cover
Contact Name
Dinar Pratama
Contact Email
sustainablejurnal@gmail.com
Phone
+6285266038611
Journal Mail Official
sustainablejurnal@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/about/editorialTeam
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 26550695     DOI : https://doi.org/10.32923
Core Subject : Education, Social,
Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about the quality of education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Sustainable" : 9 Documents clear
Urgensi Pendidikan Literasi Media Digital untuk Meningkatkan Tingkat Kecakapan Digital Yera Yulista
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.901 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.1779

Abstract

Pada saat ini kita sudah memasuki era dunia maya, era yang hidup bersandingan dengan dunia nyata. Dunia maya yang didalamnya terdapat sejumlah aktivitas manusia yang saling keterhubungan satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan masing-masing dari setiap pengguna, interaksi dalam dunia maya yang aktivitas selanjutnya masih dapat dilanjutkan dalam dunia nyata. Hal ini jelas menunjukkan adanya kemajuan teknologi sehingga memudahkan akses untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi, kemajuan teknologi ini jelas akan berdampak pada semakin dipermudahnya aktivitas manusia baik untuk urusan pribadi maupun urusan organisasi sehingga pekerjaan jauh lebih efektif dan efisien didapatkan. Namun sayangnya dibalik kemudahan tersebut kemajuan teknologi dari internet ini juga dimanfaatkan untuk melakukan tindakan yang merugikan orang lain baik dalam penyebaran informasi yang mengandung unsur kebohongan, aksi untuk menjatuhkan orang lain, pornografi,kecurangan, sarana konflik , kriminalitas serta beragam macam aksi tidak terpuji lainnya. Hal ini tentunya sangatlah meresahkan masyarakat, jika solusi masalah ini kurang ditanggapi dengan serius maka akan dikhawatirkan hal yang sama akan terus terulang. Oleh sebab itu sangat diperlukan dukungan dari semua pihak untuk solusi menghadapi penyalahgunaan media internet ini agar masyarakat dapat merasa damai menjadi bagian dari masyarakat maya. Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam rangka memahami masalah tersebut bekerjasama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan Siberkreasi menyusun empat modul yang akan menjadi sebuah program untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menggunakan media digital sehingga akan meningkatkan tingkat kecakapan/kepintaran dalam mengakses internet .
Challanging Globalization Era by Reconstruction And Reposition of Islamic Education System Indah Kusuma Dewi
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.402 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2115

Abstract

There are many issues related to the progress of islamic education especially in Indonesia. This paper tried to explore the strategies in improving the quality of islamic education by reconstruction of elamic education institute. The qualitative approach was used in collecting the data from various resources. The findings showed that in order to optimize quality of education and facing the globalization challanges, Islamic leaders need to emigrate, mainly in terms of the reconstruction of a more professional managerial aspects and the improvement of quality of education, providing quality assurance, excellent service, and responsibility for its work for students, parents, and community as the stakeholdersmoreover, the implementation of Islamic education in school, the required move is related to the reconstruction of the methodological aspect, from a doctrinaire and dogmatic-traditional learning leads to a more dynamic and contextual-actual one. To implement the contextual approach requires some basic principals, among others: philosophical approaches to understandreligious texts in order not to lose actual, contextual, and fresh ideas, as well as the need to understand and willingness to accept different religious mindset.
Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Membangun Political Literacy dan Political Culture Warga Negara Muda Imam Alfikri Pratama
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.958 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2119

Abstract

Memberikan pemahaman politik kepada Warga Negara muda sebagai kelompok demografi potensial adalah usaha membangun keadaban demokrasi. Dengan Materi politik yang baik akan memberikan mereka keterampilan sebagai partisipan maupun pelaku politik yang baik. Titik fokus utamanya adalah bagaimana membentuk Political literacy yang cukup bagi warga negara muda sebagai landasan dalam membangun Political Culture ideal bagi perkembangan demokrasi bangsa yang baik. Salah satu cara menyemai pengetahuan politik ini adalah melalui Pendidikan Kewarganegaran. Sebagai pendidikan politik, Pendidikan Kewarganegaraan berperan membentuk a good citizen yang bisa mengemban Civic Duties. Artikel ini dengan menggunakan pendekatan kepustakaan menawarkan ulasan teoritis tentang bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan bisa menjadi Pendidikan Politik bagi Warga Negara muda
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asertivitas dan Prestasi Ekonomi Siswa Diah Novianti
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.582 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) pola asuh orang tua terhadap asertivitas siswa, (2) status sosial ekonomi orang tua terhadap asertivitas siswa, (3) gaya mengajar guru di kelas terhadap asertivitas siswa, (4) asertivitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, dan (5) pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, status sosial ekonomi orang tua, gaya mengajar guru di kelas, dan asertivitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto randomized control dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: analisis statistik deskriptif melalui perhitungan mean (M), median (Me), modus (Mo), dan standar deviasi (SD); analisis jalur (path analysis) untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang diperoleh diolah dengan bantuan Amos 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: pola asuh orang tua terhadap asertivitas siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur (R) sebesar 0,237 dan p=0,003 (p<0,05); tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan asertivitas siswa; terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap asertivitas siswa dengan nilai R sebesar 0,393 dan p=0,000 (p<0,05); terdapat pengaruh positif dan signifikan antara asertivitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai R sebesar 0,212 dan p=0,044 (p<0,05; terdapat pengaruh pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, gaya mengajar guru dan asertivitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa secar bersam-sama dengan nilai R2 sebesar 0,043.
Problematika Pembelajaran Daring Heldia Oldia Lestari; Dinar Pratama
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.18 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2150

Abstract

Pandemi covid-19 yang berdampak pada bidang pendidikan telah merubah proses pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran daring. Terdapat beberapa hal penting untuk dicermati dalam pembelajaran daring yaitu: pertama, untuk memahami bagaimana orang tua siswa di Kecamatan Namang menyikapi pembelajaran daring, kedua, mengetahui pendapat siswa mengenai pembelajaran daring, ketiga, memahami keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet sebagai kendala dalam pembelajaran daring. Penelitian Ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Orang tua yang memiliki anak usia SD, SMP, dan SMA, di Kecamatan Namang setuju dengan kebijakan pembelajaran daring (2) Siswa SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Namang menganggap kurang efektif pembelajaran daring. (3) Keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet menjadi kendala utama dalam pembelajaran daring. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memahami kendala dan tingkat pengetahuan orang tua dan siswa dalam menggali informasi dari informan.
Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 15 Kelapa Juriana Juriana
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.688 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2156

Abstract

Motivasi belajar berasal dari dalam dan luar peserta didik, yang sangat mendorong peserta didik dalam belajar sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Hasil belajar merupakan tolak ukur terakhir dalam menentukan keberhasilan para peserta didik, yang meliputi tiga ranah pembelajaran yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 15 Kelapa. Penelitian berjenis penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Sampel pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas 5 SD.Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan r-hitung >r-table yaitu 0,443 > 0,355 pada taraf signifikansi 5%
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Dasar Mahasiswa Alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Syarifah Syarifah; Patonah Suci Lestari
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.391 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar dan hasil belajar mahasiswa alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN SAS Babel serta pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Dasar mahasiswa alumni SMK Prodi Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN SAS Babel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Setelah itu dilanjutkan dengan menghitung data yang didapat dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar kinestetik yang mempunyai persentase paling besar pada mahasiswa alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yaitu sebesar 41,93%. Hasil belajar Bahasa Arab Dasar mahasiswa alumni SMK Prodi PAI tergolong kategori “baik” dengan persentase sebesar 22.60% pada interval nilai 70-74,41 dan jumlah frekuensi 7 mahasiswa dari 31 mahasiswa. Gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab Dasar mahasiswa alumni SMK Prodi PAI Tahun Akademik 2018/2019 dari hasil analisis koefisien -0,685<1,696 yang artinya < Dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil korelasi antara variabel gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) dan hasil belajar Bahasa Arab Dasar sebesar -0,126. Hal ini menunjukkan hubungan yang sangat rendah di antara keduanya. Hasil persamaan regresi linier sederhana yaitu U= 95,520- 0,135X. Ini berarti gaya belajar hanya berkontribusi sebesar 16% terhadap hasil belajar dan sisanya 84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel independen seperti faktor keluarga, sekolah, dosen, masyarakat, kondisi fisik, kecerdasan, kondisi panca indra, motivasi, minat, dan sebagainya
Manajemen Pembelajaran Di Pesantren Dalam Meningkat Potensi Santri Mulya Putra; Yudi Suorastio; Nur Azizatus Solikha; Hasimi Jafar
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.2960

Abstract

Meningkatkan potensi santri bukanlah hal yang mudah akan tetapi dengan manajemen pembelajaran yang baik bisa mencitakan santri yang berkualitas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, manajemen pembelajaran di pondok pesantren Modern Arafah dalam sistem perencanaannya mereka sudah memakai silabus atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren, tidak hanya memperbanyak ilmu agama, akan tetapi juga dalam hal membangkitkan bakat yang dimiliki oleh para santri. Potensi yang dimiliki oleh santri di pesantren Al-Fatah Kerinci dengan Pesantren Modern Arafah Sungai Penuh Hampir sama. Namun yang paling menonjol adalah pesantren Arafah lebih menekankan dalam penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pesantren Al-Fatah lebih banyak mempelajari kitab kuning.
Islamic Religious Education as a Means of Forming Students' Religious Identity and Personality at SMAS Taruna Tunas Bangsa Baturaja Amilda, Amilda
Jurnal Sustainable Vol 4 No 1 (2021): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/kjmp.v4i1.3874

Abstract

Islamic religious education at SMAS Taruna Tunas Bangsa Baturaja-South Sumatra is the topic of this study because of its importance in shaping the students' religious identities and personalities. This research explores the process of Islamic religious education in creating religious identity and personality for pupils. This study is classified as qualitative because of its focus on providing descriptive details about the topic at hand. Interviews, observations, and written records are all used in data collection. Methods for analyzing data at every step of the research process include data collection, presentation, and verification. Triangulation is used to verify the reliability of the study's data, and it provides triangulation across time, methodologies, and sources. The findings and discussion suggest that the process of Islamic religious education at SMAS Taruna Tunas Bangsa has been successful in helping students form their religious identity and personality. Indicators of the effectiveness of building a healthy religious identity and character in pupils via Islamic religious education include the involvement of the principal, instructors, and excellent engagement of students. Religious instruction in Islam has played a significant role in shaping morally upright citizens. The school works toward this goal via various means, including education in moral and ethical principles, promoting social consciousness, encouraging regular religious practice, and developing an appreciation for and knowledge of students' diverse religious backgrounds. Students' feeling of belonging to the Muslim community is bolstered when they learn about their religion's rich history, culture, and rituals in the classroom.

Page 1 of 1 | Total Record : 9