cover
Contact Name
Moh Khoirul Anam
Contact Email
jurnal@adpiks.or.id
Phone
+628158795596
Journal Mail Official
jurnal@adpiks.or.id
Editorial Address
Jl KH Admad Dahlan Cirendeu Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Emanasi Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial
ISSN : -     EISSN : 27455904     DOI : -
Core Subject : Religion,
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, merupakan jurnal yang dikelola oleh Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial (ADPIKS) , terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal Emanasi merupakan media diskusi ilmiah dalam ilmu keislaman dan ilmu sosial.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024" : 8 Documents clear
HUKUM PERNIKAHAN DI INDONESIA DAN MALAYSIA: STUDI KOMPARATIF Zakaria, Endang; ., Nurhadi; Alfarisi, Usman; Astuti, Hikmah Dwi; Basyaril, Ammar Muhzim; Nurcahyati, Ai
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hukum Pernikahan Di Indonesia Dan Malaysia: Studi Komparatif
Retorika Ustadz Adi Hidayat di Channel Adi Hidayat Official ., Kurniawan; Syakir, Ali Yusuf
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan pelanggan pendidikan adalah diantara faktor terpenting untuk mengetahui mutu sebuah lembaga pendidikan. SD Muhammadiyah 5 Jakarta merupakan lembaga pendidikan yang selalu berupaya menyajikan pelayanan pendidikan terbaik. Program Pembelajaran Al-Qur’an adalah program unggulan SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Program ini terdiri dari Program Utama dan Program Pendukung. Program Utama adalah program yang dirancang dan disajikan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sementara Program Pendukung dirancang dan disajikan dalam upaya mensupport dan memfasilitasi peningkatan kemampuan utama dan aktualisasi nilai-nilai qur’ani.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Net Promoter Score (NPS). NPS adalah metrik loyalitas pelanggan yang memprediksi kemungkinan seorang pelanggan membeli kembali dari anda atau merekomendasikan langsung ke teman. Metode ini digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan promotif pelanggan dengan skala 0-10 dalam kuisioner. Berdasarkan penilaian NPS jenis pelanggan dibagi menjadi tiga, yaitu: Promoters, pelanggan antusias terhadap produk yang ditawarkan. Promoter merupakan pelanggan yang memilih nilai 9-10. Passives, jenis pelanggan yang merasa puas Passive merupakan pelanggan yang memilih nilai 7-8. Detractor, pelanggan yang memiliki pengalaman kurang baik terhadap suatu produk. Pelanggan jenis ini memilih nilai 0-6. Metode ini berfungsi untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan promotif nasabah dan akan direkomendasikan pelanggan kepada relasi nasabah lainnya. Ada 14 komponen Porgram Pembelejaran Al-Qur’an diukur menggunakan metode NPS kepada 538 responden yang merupakan orang tua siswa.Hasil penelitian ini, nilai NPS keseluruhan sebesar 44%. Sehingga kesimpualnnya, Tingkat Kepuasan Promotif Orang Tua Siswa Terhadap Program Al-Qur’an SD Muhammadiyah 5 Jakarta Masih Rendah.”
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Menggunakan QRIS Fajar, Ade; Salama, Hartini; Nurfahira, Muhammad Tegar; Suwarni, Indah
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

College students are part of the community who have advantages in obtaining information and knowledge that is obtained easily and quickly compared to the general public, so that the use of QRIS can be used easily to meet student academic and other needs in daily activities. The purpose of this study was to analyze partially and simultaneously the factors that influence the interest of Ibnu Chaldun University students in using QRIS. This study uses descriptive quantitative methods. The population of this study were all students of Ibnu Chaldun University with 100 samples and data collection techniques using questionnaires in the form of google forms. This research is expected to be a reference for Bank Indonesia, and QRIS developers to continue to improve its quality so that it is in demand by the wider community. The results of this study indicate that Performance Expectancy, Social Environment and Habits have a positive and significant effect on student interest, especially at Ibn Chaldun University, and the most dominant factor is habit.
Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kantor Cabang Pembantu Jakarta Pondok Indah Office Tower 6 Menggunakan Bsi Mobile amen, Marsella Amen; Fajar, Ade; Suwarni, Indah; Huda, Mifta
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mobile Banking merupakan salah satu aplikasi yang diberikan oleh bank termasuk di Bank Syariah Indonesia yang diberi nama BSI Mobile. BSI Mobile adalah aplikasi yang dapat diakses di perangkat smartphone nasabah dan dapat digunakan untuk keperluan layanan bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh persepsi terhadap keputusan nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakata Pondok Indah Office Tower 6. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Kantor Cabang Pembantu Jakarta Pondok Indah Office Tower 6 dengan 100 sampel dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Bank Syariah Indonesia, untuk terus meningkatkan kualitas BSI Mobile agar diminati oleh masyarakat secara luas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh persepsi terhadap keputusan nasabah menggunakan BSI Mobile dengan hasil analisis thitung (18,857) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya 0,001 < 0,1,. Secara simultan variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan yang dibuktikan dari hasil analisis Fhitung > Ftabel (355,590 > 2,005) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,1. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keputusan nasabah menggunakan BSI Mobile dipengaruhi oleh persepsi nasabah terhadapan kemudahan mobile banking.
Analisis Kepuasan Nasabah Akademisi Perbankan Syariah Terhadap Pelayanan E-Customer Service Rahayu, Silvia Fajriyah
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan e-customer service digunakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan layanan perbankan tanpa harus datang ke bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan siswa dengan layanan nasabah digital yang disediakan oleh bank-bank syariah. Dengan meningkatnya penggunaan layanan e-customer service office di industri perbankan, untuk mengevaluasi sejauh mana kualitas layanan dalam memenuhi kepuasan nasabah yang umumnya lebih mengandalkan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan mahasiswa fakultas agama islam mengenai layanan e-customer service yang menggunakan layanan digital dari beberapa bank syariah. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik kualitatif deskriptif untuk mengetahui kualitas e-customer service dan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan e-cusomer service di bank syariah. aspek layanan seperti kemudahan akses, kualitas interaksi, kecepatan tanggapan, dan kepuasan keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa sangat dipengaruhi oleh kualitas layanan digital, kemudahan penggunaan aplikasi, dan responsif layanan nasabah. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi bank-bank syariah dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan dan harapan akademisi, serta meningkatkan loyalitas dan kepuasan nasabah di era digital ini.
Pengetahuan Masyarakat Pulo Gebang Permai Tentang Produk Perbankan Syariah Adelia, Sisi; Salma, Hartini; Fajar, Ade
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research used a combination of interviews, qualitative methods, and literature review to achieve its objectives. Primary data was obtained through interviews conducted with the community, while secondary data came from relevant books and theses. The collected data was analyzed using qualitative descriptive methods, and subsequent discussion produced deductive conclusions based on the research results. This research aims to achieve two main objectives: first, to assess the level of knowledge of the Pulo Gebang Permai community about sharia banking products, and second, to identify the factors that influence their knowledge about these products. The results of this research reveal that public understanding of sharia banking products in Pulo Gebang Permai is still limited, with the main contributing factor being the lack of adequate outreach efforts from banking institutions. Improving communication and education is very important to not only increase awareness, but also promote a deeper understanding of the products offered by banks that are in accordance with sharia principles. This means that economics in Islam is a science that studies everything in life and of course also has a purpose. Bearing in mind the development of sharia banking in Pulo Gebang Permai so far the level of public knowledge in understanding sharia banking products is still minimal, this requires efforts from the sharia banking side and apart from good promotions, it must also change the public's view of sharia banks.
Analisis Persepsi Generasi Milenial Dalam Menggunakan M-banking Bank Syariah Indonesian pada Masyarakat Kelurahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur Danibao, Masitaria Aci; Suwarni, Indah
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menganalisis persepsi generasi milenial terhadap pengguna M-Banking di Bank Syariaah Indonesia BSi dengan studi kasus di kelurahan Duren Jaya kecamatan Bekasi Timur yang dikenal sebagai pengguna aktif teknologi digital, menjadi fokus peneliti ini memahami pandangan mereka tentang layanan M-Banking yang disediakan oleh BSI. Metode analisis yang digunakaan adalah pendekatan pendekatan deskriptif kualitatif yang di melibatkan 9 responden peneliti ini mengidentifikasi berbagai fokus yang mempengaruhi persepsi seperti kemudahan penggunaan, pengguna, fitur aplikasi, dan keamanan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa generasi milenial umumnya memiliki pandangan positif terhadap M-Banking BSI mengapresiasi kemudahan dan keperaktisannya meskipun ada kekhawatiraan terkait keamanaan dan stabilitas system. Pendekatan ini memberikan wawasan berharga bagi BSI dalam mengoptimalkan layanan M-Banking mereka dan meningkatkan kepuassan pelanggaan dikalangan generasi milenial.
Strategi Pemasaran Produk Giro Wadi’ah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Arteri Pondok Indah Sukaiyna, Siti; Ghoni, Abdul
Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Emanasi Volume 7 Edisi 1 Tahun 2024
Publisher : Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi pemasaran produk di perbankan syariah merupakan salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis perbankan syariah. Penelitian dari judul strategi pemasaran produk giro wadi’ah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Arteri Pondok Indah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pemasaran produk giro wadi’ah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Arteri Pondok Indah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan hasil wawancara dengan salah satu pihak bank selaku staff funding and transaction di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Arteri pondok Indah dan mengumpulkan data tambahan dari buku, artikel, jurnal serta situs internet yang berkenan dengan penelitian yang dilakukan. Selain itu melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari temuan penelitian yang menunjukan karakteristik dari implementasi strategi pemasaran produk giro wadi’ah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Arteri Pondok Indah dari tahun 2020-2023 berjalan cukup baik dengan adanya peningkatan jumlah nasabah sebanyak 47 pada tahun 2020 dan meningkat menjadi 53 pada tahun 2021, dan pada tahun 2022 sebanyak 58 sampai Maret 2023 sebanyak 60 nasabah. Bank Syariah Indonesia menggunakan analisis SWOT dengan melihat faktor internal (kekuatan dan kekurangan) produk tersebut dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) untuk mencari strategi pemasaran yang cocok maka digunakan strategi pemasaran STP (segementation, targeting dan positioning) dan marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process)

Page 1 of 1 | Total Record : 8