cover
Contact Name
Muhammad Shidiq
Contact Email
shidiqmuhammad17393@gmail.com
Phone
+6281222979930
Journal Mail Official
jurnalatrat@gmail.com
Editorial Address
Jalan Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, kode pos: 40265
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Atrat: Jurnal Seni Rupa
ISSN : 23391642     EISSN : 27227200     DOI : http://dx.doi.org/10.26742
Atrat is a Journal of Visual Arts containing scientific papers which includes Fine Art and Design, publisher by Jurusan Seni Rupa STSI Bandung (p-ISSN 2339-1642 & e-issn 2722-7200). Jurnal Atrat also embodies the results of various forms of scientific research as well as the creation of artworks, which can become new knowledge published in scientific articles, so it is worthy to be read and understood by readers. Atrat aims to give land to Artists, Designers, Art Students, Teachers/ Lecturers, and Fine Arts Society to exchange insights.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI" : 11 Documents clear
MEDIA DIGITAL SEBAGAI BENTUK ADAPTASI SENIMAN DI ERA PANDEMI Fuadi, Nur Rohaeni
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1757

Abstract

Covid-19 is a global pandemic that has a massive impact on all sectors of human activity, especially in physical events. Digital technology as a new media continues to develop as a form of human adaptation during the pandemic.  One of the activities that adapt to digital media is an art exhibition. This study used qualitative research methods.  This research used Clifford Geertz's interpretation theory to show how the artist's point of view on the development of offline exhibitions into virtual exhibitions as the object. The results of this research using interpretation theory can show how virtual exhibitions generate positive and negative responses in their implementation and how to adjust art exhibitions in digital media according to the orientation of the artist. Keywords: Art Exhibition, Artist, Interpretation-------------------------------------------------------------------------------------Covid-19 merupakan pandemi global yang berdampak masif terhadap berbagai sektor aktivitas manusia, terutama dalam aktivitas fisik. Teknologi digital sebagai media baru terus dikembangkan sebagai bentuk adaptasi masyarakat di masa pandemi. Salah satu kegiatan yang beradaptasi kedalam media digital adalah pameran seni. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori interpretasi Clifford Geertz untuk menunjukkan bagaimana sudut pandang seniman terhadap perkembangan pameran offline menjadi pameran virtual sebagai objek penelitian. Hasil penelitian dengan menggunakan teori interpretasi ini dapat menunjukkan bagaimana pameran virtual menghasilkan tanggapan positif dan negatif dalam pelaksanaannya dan bagaimana penyesuaian pameran seni dalam media digital sesuai dengan orientasi seniman. Kata kunci: Pameran Seni, Seniman, Interpretasi
DESAIN INTERIOR KAMAR TIDUR INSTAGRAMABLE TIPE "ILLUSTRATION" DI THE SILK HOTEL BANDUNG MEMANFAATKAN METODE SURFACE MIMICRY Havier, Maugina Rizki
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1815

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh adanya kebutuhan/peluang dari consumer behaviour pengguna, yang cenderung mengedepankan visual kamar sebagai keputusan dalam memilih. Hal ini juga didukung dengan keinginan owner untuk mengubah konsep hotel dari konsep butik hotel sebelumnya menjadi Art + Design hotel, di mana hotel menjadi sebuah galeri yang dapat mewadahi kreativitas dari desainer dan seniman muda berbakat. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan desain yang membuat pengguna hotel merasakan pengalaman memasuki galeri pribadi dan dapat menjadi wadah karya seni dan desain pelaku kreatif Bandung. Desain yang dihasilkan memiliki nilai kebaruan dari permainan persepsi pada headbed dengan metode surface mimicry yang dibuat seperti permukaan kertas yang dilipat dan dilukis dengan komik klasik Indonesia yang diparodikan. Proses desain dilaksanakan melalui pendekatan surface mimicry, pembuatan sketsa, mock-up, aplikasi langsung pada ruangan, dan pada akhir proses dihasilkan desain berupa kamar tidur tematis Illustration tipe A dan B pada Hotel The Silk Bandung.Kata Kunci: Desain Interior, Hotel, Ilustrasi------------------------------------------------------------------------------------------This research is motivated by the need/opportunity of the consumer behavior of users, who tend to prioritize the visual of the room as a decision in choosing. This is also supported by the owner's desire to change the hotel concept from the previous boutique hotel concept to an Art + Design hotel, where the hotel becomes a gallery that can accommodate the creativity of talented young designers and artists. The purpose of this design is to produce a design that makes hotel users feel the experience of entering a private gallery and can be a place for Bandung's creative arts and designs. The resulting design has a novelty value from the perception game on the headbed with the surface mimicry method which is made like a folded paper surface and painted with parodied Indonesian classic comics. The design process is carried out through a surface mimicry approach, making sketches, mock-ups, direct application to the room, and at the end of the process a design is produced in the form of a thematic illustration bedroom type A and B at The Silk Hotel Bandung.Keywords: interior design, hotel, illustration
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DAN PAMERAN VIRTUAL PADA KOMUNITAS SENI LOKAL SELAMA PANDEMI Rahmah, Monita Eva; Nikita, Jassica
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1825

Abstract

Pandemi Covid-19 dampaknya luas kepada masyarakat Indonesia dan tak terkecuali cara kerjanya para seniman lokal dan penggemar seni berinteraksi dengan seni rupa. Dengan mengutilisasi teknologi masa kini yaitu teknologi realita virtual, perancangan untuk mengelola karya seni pun berubah menjadi pameran digital interaktif, membolehkan para seniman dan pengamat seni untuk mencoba pengalaman baru dan modern. Komunitas seni lokal dalam penulisan riset ini berfokus kepada kelompok penyelenggara acara seni, perupa dan seniman, akademis seni, mahasiswa seni rupa, dan penggiat hobi seni rupa dari segala umur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati peran teknologi dalam cara masyarakat mendalami dan mengalami dunia seni rupa, termasuk melihat kekurangan dan kelebihannya karena pengaplikasian teknologi virtual masih sangat baru kepada khalayak ramai, juga sebagai pencerahan untuk kemungkinan bagaimana saja komunitas seniman dalam negeri bisa berubah di masa depan.KATA KUNCI: Galeri seni, galeri digital, virtual space, media interaktif, komunitas seni------------------------------------------------------------------------------------------The Covid-19 pandemic has greatly affected Indonesians, including the way artists function and how art enthusiasts interact with the artworks. By utilizing the most up-to-date technology like virtual reality simulation, art curators have turned to interactive digital galleries. This allows artists and its audiences to try a modern new way to navigate art exhibitions. The term local art communities in this paper encompasses art curators, exhibition organisers, artists, designers, art academics, art university students, and hobbyist artists of all ages.  The purpose of this research is to observe the role of technology in the way people explore and experience the world of virtual arts. This includes looking at weaknesses and strengths since the usage of virtual spaces is still relatively new for many people, but also to use this research as a way to look at the potential possibilities of how the local art communities may change in the future.KEY WORDS: Art gallery, digital gallery, virtual space, interaktif media, art communities
Rangkaian Close-Up, Ekspresi Visual Ritual Tiban: Wujud Pengorbanan Dalam Film Eksperimental Sadewa, Ghalif Putra
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1837

Abstract

ABSTRACTTiban is a sacred performing art in Blitar, this tradition is trusted by the community to request rain during the dry season. The offerings, the spells, the calculation of days and the places of execution are considered necessary as a complement to traditional ceremonies. The culmination of Tiban's ritual is the sacrifice of citizens in the whip battle. But unfortunately, visibility is one of the factors that causes changes in the offender's emotions to become opaque. Visual expression of sacrifice is a manifestation of the realization of individual feelings, spontaneous, and emotional in interpreting rituals. Therefore, a close-up was chosen as a medium to closely observe the faces of Tiban participants. Close-up creates intimacy between characters, moves forward grooves or highlights details so the audience understands the moment in the ritual. This shot will simultaneously affect the structure and content of making experimental films. The close-up arrangement as a story style raises tension that focuses on the aesthetic aspects of the object of creation. The face shot provoked to show details that were previously ignored. Visual close-up is no longer a simple representation of reality, but imagery becomes a unit that creates atmosphere, defines character, intensifies the situation, and increases symbol status in the use of mise en scene as a plot. The aim is to produce meaning, emotion, rethink, while presenting a new perspective.Keywords : experimental, close-up, face expression, ritualABSTRAKTiban adalah seni pertunjukkan sakral di Blitar, tradisi ini dipercaya masyarakat guna memohon hujan saat musim kemarau. Sesaji, mantra, perhitungan hari serta tempat pelaksanaan dipandang perlu sebagai pelengkap upacara adat. Puncak dari ritual Tiban adalah pengorbanan warga dalam adu cambuk. Namun sayang, jarak pandang menjadi salah satu faktor penyebab perubahan emosi pelaku menjadi kabur. Visual ekspresi pengorbanan merupakan bentuk realisasi dari perasaan individu, spontan, dan emosional dalam memaknai ritual. Oleh karena itu, close-up dipilih sebagai medium untuk mengamati secara dekat wajah peserta Tiban. Close-up menciptakan keintiman antar karakter, menggerakkan alur ke depan atau menyoroti detail sehingga penonton memahami momen dalam ritual. Bidikan ini sekaligus akan memengaruhi struktur dan konten dalam penciptaan film eksperimental. Rangkaian close-up sebagai gaya penceritaan, menimbulkan ketegangan yang menitikberatkan kepada aspek estetik objek ciptaan. Close-up pada wajah, memprovokasi untuk menunjukkan detail-detail yang sebelumnya terlewatkan oleh pandangan. Visual dari rangkaian close-up bukan lagi representasi gambar sederhana dari realitas, tetapi gambar itu menjadi satu kesatuan yang menciptakan atmosfer, mendefinisikan karakter, mengintensifkan situasi, dan mengangkatnya ke status simbol dalam penggunaan pemanggungan (mise en scene) sebagai alur. Tujuannya menghasilkan makna, emosi, pemikiran ulang, sekaligus menyuguhkan cara pandang baru.Kata Kunci: eksperimental, close-up, ekspresi wajah, ritual
PENERAPAN KAIN PERCA BATIK TASIKMALAYA MELALUI TEKNIK SULAM DAN KOLASE ILUSTRASI FASHION PADA PELENGKAP BUSANA Handayani, Wuri; Marlianti, Mira
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1934

Abstract

Penelitian tentang  Penerapan Kain Perca Batik Tasikmalaya melalui Teknik Sulam dan Kolase Ilustrasi Fashion pada Pelengkap Busana ini bertujuan untuk membuat varian baru penggambaran desain ilustrasi fashion dan pemanfaatan kain perca batik dengan teknik sulam dan kolase khususnya pada kain batik Tasikmalaya yang dikenal dengan beragamnya motif batik yang memiliki kekhasan budaya Jawa Barat yang kaya nilai tradisi dan kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi, perancangan, dan perwujudan dengan pendekatan estetika. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi bagi masyarakat luas, dengan memperkenalkan penggambaran ilustrasi fashion pada pelengkap busana melalui upaya pelestarian budaya dengan mengkaji karakteristik batik yang mengangkat tradisi budaya lokal dengan pendekatan aspek estetis. Latar belakang lokasi penelitian adalah Tasikmalaya sebagai salah satu daerah yang memiliki keragaman budaya dan daerah penghasil kain batik yang memiliki kekayaan motif.  Keindahan motif batik Tasikmalaya, tidak hanya memiliki nilai estetika saja, namun juga mengandung nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal.Kata kunci:  Penerapan, Perca, Ilustrasi Fashion, Kolase, Batik Tasikmalaya----------------------------------------------------------------------------------------- This research on "Application of Tasikmalaya Batik Patchwork Through Embroidery Techniques and Fashion Illustration Collages on Clothing Complementary" aims to create a new variant of the depiction of Fashion Illustration designs and the use of batik patchwork with embroidery and collage techniques, especially on batik cloth from Tasikmalaya which is known for its various motifs. Batik which has a unique culture of West Java which is rich in traditional values and local wisdom. The method used in this research is the method of exploration, design and embodiment with an aesthetic approach. This research is expected to be able to contribute to the wider community, by introducing the depiction of Fashion Illustrations on complementary clothing through cultural preservation efforts by examining the characteristics of batik that elevates local cultural traditions with an aesthetic aspect approach. a batik-producing area that has a wealth of motifs. The beauty of the Tasikmalaya batik motif, not only has aesthetic value, but also contains traditional values and local wisdom.Keywords: Application, Patchwork, Fashion Illustration, Collage, Tasikmalaya Batik
PERANCANGAN WEDDING GOWN ZERO WASTE DENGAN TEKNIK DRAPING Sunarko, Caroline Valent; Rizali, Nanang; Falah, Asep Miftahul
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1935

Abstract

Perancangan Wedding Gown Zero Waste ini dilatarbelakangi dari fenomena pernikahan di era pandemi, kebutuhan Wedding Gown yang terus meningkat dan pembuatan gaun pengantin yang cenderung menggunakan bahan sintetis atau polyester seperti satin atau taffeta yang membutuhkan waktu untuk bisa terurai. Gaun pengantin tidak harus menggunakan bahan–bahan dengan harga yang tinggi, namun dengan cara mengeksekusi kain dengan teknik draping dapat menghasilkan gaun pengantin yang berbeda, unik dan istimewa. Fokus dan konsentrasi perancangan diarahkan pada pendekatan desain dan fungsi ialah gaun pengantin dengan teknik draping dan mempertimbangkan penggunaan kain agar tidak menyisakan potongan kain yang terbuang. Wedding Gown dengan tema Simple Classy dapat menjadi alternatif pilihan gaun pengantin bagi calon pengantin wanita, dengan desain yang mudah dicontoh juga berkonsep zero waste. Dengan demikian kita dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan melalui metode draping zero waste.Kata kunci: Gaun Pengantin, Zero Waste, Teknik Draping------------------------------------------------------------------------------------------The design of this Zero Waste Wedding Gown is motivated by the phenomenon of weddings in the pandemic era, the ever-increasing demand for Wedding Gowns and the manufacture of wedding dresses that tend to use synthetic or polyester materials such as satin, taffeta, which take time to decompose. Wedding dresses do not have to use materials with high prices, but by executing the fabric with the draping technique, you can produce a different, unique and special wedding dress. The focus and concentration of the design is directed at the design and function approach, namely wedding dresses with draping techniques and considering the use of fabric so as not to leave pieces of fabric wasted. Wedding Gown with a Simple Classy theme can be an alternative choice of wedding dress for the bride, with an easy-to-follow design with a zero waste concept. Thus we can contribute positively to the environment through the zero waste draping method.Keywords: Wedding Gown, Zero Waste, Draping
PERANCANGAN BUKU INFOGRAFIS PEMBUATAN FILM PENDEK TRADISI NYANGKU Kurniawan, Novia Awaliyah Latifah; Abdurrahman, Dida Ibrahim; Rachminingsih, Irma
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1936

Abstract

Dewasa ini, film sangat disukai oleh anak muda dan menjadi hobi baru di era digital, tak terkecuali film pendek. Film pendek dapat memperlihatkan ide, menyuarakan pemikiran, ataupun mengenalkan budaya dan tradisi yang ada di sekitar, contohnya melalui film pendek dokumenter. Film dokumenter memberikan kesempatan bagi anak-anak muda untuk mengenalkan tradisi. Film pendek dokumenter diharapkan dapat menginspirasi anak-anak muda untuk mengenalkan tradisi di daerahnya. Namun, berdasarkan pengamatan saat ini buku panduan pembuatan film dokumenter masih sulit didapatkan. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu media yang menarik untuk mengenalkan film dokumenter dan tradisi melalui buku infografis. Perancangan buku infografis ini menggunakan gaya desain minimalis. Metode yang diterapkan dalam penciptaan buku ini adalah penelusuran data dan visualisasi karya seperti sketsa ilustrasi, perwarnaan ilustrasi, editing, dan layout. Buku ini memiliki kelebihan ilustrasi, foto, layout yang fleksibel, dan full color dengan tujuan dapat memberikan nilai-nilai lebih dalam penyampaian informasi dan menarik minat pembaca.Kata Kunci: Buku Infografis, Film Dokumenter, Tradisi------------------------------------------------------------------------------------------Today, films are very popular with young people and have become a new hobby in the digital era, and short films are no exception. Short films can show ideas, voice their thoughts, or introduce the culture and traditions around them, for example through documentary short films. Documentary films provide opportunities for young people to introduce traditions. Documentary short films are expected to inspire young people to introduce traditions in their area. However, based on current observations, documentaries are still difficult to obtain. Therefore, it is necessary to have an interesting media to introduce documentaries and traditions through infographic books. The design of this infographic book uses a minimalist design style. The method applied in the creation of this book is data tracking and visualization of works such as sketch illustrations, coloring illustrations, editing, and layouts. This book has the advantages of illustrations, photos, flexible layout, and full color with the aim of being able to provide more values in conveying information and attracting readers' interest.Keywords: Infographic Book, Documentary Film, Tradition
PERANCANGAN ILUSTRASI NOVEL GARIS WAKTU: SEBUAH PERJALANAN MENGHAPUS LUKA KARYA FIERSA BESARI Akbar, Rangga Farhan; Hanif, Wildan; Emilda, Nia
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1937

Abstract

Ilustrasi buku novel dibuat dengan maksud merefleksikan isi dari buku. Teknik ilustrasi pada cover buku maupun isi buku bisa berupa hasil fotografi, gambar tangan, atau olahan grafis menggunakan perangkat lunak. Dengan berbagai teknik tersebut, ilustrasi pada cover buku maupun isi buku memiliki fungsi sebagai daya tarik dan penjelas isi buku, serta membentuk image buku tersebut. Buku Garis Waktu ini menceritakan tentang sosok "aku" dan "kamu" dengan tentu saja dinarasikan oleh "aku", yang menurut penulis adalah sudut pandang dan pengalaman nyata Fiersa Besari sebagai penulis novel tersebut. Metode penciptaan karya ini meliputi studi literatur dan studi piktorial. Studi literatur untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan peroses perancangan ilustrasi novel Garis Waktu: Sebuah Perjalanan Menghapus Luka karya Fiersa Besari. Studi piktorial dilakukan dengan mencari gambar-gambar yang ada dengan memanfaatkan internet sebagai bahan referensi bagi penulis. Hasil dari penciptaan ini berupa buku ilustrasi yang menggambarkan kisah di dalam novel yang menjadi objek penciptaan.Kata Kunci: Perancangan, Ilustrasi, Novel Garis Waktu, Fiersa Besari------------------------------------------------------------------------------------------The illustration of the novel is made with the intention of reflecting the contents of the book. Illustration techniques on book covers and book contents can be in the form of photographic results, hand drawings, or graphic processing using software. With these various techniques, the illustrations on the cover of the book and the contents of the book have a function as an attraction and explanation of the contents of the book, as well as to form the image of the book. This Timeline book tells about the figures of "me" and "you" with of course narrated by "me", which according to the author is Fiersa Besari's point of view and real experience as the author of the novel. The method of creating this work includes literature study and pictorial study. Literature study to collect information related to the process of designing the illustration of the novel Timeline: A Journey to Erase Wounds by Fiersa Besari. The pictorial study was carried out by searching for existing pictures by using the internet as reference material for writers. The result of this creation is in the form of an illustration book that describes the story in the novel which is the object of creation.Keywords: Design, Illustration, Timeline Novel, Fiersa Besari
PERANCANGAN REDESAIN LABEL KEMASAN PRODUK HAERANG Pratama, Billy Seizar; Abdurrahman, Dida Ibrahim; Savitri, Savitri
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1938

Abstract

Dewasa ini, budaya Korea Selatan  menjadi salah satu budaya populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Akibatnya, muncullah berbagai macam produk mulai dari fesyen hingga kuliner yang tersebar dipasaran Indonesia. Haerang, salah satu brand lokal yang hadir untuk merespon pasar yang sedang demam Korea Selatan tersebut, baik secara kultur atau budaya populernya seperti drama, musik, dan gaya hidup. Produk yang ditawarkan yakni  soju “halal”, dengan ragam rasa dan dibuat sangat mirip dengan produk aslinya. Agar masyarakat Indonesia yang mayoritas menganut agama Islam ini dapat merasakan minuman replika yang mirip seperti minuman asal Korea tersebut. Atas dasar itu, penulis ingin melakukan perubahan desain label kemasan atau packaging agar dapat mengomunikasikan suara brand dengan lebih optimal dan konsisten, menjadikan Haerang brand yang menonjol dan lebih mudah diingat ketika konsumen sedang mencari produk soju berindikasikan halal.Kata kunci: Label kemasan, Produk, Haerang------------------------------------------------------------------------------------------Currently, South Korean culture is one of the popular cultures in various countries, including Indonesia. As a result, various kinds of products, ranging from fashion to culinary, have emerged in the Indonesian market. Haerang, one of the local brands that exists to respond to the market that is currently experiencing a fever in South Korea, both in terms of culture or popular culture such as drama, music, and lifestyle. The product offered is "halal" soju. With a variety of flavors and made very similar to the original product. So that the Indonesian people, who are predominantly Muslim, can taste a replica drink that is similar to the drink from Korea. On that basis, the author wants to make changes to the design of packaging labels so that they can communicate the brand's voice more optimally and consistently, making Haerang a standout brand and easier to remember when consumers are looking for soju products with halal indications.Keywords: Packaging, Product, Haerang
PERANCANGAN CENDERA MATA MUG KERAMIK DENGAN ORNAMEN BARONG BALI Andika, Syani; Mustaqin, Khairul; Desanto, Didik
ATRAT: Jurnal Seni Rupa Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Publisher : Jurusan Seni Rupa ISBI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26742/atrat.v10i1.1939

Abstract

Salah satu industri pariwisata yang menarik perhatian adalah industri cendera mata. Cendera mata atau yang sering disebut sebagai suvenir diketahui sebagai benda yang menjadi kebanggan tersendiri bagi sebuah daerah yang pastinya mempunyai ciri khas tertentu. Untuk itu, penulis ingin menciptakan sebuah inovasi cendera mata yang memiliki karakteristik objek wisata di Bali tanpa memerlukan lagi tulisan atau keterangan bertuliskan nama objek sebagaimana cenderamata yang sudah ada saat ini. Sebuah cendera mata yang selain memiliki nilai fungsi, juga memiliki nilai estetika serta keunikan. Produk tersebut adalah mug keramik yang dibuat dengan teknik pijat (pinching) yaitu membentuk keramik dengan tangan langsung tanpa menggunakan alat bantu, yang mana hal tersebut akan membuat produk cendera mata ini lebih eksklusif. Kemudian yang menjadi keunikan mug ini yaitu, bentuk yang divariasikan dengan salah satu figur dalam mitologi Bali yaitu Barong. Metode yang digunakan untuk proses penciptaan ini adalah studi literatur dan studi piktorial.Kata Kunci: Cendera Mata, Mug, Ornamen Barong Bali------------------------------------------------------------------------------------------One of the industries of tourism activity that attracts attention is the souvenir industry. Souvenirs or what are often referred to as souvenirs are known as objects that are a source of pride for an area that certainly has certain characteristics. For this reason, the author wants to create a souvenir innovation that has the characteristics of a tourist attraction in Bali without the need for writing or information bearing the name of the object as souvenirs that already exist today. A souvenir which in addition to having a functional value, also has an aesthetic value and uniqueness. The product is a ceramic mug made with a massage technique (pinching), which is to form ceramics by hand directly without using any tools, which will make this souvenir product more exclusive. Then what makes this mug unique is the shape that is varied with one of the figures in Balinese mythology, Barong. The methods used for this creation process are literature studies and pictorial studies.Keywords: Souvenirs, Mugs, Balinese Barong Ornaments

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 1 (2025): INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM KARYA DESAIN Vol 12 No 2 (2024): KREATIVITAS DAN INOVASI SENI VISUAL DALAM KARYA DESAIN Vol 12 No 1 (2024): TRADISI KARYA RUPA DESAIN Vol 12, No 1 (2024): TRADISI KARYA RUPA DESAIN Vol 11, No 3 (2023): KARYA RUPA DALAM BINGKAI TRADISI DAN BUDAYA Vol 11 No 3 (2023): KARYA RUPA DALAM BINGKAI TRADISI DAN BUDAYA Vol 11 No 2 (2023): KARAKTERISTIK RUPA DALAM TRADISI DAN BUDAYA Vol 11, No 2 (2023): KARAKTERISTIK RUPA DALAM TRADISI DAN BUDAYA Vol 11, No 1 (2023): INOVASI DAN APLIKASI PADA KARYA VISUAL Vol 11 No 1 (2023): INOVASI DAN APLIKASI PADA KARYA VISUAL Vol 10 No 3 (2022): EKSISTENSI SENI DAN BUDAYA DALAM INTERPRETASI VISUAL Vol 10, No 3 (2022): EKSISTENSI SENI DAN BUDAYA DALAM INTERPRETASI VISUAL Vol 10 No 2 (2022): ESTETIKA DALAM MAKNA, MEDIA, DAN TEKNIK VISUAL Vol 10, No 2 (2022): ESTETIKA DALAM MAKNA, MEDIA, DAN TEKNIK VISUAL Vol 10, No 1 (2022): TEKNIK DAN TEKNOLOGI MEDIA KARYA VISUAL Vol 10 No 1 (2022): MEDIA PENERAPAN KARYA RUPA DALAM TEKNIK DAN TEKNOLOGI Vol 9 No 3 (2021): EKSPLORASI DAN IMPLEMENTASI POTENSI RUPA Vol 9, No 3 (2021): EKSPLORASI DAN IMPLEMENTASI POTENSI RUPA Vol 9, No 2 (2021): VISUAL ARTISTIK DALAM TEKNIK DAN POLA RUPA Vol 9, No 1 (2021): KARYA RUPA DALAM PERSPEKTIF MAKNA, FUNGSI, DAN IMPLEMENTASI Vol 8, No 3 (2020): MOTIF, MAKNA, DAN MEDIA DALAM TEKNIK KARYA RUPA Vol 8, No 2 (2020): ANALISIS MAKNA KARYA VISUAL DALAM SENI PUBLIK Vol 8, No 1 (2020): REPRESENTASI, PARTISIPASI, DAN GERAKAN SENI Vol 7, No 3 (2019): IMPLEMENTASI IDENTITAS BUDAYA LOKAL Vol 7, No 2 (2019): POTENSI TRADISI DALAM BUDAYA KONTEMPORER Vol 7, No 1 (2019): IDENTITAS BUDAYA VISUAL: APRESIASI DAN EKSPLORASI Vol 6, No 3 (2018): IMPLEMENTASI MEDIA DAN TEKNIK DALAM KARYA RUPA Vol 6, No 2 (2018): REFLEKSI TRADISI DALAM ESTETIKA RUPA Vol 6, No 1 (2018): APLIKASI, STRATEGI, DAN ORIENTASI SENI DALAM RUPA, MEDIA, DAN WACANA Vol 5, No 3 (2017): EKSPLORASI RAGAM HIAS DAN BUSANA KONTEMPORER Vol 5, No 1 (2017): EKSPLORASI SENI DALAM PANGGUNG DAN RUPA Vol 4, No 3 (2016): KEARIFAN LOKAL DALAM TRANSFORMASI VISUAL Vol 3, No 3 (2015): DIALEKTIKA RUPA DALAM KEBUDAYAAN KONTEMPORER Vol 3, No 1 (2015): REALITAS TRADISI DALAM PERSEPSI VISUAL Vol 1, No 3 (2013): REPRESENTASI POTENSI DAN ESTETIKA SENI RUPA Vol 1, No 2 (2013): JERAT TRADISI DALAM KONTEMPORER Vol 1, No 1 (2013): MEDIA DALAM BUDAYA RUPA More Issue