cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020" : 13 Documents clear
PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI AJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK SAKLAR SMART RELAY Purwanto, Agus
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam dunia industri sekarang ini, banyak sekali penggunaan motor listrik. Kebanyakan motor yang digunakan adalah motor induksi. Salah satu aplikasi motor listrik di industri adalah untuk menggerakkan conveyor. Kelancaran akan sistem produksi di industri sangat ditentukan oleh kinerja dari motor induksi. Kontrol motor listrik mempunyai peran penting dalam dunia industri modern saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik (IML). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 (dua) siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, catatan lapangan, lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penelitian, disusun empat  perangkat pembelajaran dan empat instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, 85 % peserta didik telah mencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun klasikal. Kemandirian belajar peserta didik dikategorikan baik.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN TEKNIK DRILL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN Hernawati, Krisdiyah
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran Kewirausahaanan di mata siswa, merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit dan membosankan. Motivasi siswa untuk belajar masih rendahnya, akibatnya hasil yang dicapai masih masih rendahnya. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar Kewirausahaanan dengan penerapan metode demonstrasi dan teknik drill kelas X-BC SMK Negeri 5 Jayapura Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 63  % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 70 % dan siklus 3 mencapai 77 %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan teknik drill dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas X-BC  dengan ketuntasan mencapai 100 %, dengan demikian penerapan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan teknik drill efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pelajaran Kewirausahaanan di SMK Negeri 5 Jayapura.
PENERAPAN PENDEKATAN SUPER KOIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENYUSUN SOAL HOTS -, Marsono
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran haruslah mengajarkan berpikir tingkat tinggi, sesuai dengan tuntutan abad 21, mengajarkan literasi dan mengajarkan karakter. Agar penilaian dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi maka diperlukan instrumen yang dapat mengukur kompetensi tersebut. Instrumen penilaian yang dapat mengukur kompetensi tingkat tinggi menurut para ahli adalah soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kemampuan guru mata pelajaran UN dalam menyusun soal HOTS juga masih sangat kurang, karena selama ini guru jarang dilibatkan dalam penyusunan soal. Penelitian tindakan sekolah ini terdiri dari 2 siklus. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pendekatan Super Koin dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menyusun soal HOTS pada guru mata pelajaran ujian nasional SMP Negeri 1 Karangkobar semester gasal tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2018, dengan subyek penelitian guru mata pelajaran UN sebanyak 12 orang. Penerapan Pendekatan Super Koin disertai pendampingan insentif dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun soal HOTS menjadi baik atau amat baik sebanyak 12 orang (100%)  dan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS rata-rata siklus I 85,79  menjadi 90,28 pada siklus II.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) -, Nurcholis
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Hasil pelatihan melalui pendampingan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para guru. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 65% dan pada siklus II mencapai keberhasilan 90%. Jadi, terjadi peningkatan 35% dari siklus I.
KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU Yuwono, Sapto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guna menjaga mutu kegiatan belajar mengajar di  Sekolah Dasar, pemerintah melalui guru berkewajiban melakukan tugasnya dalam rangka menjaga mutu guru  tersebut. Strategi yang digunakan kepala sekolah diantaranya dengan melakukan kegiatan Klinis. Tujuan penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan pembelajaran guru melalui pembinaan supervisor pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik Supervisor observasi kelas yaitu supervisor secara langsung mengamati kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh Guru di dalam kelas dengan mencatat berbagai aktivitasnya dalam pembelajaran di dalam kelas serta Supervisor Pembelajaran, yaitu teknik Supervisor dengan cara mengamati dalam merencanakan melaksanakan mengevaluasi dan memberi bimbingan. Penelitian ini dilaksanakan  dengan 2 siklus yang terdiri dari rencana, tindakan pengamatan refleksi.  Hasil dari tindakan awal melalui pembinaan ini diketahui terjadi peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari kondisi awal nilai keterampilan pembelajaran Guru SD 2,5 setelah tindakan siklus I menjadi 4 atau meningkat 5,0 poin dan setelah dilakukan siklus 2 meningkat menjadi 85% menunjukkan ada kompetensi kepala sekolah sebagai supervisor pembelajaran dalam upaya peningkatan kompetensi guru  sebesar 50%.
UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MELALUI METODE MENYUSUN BENTUK GEOMETRI Haryaningsih, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kognitif yang terjadi pada anak-anak di TK Dharma Wanita Bantir Kelompok B sebagian besar kurang variatif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor permasalahan baik dari guru, anak didik maupun sumber belajar sebagai pendukungnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode menyusun bentuk geometri. Pada siklus pertama dalam tindakan penelitian sudah ada peningkatan tapi belum begitu besar dan berarti pada siklus pertama sudah meningkat sekitar 60 % atau  19 anak yang  mengenal kognitifnya meningkat sesuai harapan, 8% atau 2 anak yang  mengenal kognitifnya mulai meningkat, dan 16 % atau 4 anak yang  mengenal kognitifnya belum meningkat. Hasil penelitian siklus kedua sudah meningkat sekitar 80 % atau 20 anak yang  mengenal kognitifnya meningkat sesuai harapan, 8% atau 2 anak yang  mengenal kognitifnya mulai meningkat, dan 12 % atau 3 anak yang  mengenal kognitifnya belum meningkat.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-20 MELALUI MEDIA POHON HITUNG -, Suini
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada umumnya  para siswa  taman kanak-kanak jumlah anak  yang mampu mengenal lambang bilangan belum banyak. Hal ini dikarenakan tidak mau mengikuti pembelajaran, takut, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal kemampuan mengenal bilangan 1-20 melalui kemampuan mengenal bilangan 1-20  melalui media pohon hitung. Penelitian yang digunakan adalah penilaian tindakan kelas. Dengan 2 siklus Lokasi penelitian dengan subjek  berjumlah  15 anak, yang terdiri atas 10 perempuan dan 5  anak laki laki. Pada siklus pertama dalam tindakan penelitian sudah ada peningkatan tapi belum begitu besar dan berarti pada siklus pertama sudah meningkat sekitar 33,3 % atau 5 anak meningkat sesuai harapan, 33,3 % atau 5 anak mulai meningkat, dan 33,3 % atau 5 anak yang  belum meningkat. Hasil penelitian siklus kedua sudah meningkat sekitar 80 % atau 12 anak yang meningkat sesuai harapan, 13,3 % atau 2 anak yang  mulai meningkat, dan 6,7 % atau 1 anak yang  mengenal kemampuan mengenal bilangan 1-20 nya belum meningkat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIM QUIZ MELALUI LESSON STUDY PADA KONSEP CAHAYA DENGAN MEDIA LCD PROYEKTOR Aizah, Siti Nur
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih seringnya guru menggunakan metode ceramah atau pembelajaran terpusat pada guru (teacher oriented), rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, lemahnya siswa dalam penerapan rumus untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi fisika rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan bahwa model pembelajaran tim quiz melalui lesson study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII F semester genap MTs. Negeri 2 Kendal yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisa. Hasil analisa menunjukkan bahwa data aktivitas guru dari 66%-80% ,aktivitas siswa 92%-100%, ketuntasan hasil belajar siswa 79%-92% ,mengalami peningkatan dan data angket tanggapan siswa yang senang mencapai  83,68 %. Kesimpulan yang diambil yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Tim Quiz melalui Lesson study dengan media LCD Proyektor dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan perolehan nilai rata-rata 70 dan ketuntasan klasikal 92%.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN Dumilah, Ratna
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah, pada pembelajaran Matematika terutama materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI SDN Harjosari Kidul 02 Kab Tegal hasilnya  masih  belum  sesuai dengan harapan. Hanya 32% siswa yang memenuhi berhitung sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Sedangkan  target ketuntasan yang ingin dicapai adalah 85 %. Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Adapun hasilnya adalah setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan   kemampuan berhitung  menjadi  68%.  Setelah  peneliti  melanjutkan perbaikan pembelajaran  pada siklus II hasilnya terjadi peningkatan yang signifikan yaitu kemampuan berhitung siswa  telah mencapai 94%. Dengan adanya hasil yang demikian penulis merasa  penelitian telah  cukup memenuhi target ketuntasan yang hanya 85%. Aktivitas belajar juga meningkat dari 43% pada pra siklus menjadi 54% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Simpulan  dari  penelitian ini adalah  dengan adanya penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Komik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berhitung pecahan
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI STRATEGI PEMBIMBINGAN KOLABORASI GURU -, Sutarto
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil supervisi guru di SD Negeri Warureja 01 yang sudah membuat perangkat pembelajaran baru 78,83% dan guru yang sudah melaksanakan pembelajaran bervariasi (inovatif) 67,86%. Data ini masih menggunakan kurikulum KTSP.  Berdasarkan data tindakan siklus 1 diperoleh peningkatan kinerja guru baik yang bersifat instruksional maupun non instruksional. Untuk penyusunan RPP aktivitas non instruksional dari kondisi awal 62,21% meningkat menjadi 82,21% dan aktivitas instruksional dari kondisi awal 61,66% meningkat menjadi 77,60%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran (real teaching), aktivitas non instruksional dari kondisi awal 43,33% meningkat menjadi 60%, dan aktivitas instruksional meningkat dari kondisi awal 53,2% menjadi 69,02%. Selanjutnya, berdasarkan tindakan siklus 2, juga diperoleh peningkatan kinerja guru baik yang bersifat non instruksional dan instruksional dibandingkan dengan siklus 1. Untuk penyusunan RPP aktivitas non instruksional meningkat menjadi 91,10, dan aktivitas instruksional meningkat menjadi 85,5%. Untuk pelaksanaan pembelajaran (real teaching), aktivitas non instruksional meningkat menjadi 71,66, dan aktivitas instruksional meningkat menjadi 89,52%.

Page 1 of 2 | Total Record : 13