'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab
'A Jamiy: Arabic Language and Literature Journal (p-issn: 2252-9926 and e-issn: 2657-2206) is a scientific journal that has published scientific papers since 2012. This journal is a Linguistics and Literature journal that is published twice a year in June and September by the Arabic Literature Study Program, Faculty of Cultural Sciences, Muhammadiyah University, Gorontalo. This journal discusses language problems that are examined in the branches of applied linguistics, such as sociolinguistics, discourse analysis, critical discourse analysis, pragmatics, stylistics, corpus linguistics, and others. In the field of literature, it includes literary history, literary theory, literary criticism, and others, which may include written texts, films, and other media. We only accept scholarly papers written in Bahasa Indonesia, Arab and English.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 10, No 1: JUNI 2021"
:
15 Documents
clear
Pergeseran Konteks Syair Arab pada Masa Jahiliyah Hingga Masa Awal Islam
Achmad Syaifuji;
Bambang Irawan
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.153-166.2021
Pada zaman Jahiliyah, kemampuan membuat syair merupakan salah satu parameter intelektualitas seseorang kala itu. Banyak penyair-penyair handal kala itu, salah satunya disebabkan adanya pergelaran atau festival syair dan puisi Arab yang dilaksanakan di pasar-pasar. Tidak sedikit, sering terjadi konflik yang dipicu karena dendangan syair-syair yang saling menghantam antar suku, merayu para wanita serta perihal negatif lainnya yang salah satunya disebabkan karena orang-orang Jahiliyah tidak mempunyai kitab suci, tidak ada Nabi, dan tidak punya sumber hukum. Saat islam masuk, syair-syair yang bernilai negatif, diganti bahkan dibuang yang disesuaikan dengan nilai-nilai religiositas islam dan sebagai media untuk berdakwah. Hal ini menjadi pertimbangan penulis karena syair merupakan bagian dari kekayaan intelektual dari bahasa Arab itu sendiri, sehingga perlu diketahui karakteristik syair-syair pada masa pra islam hingga masuknya islam. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara analisis deskriptif dan kajian pustaka terhadap bahan-bahan dari jurnal ilmiah dan buku-buku yang membahas tentang syair-syair Arab pada masa Jahiliyah hingga awal masuknya islam
Uslubul Istifhām Fȋ Al-Juz Al-Tāsi’ Wa Al-‘Isyrȋn Wa Tsalȋsȋna Min Al-Qur’an Al-Karȋm (Dirāsah Balagiyah)
Muhammad Naili;
Kamaluddin Abunawas;
Rusydi Khalid
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.17-28.2021
هذا البحث يهدف إلى كشف أسرار أسلوب الاستفهام من بلاغيته فى الجزء التاسع العشرين والثلاثين. وقام الباحث بتقسيم المناهج إلى منهجين منها: الأول: منهج استقراء المواد وجمعها عندا يقوم الباحث باستقراء مصادر البيانات وجمعها، والثانى: منهج تحليل المواد عندما تحدث الباحث عن أساليب الاستفهام فى الجزء التاسع والعشرين والثلاثين بذكر أغراضها ومعانيها وأسرارها من الناحية البلاغية. ومن نتائج البحث أن الاستفهام المجازي أو الدلالة المجازية هي أكثر الاستفهام التى وقعت فى القرآن الكريم حتى فى الجزء التاسع العشرين والثلاين لكثرتها ما فيه من الأغراض واللطائف وهذا مايسميه البلاغيون بخروج الاستفهام عن معانيه الوضعية إلى معان أخرى مجازية تفهم من السياق ومقامات الكلام، وأيضا هناك أسلوب الاستفهام يقع فى أول سورة من القرآن الكريم خاصة فى الجزء التاسع والعشرين والثلاثين.
PENERAPAN STRATEGI AL-TA'BIR AL-MUSHAWWAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DAN MAHARATUL KALAM
Nasra L Agel;
Syahruddin Usman;
Rappe Rappe
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.88-115.2021
Tujuan dari penelitian ini untuk menyajikan sebuah strategi yang dapat meningkatkan minat dan mahāratul kalam peserta didik melalui strategi al-Ta'bir al-Mushawwar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen, dalam menganalisis data peneliti menggunakan uji t beda dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan angket. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA1 dan MIA2 yang berjumlah 20 peserta didik pada masing-masing kelas. Dasil hasil analisis data terbukti bahwa strategi al-Ta’bir al-Mushawwar dapat meningkatkan minat dan mahāratul kalam peserta didik kelas eksperimen dilihat dari rata-rata hasil pre-tes 55.75 dan post-test 84.00. Dan strategi al-Ta’bir al-Ara al-Ra’isiyyah sama-sama dapat meningkatkan minat dan mahāratul kalam peserta didik kelas kontrol dilihat dari rata-rata hasil pre-tes 55.5 dan post-tes 80.25. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Uji T beda, minat belajar bahasa Arab peserta didik diperoleh nilai Thitung 1.007 < Ttabel 2021. Mahāratul kalam peserta didik diperoleh nilai Thitung 1.757 < Ttabel 2021. Dari hasil perbandingan nilai Thitung < Ttabel maka Ho diterima dan H1 ditolak, yang berarti tidak ada perbedaan antara kelas yang diterapkan dan yang tidak diterapkan strategi al-Ta’bir al-Mushawwar. Strategi al-Ta’bir al-Mushawwar dan strategi al-Ta’bir al-Ara al-Ra’isiyyah dapat digunakan karena dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab dan mahāratul kalam peserta didik kelas X MA al-Khairāt Gentuma Raya Kab. Gorontalo
Mabnīyāt al-Asmā’ (Dirāsah Tahlīlīyah Thatbīqīyah fī Sūrati al-Naba’)
Sriwahyuningsih Saleh;
Chaterina P Doni
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.189-204.2021
Penelitian ini membahas tentang isim-isim yang mabny (Mabnīyāt al-Asmā’) dalam surah al-Nabah, yang dianalisis dengan pendekatan ilmu Nahwu. Dalam penelitian ini dianalisis dua pokok masalah penelitian yaitu; 1) mengidentifikasi yata-ayat dalam surah al-Nabah yang di dalamn ya terdapay isim mabniy (mabnīyāt al-asmā), 2) bagaimana ‘irab dari isim-isim yang mabni dalam surah al-Naba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan jenis penelitian kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat-ayat yang di dalamnya terdapat mabnīyāt al-asmā dalam surah al-Naba’ adalah 14 ayat terdiri dari Dhamir (kata ganti), ism al-isyarah 1 ayat, ism al-Maushul 1 ayat, ism syat 1 ayat, ism istifham 2 ayat dan al-Dzharf 1 ayat.
Model Pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) Sebagai Alternatif Pembelajaran Maharah Kitabah
muhammad anas;
Muassomah Muassomah
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.29-46.2021
Penelitian ini didasarkan pada kurangnya minat belajar siswa-siswi SMP Islam Sabilurrasyad Malang terhadap pembelajaran bahasa Arab serta kesulitan yang dialami ketika pembelajaran Maharah Kitabah. Latar belakang siswa yang berbeda ikut andil menentukan hasil belajar masing-masing siswa. Selain itu pembelajaran juga lebih sering menggunkan metode ceramah yang tidak memberikan kesempatan siswa dalam melatih kemampuannya terkait Maharah Kitabah, sehingga pembelajaran dirasa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalis kebutuhan siswa dan masalah yang dihadapinya serta memberikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran, memberikan kesempatan siswa dalam mengasah kemampuan Maharah Kitabah serta mengatasi perbedaan latar belakang siswa dan kemampuannya terkait Maharah Kitabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggali informasi dan data di lapangan terkait masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Maharah Kitabah. Data penelitian ini digali dari siswa dan guru bahasa Arab serta pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran bahasa Arab dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya kesesuaian terkait masalah yang dihadapi siswa SMP Islam Sabilurrasyad apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) sebagai upaya untuk mengatasi masalah dan meningkatkan minat serta hasil belajar Maharah Kitabah.
Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mind Mapping
Berti Arsyad;
Suharia Sarif;
Sitti Khasriani
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.116-129.2021
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi Siswa dan Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Gorontalo terhadap buku ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 dan persepsi Siswa dan Guru Madrasah Tsanawiyah terhadap bahan ajar bahasa arab berbasis mind mapping. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dengan sumber data diperoleh dari hasil kuisioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Guru mata pelajaran dan siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gorontalo meniali bahwa bahan ajar bahasa arab dalam hal ini buku bahasa arab kurikulum 2013 sudah baik dan tepat digunakan, hal ini dibuktikan dengan hasil persentase mencapai 80%. (2) Persepsi Guru mata pelajaran bahasa Arab dan Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gorontalo terhadap bahan ajar bahasa Arab berbasis mind mapping sangat baik, dan sangat tepat digunakan dalam mendukung bahan ajar yang ada, dengan dibuktikan hasil persentase penilaian siswa 90% dengan kualifikasi “sangat baik”.
Analaisis Struturalisme Ferdinand De Saussure pada Puisi الأم Karya Kahlil Gibran
Royyi Muwaffa
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.47-63.2021
Karya sastra merupakan salah satu bentuk ekspresi pengarang dalam mengungkapkan perasaan atau pengalaman yang pernah dialami dan digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Salah satu bentuk karya sastra adalah puisi. Puisi merupakan karya sastra yang mengutamakan keindahan bahasa dan kepadatan makna. Tidak semua pembaca dapat memahami secara langsung tentang makna yang terkandung dalam puisi. Untuk dapat memahami maknanya, maka dibutuhkan suatu pendekatan untuk menganalisis unsur-unsur intrinsik di dalam puisi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan strukturalisme yang akan menjelaskan setiap unsur yang terdapat dalam puisi, seperti tema, gaya bahasa, amanat, dan sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dikarenakan peneliti melakukan analisis dengan dua teknik, yaitu teknik simak dan catat. Teknik simak dilakukan dengan cara membaca dan memahami setiap baris sajak dalam puisi, dan teknik catat dilakukan dengan cara mencatat hasil penelitian setelah peneliti memahami makna yang terkandung dalam setiap baris. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah puisi Ibu Kahlil Gibran yang merupakan puisi tentang peran dan karakter seorang Ibu yang memiliki kasih sayang yang tidak terbatas. Kata kunci: strukturalisme, struktur internal dan eksternal, puisi Ibu karya Kahlil Gibran
Aiman al-Utūm wa Asy‛āruhu al-Jamālīyyah al-Badī‛iyyah (Dirāsah al-Muhassināt al-Lafzdīyyah fī al-Jinās wa al-Saja’
Septiyani Y Pombaile;
Ibnu Rawandhy Hula;
Sriwahyuningsih Saleh
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.130-152.2021
الأهداف من إجراءات هذا البحث هي: (1) أن تعرف الباحثة أو القارئ أبيات شعر التي تتضمن فيها السجع في شعر أيمن العتوم. (2) أن يعرف الباحثة أو القارئ أبيات شعر التي تتضمن فيها الجناس في شعر أيمن العتوم . منهج البحث الذي يستخدم الباحثة هو بحثاً نوعياً وصفياً، و الأسلوب المستخدمة في جمع المواد هي الطريقة المكتبية، و أما مصادر المواد المبحوثة المستخدمة في هذا البحث نوعان من المصادر و هما مصدر المواد الأولية و مصدر المواد الثانوية. من نتائج البحث، هي أن أنواع الجناس في ثلاثة موضوعات من أشعار أيمن العتوم 49 جناس و تكون 28 الجناس التام و غير التام 21. و أما السجع المطرف 9، و السجع الموازي 6، و الترصيع 1.
Telaah Buku teks Bahasa Arab Madrasah Aliyah (Studi Analisis Buku Ajar kelas 12 KMA 183 Tahun 2019)
Alfarizi Farhan Mokoagow;
Muhammad Nur Iman;
Mukhtar I Miolo
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.205-215.2021
This article discusses the study of Arabic textbooks that focus more on the material of maharah istima' based on aspects of KMA 183 Year 2019 consisting of KI 1 (Spiritual), KI 2 (Social), KI 3 (Knowledge), and KI 4 (Skills) which are then explained from each chapter of the material maharah istima'. This article uses library research method or literature review, namely data collected through reference journals, books, thesis, and others. This study aims to find out the results of competencies based on KMA 183 year 2019 which is focused on the material of the maharah istima' of all chapters. The result of the study in this article is that there is a shutter of knowledge or KI in all materials maharah istima' and when viewed from the level of conformity, all of these materials are in accordance with the curriculum KMA 183 year 2019.
Al-Sūrah al-Tasybīhīyah: Nażharīyyatuhā wa Ma’ānīhā fī Asy’āri al-Imām al-Syāfī’ī”
randi safii
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 10, No 1: JUNI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31314/ajamiy.10.1.64-77.2021
تجريد البحث: هذا البحث يهدف إلى معرفة الصورة التشبيهية ومعناها في أشعار الإمام الشافعي التي قام الباحث بتحليلها في كتاب ديوان الإمام الشافعي المسمى الجواهر النفيس في شعر الإمام محمد بن إدريس. والمناهج تستعمل في هذا البحث هي تتكون من منهج جمع المواد الذي يقوم الباحث فيه بجمع كل وثائق التي تتضمن الصورة التشبيهية وما يتعلق بها مما ورد في أشعار الإمام الشافعي من كتاب ديوان الإمام الشافعي الجواهر المسمى النفيس في شعر محم بن إدريس. ويقوم الباحث في جمعها بالإطلاع على تلك المواد المتعلقة بموضوع المجموعة مما يتعلق بموضوع البحث. ثم منهج تحليل المواد الذي يستخدم الباحث، وهذا التحليل هو كل منهج تخرج منه الخلاصة بطريقة المجادلة. ثم حاول الباحث تحليل محتوي المواد تحليلا عميقا: وهو تحليل الصورة التشبيهية ومعناها في أشعار الإمام الشافعي. فيستخدم الباحث بتخطيط تبيين الأشاعار التي فيها الصورة التشبيهية ومعناها في أشعار الإمام الشافعي. والصورة التشبيهية هي: التشبيه البليغ حذف الأداة التشبيه ووجه الشبه، التشبيه المرسل المفصل ذكر أداة التشبيه ووجه الشبه. التشبيه المرسل المجمل ذكر أداة التشبيه وحذف وجه الشبه. التشبيه المؤكد حذف أداة التشبيه.