalami penurunan kinerja harga saham sejak tahun IPO perusahaan tersebut yakni 2022 yang disebabkan berbagai faktor seperti merger, net profit yang masih merugi dan nilai burn rate yang cukup tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH). Hasil peramalan dari GARCH data harga penutupan saham GOTO mengalami kenaikan harga saham pada akhir 2024. Pada periode tersebut, ini menjadi momentum yang baik untuk investor melakukan scalping jika investor tersebut memiliki profil risk takers. Hasil peramalan secara keseluruhan dari GARCH harga saham GOTO mengalami kenaikan yang cukup signifikan sampai periode April 2025.
Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Total Asset Turnover, Likuiditas Dan Inflasi Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pangau, Angelia Christin; Dewi, Vera Intanie; Maratno, Sylvia Fettry Elvira
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.353

Abstract

Sektor properti dan real estat, yang sebelumnya menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik, mengalami dinamika yang menarik pasca-pandemi COVID-19. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan di subsektor ini dalam periode 2019-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua variabel keuangan yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Total Asset Turnover dan likuiditas terbukti menjadi faktor kunci yang dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa efisiensi penggunaan aset dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek sangat krusial dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks. Temuan yang menarik adalah tidak adanya perbedaan signifikan dalam profitabilitas perusahaan sebelum dan sesudah pandemi. Ini menunjukkan bahwa sektor properti memiliki ketahanan yang cukup baik dalam menghadapi krisis. Namun, perusahaan perlu terus beradaptasi dengan perubahan tren pasar dan preferensi konsumen.
Peran Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kebahagiaan Di Tempat Kerja Felicia, Monica; Pramudita, Dismas Persada Dewangga; Palupi, Rosa De Lima Dyah Retno; Bhimasta, Raden Agoeng
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.354

Abstract

This study investigates the influence of job satisfaction and organizational commitment on employee happiness at work. Adopting a quantitative research approach, data were collected through a structured survey involving 53 employees of PT. Global Intermedia Nusantara (Provider of consulting services, analysis, design and implementation of information systems in the company). The Partial Least Square (PLS) analysis model was applied to explore the interrelationships among the variables. The findings indicate that job satisfaction plays a pivotal role in enhancing happiness at work, with employees reporting greater contentment when their job expectations and needs are met. Additionally, organizational commitment emerges as a critical factor, demonstrating a strong positive impact on workplace happiness. This suggests that employees who feel emotionally attached to their organization and aligned with its goals tend to experience higher levels of happiness. The results of this study indicate a positive and significant effect of job satisfaction on happiness at work. Organizational commitment is also proven to have a positive and significant effect on employee happiness at work. These results underline the need for organizations to prioritize strategies that cultivate job satisfaction and reinforce organizational commitment.
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Bengkel Honda Jakarta Center Retail Kurniasih, Desti; Istiharini, Istiharini; Gunawan, Theresia
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan Bengkel Honda Jakarta Center. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menerapkan menerapkan metode korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada pelanggan yang telah melakukan servis dan telah melakukan servis sebelumnya minimal 2 kali di Bengkel Honda Jakarta Center. Pengolahan data dalam penelitian ini menggukanan metode Partial Least Square yang merupakan pendekatan alternatif dalam structural equation modelling (SEM). Total responden dalam penelitian ini adalah 112 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, namun kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan serta tidak memediasi hubungan antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Susu Mbok Darmi Hasrul, Hasrul; Herman, Herman; Hilmi, M. Fayyadh
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v8i1.356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya pada loyalitas pelanggan Susu Mbok Darmi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke outlet Susu Mbok Darmi yang ada di kota Bogor. Sedangkan untuk jumlah angka pastinya sendiri populasi tidak diketahui jumlahnya. Penetapan minimal jumlah responden dalam penelitian ini didasarkan pada (Darwin et al., 2020) dengan minimal jumlah responden didapatkan berdasarkan pada jumlah indikator dikalikan 5 – 10. Indikator dalam penelitian ini ada sebanyak 21 indikator dikalikan 5 yaitu 105. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan menunjukkan hasil berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,352 dengan nilai t-statistik yaitu 3,538 (>1,98) serta nilai signifikansi p value 0,000 (<0,05). Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan mampu memediasi secara sempurna (full mediation) hubungan antara Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan menunjukkan hasil berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,352 dengan nilai t-statistik yaitu 3,538 (>1,98) serta nilai signifikansi p value 0,000 (<0,05). Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan mampu memediasi secara sempurna (full mediation) hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 4 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 3 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 2 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue