cover
Contact Name
Rofi Budi Hamduwibawa
Contact Email
rofi.hamduwibawa@unmuhjember.ac.id
Phone
+628124990200
Journal Mail Official
hexagon@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember Alamat: Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124 Phone & Fax: (0331)336728 | 337957 Email: hexagon@unmuhjember.ac.id
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon
ISSN : 25282379     EISSN : 25408135     DOI : https://dx.doi.org/10.32528/hgn
Core Subject : Engineering,
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan di terbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember secara berkala dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Journal Infrastruktur Hexagon memfokuskan pada bidang ketekniksipilan berisi artikel-artikel tentang perencanaan, perancangan dan evaluasi pada bangunan dan objek teknik sipil
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON" : 6 Documents clear
Pemodelan Plaxis Dengan FEM Terhadap Perilaku Tahanan Vertikal Grup Pile 2x2 Pada Tanah Pasir Loose Dan Medium Arief Alihudien; Adhitya Surya Manggala
HEXAGON Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v7i1.7677

Abstract

Dalam merancang pondasi harus memenuhi standar daya dukungnya yang cukup. Untuk mendapatkan kappasitas yang nyata terhadap tanah yang ada di wilayah tersebut haruslah dilakukan test yang sesuai dengan karakteristik pasir yang ada. Dalam penelitian ini akan diteliti pengaruh kepadatan Tanah Pasir Loose sampai dengan medium wilayah Jalan lintas Selatan Jember  terhadap tahanan vertikal tiang pancang . Adapun metodelogi yang digunakan adalah pemodelan menggunakan aplikasi plaxis dengan finite element method (FEM). Berdasarkan hasil pengujian tanah pasir pada wilayah Kawasan Jalan Lintas Selatan Jember memiliki potensi likuifaksi dilihat dari kriteria tanah yang secara keseluruhan memenuhi syarat terjadinya likuifaksi. Dari grafik hubungan tegangan ijin dengan kepadatan relatif, perbengaruh terhadap tahanan vertikal pondasi grup, hal ini dibuktikan bahwa semakin tinggi kepadatan relative tanah maka semakin tinggi tegangan ijin yang terjadi. Perlu dilakukan perkuatan pada tanah untuk menghindari kehilangan kekuatan dan kakuan akibat adanya tegangan.
Pemanfaatan Ex-Bantaran Rel Kereta Api Dan Jembatan Layang Untuk Sarana Publik Yang Kreatif Zulkifli Siregar; Andri Andri
HEXAGON Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v7i1.8076

Abstract

This research study was conducted in the underpass of the flyover in the corridor of Jalan Ampera Medan. The purpose and objective is to provide a scientific concept related to the arrangement of the space under the flyover which is not currently well managed and tends to cause vandalism in the space. just linearly below it. Utilization of the structural elements of the flyover and its environment can provide attractiveness and be used as a medium of information to convey moral messages through creativity and well-managed works. Thus the space under the flyover which was initially unproductive will turn into an interest point for the surrounding environment. Furthermore, space and area that have been well-organized will certainly give birth to an economic revival through the support of a well-planned and correct management system. The initial material needed for this research is the condition of the existing linear space under the flyover of the Ampera Medan road corridor. Observations to the research location were carried out to determine and map the conditions of land use, the shape of the flyover construction structure that will be used as a point of interest and the potentials of the surrounding environment that can be used as support for creative and innovative public space planning. Primary materials taken from the field will be described into a CAD application so that they become site plan products and base materials. Furthermore, the site plan is also used in the analysis process and relates it to other secondary materials.
Kajian Penggunaan Sumur Resapan Pada Sistem Drainase Di Kawasan Perumahan Noor Salim; Pujo Priyono; Totok Dwi Kuryanto
HEXAGON Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v7i1.7717

Abstract

Kawasan perumahan syeilendra view di Kabupaten Jember merupakan  kawasan yang cukup  datar sehingga perlu perhatian khusus. Pengaliran limpasan air hujan ke sungai merupakan salah satu sistem drainase yang biasa digunakan sekarang yang mana disebut juga dengan  sistem drainase konvensional. Sedangkan cara yang kekinian adalah pengaliran limasan air hujan lamgsung terserap di dalam tanah sehingga dapat berfungsi sebagai konservasi air sebagai upaya dalam mempertahankan mutu baku air tanah atau dalam hal ini bisa disebut sistim drainase yang ramah lingkungan, salah satunya adalah pemakaian sumur resapan Atas dasar hal tersebut maka perlunya kajian penggunaan sumar resapan pada sistem drainase pada kawasan perumahan tersebut . Didasarkan hasil perhitungan, analisa dan bahasan  dapat disimpulkan yaitu Nilai Kinerja Sistem drainase rencana  tanpa sumur resapan  adalah sebesar 84,69% dengan nilai kategori baik sekali Pemakaian sumur resapan dalam kajian ini sebesar 4 buah per blok atau 24 sumur untuk keseluruhannya. Dari seluruh sumur tersebut hanya bisa menampung ,001339 %. Dari debit yang ada  Atau sangat kecil sekali. Hal ini disebabkan nilai koefisien permeabilitas 6 x 10-5 cm/detik. Nilai permeabilitas yang cocok untuk penggunaan sumur resapan bernilai 0,2 cm/detik. Disarankan bahwa untuk mendapatkan atas pemakaian sumur resapan yang bisa diharapkan, maka perlunya disinergikan  dengan pembuatan bangunan drainase  jenis  lainnya.   Pernerapan jenis drainase yang lain sehingga bisa memecahkan adanya genangan banjir di kawasan tersebut dan kawasan penting lainnya.
Pemodelan Pengaruh Lama Perendaman Air Terhadap Nilai Stabilitas Hot Mix Asphalt Irawati Irawati; Rofi Budi Hamduwibawa; Dhani Sugianto
HEXAGON Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v7i1.7680

Abstract

Salah satu sebab kerusakan jalan yang sering terjadi di Indonesia adalah genangan air, akibat buruknya drainase disekitar jalan. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh rendaman air terhadap karateristik campuran Hot Mix Asphalt  jenis AC-WC dan HRS-WC, serta melakukan pemodelan untuk mengetahui hubungan antara Stabilitas sebagai variable terikat dan lama perendaman sebagai variable bebas. Penelitian dilakukan di laboratorium dengan perlakuan rendaman pada benda uji. Metode penelitian adalah dengan menggunakan Marshall test dan menguji data dengan SPSS versi 22. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, rendaman air mempengaruhi karateristik Marshall pada benda uji Laston AC-WC dan Lataston HRS-WC secara signifikan. Nilai stabilitas,Flow, MQ dan VFA mengalami penurunan. Rongga dalam agregat (VMA) dan Rongga dalam campuran (VIM) mengalami peningkatan. Bentuk pemodelan hubungan antara stabilitas dan rendaman air pada masing-masing jenis aspal beton adalah Y (AC-WC) =  1051.570 -32.727X ; Y (HRS-WC) = 851.167 -40.317X
Analisis Perbandingan Harga Satuan Galian Tanah Mekanis Menggunakan Permen-PUPR Tahun 2022 Dan 2016 Setiyo Ferdi Yanuar; Nanang Saiful Rizal; Taufan Abadi
HEXAGON Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v7i1.7738

Abstract

Work Unit Price Analysis or commonly referred to as AHSP calculation of the cost of labor, materials and equipment to get the unit price for a certain type of work. Over time, the coefficient on the AHSP has changed. This is because the world of construction is always experiencing developments in the technology applied. This development can include in terms of materials, work aids, and technology used in heavy equipment used to assist work in the world of civil engineering.The last regulation used in the calculation of AHSP is PERMEN-PUPR no. 28 of 2016. On January 5, 2022, PERMEN-PUPR no. 1 of 2022 was stipulated as a substitute for the basis for calculating AHSP. In the new regulation, many coefficients have been changed both in terms of labor, materials, and tools. With the change in the coefficient in the new regulation, it makes the price of mechanical earth excavation cheaper, which makes construction players complain about this. So it is necessary to do an analyst to compare the unit price with direct costs in the field.Based on the results of calculations and observations, the unit price for mechanical earth excavation based on the 2016 PERMEN is Rp. 22,465.00, based on the 2022 PERMEN is Rp. 11,314.00, while based on direct observations in the field, the direct costs incurred are Rp. 8,042.00.
Analisis Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak Pada Perlintasan Rel Kereta Api Asep Sanjaya; Sri Nuryati; Elma Yulius; Eko Darma; Anita Setyowati Srie Gunarti; Fajar Prihesnanto
HEXAGON Vol 7, No 1 (2022): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v7i1.7852

Abstract

Perlintasan rel kereta api yang terletak di Jalan Kompas, Tambun Selatan  merupakan satu dari sekian banyak perlintasan di Kabupaten Bekasi yang terkena dampak peningkatan jumlah kendaraan sehingga mengakibatkan tundaan dan antrian panjang. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh tundaan dan panjang antrian terhadap konsumsi bahan bakar pada perlintasan rel kereta api di Jalan Kompas Kabupaten Bekasi. Analisis tundaan dan panjang antrian didasarkan pada hasil survey yang dilakukan selama dua hari kerja dan satu hari libur. Konsumsi BBM berdasarkan lama tundaan dianalisis dengan persamaan LAPI-ITB. Hubungan konsumsi BBM dengan tundaaan dan panjang antrian dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis jumlah konsumsi BBM akibat penutupan pintu perlintasan pada arah Utara-Selatan sebanyak 9,010 liter/smp dan arah Selatan-Utara sebanyak 9,330 liter/smp. Besarnya kerugian untuk jenis BBM Pertalite Rp 25.158.638,-, Pertamax Rp. 29.598.398,- dan Dexlite Rp. 31.242.753,- selama 1 tahun. Hasil analisis dengan regresi linier berganda, tundaan dan panjang antrian memiliki pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar pada penutupan pintu perlintasan kereta api, artinya semakin tinggi nilai tundaan dan panjang antrian semakin besar pula konsumsi bahan bakar. Model regresi linear berganda untuk konsumsi bahan bakar pada Jalan Kompas, Tambun Selatan adalah: Y = 7,800 + 0,252 X1 + 0,105 X2

Page 1 of 1 | Total Record : 6